ADVERTISEMENT

[Standar JNE] Cara Packing Barang Yang Benar & Cepat

Posted on 8 Jan 2020 By Nisa Husnainna

[Standar JNE] Cara Packing Barang Yang Benar & Cepat – Mempacking barang yang akan dikirimkan untuk jarak jauh maupun dekat tidak boleh disepelekan atau dilakukan dengan seadanya.

Pengiriman barang yang menggunakan ekspedisi sekelas JNE pun tetap harus kita perhatikan dengan baik pengepakannya.

Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi guna menghindari kerugian yang akan dialami apabila penerima barang mendapati barangnya tiba dalam keadaan rusak atau cacat.

ADVERTISEMENT

Oke langsung saja, bagaimana cara packing barang yang benar dan cepat dengan standar JNE? Simak ulasannya!

 

1. Kategorikan Produk yang Akan Dikirim

Barang Pecah Belah

Barang pecah belah merupakan barang-barang yang berasal dari bahan plastik, keramik, atau kaca. Barang-barang pecah belah ini membutuhkan penanganan khusus karena mudah pecah atau retak saat proses pengiriman.

Contoh barang-barang pecah belah antara lain:

– Peralatan rumah tangga yang terbuat dari kaca maupun plastik seperti piring dan gelas

– Pigura kaca

– Vas bunga keramik atau kaca

Tujuan dari mengkategorikan produk pecah belah yaitu untuk memberikan proteksi ganda sehingga lebih menjamin keselamatan barang yang dikirim.

 

2. Bungkus Produk dengan Rapi

Bungkuslah barang dengan rapi, jangan asal bungkus. Pastikan tidak ada celah yang dapat membuat benda keluar ataupun air masuk ke dalam.

Pastikan juga bahwa plastik pembungkus paket terbuat dari bahan yang tidak mudah sobek atau rusak, karena paket yang dikirim melalui jasa pengiriman seperti JNE juga mempunyai resiko rusak atau terkena air hujan akibat jauhnya perjalanan.

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, bolehkah mengirimkan barang dengan bungkus plastik bergambar atau bermotif?

Jawabannya adalah boleh. Kita boleh mengirimkan barang dengan plastik pembungkus menarik seperti yang bergambar atau berwarna-warni.

 

3. Tulis Alamat Pengiriman dengan Detail

Pastikan Anda menulis Alamat Pengiriman atau Alamat Penerima Paket dengan benar dan selengkap-lengkapnya. Tulislah alamat tersebut dengan jelas agar mudah dibaca oleh kurir yang mengantarkan paket.

Lakukan konfirmasi ulang kepada pembeli/customer apabila alamat yang mereka kirim kurang jelas atau kurang lengkap seperti tidak ada nama jalan, nomor rumah, nomor handphone, kelurahan, kecamatan, dan lain sebagainya.

Hal ini sangatlah penting guna mempermudah pihak jasa pengiriman seperti JNE menemukan alamat yang dituju sehingga paket yang dikirim sampai tepat waktu.

 

4. Cantumkan Nama Pengirim

Tidak hanya penerima paket, namun pengirim paket juga harus mencantumkan identitasnya, lho!

Cantumkan nama Anda (pengirim), nomor hp, serta alamat Anda sebagai pengirim untuk berjaga-jaga apabila pihak jasa pengiriman JNE tidak berhasil menemukan alamat yang dituju.

Juga apabila alamat penerima berada di luar jangkauan mereka, biasanya paket akan dikirim kembali ke pihak yang mengirim.

 

5. Beri Tambahan Packing Kayu Agar Lebih Aman

Jika barang yang dikirim termasuk dalam kategori barang rentan rusak, seperti:

  • barang elektronik
  • hp
  • laptop

Silakan konsultasikan terlebih dulu ke pihak pengiriman JNE karena biasanya JNE akan menyediakan packing khusus untuk hal tersebut, seperti packing kayu dan packing karton tebal/dus.

 

Sekian informasi mengenai cara packing barang yang benar dan cepat dengan standar JNE. Dengan mengikuti instruksi cara packing barang di atas, barangmu akan lebih aman.

 

Proses pengerjaan sesuai instruksi di atas juga cepat dan tidak memakan waktu lama. Semoga bermanfaat dan selamat mengirim paket!

 

Pernah mengalami paket barang rusak atau terlambat datang dan ingin mengajukan klaim ke JNE? Baca: https://pluginongkoskirim.com/tips-komplain-dan-klaim-paket-jne-yes-yang-telat/

ADVERTISEMENT
`
Author
WRITTEN BY

Nisa Husnainna

Nisa is a technical and marketing Content Writer at Tonjoo. She was previously writing for a multinational IT company and also a Reporter at her campus magazine. Since High School, she has been writing at her blog and discovered her passion in blogging. When she's not working, she enjoys traveling, reading, cooking, and try new things.
ADVERTISEMENT

Related Post

6 Rahasia Mendapatkan Gratis Ongkir Ketika Berbelanja Online, yang Terakhir Mudah Tapi Sering Dilupakan

19 Feb 2019 BY Fadhil Guntur Ashari

Dengan semakin banyaknya usaha yang terjun ke dalam bisnis online, penjual pun harus kembali memeras otak untuk memenangkan hati pelanggan. Salah satu trik untuk menggaet konsumen adalah dengan memakai promo …

Info Lengkap Proses Pengiriman Paket JNE

5 Feb 2019 BY Fadhil Guntur Ashari

Jika berbicara mengenai jasa ekspedisi di Indonesia, nama JNE berulang kali muncul ke permukaan. Siapa yang tak kenal JNE? Bahkan sebelum bisnis online menjamur seperti sekarang ini, JNE telah menjadi …

Apa itu Marketplace, e-Commerce, Online Shop? (Beda + Contoh)

2 Sep 2020 BY Ifan Prasya

Banyak pertanyaan tentang pengertian marketplace, e-commerce, dan online shop. Ada beragam perbedaan di antara ketiga istilah tersebut. Dalam tulisan ini, selain memberi penjelasan dan menunjukkan bedanya di mana, kami juga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *