ADVERTISEMENT

Apa Itu ShopeePay? Cara Aktivasi, Top Up & Cara Menggunakan [Tutorial Lengkap]

Posted on 23 Sep 2021 By Ayu Triworo

Para pengguna Shopee mungkin sudah tidak begitu asing dengan fitur pembayaran ShopeePay. Tapi, jika kamu masih pemula dan belum pernah pakai fitur ini, yuk kenalan dulu apa itu ShopeePay.

Simak juga tutorial lengkap cara aktivasi akun, cara isi saldo dan cara menggunakan ShopeePay di artikel berikut. Untuk menambah wawasan tentang Shopee, silahkan mampir juga ke artikel lain di situs Plugin Ongkos Kirim berikut.

Artikel Terkait:

Sudah bookmark artikel di atas? Bisa baca lain kali ya. Sekarang, mari kita mulai dari apa itu ShopeePay.

ADVERTISEMENT

Apa Itu Shopeepay?

Shopeepay adalah fitur e-wallet atau dompet digital yang diluncurkan oleh marketplace Shopee. Fungsinya sama persis seperti OVO milik Grab, Gopay milik Gojek, Dana, atau LinkAja. 

Bedanya, ShopeePay hanya bisa digunakan untuk pembayaran di aplikasi resmi Shopee atau merchant yang bekerja sama dengan Shopee. Fitur ini hadir bertujuan untuk memudahkan pengguna bertransaksi online.

Lantas, apa kegunaan ShopeePay? ShopeePay adalah uang elektronik yang bisa digunakan sebagai:

  • metode pembayaran online di situs/aplikasi resmi Shopee.
  • alat pembayaran offline di outlet atau shopeepay merchant, dan
  • tempat menyimpan pengembalian dana untuk membayar transaksi selanjutnya.

Bukan cuma sebagai metode pembayaran, ShopeePay bisa dikatakan fitur yang kaya manfaat. Fitur ini memberikan banyak keuntungan bagi para penggunanya. Mulai dari bebas biaya pengiriman hingga diskon dan promo shopeepay dari merchant tertentu.

Baca Juga: Arti Shopee Haul Day Dan Manfaat Yang Didapatkan + Jenis Produknya.

Keuntungan Shopeepay

Meskipun fungsinya tidak jauh beda dengan dompet digital lainnya, ShopeePay sangat populer di masyarakat. Sebanyak 34% dari total transaksi dompet digital Indonesia menggunakan ShopeePay.

ADVERTISEMENT

Kok bisa? Faktanya, ShopeePay tidak hanya berfungsi sebagai alat pembayaran. Jika memakai layanan ini kamu akan mendapat banyak sekali manfaat dan keuntungan seperti berikut.

Lebih Banyak Promo Ongkir

Dengan ShopeePay, kamu akan mendapat lebih banyak voucher gratis ongkir dibanding metode pembayaran biasa. Pihak Shopee memberikan voucher gratis ongkir tambahan khusus bagi pengguna yang memakai ShopeePay.

Bonus Promo Cashback

Selain promo ongkir, kamu juga mendapatkan promo cashback dengan potongan beragam untuk setiap transaksi. Shopee biasanya memberikan promo cashback mulai dari 1% sampai 10% bagi pengguna ShopeePay. Tapi promo ini tidak selalu bisa dipakai pada semua toko dan jumlah potongan beragam. 

Biaya Admin Lebih Ekonomis

Biaya isi saldo Shopeepay lebih murah dibandingkan biaya transfer antar bank. Berikut rincian biaya admin top up ShopeePay:

  • via Alfamart/Indomaret sebesar Rp 2.500 per transaksi. 
  • via transfer bank sebesar Rp 0, Rp 500 sampai Rp 1.000 per transaksi. 

Bebas Biaya Penanganan

Belanja pakai saldo di ShopeePay bebas biaya penanganan. Artinya, tidak ada biaya tambahan yang nantinya akan mengurangi saldo kamu. Belanja pakai ShopeePay juga akan terjamin karena menggunakan fitur resmi dari Shopee.

ADVERTISEMENT

Praktis, Efisien & Hemat

Untuk mengisi saldo ShopeePay kamu tidak perlu ribet karena prosesnya mudah seperti transfer biasa. Selain itu, kamu pun bisa mengatur jumlah belanja dalam satu kali top up. Sehingga bisa menekan biaya tambahan admin.

ShopeePay bisa dibilang sangat rekomended buat pelajar atau ibu-ibu yang mau tetep ngirit meskipun belanja banyak.

Banyak Hot Deals

Berhubung ShopeePay adalah fitur khusus milik Shopee, ada banyak  promo menarik yang ditawarkan untuk penggunanya. Misalnya seperti deals di sekitarmu, voucher cashbak, cshback Xtra, dan banyak lagi. Promo tersebut hanya bisa kamu dapat jika menggunakan ShopeePay.

Refund Lebih Mudah

ShopeePay menjadi alternatif terbaik saat terjadi kesalahan dalam transaksi yang berujung refund. Dengan memiliki akun ShopeePay, refund semakin mudah karena bisa dilakukan lewat akun tersebut. 

Transfer Mudah & Murah

Pakai ShopeePay, transfer saldo lebih cepat dan mudah tanpa biaya admin. Kamu bisa berbagi saldo ke teman atau kerabat dengan cara transfer langsung lewat akun Shopee. 

ADVERTISEMENT

Lantas, bagaimana caranya supaya kamu bisa memiliki akun ShopeePay? Pada sesi berikutnya kami akan bahas cara buat, cara top up dan cara menggunakan ShopeePay. Simak terus yuk!

Baca Juga: 3 Cara Beli Barang Grosir di Shopee [Belanja Murah Bebas Ongkir].

Cara Membuat & Aktivasi ShopeePay

Untuk menggunakan ShopeePay kamu harus mengaktifkan fitur ini di aplikasi Shopee terlebih dahulu. Cara membuat Shopeepay adalah sebagai berikut: 

  • Buka aplikasi Shopee.
  • Di halaman beranda, pilih Saya > ShopeePay.

 

  • Baca Syarat dan Ketentuan terlebih dahulu (bisa langsung diskip).
  • Scroll ke bawah, klik tombol pilihan Saya Setuju, Aktifkan Sekarang.

  • Pihak Shopee akan mengirim kode verifikasi OTP ke nomor HP yang kamu daftarkan untuk aplikasi Shopee. Bisa kirim via Whatsapp, telepon, atau SMS. Pilih salah satu. Klik Konfirmasi. 

 

  • Jika sudah dapat, masukkan kode tersebut untuk verifikasi. Pilih Lanjut.

  • Tentukan angka untuk PIN ShopeePay. Ikuti ketentuan yang tertera pada halaman saat hendak membuat pin.

  • Atur ulang / masukkan kembali PIN yang sudah kamu daftarkan. Klik Konfirmasi. 

 

 

 

  • Selesai. Kamu bisa langsung menggunakan ShopeePay untuk belanja (isi saldo terlebih dahulu) atau upgrade ke ShopeePay Plus. Seperti gambar berikut.

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=drIWwakKvLQ

Setelah mengaktifkan shopeepay login di atas kamu bisa langsung menggunakan fitur ini untuk top up saldo maksimal 2 juta, membayar transaksi online (aplikasi) dan offline (merchant). Tapi, fitur ShopeePay hanya terbatas untuk belanja saja, tidak bisa transfer atau tarik dana. 

Jika ingin mendapatkan manfaat ShopeePay lebih banyak, sebaiknya upgrade ke ShopeePay Plus dan lakukan verifikasi link shopeepay terlebih dahulu. Cara upgrade ShopeePay Plus bisa lihat pada tutorial selanjutnya. 

Cara Verifikasi Akun ShopeePay

Jika sudah melakukan aktivasi, layanan ShopeePay sebetulnya bisa langsung dipakai. Hanya saja layanannya masih terbatas dengan maksimal saldo 2 juta. 

Jika ingin memperoleh manfaat lebih luas, maka kamu bisa mengupgrade ke ShopeePay Plus/ Caranya dengan memverifikasi akun ShopeePay melalui langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi Shopee.
  • Di halaman beranda, pilih Saya > ShopeePay.
  • Klik kotak Upgrade ke ShopeePay Plus untuk dapatkan fitur lengkap. Pilih tombol Verifikasi.

 

 

  • Gunakan kartu identitas untuk melakukan verifikasi. Bisa KTP (e-KTP), KITAS atau KITAP. Satu identitas hanya bisa dipakai untuk mendaftar 1 akun Shopee.
  • Pilih jenis kartu identitas yang akan dipakai.
  • Masukkan info kartu identitas. Pastikan seluruh informasi sudah sesuai dengan yang tertera di kartu identitas.
  • Verifikasi data. Pada kotak Dengan melanjutkan, saya setuju dengan syarat dan ketentuan. Klik centang. Pilih Konfirmasi.
  • Jika informasi terkirim, pilih OK.
  • Selesai. Tinggal tunggu informasi selanjutnya dari pihak Shopee.

Simak tutorial video selengkapnya di link berikut: https://www.youtube.com/watch?v=eicrh_XAJOI.

Dengan melakukan verifikasi identitas ada banyak manfaat yang bisa kamu dapat. Diantaranya adalah bisa top up saldo lebih banyak hingga maksimal 10 juta. Selain itu kamu juga bisa transfer dana, minta dan tarik dana dari fitur ShopeePay.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Alamat Tidak Didukung di Shopee [+Faktor Penyebabnya].

Cara Top Up Shopeepay

Jika ingin menggunakan fitur ShopeePay untuk transaksi online, kamu harus top up shopeepay terlebih dahulu. Bagaimana cara mengisi saldo shopeepay? Cara isi shopeepay cukup mudah dan bisa melalui berbagai cara.

Beberapa alternatif yang bisa dipilih untuk shopeepay top up adalah via:

(1) BCA OneKlik

(2) Transfer Bank (SeaBank, BCA, Mandiri, BNI, BRI, BSI, Permata, dan bank lainnya.

(3) Alfamart/Alfamidi

(4) Indomaret/i.saku

(5) scan QR code di gerai Circle K. 

Untuk shopeepay transfer ke bank BCA/BRI/BSI dan Mandiri, potongan biaya admin sebesar Rp 500. Sedangkan melalui transfer bank BNI dikenai potongan sebesar Rp 1.000. Jika mengisi saldo via Alfamart dikenakan biaya admin sebesar Rp 2.500 sementara di Indomaret gratis.

Cara top up shopeepay selengkapnya bisa dilihat pada tutorial berikut.

  • Buka aplikasi Shopee, masuk ke akun kamu.
  • Di halaman Beranda, klik Isi Saldo ShopeePay.

cara top up shopeepay

  • Klik Isi Saldo.

cara top up shopeepay

  • Kamu akan diarahkan di halaman Isi Saldo ShopeePay. Di halaman tersebut kamu akan diminta untuk memilih metode pembayaran untuk top up saldo. Ada 5 pilihan yang tersedia: BCA OneKlik, transfer bank, Alfamart, Indomaret, atau QR Code Circle K.

cara top up shopeepay

  • Pilih salah satu metode pembayaran di atas. Klik Konfirmasi.
  • Ikuti petunjuk yang tertera pada halaman metode yang kamu pilih. 
  • Setelah selesai membayar, tunggu proses verifikasi.
  • Jika pembayaranmu sudah dikonfirmasi, saldo ShopeePay akan bertambah dalam 1×24 jam. 

Apabila dalam kurun waktu tersbeut saldo tidak kunjung masuk, sebaiknya segera hubungi call center Shopee atau nomor kontak help shopeepay. Atau dengan mendatangi langsung merchant Alfamart/Indomaret/Circle K dimana kamu isi saldo.

Cara Menggunakan Shopeepay

Belum pernah pakai ShopeePay sebelumnya dan ingin mencoba belanja pakai fitur ini? Caranya gampang sekali. Yuk ikuti tutorial cara menggunakan shopeepay untuk pemula di bawah ini.

  • Isi saldo terlebih dahulu (lakukan seperti cara top up pada sesi sebelumnya di atas). 
  • Jika saldo sudah cukup untuk checkout, lakukan cara belanja di Shopee seperti biasanya (pilih barang lalu checkout). 
  • Di halaman Checkout, pilih metode pembayaran menggunakan ShopeePay.
  • Pilih voucher gratis ongkir (jika tersedia).
  • Klik Buat Pesanan.
  • Pilih tombol Bayar > masukkan PIN ShopeePay > Konfirmasi.
  • Selesai.   

Selain untuk belanja online seperti di atas, kamu juga bisa pakai ShopeePay untuk belanja offline di merchant yang terhubung dengan Shopee. Caranya dengan mengklik QR Code yang ada di aplikasi Shopee seperti di bawah ini.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Setelah belanja, langsung menuju kasir.
  • Lakukan scan QR Code yang tersedia di merchant dengan cara klik tombol metode pembayaran ShopeePay di aplikasi. 
  • Setelah muncul layar scanner, arahkan layar ke kode QR milik merchant. 
  • Masukkan PIN dan ikuti prosedur pembayaran selesai. 

Beberapa merchant besar yang menyediakan pembayaran ShopeePay adalah McD, Alfamart, Super Indo, Burger King, Carvil, KFC, dan Starbucks. Di kota-kota besar, lebih banyak merchant yang bisa kamu temui yang menyediakan pembayaran ini. 

Baca Juga: Cara Bayar Shopee Pakai GoPay Anti Gagal [Plus & Minus].

FAQ

Masih punya pertanyaan seputar ShopeePay? Yuk simak sesi FAQ berikut dan ketahui lebih banyak hal.

  • ShopeePay untuk apa?

ShopeePay bisa digunakan untuk belanja online di aplikasi, belanja offline di merchant Shopee, serta untuk menerima dan mengambil dana pengembalian dari transaksi Shopee. 

  • Apakah ShopeePay harus punya rekening?

Tidak. Kamu bisa melakukan isi saldo tanpa harus memiliki rekening yaitu melalui gerai Alfamart, Indomaret atau Circle K. 

  • Saldo ShopeePay apa bisa hangus?

Tentu saja tidak. Dana yang ada di ShopeePay akan mengendap dan tetap utuh sampai kapanpun. Saldo tidak akan berkurang atau hilang kecuali jika digunakan untuk bertransaksi. 

  • Apakah bisa isi saldo ShopeePay 20ribu?

Tentu saja bisa. Untuk pengisian saldo minimal 20 ribu bisa kamu lakukan lewat transfer bank, Alfamart, atau Indomaret. Detail mengenai minimal saldo bisa kamu lihat pada artikel cara top up ShopeePay berikut. 

  • Apakah shopeepay aman?

Tentu saja aman. ShopeePay adalah fitur resmi yang dikeluarkan ecommerce Shopee, sehingga terjamin keamanannya. ShopeePay juga sudah memperoleh izin dari pihak Bank Indonesia dan terdaftar di OJK. 

  • Apa itu Shopeepay later?

Shopeepay Later adalah fitur kredit yang tersedia di Shopee. Fitur ini memungkinkan kamu memperoleh pinjaman instant untuk berbelanja di aplikasi Shopee. 

  • Apa itu ShopeePay Plus?

Fitur ShopeePay yang mana kamu sudah melakukan proses verifikasi data diri menggunakan kartu identitas (KTP). Fitur ini menawarkan layanan yang lebih banyak dibanding fitur ShopeePay biasa.

Penutup

Demikian ulasan mengenai apa itu ShopeePay serta cara untuk aktivasi, top up dan menggunakannya. Bagaimana? Apakah kamu mulai tertarik berbelanja pakai fitur ShopeePay? Segera lakukan aktivasi dan isi saldo seperti tutorial di atas. 

Jika masih ada ulasan yang membingungkan, silahkan beritahu kami melalui komentar di bawah ini. Sudah dulu ya pembahasan apa itu ShopeePay kali ini, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Author
WRITTEN BY

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~

Related Post

9 Jasa Pengiriman Barang untuk Mendukung Bisnis Online Anda

18 Jul 2018 BY Fadhil Guntur Ashari

Ketika rilis versi 3.0, plugin ongkos kirim WordPress menambah fitur baru dan juga ada tambahan cek ongkos kirim untuk jasa ekspedisi lainnya. Maraknya bisnis online saat ini memang membuat kepopuleran …

Jam Kerja Kantor J&T Cabang, Agen & Kurir Lengkap [Terbaru]

8 Jul 2021 BY Nisa Husnainna

Jam Kerja Kantor J&T Kantor Cabang, Agen & Kurir  – Jika kita bandingkan dengan beberapa ekspedisi lain yang ada di Indonesia, J&T Express memang masih tergolong baru. Tapi siapa sangka …

Cara Dropship Shopee Ke Shopee 2021 (Resi Otomatis)

4 Agu 2021 BY Aorinka Anendya

Banyak diantara para seller yang masih bingung “bagaimana cara dropship Shopee ke Shopee?” Atau “bisakah dropship Shopee ke Shopee ?”  Pertanyaan ini kerap kali dilontarkan oleh seller yang baru mau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *