ADVERTISEMENT

Apa Itu ShopeePay? Cara Aktivasi, Top Up & Cara Menggunakan [Tutorial Lengkap]

Posted on 23 Sep 2021 By Ayu Triworo
ADVERTISEMENT

Para pengguna Shopee mungkin sudah tidak begitu asing dengan fitur pembayaran ShopeePay. Tapi, jika kamu masih pemula dan belum pernah pakai fitur ini, yuk kenalan dulu apa itu ShopeePay.

Simak juga tutorial lengkap cara aktivasi akun, cara isi saldo dan cara menggunakan ShopeePay di artikel berikut. Untuk menambah wawasan tentang Shopee, silahkan mampir juga ke artikel lain di situs Plugin Ongkos Kirim berikut.

Artikel Terkait:

ADVERTISEMENT

Sudah bookmark artikel di atas? Bisa baca lain kali ya. Sekarang, mari kita mulai dari apa itu ShopeePay.

Apa Itu Shopeepay?

Shopeepay adalah fitur e-wallet atau dompet digital yang diluncurkan oleh marketplace Shopee. Fungsinya sama persis seperti OVO milik Grab, Gopay milik Gojek, Dana, atau LinkAja. 

Bedanya, ShopeePay hanya bisa digunakan untuk pembayaran di aplikasi resmi Shopee atau merchant yang bekerja sama dengan Shopee. Fitur ini hadir bertujuan untuk memudahkan pengguna bertransaksi online.

Lantas, apa kegunaan ShopeePay? ShopeePay adalah uang elektronik yang bisa digunakan sebagai:

ADVERTISEMENT
  • metode pembayaran online di situs/aplikasi resmi Shopee.
  • alat pembayaran offline di outlet atau shopeepay merchant, dan
  • tempat menyimpan pengembalian dana untuk membayar transaksi selanjutnya.

Bukan cuma sebagai metode pembayaran, ShopeePay bisa dikatakan fitur yang kaya manfaat. Fitur ini memberikan banyak keuntungan bagi para penggunanya. Mulai dari bebas biaya pengiriman hingga diskon dan promo shopeepay dari merchant tertentu.

Baca Juga: Arti Shopee Haul Day Dan Manfaat Yang Didapatkan + Jenis Produknya.

Keuntungan Shopeepay

Meskipun fungsinya tidak jauh beda dengan dompet digital lainnya, ShopeePay sangat populer di masyarakat. Sebanyak 34% dari total transaksi dompet digital Indonesia menggunakan ShopeePay.

Kok bisa? Faktanya, ShopeePay tidak hanya berfungsi sebagai alat pembayaran. Jika memakai layanan ini kamu akan mendapat banyak sekali manfaat dan keuntungan seperti berikut.

Lebih Banyak Promo Ongkir

Dengan ShopeePay, kamu akan mendapat lebih banyak voucher gratis ongkir dibanding metode pembayaran biasa. Pihak Shopee memberikan voucher gratis ongkir tambahan khusus bagi pengguna yang memakai ShopeePay.

Bonus Promo Cashback

Selain promo ongkir, kamu juga mendapatkan promo cashback dengan potongan beragam untuk setiap transaksi. Shopee biasanya memberikan promo cashback mulai dari 1% sampai 10% bagi pengguna ShopeePay. Tapi promo ini tidak selalu bisa dipakai pada semua toko dan jumlah potongan beragam. 

ADVERTISEMENT

Biaya Admin Lebih Ekonomis

Biaya isi saldo Shopeepay lebih murah dibandingkan biaya transfer antar bank. Berikut rincian biaya admin top up ShopeePay:

  • via Alfamart/Indomaret sebesar Rp 2.500 per transaksi. 
  • via transfer bank sebesar Rp 0, Rp 500 sampai Rp 1.000 per transaksi. 

Bebas Biaya Penanganan

Belanja pakai saldo di ShopeePay bebas biaya penanganan. Artinya, tidak ada biaya tambahan yang nantinya akan mengurangi saldo kamu. Belanja pakai ShopeePay juga akan terjamin karena menggunakan fitur resmi dari Shopee.

Praktis, Efisien & Hemat

Untuk mengisi saldo ShopeePay kamu tidak perlu ribet karena prosesnya mudah seperti transfer biasa. Selain itu, kamu pun bisa mengatur jumlah belanja dalam satu kali top up. Sehingga bisa menekan biaya tambahan admin.

ShopeePay bisa dibilang sangat rekomended buat pelajar atau ibu-ibu yang mau tetep ngirit meskipun belanja banyak.

Banyak Hot Deals

Berhubung ShopeePay adalah fitur khusus milik Shopee, ada banyak  promo menarik yang ditawarkan untuk penggunanya. Misalnya seperti deals di sekitarmu, voucher cashbak, cshback Xtra, dan banyak lagi. Promo tersebut hanya bisa kamu dapat jika menggunakan ShopeePay.

ADVERTISEMENT

Refund Lebih Mudah

ShopeePay menjadi alternatif terbaik saat terjadi kesalahan dalam transaksi yang berujung refund. Dengan memiliki akun ShopeePay, refund semakin mudah karena bisa dilakukan lewat akun tersebut. 

Transfer Mudah & Murah

Pakai ShopeePay, transfer saldo lebih cepat dan mudah tanpa biaya admin. Kamu bisa berbagi saldo ke teman atau kerabat dengan cara transfer langsung lewat akun Shopee. 

Lantas, bagaimana caranya supaya kamu bisa memiliki akun ShopeePay? Pada sesi berikutnya kami akan bahas cara buat, cara top up dan cara menggunakan ShopeePay. Simak terus yuk!

Baca Juga: 3 Cara Beli Barang Grosir di Shopee [Belanja Murah Bebas Ongkir].

Cara Membuat & Aktivasi ShopeePay

Untuk menggunakan ShopeePay kamu harus mengaktifkan fitur ini di aplikasi Shopee terlebih dahulu. Cara membuat Shopeepay adalah sebagai berikut: 

  • Buka aplikasi Shopee.
  • Di halaman beranda, pilih Saya > ShopeePay.

 

  • Baca Syarat dan Ketentuan terlebih dahulu (bisa langsung diskip).
  • Scroll ke bawah, klik tombol pilihan Saya Setuju, Aktifkan Sekarang.

  • Pihak Shopee akan mengirim kode verifikasi OTP ke nomor HP yang kamu daftarkan untuk aplikasi Shopee. Bisa kirim via Whatsapp, telepon, atau SMS. Pilih salah satu. Klik Konfirmasi. 

 

  • Jika sudah dapat, masukkan kode tersebut untuk verifikasi. Pilih Lanjut.

  • Tentukan angka untuk PIN ShopeePay. Ikuti ketentuan yang tertera pada halaman saat hendak membuat pin.

Laman: 1 2 3

Author
WRITTEN BY

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~
ADVERTISEMENT

Related Post

Panduan Tips dan Cara Membuka Usaha Bisnis Jasa Pengiriman

15 Jun 2021 BY Aorinka Anendya

Bagaimana tips dan cara membuka usaha bisnis jasa pengiriman atau bagaimana cara membuka usaha jasa pengiriman barang? Pertanyaan tersebut akan kami jawab di artikel ini. Jasa pengriman barang atau disebut …

Cara Beriklan Di Instagram Ads Untuk Jualan Online

20 Mar 2021 BY Mufti Syawaludin

Dengan mengetahui cara beriklan di Instagram Ads, Anda dapat meningkatkan potensi penjualan lebih banyak lagi contohnya adalah membuat produk Anda dilihat oleh banyak orang. Menggunakan iklan Instagram sangat berpotensi meningkatkan …

Cara Membatalkan Pesanan Di Shopee Paling Mudah [+Lengkap]

25 Mar 2021 BY Mufti Syawaludin

Pada saat membeli barang di Shopee dan sudah melakukan checkout atau bahkan terlanjur membayar namun Anda merasa ada yang salah sehingga ingin cancel pesanan tersebut. Untuk itu, Anda perlu tahu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *