Panduan Tips dan Cara Membuka Usaha Bisnis Jasa Pengiriman

Posted on 15 Jun 2021 By Aorinka Anendya
ADVERTISEMENT

Bagaimana tips dan cara membuka usaha bisnis jasa pengiriman atau bagaimana cara membuka usaha jasa pengiriman barang? Pertanyaan tersebut akan kami jawab di artikel ini.

Jasa pengriman barang atau disebut juga jasa ekspedisi adalah bisnis yang menawarkan untuk mengirimkan paket barang. Seiring ramainya jual-beli online, pengiriman barang dalam kota hingga luar negri pun semakin marak.

Tidak heran, bisnis ini pun semakin ramai diperbincangkan, karena bisnis ini memang menjanjikan dan memiliki prospek yang baik.

Tapi, sebelum memutuskan untuk terjun ke dalam bisnis ini, kamu perlu melihat potensi peluangnya terlebih dahulu. Oleh karenanya, simak terus artikel ini karena kita akan mengupas

  • Mengenai peluang usaha untuk bisnis jasa pengiriman.
  • Tips sebelum membuka usaha.
  • Langkah membuka usaha bisnis jasa pengiriman.

Menarik, buka? Mari langsung ke pembahasannya.

Peluang Usaha Bisnis Jasa Pengiriman

ADVERTISEMENT

Seiring perkembangan ekonomi yang semakin maju, terlebih dalam dunia digital pasti membawa banyak perubahan. Salah satunya adalah masyarakat yang semakin gemar berbelanja secara online.

Tingginya minat masyarakat dalam hal tersebut tentu membawa dampak baik bagi usaha pengiriman.

Semakin tinggi permintaan masyarakat akan pengiriman barang maka semakin menjanjikan pula bisnis pengiriman barang tersebut.

Oleh karena itulah mengapa banyak orang yang tertarik untuk mengembangkan bisnis ini sekarang.

Tips dan Cara Membuka Usaha Bisnis Jasa Pengiriman

Sebelum membuka usaha jasa pengiriman tentu ada banyak hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan lebih dulu. Agar nantinya bisnis kamu dapat berjalan seperti dengan lancar.

Serta tujuan dari bisnis tersebut dapat terlaksana dengan semestinya. Untuk itu ada beberapa poin yang perlu diperhatikan diantaranya.

Tentukan Spesialisasi Jasa Pengiriman

ADVERTISEMENT

Setelah kamu ingin membuka usaha bisnis jasa pengiriman. Sebenarnya masih banyak yang harus diulik lagi, seperti spesialisasi jasa pengiriman apa yang akan kamu tawarkan kepada konsumen.

Karena jangkauan bisnis pengiriman sendiri sifatnya luas sekali. Maka dari itu, dari awal kamu bisa menentukan spesialisasinya. Berikut beberapa contoh spesialisasi yang bisa kamu pilih.

  • Jasa pengiriman paket dan barang.
  • Jasa pengiriman antardaerah, provinsi.
  • Jasa pengiriman barang ke luar negeri.

Dan masih banyak lagi macamnya. Apabila kamu masih kebingungan, bisa kamu identifikasi lagi misal berdasarkan lama waktu pengirimannya, jenis barangnya atau yang lain.

Bisa juga dengan melakukan riset pasar langsung ke konsumen – konsumen. Kira – kira mereka sedang membutuhkan jasa pengiriman barang yang seperti apa .

Jika sudah menemukan spesialisasi yang tepat. Kamu bisa melanjutkan ke faktor lain yang perlu diperhatikan juga.

Tentukan Target Pasar

Tips dan cara membuka usaha bisnis jasa pengiriman selanjutnya adalah menentukan target konsumen. Setelah deal akan membuka spesialisasi bisnis apa, selanjutnya tentukan target konsumen untuk bisnis tersebut.

Orang – orang dari target inilah yang nantinya akan berpotensi menggunakan jasa pengiriman kamu.

ADVERTISEMENT

Misalnya kamu memutuskan untuk membuka jasa pengiriman barang dan paket. Target pasarnya bisa berupa para pemilik toko barang, company atau perusahaan besar dan lainnya.

Mengapa targetnya orang – orang tersebut? Karena tentu pemilik toko tersebut membutuhkan jasa untuk selalu mengirimkan barang pesanannya ke konsumen mereka.

Begitupun dengan sebuah perusahaan besar yang barangkali perlu mengirimkan sebuah dokumen atau paket.

Gimana sudah paham mengenai cara menentukan target pasar kan? Jadi, intinya sesuaikan saja dengan bisnis yang akan kamu jalani.

Siapkan Budget dan Rencana Keuangan

Saat awal membangun usaha pasti dibutuhkan suatu biaya. Meskipun mungkin untuk beberapa tahun ke depan tidak butuh lagi. Namun, setidaknya ada biaya yang bisa menutupi untuk satu tahun ke depan.

Nah, lalu biaya apa saja yang kira – kira nanti akan dibutuhkan.

  • Biaya sewa.
  • Gaji karyawan.
  • Biaya pemasaran.
  • Biaya operasional.
ADVERTISEMENT

Laman: 1 2 3 4

Author
WRITTEN BY

Aorinka Anendya

Perempuan receh yang gemar menulis dan tertarik akan teknologi. Sedang belajar untuk terus membuat tulisan berkualitas.

Related Post

Cara Jualan di Tokopedia Mudah untuk Pemula [Lengkap]

9 Sep 2022 BY Ifan Prasya

Memulai untuk jualan di Tokopedia bisa menjadi pilihan yang bagus buat para pemilik usaha. Baik yang baru mulai, atau yang sudah punya toko.Tak heran, karena Tokopedia sudah punya lebih dari …

Cara Transfer Pulsa Telkomsel Dengan Mudah dan Komplit Hanya Di Sini

29 Jan 2021 BY Mufti Syawaludin

Masih banyak yang belum tahu dengan cara transfer pulsa telkomsel yang mana pengguna dari provider satu ini terbilang sangatlah banyak.Menurut data dari katadata.co.id pengguna telkomsel pada tahun 2018 tercatat sebanyak …

5 Cara Mengatasi Alamat Tidak Didukung di Shopee [+Faktor Penyebabnya]

17 Sep 2021 BY Ayu Triworo

Pernah atau sedang mengalami masalah “produk ini tidak didukung oleh jasa kirim yang dipilih”saat hendak checkout Shopee? Jangan panik. Ini cara mengatasi alamat tidak didukung di Shopee yang bisa kamu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *