ADVERTISEMENT

Cara Upgrade ke ShopeePay Plus [Syarat, Ketentuan & Keuntungan]

Posted on 8 Okt 2021 By Ayu Triworo

Kamu ingin tarik atau transfer dana menggunakan ShopeePay? Atau mau menikmati berbagai tawaran promo shopeepay plus? Simak langkah verifkasi KTP pada akun ShopeePay dan ikuti cara upgrade ke ShopeePay Plus berikut ini.

Jika kamu pengguna ShopeePay tentu sudah tidak asing dengan fitur Tarik Dana, Transfer, Minta Dana, dll. Sayangnya, beberapa fitur ini tidak akan bisa diakses apabila kamu belum memverifikasi KTP. 

Nah melalui postingan kali ini mimin ingin membantu kalian yang masih bingung bagaimana cara melakukan verifikasi KTP. Tapi sebelum itu, yuk ketahui apa saja syarat dan ketentuan untuk verifikasi ShopeePay Plus. 

ADVERTISEMENT

Syarat & Ketentuan Verifikasi KTP (ShopeePay Plus)

Kalau kamu belum tahu apa itu ShopeePay, simak dulu penjelasan lengkapnya di artikel berikut~

Apa Itu ShopeePay? Cara Aktivasi, Top Up & Cara Menggunakan [Tutorial Lengkap.

Untuk bisa melakukan verifikasi ShopeePay, kamu perlu menyiapkan beberapa persyaratan berikut.

Pertama, mempunyai akun Shopee. 

Ke-2, menggunakan aplikasi Shopee terbaru (yang sudah terupdate).

Ke-3, Nomor HP dan email yang sudah terverifikasi. 

Ke-4, sudah mengaktifkan fitur ShopeePay.

Ke-5, verifikasi menggunakan identitas berupa KTP atau KITAS. 

Ke-6, menggunakan foto KTP + foto selfie memegang KTP.

Usahakan juga untuk menggunakan jaringan internet yang stabil agar proses verifikasi berjalan lancar. Perangkat yang digunakan untuk verifikasi ini bebas, bisa lewat pc atau HP. Tapi saran saya lebih enak dan praktis menggunakan HP atau smartphone. 

Untuk proses verifikasi ini biasanya hanya membutuhkan waktu sekitar 3-5 menit dengan catatan semua persyaratan sudah terpenuhi. 

Namun untuk kamu tidak dapat langsung menggunakan ShopeePay segera setelah verifikasi KTP, Shopee akan memproses verifikasi dalam kurun waktu 2×24 jam atau 2 hari.  

ADVERTISEMENT
Baca Juga: Cara Top Up Shopeepay Via Bank, Alfamart & Indomaret [Tutorial Lengkap]

Cara Upgrade ke ShopeePay Plus

Apakah di layar HP mu muncul tampilan seperti ini saat ingin transfer atau tarik dana? Jika iya tandanya kamu belum verifikasi shopeepay plus.

verifikasi ktp

Cara daftar shopeepay plus sebetulnya cukup mudah dan hanya butuh KTP saja untuk syarat utamanya. Nah, yuk ikuti tutorial cara verifikasi shopeepay agar tidak gagal berikut ini.

1. Buka aplikasi Shopee, klik ShopeePay.

cara upgrade ke shopeepay plus

2. Pada halaman ShopeePay, terdapat banner Upgrade ke ShopeePay Plus untuk dapatkan fitur lengkap. Klik Upgrade Sekarang. 

3. Kamu akan diarahkan pada halaman verifikasi KTP/KITAS untuk mengisi data.

4. Isi nama dan Nomor KTP/KITAS.

verifikasi

5. Pada kolom Foto KTP / KITAS, klik Ambil foto dan arahkan kamera pada KTP. Jika gambar sudah pas dan jelas, klik bagian tengah.

verifikasi shopeepay

Note: pengambilan foto KTP untuk verifikasi ini real time, bukan dari galeri. Jadi, sebaiknya siapkan KTP sebelum memulai. 

ADVERTISEMENT

6. Lanjut ke kolom Foto Diri Beserta KTP / KITAS. Klik Ambil Foto lalu lakukan selfie sambil memegang KTP / KITAS dengan tangan kanan.

verifikasi shopeepay

Note: foto harus jelas dan sesuai dengan petunjuk agar pemrosesan tidak terhambat.

7. Lanjut isi data diri lainnya berupa Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, Alamat sesuai identitas, Pekerjaan Saat Ini dan Nomor HP aktif. 

verifikasi shopeepay

8. Jika data sudah terisi semua, klik Konfirmasi.

verifikasi shopeepay

8. Cek kembali data yang kamu masukkan. Pastikan sudah benar. Lalu klik Lanjutkan.

9. Akan muncul notifikasi Informasi Terkirim, Klik OK.

verifikasi shopeepay

10. Selesai.

verifikasi shopeepay

Sumber Gambar: https://www.youtube.com/watch?v=eicrh_XAJOI&t=311s

Setelah semua langkah di atas dilakukan, kamu tinggal menunggu respon dari pihak Shopee. Biasanya akan tampil status bertuliskan Sedang Diverifikasi. 

Proses verifikasi biasanya berlangsung selama 2×24 jam. Setelah verifikasi Shopee selesai, kamu akan menerima notifikasi di aplikasi Shopee yang menginformasikan bahwa KTP berhasil diverifikasi. 

Baca Juga: Cara Menggunakan Voucher Shopee Food 2021 [Tutorial Anti Gagal]

Cara Verifikasi ShopeePay Plus Tanpa KTP

Beberapa pengguna mungkin belum memiliki e-KTP. Jangan khawatir, pihak Shopee mengijinkan cara upgrade shopeepay plus tanpa ktp. Proses verifikasi bisa dilakukan dengan mengganti KTP dengan identitas lainnya. 

ADVERTISEMENT

Beberapa identitas pengganti yang dapat dipakai untuk verifikasi adalah Passpor, SIM, dan identitas kependudukan lain yang memiliki foto. 

Sementara untuk warga negara asing yang tinggal di Indonesia menggunakan KITAS (Kartu Ijin Tinggal Terbatas) dan KITAP (Kartu Ijin Tinggal Tetap), 

Untuk cara verifikasi shopeepay tanpa KTP prosedurnya masih sama dengan langkah di atas. Hanya penggunaan identitas saja yang diganti. 

Keuntungan Verifikasi ShopeePay Plus

Setelah praktik cara mengaktifkan shopeepay, kamu pasti penasaran dengan berbagai fitur yang tertera di sana. Ada fitur Transfer, Tarik Dana, Minta Dana, dan banyak lagi. 

Sayangnya, semua fitur ini hanya bisa diakses jika kamu sudah upgrade ke ShopeePay Plus. Bukan hanya sekedar untuk menikmati berbagai fitur transaksi di Shopee lho.

ShopeePay Plus juga memberikan banyak keuntungan bagi penggunanya. Berikut keuntungan upgrade shopeepay plus.

  1. Memiliki limit dalso ShopeePay lebih banyak yaitu sampai dengan Rp 10 juta. Jika belum verifikasi, limit saldo hanya diperbolehkan maksimal Rp 2 juta saja. 
  2. Fitur Tarik Dana untuk menarik saldo (transfer) ShopeePay ke rekening bank, dompet digital dan tarik runai di gerai Alfamart dan Indomaret.
  3. Fitur Transfer untuk memindahkan dana ke akun ShopeePay lain.
  4. Layanan Minta Dana untuk meminta kiriman saldo dari akun pengguna lain. 
  5. Biaya transfer gratis baik transfer ke rekening bank mauppun ke akun ShopeePay lain. 
  6. Lebih banyak promo spesial dan promo cashback sampai 90%.
  7. Bebas biaya top up. 

Banyak juga kan keuntungan menggunakan ShopeePay Plus? Fitur ini juga bisa dipakai untuk membayar transaksidi Shopee Food. Pakai ShopeePay untuk bayar di Shopee Food juga lebih untung karena banyak promo gratis ongkir dan potongan harga sampai 90%.

Mua tahu gimana caranya? Simak selengkapnya cara order Shopee Food.

Nah, kalau kamu sudah verifikasi. Kamu bisa tarik dana ShopeePay kemanapun. Belum tahu caranya? Simak tutorial cara cepat tarik saldo ShopeePay.  

Baca Juga:Cara Membatalkan Pesanan Di Shopee Paling Mudah [+Lengkap]

FAQ

Ada banyak sekali pertanyaan muncul terkait cara upgrade ShopeePay Plus. Beberapa poin berikut semoga bisa menjadi referensi. 

Berapa lama verifikasi ShopeePay Plus?

Dalam keadaaan normal membutuhkan waktu 2×24 jam atau 2 hari. Bisa lebih cepat atau lebih lambat. 

Apakah ShopeePay harus diverifikasi?

Tidak harus. Kamu masih bisa menggunakan ShopeePay tanpa verifikasi tapi terbatas untuk belanja di Shopee atau menerima dana refund saja. Jika ingin menikmati fitur lebih banyak, ShopeePay harus diverifikasi. 

Bisakah 1 KTP untuk 2 akun ShopeePay?

Umumnya tidak. Peraturan dari Shopee hanya membatasi 1 identitas (KTP/KITAS) untuk 1 akun saja. Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan sekaligus menghindari penipuan. 

Tapi setiap pengguna bisa mempunyai maksimal 5 akun menggunakan 1 nomor HP atau rekening yang sama. 

Apakah bisa transfer ShopeePay tanpa verifikasi?

Sejauh ini tidak. Untuk memakai fitur transfer harus verifikasi terlebih dahulu atau upgrade ke ShopeePay Plus. 

Verifikasi shopeepay apakah aman?

Aman tapi mungkin tidak bisa maksimal 100%. Sejauh pengamatan kami belum ada kasus keamanan yang terjadi terkait proses verifikasi ShopeePay. 

Shopeepay Plus apakah aman?

Bisa dipastikan aman. ShopeePay merupakan alat pembayaran resmi Shopee dan menjadi fitur e-wallet yang sudah memperoleh lisensi dari Bank Indonesia. 

Penutup

Gimana? Cara upgrade ke ShopeePay Plus cukup mudah bukan? Jadi, jangan bingung lagi ya kalau belum bisa transfer dana di ShopeePay. Segera melakukan verifikasi seperti lankah di atas dan aktifkan ShopeePay Plus. 

Kalau dalma waktu 2 hari verifikasi belum juga berhasil. Silahkan sampaikan di kolom komentar di bawah ini atau langsung menghubungi call center Shopee

Jangan mau ketinggalan, dapatkan info menarik seputar aplikasi, tips, tenologi, digital marketing dan jualan lainnya di Plugin Ongkos Kirim. Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa beri tanda 💓 di kolom komentar dan bagikan ke pengguna lainnya. Terima kasih.

Author
WRITTEN BY

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~

Related Post

Apa Itu Shipment Forwarded to Destination JNE? [+Istilah JNE Lainnya]

19 Agu 2021 BY Aorinka Anendya

Apa itu Shipment Forwarded to Destination JNE? Mungkin kamu sering menemukan istilah ini ya? Saat melakukan pelacakan paket JNE. Nah, sebagian besar istilah yang digunakan oleh jasa ekspedisi memang menggunakan …

✔Cara Menghubungi Call Center Shopee [Via Chat, Email & Telepon]

15 Sep 2021 BY Ayu Triworo

Sedang ada masalah saat membeli produk di Shopee? Atau kendala saat memakai aplikasi? Jangan panik, ini cara menghubungi call center Shopee yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalahmu.  Call center atau …

Kiriman Paket Wahana Bermasalah? Lakukan 4 Hal Ini!

26 Jul 2019 BY Nisa Husnainna

Paket Wahana Bermasalah – Saat sedang menanti-nanti kedatangan paket, tentu saja Anda mengharapkan paketnya cepat sampai, bukan? Tapi jika yang terjadi malah sebaliknya, apa yang harus Anda lakukan? Artikel ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *