6 Tips Jualan Online Laris Bagi Pemula [Panduan Lengkap]

Posted on 27 Mei 2022 By Nisa Husnainna
ADVERTISEMENT

Jualan online bisa menjadi salah satu cara mendapatkan uang lewat internet. Selain mudah, jualan online juga fleksibel, bisa dikerjakan oleh siapa saja, mulai dari pelajar sampai pekerja sekalipun. Tertarik? Mending simak dulu yuk tips jualan online sebelum kamu melangkah lebih jauh.

Secara, meskipun terlihat sepele. Jualan tetap membutuhkan trik dan strategi. Baik itu untuk memasarkan atau promosi ataupun ketika memberikan pelayanan terhadap customer.

Nah, pada artikel berikut kamu akan belajar banyak hal tentang strategi berjualan online baik lewat sosial media, ecommerce maupun platform lainnya. Selamat Membaca!

Tips Jualan Online Bagi Pemula

Jualan online kini sedang menjadi trend masyarakat dunia. Bagaimana tidak, pada 2021 saja transaksi ecommerce dunia tercatat mencapai nilai Rp 60.900 triliun.

Bahkan di Indonesia saja tercatat sebanyak 750 ribu transaksi online pada kuartal pertama tahun 2021. Sementara di kuartal I 2022 yaitu pada Februari, transaksi ecommerce mencapai 222,9 juta transaksi. Angka tersebut pun diperkirakan terus naik. Penjualan online diprediksi akan terus tumbuh positif.

ADVERTISEMENT

Dengan adanya kondisi ini, peluang untuk berjualan online saat ini terbuka lebar dan luas. Selain lebih praktis, jualan online sangat digemari karena mudah dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja.

Meskipun mudah, hanya bermodalkan HP dan internet, jualan online tidak boleh sembarangan. Butuh tips dan trik untuk mengantisipasi kegagalan jualan online yang kerap kali terjadi karena dimulai dengan asal-asalan.

Kebanyakan orang menganggap jualan online itu mudah sehingga mereka menggampangkannya. Akibatnya, keuntungan yang diraup pun tidak maksimal. Maka dari itu, yuk simak tips jualan online di tahun 2021 berikut ini:

1. Persiapan yang Matang

Mempersiapkan perencanaan yang tepat akan berdampak baik pada awal bisnis online kamu. Sebaiknya pikirkan dengan baik segala aspek yang berkaitan dengan jualan. Mulai dari ide bisnis sampai sejauh mana kemampuan kamu dalam menjalankan bisnis tersebut nantinya.

Mungkin kamu dapat memulai bisnis dengan memanfaatkan keahlian yang dimiliki, jadi reseller atau dropshipper jika belum punya skill khusus. Belum memahami apa itu reseller? Sebaiknya baca lebih lengkap informasi tentang reseller dan dropshiper di sini.

Persiapan matang untuk memulai jualan online sangat penting. So, jangan remehkan tips jualan online nomor satu ini, ya…

2. Menentukan Target Pasar

ADVERTISEMENT

Tips jualan online kedua yaitu buatlah target pasar se-spesifik mungkin! Target pasar disesuaikan dengan produk yang kamu jual.

Misalnya Anda menjual hadiah wisuda, maka target pasar Anda adalah seluruh pelajar dan mahasiswa yang berada di kota tersebut. Penting untuk menentukan target pasar agar jualan Anda tepat sasaran.

Cara untuk menentukan target pasar bisa bermacam-macam. Kamu bisa survey mandiri melalui platform search engine. Atau bisa juga dengan memanfaatkan tools khusus untuk mengelompokkan target pasar secara akurat.

3. Memetakan Kompetitor

Dalam setiap bisnis pasti ada saingan dan ancaman. Namun berita baiknya setiap bisnis memiliki potensi masing-masing. Apapun bisnis yang sedang dijalani tentu mempunyai kekuatan dan kesempatan yang berbeda-beda.

Tips untuk berjualan online salah satuny dengan menganalisis saingan dan ancaman, baik yang berasal dari internal maupun eksternal. Bagaimana cara menganalisisnya? Bisa dengan melakukan riset dan membuat tabel SWOT.

Yups, mungkin kamu sudah tidak begitu asing dengan istilah SWOT. SWOT merupakan istilah khusus yang mencakup:

  • Strengths (Kekuatan)
  • Weaknesses (kelemahan)
  • Opportunities (Peluang)
  • Threats (Ancaman).
ADVERTISEMENT

Untuk informasi lengkap mengenai SWOT, kamu bisa baca lebih banyak di artikel berikut ini. Sementra impelementasi SWOT kami paparkan di bawah ini. Berikut sebuah contoh tabel SWOT Rujak Cingur Achmad Jais yang mudah dipahami:

Tabel Analisis SWOT

tabel analisis swot pluginongkir

Produk yang bagus saja tidak cukup untuk meraih pendapatan yang besar. Namun dengan memetakan kelebihan dan kekurangan bisnis seperti tabel di atas, maka akan lebih mudah dalam menjaga keberlangsungan bisnis online.

4. Menawarkan Promosi Menarik

Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk melakukan promosi jualan online di zaman sekarang. Beberapa di antaranya yaitu:

  • Mengadakan giveaway
  • Menawarkan cashback
  • Menyediakan gratis ongkos kirim
  • Memberi potongan ongkos kirim
  • Menyediakan diskon di hari-hari besar, dan lain sebagainya.

5. Memanfaatkan Social Media

Peran sosial media saat ini terasa begitu besar dampaknya bagi pebisnis online. Apabila baru memulai bisnis online dan masih dalam skala kecil, sebaiknya gunakan social media terlebih dahulu. Hal ini sangat umum sebab menggunakan sosial media terbilang mudah, praktis dan gratis.

ADVERTISEMENT

Laman: 1 2

Author
WRITTEN BY

Nisa Husnainna

Nisa is a technical and marketing Content Writer at Tonjoo. She was previously writing for a multinational IT company and also a Reporter at her campus magazine. Since High School, she has been writing at her blog and discovered her passion in blogging. When she's not working, she enjoys traveling, reading, cooking, and try new things.

Related Post

Call Center Provider 24 Jam: Telkomsel, XL, Indosat, Tri, Smartfren

5 Sep 2022 BY Nisa Husnainna

Call Center Provider 24 Jam: Telkomsel, XL, Indosat, Tri, Smartfren – Gawai atau telepon seluler kini merupakan benda yang tidak bisa dipisahkan dari genggaman.Alhasil, ketika terjadi kendala dengan provider internet …

Cara Transfer OVO ke Dana: Syarat, Biaya Admin & Daftar Kode Bank Terbaru

7 Mar 2022 BY Ayu Triworo

Kamu punya saldo OVO tak terpakai dan ingin dialihkan ke akun Dana? Yuk pelajari syarat ketentuannya dan ikuti langkah cara transfer OVO ke Dana di artikel berikut.Berbeda dengan saldo rekening, …

Cara Hapus Akun JD ID di HP, Ini Syarat dan Ketentuannya

14 Jul 2022 BY Moch. Nasikhun Amin

Memang ada berbagai alasan bagi user yang akhirnya memutuska95n mencari cara hapus akun JD ID setelah menggunakannya baik sebagai customer atau seller.Mungkin salah satunya adalah karena banyak e-commerce yang lebih …

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *