Cara Memulai Bisnis Online dari Rumah [Tanpa Banyak Modal]

Posted on 24 Jun 2020 By Ifan Prasya
ADVERTISEMENT

Sebenarnya, informasi tentang cara memulai bisnis online di internet sudah begitu membludak di luar sana. Namun, seringkali kita kesulitan untuk mulai dari mana.

Karena itu, kami akan memberikan langkah yang lebih praktis dan terarah. Mulai dari menemukan ide produk, membangun brand di sosial media, bergabung di marketplace, membuka toko online sendiri, hingga menjadikannya sebuah bisnis yang serius (sustainable).

Mari kita mulai.

Sudah Punya Ide Mau Jualan Apa

Syarat pertama sebelum memulai bisnis online ialah: sudah punya ide produk yang akan ditawarkan kepada calon pelanggan.

Yaps, proses menemukan ide produk juga tidak gampang. Butuh riset yang cukup mendalam, data yang valid, dan kemampuan kita untuk mengolahnya.

Jika disimpulkan dalam langkah sederhana, setidaknya ada 3 tahap yang harus dilalui untuk bisa menemukan produk yang siap dijual:

ADVERTISEMENT
  1. Menentukan target pasar. Siapa yang akan jadi pembeli dari produk Anda. Apakah dia seorang pria pekerja kantoran, mahasiswa, atau ibu rumah tangga. Tentukan secara spesifik.
  2. Menemukan masalah terbesar mereka. Pergi ke tempat di mana mereka sering berkumpul, seperti forum, grup FB, atau Quora. Lalu, identifikasi masalah terbesar mereka satu per satu.
  3. Memberi solusi praktis. Beri solusi yang bisa langsung dipraktekkan oleh pembeli. Bantu mereka menyelesaikan masalahnya lewat produk yang sudah Anda buat.

Sebagai catatan, proses di atas tentu akan sangat memakan waktu dan butuh kemampuan riset yang presisi. Lalu, apakah ada cara yang lebih mudah dan cepat, tapi tetap efektif?

Tentu ada. Caranya adalah: pergi ke marketplace seperti Shopee, Tokopedia, atau Bukalapak. Lalu buka kategori yang Anda sukai, urutkan produk / toko yang paling laris dan punya banyak review bintang 4+.

Dari sini Anda sudah mendapat ide produk yang laku di pasaran dengan praktis dan cepat.

Namun, cara tersebut punya kekurangan: produk tadi sudah banyak bertebaran di pasaran. Tugas Anda sekarang ialah menggali lagi sisi unik + nilai tambah dari produk yang akan Anda tawarkan.

Kalau Anda sama sekali belum punya ide mau jualan apa, silakan baca panduan tentang ide bisnis online berikut ini:

ADVERTISEMENT

20 Ide Bisnis Online yang Terbukti Menghasilkan [Prospek Cerah]

Gabung di Marketplace

Cobalah untuk bergabung di marketplace, meski tidak disarankan untuk jangka panjang. Kenapa? Karena marketplace bukan milik kita sepenuhnya, sewaktu-waktu toko bisa ditutup.

Tingkat persaingan di marketplace juga cukup tinggi. Banyak produk yang dipasarkan dengan penawaran yang hampir sama. Pun, brand awareness dari toko kita juga lemah.

Namun tidak masalah. Untuk memulai langkah awal dan mendapatkan pembeli pertama, Anda bisa memilih marketplace sebagai sarana menjual produk.

Menurut iPrice (berdasarkan kuartal ke-2 tahun 2020), berikut daftar marketplace di Indonesia dengan pengunjung paling banyak:

Cara Memulai Bisnis Online, Marketplace Terbaik di Indonesia 2020
(c) iprice.co.id

Marketplace tersebut sudah terbukti paling banyak dicari pelanggan. Baik dari kunjungan lewat app mobile maupun browser. Silakan daftarkan toko Anda maksimal di 2 marketplace supaya bisa handle dengan mudah.

ADVERTISEMENT

Supaya memudahkan Anda, kami juga telah membuat panduan praktis untuk berjualan online di marketplace Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada.

Tips Jualan di Shopee

Program menarik yang diusung Shopee tidak lain adalah Gratis Ongkir XTRA. Anda bisa bergabung secara cuma-cuma, asal memenuhi persyaratan.

Secara keseluruhan, Shopee bagus untuk memulai jualan. Performa toko dengan ulasan bagus dan persentase balas chat baik, membuat produk kita semakin dikenal.

Fitur promosi di Shopee juga lengkap. Ada yang gratis, ada pula yang berbayar. Semua pandua lengkapnya bisa Anda baca di bawah ini.

Panduan Sukses Jualan di Shopee untuk Pemula [Lengkap]

Tips Jualan di Tokopedia

Tokopedia punya fitur jagoan berupa TopAds dan PowerMerchant. Bisa Anda gunakan untuk menaikkan pamor produk di halaman pencarian, sekaligus membangun kepercayaan pelanggan.

Fitur tersebut jadi andalan para seller untuk meningkatkan angka penjualan. Ada juga fitur-fitur lain yang tak bisa disebutkan satu per satu, karena terlalu panjang.

Untuk selengkapnya, Anda bisa baca panduan berjualan di Tokopedia yang sudah kami rangkum, berikut ini.

ADVERTISEMENT

Laman: 1 2 3 4

Author
WRITTEN BY

Ifan Prasya

Terampil dalam meracik strategi SEO Content Marketing untuk bisnis yang mampu meningkatkan angka penjualan.

Related Post

Cara Mendapatkan Shopee Pinjam Mudah Tanpa Syarat [Cara Aktivasi]

27 Mar 2022 BY Ayu Triworo

Sekarang pinjam uang tunai nggak mesti ke temen apalagi ke bank, di Shopee bisa! Pakai fitur Shopee Pinjam! Cara mendapatkan Shopee Pinjam lebih mudah, bunganya rendah dan cepat pula cairnya!Buat …

Cara Berjualan di Etsy, Salurkan Kreativitas dan Raup Dolar

6 Jun 2022 BY Mufid Hanif

Cara berjualan di Etsy – Sebagai kreator, menjual hasil kreativitas terkadang menjadi tantangan tersendiri. Namun, kini dengan Etsy, berjualan hasil kriya seni jadi lebih mudah.Berkat kemajuan internet, Etsy hadir sebagai …

Cara Belanja di Tokopedia Untuk Pengguna Baru [Diskon+Gratis Ongkir]

26 Agu 2021 BY Aorinka Anendya

Bagaimana cara belanja di Tokopedia untuk pengguna baru? Pertanyaan ini masih kerap kali ditanyakan terutama pada pemula yang baru pertama kali berbelanja online.Meskipun saat ini sudah banyak orang yang melakukan …

3 Comments

    1. HI, Syaffi! Untuk memulai bisnis menggunakan kontak Whats App, berikut langkah-langkah yang daoat dilakukan:
      1. Membuat Whats App Business;
      2. Follow up dengan cara kirim broadcast;
      3. Membuat katalog di Whats App Business.

      Semoga terbantu, yaa! 🙂 -R

  1. Halo, untuk pendaftaran keagenan Wahana Express bisa menghubungi kontak WA Sales berikut :

    087880003588 Wati untuk area Jawa Timur
    087880005088 Subekti untuk area Jawa Tengah
    089605033700 Pratama untuk area Jabodetabek

    Terimakasih
    Wahana Express – Sales Team

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *