5 Langkah Jitu Tingkatkan Penjualan Bisnis Kecil dan Menengah

Hanif 09 Feb 2024 5 Menit 0

Bisnis kecil dan menengah (UKM) memegang peran penting dalam perekonomian Indonesia. Namun untuk dapat bertahan dan tumbuh, UKM mesti tingkatkan penjualan bisnis mereka. Di tengah persaingan bisnis yang ketat di era serba digital, UKM dapat memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan penjualan, salah satunya dengan menggunakan WhatsApp CRM.

Dalam artikel ini, kita akan membahas 5 langkah jitu untuk meningkatkan penjualan bisnis kecil dan menengah.

ADVERTISEMENT

Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Kecil dan Menengah

1. Meningkatkan Online Presence di Media Sosial

5 langkah jitu tingkatkan penjualan bisnis kecil dan menengah 1

Sekarang, banyak orang baik tua maupun muda lebih menyukai berbelanja produk atau jasa lewat media sosial maupun e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia. Sehingga, meningkatkan kehadiran online di media sosial menjadi strategi penting untuk dilakukan saat ini untuk mengoptimalkan visibilitas dan memperluas jangkauan bisnis. Hal ini akan dapat meningkatkan penjualan bisnis UKM.

Berikut cara meningkatkan online presence di media sosial:

  • Buatlah konten yang relevan dan menarik, bisnis dapat menarik perhatian lebih banyak orang dan membangun komunitas yang setia.
  • Buat berbagai aktivasi yang konsisten dan terencana di platform-platform seperti Facebook, Instagram, dan Twitter.
  • Bangun engagement yang bermakna dengan para audiens di media sosial dengan membalas komentar mereka.

2. Meningkatkan Mutu Pelayanan

Peningkatan mutu pelayanan adalah elemen krusial bagi pelaku bisnis UKM yang ingin memperkuat posisi mereka dalam persaingan pasar yang semakin ketat. Dengan memberikan pelayanan yang berkualitas, bisnis UKM dapat menciptakan pengalaman positif bagi pelanggan, membangun loyalitas, dan meningkatkan kepuasan pelanggan secara keseluruhan.

Selain itu, meningkatkan mutu pelayanan juga termasuk menerima feedback konstruktif dari pelanggan dan memperbaiki layanan. Pelayanan yang berkualitas nantinya akan menciptakan reputasi positif bagi bisnis dan memberikan peluang untuk mendapatkan rekomendasi dari pelanggan yang puas, yang dapat menjadi meningkatkan brandawareness dengan jangkauan audiens yang lebih luas.

Meningkatkan mutu pelayanan bisa dalam berbagai bentuk antara lain bersikap responsif dalam membalas pesan yang masuk, membuat berbagai promosi produk, memberikan layanan follow-up kepada pelanggan, dan lain-lain.

ADVERTISEMENT

3. Melakukan Diversifikasi Model Bisnis

5 langkah jitu tingkatkan penjualan bisnis kecil dan menengah 3

Bagi sebuah bisnis yang masih dalam merintis, memang kita mesti mencari banyak akal untuk tingkatkan penjualan bisnis UKM. Apalagi, tiap harinya kompetitor semakin banyak. Sehingga, kita dituntut untuk menjadi kreatif.

Salah satu kreativitas yang dapat dilakukan untuk tingkatkan penjualan bisnis UKM adalah dengan melakukan diversifikasi bisnis, baik dari segi produk maupun model bisnis. Misalnya saja, Anda tidak hanya menjual makanan manis tetapi juga cemilan gurih di bisnis online-mu.

Contoh lainnya, Anda tidak hanya menjual buku planner untuk keperluan pribadi, tetapi Anda juga menjual jasa dropship untuk para pebisnis pemula. Strategi ini dapat menjaring pelanggan yang lebih banyak.

ADVERTISEMENT

4. Aktif dalam Berpromosi

Tak dapat dipungkiri, pembeli menyukai diskon dan promosi produk. Apalagi bila produk atau jasa yang dijual merupakan barang yang sensitif dengan harga, seperti kebutuhan pokok sehari-hari. Karenanya, buatlah promosi secara berkala.

Akan lebih baik jika promosi tersebut dibuat eksklusif hanya untuk pelanggan tertentu. Misalnya, promo hanya dapat diakses oleh para pelanggan yang memesan lewat WhatsApp. Selain meningkatkan penjualan, Anda juga dapat menjaga interaksi dengan pelanggan dan membangun komunitas pelanggan yang loyal terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. 

Meskipun demikian, sesuaikan besarnya promosi dengan kemampuan bisnismu, ya. Jangan sampai, campaign promosi yang dibuat malah merugikanmu.

ADVERTISEMENT

5. Memanfaatkan Whatsapp CRM untuk Komunikasi yang Efektif

5 langkah jitu tingkatkan penjualan bisnis kecil dan menengah 5

Kita sudah membahas bahwa menjaga engagement dan interaksi dengan pelanggan itu penting. Saat ini, salah satu teknologi yang bisa dimanfaatkan UKM dalam menjaga interaksi dengan pelanggan adalah WhatsApp CRM.

Sebenarnya, apa itu CRM? Apa hubungannya dengan WhatsApp yang biasa digunakan untuk berkomunikasi sehari-hari dengan CRM dan bisnis yang sedang digeluti?

Secara singkat, WhatsApp CRM, atau Customer Relationship Management melalui WhatsApp, merujuk pada integrasi platform pesan instan WhatsApp dalam strategi manajemen hubungan pelanggan.

WhatsApp CRM melibatkan pemanfaatan fitur-fitur WhatsApp untuk memperkuat interaksi antara bisnis dan pelanggan. Fitur-fitur yang dapat dioptimalisasi untuk menjaga interaksi dengan pelanggan antara lain:

  • Personalisasi pesan
  • Analisis data
  • Otomatisasi pesan
  • Otomatisasi proses penjualan
  • WhatsApp broadcast
  • dan masih banyak lagi

Dengan memanfaatkan WhatsApp CRM, bisnis dapat menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih responsif dan terpersonalisasi, meningkatkan efisiensi operasional, dan merangsang pertumbuhan bisnis melalui komunikasi yang efektif dan strategis.

Mengintegrasikan Whatsapp CRM dalam strategi bisnismu dapat membuka pintu menuju komunikasi yang lebih efektif dengan pelanggan. Dengan memanfaatkan layanan pesan instan ini, Anda dapat dengan cepat merespons pertanyaan pelanggan, memberikan informasi produk, dan bahkan mengirimkan penawaran khusus. Penting untuk memahami potensi Whatsapp CRM sebagai alat yang dapat meningkatkan hubungan dengan pelanggan.

Langkah-langkah Strategis dengan Integrasi Whatsapp

Dalam konteks ini, integrasi Whatsapp tidak hanya memfasilitasi komunikasi, tetapi juga memberikan keuntungan lain seperti pemantauan interaksi pelanggan, analisis data, dan personalisasi layanan. Dengan memanfaatkan integrasi Whatsapp, bisnis kecil dan menengah dapat menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih baik. Berikut adalah langkah-langkah strategis yang dapat dilakukan bisnis UKM dengan integrasi WhatsApp.

1. Personalisasi Pesan

Salah satu cara terbaik untuk menggunakan Whatsapp sebagai alat penjualan adalah dengan personalisasi pesan. Pelanggan cenderung lebih responsif terhadap pesan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi mereka. Dengan memanfaatkan fitur-fitur personalisasi Whatsapp, seperti penggunaan nama pelanggan dan penawaran eksklusif, bisnis dapat menciptakan koneksi yang lebih dalam.

2. Jadwalkan Pesan dan Tindak Lanjut

Agar tidak terkesan mengganggu, jadwalkan pesan dan tindak lanjut dengan bijak. Menggunakan Whatsapp untuk mengirimkan pesan penawaran atau informasi produk pada waktu yang tepat dapat meningkatkan peluang penjualan. Dengan memanfaatkan fitur jadwal pesan, bisnis dapat merencanakan komunikasi mereka untuk mencapai hasil maksimal.

Pentingnya Integrasi Whatsapp dalam Strategi Penjualan

1. Integrasi Whatsapp sebagai Pilar Strategi Penjualan

Whatsapp bukan hanya alat komunikasi biasa; melainkan dapat menjadi pilar strategi penjualan bisnis kecil dan menengah. Dengan memanfaatkan fitur-fitur canggih, seperti analisis data dan segmentasi pelanggan, integrasi Whatsapp dapat membantu bisnis membuat keputusan yang lebih cerdas dalam hal strategi penjualan.

2. Peningkatan Efisiensi Melalui Whatsapp CRM

Integrasi Whatsapp tidak hanya tentang berkomunikasi dengan pelanggan, tetapi juga mengoptimalkan proses internal. Dengan memanfaatkan Whatsapp CRM, bisnis dapat meningkatkan efisiensi melalui otomatisasi tugas-tugas rutin, pelacakan inventaris, dan pemantauan performa penjualan secara real-time.

WhatsApp CRM dari Kommo

Kommo adalah salah satu perusahaan yang menyediakan WhatsApp CRM untuk bisnis. Jika Anda sedang mencari solusi WhatsApp CRM andalan dan efektif untuk tingkatkan bisnis UKM Anda, Kommo adalah pilihan yang tepat. Anda dapat menggunakan Kommo untuk marketing, penjualan, dan support pelanggan di WhatsApp.

5 langkah jitu tingkatkan penjualan bisnis kecil dan menengah 7

Kommo memiliki berbagai fitur yang dapat digunakan untuk mendukung tim marketing bisnismu dalam menarik pelanggan baru, antara lain unified box yang memungkinkan pelaku bisnis untuk  untuk mengelola semua komunikasi pelanggan dalam satu tempat, termasuk pesan dari WhatsApp, media sosial, email, live chat, dan platform lainnya. 

Selain itu, WhatsApp Broadcast Kommo dapat dengan mudah mengirim pesan promosi kepada target audiens hingga 256 kontak di WhatsApp Business tanpa harus repot-repot mengetik secara manual atau menyalin-tempel pesan.  Fitur unggulan lainnya adalah chatbot. Dengan visual chatbot builder yang mudah digunakan, fitur ini akan membantu mengotomasi pengiriman pesan sesuai kebutuhan pelaku bisnis dan pelanggan. 

Masih banyak fitur Kommo lainnya yang bisa dieksplorasi seperti dashboard untuk memantau dan meningkatkan penjualan, hingga melakukan penagihan otomatis kepada pelanggan yang dilengkapi dengan pembuatan faktur secara otomatis dari WhatsApp CRM Kommo. Semua fitur tersebut dapat diperoleh dengan harga subscription yang sangat terjangkau. 

Dengan paket Advanced Kommo atau di atasnya, Anda membuat chatbot untuk WhatsApp dan platform pesan lainnya. Selain Salesbot, hanya dengan $25/pengguna saja per bulannya, Anda sudah bisa mengakses semua fitur Kommo, termasuk drag-and-drop sales pipeline dan unified inbox untuk semua messenger, serta menemukan lebih banyak keunggulan WhatsApp CRM.

Masih ragu dengan manfaat dan keunggulan dari WhatsApp CRM? Yuk, simak beberapa kisah sukses klien Kommo yang berhasil mengerahkan kekuatan WhatsApp dan Kommo CRM untuk meningkatkan komunikasi pelanggan, melancarkan alur kerja, dan mendorong pertumbuhan.

1. WhatsApp CRM untuk Real Estate

Dalam hal mengelola penjualan proyek real estat mereka, Gardens Desarrollos dari Argentina pernah mengalami kesulitan. Itulah saat dimana mereka menemukan Kommo sebagai solusi. Platform CRM Kommo yang andal, memungkinkan mereka untuk memusatkan semua manajemen penjualan dan operasi konsultasi ke dalam satu alat yang praktis.

2. WhatsApp CRM untuk Agensi Perjalanan

Dengan bantuan Kommo CRM, agen perjalanan Kolombia – SmarTravel dapat melayani pelanggan mereka 24 jam dan menghasilkan penjualan melalui bot mereka, memberi informasi kepada klien tentang destinasi impian mereka, membantu merencanakan perjalanan mereka, dan memberikan saran. Semuanya itu dilakukan tanpa membutuhkan komunikasi langsung dengan pelanggan.

3. WhatsApp CRM untuk Perencanaan Acara

Fausto Russo telah memulai bisnisnya dengan menciptakan budaya kopi baru di Venezuela. Dia memilih untuk mengimplementasikan Kommo CRM, yang membuatnya berhasil untuk memenuhi permintaan pelanggan yang terus meningkat dan memperlancar jalannya perencanaan acara.

Kesimpulan: Transformasi Bisnis Melalui Whatsapp CRM

Dalam menghadapi persaingan yang ketat, bisnis kecil dan menengah perlu mengadopsi strategi yang inovatif untuk meningkatkan penjualan. Integrasi Whatsapp CRM bukan hanya tentang berkomunikasi, tetapi juga tentang mengubah cara bisnis berinteraksi dengan pelanggan dan mengelola proses penjualan.

Dengan mengikuti langkah-langkah jitu ini, bisnis kecil dan menengah dapat meraih kesuksesan yang lebih besar dalam meningkatkan penjualan mereka.


Jangan lupa untuk berkomentar dan beri kami masukan di laman Plugin Ongkos Kirim agar mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers.  Yuk, baca artikel menarik lainnya dari Hanif seputar Bisnis, dan lain-lain. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.


Apabila Anda menemui informasi yang kurang akurat, mohon tinggalkan komentar di bawah.

Bagikan ke:
Hanif
Ditulis oleh

Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *