Apa Itu LSI Keyword, Manfaat dan Cara Mudah Risetnya Untuk SEO

Mufti Syawaludin 18 Feb 2021 6 Menit 0

Salah satu faktor yang membuat halaman website mendapat peringkat di mesin pencarian diantaranya berisi konten yang relevan dengan kueri pencarian. Untuk itu, harus mengetahui apa itu LSI keyword yang merupakan konsep dasar untuk memetakan kata kunci yang berkaitan ke dalam konten agar mesin pencari seperti Google memahami maksud konten tersebut secara sepesifik.

Pada kesempatan ini, Kami akan berikan informasi menarik yang berkaitan dengan LSI keyword seperti pengertian LSI keyword, manfaatnya, dan cara mencarinya.

Dengan memahami LSI keyword ini, Anda bisa dengan mudah membuat konten yang berkualitas dan mendapatkan ranking di pencarian.

Langsung saja, simak penjelasannya secara mendalam di bawah ini ya…

Apa Itu LSI Keyword?

Yups, sebelum melangkah lebih jauh lagi yang harus Anda ketahui apa itu LSI keyword.

LSI keyword adalah frasa atau kata-kata yang dianggap berkaitan dengan suatu topik pembahasan secara semantik oleh Google.

Sedangkan LSI sendiri merupakan singkatan dari Latent Semantic Indexing yang merupakan teknik pencocokan bahasa alami dengan kata kunci utama.

Artinya apa?

LSI keyword merupakan metode pemetaan kata kunci yang berkaitan atau relevan kedalam konten supaya Google bisa memahami konten tersebut secara mendalam.

Jadi, dengan demikian mesin pencari Google akan mengetahui maksud dan tujuan dari isi konten tersebut sehingga dapat ditampilkan sesuai dengan kata kunci yang diketikan penelusur di mesin pencari.

Dimana proses penelusurun tersebut merupakan peran dari algoritma Google yang akan menentukan ranking halaman website di hasil mesin pencari, hal ini merupakan cara kerja Google.

Sebenernya LSI ini dikembangkan sudah cukup lama yaitu pada tahun 1980-an. Dengan menggunakan konsep matematika yang begitu rumit untuk menggabungkan antar kata-kata yang ditemukan.

Hal ini dilakukan agar mesin pencari mampu menampilkan konten yang relavan dengan tujuan penggunanya.

Manfaat LSI Keyword

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa manfaat dari menggunakan LSI keyword diantaranya bisa meningkatkan ranking halaman website yang mengandung keyword yang relevan dan memberikan manfaat bagi pembacanya.

Kemudian, mempermudah dalam pembuatan konten berkualitas karena terdapat ide dari LSI yang bisa memperluas pembahasannya namun masih dalam topik yang sama.

Dengan LSI keyword juga bisa menghindarkan halaman website dari pinalti Google Hummingbird karena keyword stuffing.

Seperti yang kita ketahui, bahwa dengan menggunakan banyaka kata kunci dalam satu artikel bisa di anggap sebagai Spam Keyword, ini sangat berbahaya bagi website.

Itu beberapa manfaat dari penerapan LSI keyword ke dalam konten. Nah, selanjutnya bagaima sih cara mendapatkan LSI keyword?

Anda bisa menggunakan alat bantu untuk mendapatkannya, silahkan simak di bawah ini apa saja alat yang bisa digunakan.

Baca juga: Siapakah Ahli 10 Pakar SEO Indonesia Terbaik di Tahun 2021?

Tools Riset LSI Keyword

Sebenarnya banyak sekali tools atau alat-alat yang bisa digunakan untuk melakukan riset LSI keyword, namun pada kesempatan ini akan disampaikan lima tools riset LSI keyword yang akan digunakan.

Karena kelima tools ini dianggap yang paling mudah sehingga banyak yang menggunakannya.

Apa saja tools itu?

Silahkan simak di bawah ini…

Lewat Google Suggestion Keyword

Jika Anda pernah mengetikkan kata di mesin pencari Google padahal belum selesai mengetik sudah muncul beberapa rekomendasi kalimat atau kata-kata, maka itulah LSI keyword.

Seperti contoh:

Riset lsi keyword di google suggestion keyword

Pages: 1 2 3 4

Bagikan ke:
Mufti Syawaludin
Ditulis oleh

Mufti Syawaludin

Terus berusaha semaksimal mungkin untuk menyuguhkan konten yang terbaik dan bermanfaat bagi pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published.