Cara & Tips Packing Barang Olshop [100% Aman dan Antirusak]

Mufti Syawaludin 26 May 2022 8 Menit 0

Meskipun terlihat sepele, pengemasan paket merupakan hal penting. Sebab, jika salah langkah bisa saja paket rusak saat sampai ke tangan penerima. Tentu tidak mau kan kalau terjadi hal demikian! Untuk itu yuk simak tips packing barang di postingan kali ini.

Bagi pelaku bisnis online, packing barang adalah step penting yang seharusnya tidak dikerjakan asal-asalan. Kualitas paket saat diterima pembeli sangat berpengaruh besar terhadap kesuksesan penjualan kedepannya.

Tidak heran banyak ekspedisi yang menetapkan syarat dan ketentuan dalam pengiriman paket. Salah satunya standar packing JNE yang wajib dipenuhi saat kirim barang melalui jasa kurir tersebut.

Para penjual dituntut tidak hanya sekedar mengutamakan keamanan namun juga kerapian agar paket dalam keadaan baik saat sampai ke alamat tujuan. Nah, bagaimana sih cara serta tips packing barang yang aman dan benar bagi seller online? Simak selengkapnya di bawah ini.

Baca Juga:

Bahan Untuk Packing Barang

Bahan Untuk Packing Barang

Sebelum masuk ke cara packing barang sebaiknya Anda mengetahui barang-barang apa saja yang diperlukan untuk packing.

Selain itu, setiap paket memiliki jenis yang berbeda-beda sehingga harus menyesuaikan bahan yang akan digunakan untuk packing barang tersebut.

Kertas Pembungkus (Amplop)

Biasanya amplop berwarna kecoklat-coklatan dimana untuk membungkus barang yang tidak memerlukan perlakuan khusus sehingga paket tersebut tidak akan mudah rusak jika ditumpuk dengan paket lainnya.

Paket yang dibungkus kertas semacam ini biasanya untuk dokumen, surat-surat penting, buku, dan lain sebagainya.

Oh iya, karena bahan kertas ini mudah rusak jika terkena cairan alangkah baiknya tetap menambajkan plastik yang transparan di luarnya.

Selain aman terhindar dari kerusakan , alamat yang tertera di atas permukaan paket masih bisa dibaca dengan mudah oleh kurir.

Kardus (Box Karton)

Packing barang menggunakan kardus sangat cocok untuk barang-barang yang mudah rusak jika terkena guncangan atau benturan.

Namun, para online shop sering menggunakan bahan kardus ini untuk packing barang pesanan para pembelinya misalnya seperti sepatu, tas, aksesoris, barang elektronik atau bahkan makanan kering.

Perlu diingat, karena bahan kardus ini bisa rusak dikarenakan terkena air maka perlu membungkus paket dengan plastik atau isolasi dengan rapat.

Kayu

Barang yang dikemas menggunakan peti kayu paling sering kita jumpai adalah buah-buahan, hal ini disebabkan karena buah tidak bisa terkena tekanan, benturan atau bahkan goncangan.

Jika tidak, buah yang dikirimkan akan memar dan mudah busuk sehingga setibanya di tujuan maka tidak laku untuk dijual atau sudah tidak layak untuk sikonsumsi lagiJi.

Dengan demikian pastinya penjual akan rugi besar.

Namun untuk saat ini tidak hanya buah-buahan saja yang dikemas menggunakan peti kayu, barang lainnya juga perlu misalnya seperti barang elektronik, gitar, pecah belah, kendaraan, dan lain sebagainya.

Kenapa harus packing kayu?

Alasan yang paling utama adalah karena barang mudah rusak jika terkena benturan atau guncangan juga dikerenakan jarak pengantarannya yang jauh misalnya antar pulau.

Untuk itu penting sekali menggunakan packing kayu untuk melindungi paket dari goncangan saat di perjalanan.

Styrofoam

Styrofoam merupakan tempat yang kedap air, dimana penggunaannya sering untuk mengirimkan barang seperti ikan, buah-buahan, dan juga sayuran.

Dengan menggunkan styrofoam maka barang pesanan akan sampai ke konsumen dengan aman, karena terlindungi dari kotoran dan benturan yang bisa mengganggu kualitas produk tersebut.

Dibandingkan dengan bahan packing lainnya, styrofoam sedikit lebih mahal. Namun itu sangatlah wajar karena penggunaanya lebih mudah selain itu memang dijamin lebih aman.

Kalangan orang yang berbisnis binatang hias contohnya ikan hias kerap sekali menggunkan bahan styrofoam untuk packing paket ke pelanggan mereka.

Pages: 1 2 3 4

Bagikan ke:
Mufti Syawaludin
Ditulis oleh

Mufti Syawaludin

Terus berusaha semaksimal mungkin untuk menyuguhkan konten yang terbaik dan bermanfaat bagi pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published.