Apa itu WhatsApp CRM? Ini Fitur dan Keunggulannya!

Amin 27 Apr 2023 4 Menit 0

WhatsApp memiliki pengguna lebih dari 2 miliar. Sudah saatnya pemilik bisnis mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan WhatsApp CRM agar keuntungan perusahaan meningkat.

Dibandingkan dengan aplikasi pengirim pesan dan aplikasi sosial media lainnya, 80% pesan WhatsApp dilihat dalam waktu lima menit. Ini artinya, pesan WhatsApp lebih mudah tersampaikan ke pelangggan.

Apabila pemilik bisnis menintegrasikan WhatsApp dengan aplikasi CRM, tentu pengelolaan data pelanggan bisa dilakukan dengan mudah. Sehingga bisa meningkatkan loyalitas pelangga.

Lantas, apa itu WhatsApp CRM? Apa keunggulan dan fitur yang tersedia di WhatsApp CRM? Sebelum masuk lebih jauh, sebaiknya kamu pahami apa itu CRM terlebih dahulu. Berikut informasinya!

Apa itu CRM dan Tujuannya?

Whatsapp crm

CRM (Customer Relationship Management) adalah strategi bisnis yang dipraktikkan dengan cara mengelola hubungan perusahaan dengan pelanggan.

Tujuan dari CRM adalah untuk meningkatkan dan menjaga loyalitas pelanggan, sehingga dapat meningkatkan profit jangka panjang untuk perusahaan dari hubungan yang terbangun dengan baik tersebut.

Aktivitas yang dilakukan dalam CRM adalah mengumpulkan data pelanggan, menganalisis data dan interaksi pelanggan, sehingga perusahaan dapat membuat produk dan layanan yang tepat untuk pasarnya.

Untuk melakukan aktivitas tersebut, dibutuhkan teknologi atau platform CRM yang dapat membantu mendapatkan dan mengelola data pelanggan. Tak heran jika saat ini banyak aplikasi CRM bermunculan.

Ada banyak cara untuk mengimplementasikan CRM dalam bisnis. Lalu, bagaimana agar implementasi CRM berhasil? Salah satu contoh penerapan CRM pada perusahaan adalah dengan menggunakan WhatsApp CRM.

Lantas, apa itu WhatsApp CRM? Apa saja jenisnya? Bagaimana cara mengaktifkan dan menggunakannya? Berikut penjelasan selengkapnya.

Apa itu WhatsApp CRM?

Whatsapp crm

WhatsApp CRM adalah sistem berkirim pesan melalui WhatsApp yang terintegrasi dengan aplikasi CRM. Sehingga perusahaan dapat mengumpulkan data, menganalisis data dan interaksi dengan pelanggan melalui WhatsApp.

Dengan data dan analsis tersebut, selanjutnya perusahaan dapat mengembangkan strategi pemasaran dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Karena, WhatsApp CRM dapat membantu meningkatkan efisiensi bisnis dan memberikan pengalaman lebih baik.

WhatsApp memiliki dua jenis versi bisnis, yakni (1.) WhatsApp Business dan (2.) WhatsApp Business API. Keduanya adalah platform yang berbeda yang ditawarkan oleh WhatsApp untuk membantu bisnis dalam berkomunikasi dengan pelanggan mereka.

  • Whatsapp Business adalah aplikasi yang dapat diunduh secara gratis oleh bisnis dan digunakan untuk berkomunikasi dengan pelanggan melalui WhatsApp. WhatsApp Business dirancang untuk bisnis kecil dan menengah, yang memungkinkan mereka untuk mengirim pesan teks, gambar, video, dan file lainnya ke pelanggan mereka.
  • WhatsApp Business API atau WhatsApp API adalah platform berbayar untuk menunjang komunikasi antara bisnis skala mengengah dan besar dengan pelanggan yang dapat diintegrasikan dengan sistem perusahaan. WhatsApp API memungkinkan bisnis untuk mengirim pesan secara otomatis, mengelola pesan masuk dan keluar, dan menerapkan fitur keamanan tambahan. Menurut Telemediaonline, WhatsApp Business API memiliki kesempatan estimasi dibuka 99% dan dibalas lebih dari 40%.

Berikut ini adalah tabel perbandingan antara WhatsApp Bisnis dan WhatsApp API:

VariabelWhatsApp BisnisWhatsApp API
Jenis PlatformAplikasiPlatform Khusus
BiayaGratisBerbayar
IntegrasiTidak BisaBisa
Digunakan olehBisnis Kecil dan MenengahBisnis Besar
FiturPengiriman pesan teks, gambar, video, file, dll.Pengiriman pesan otomatis, manajemen pesan masuk dan keluar, fitur keamanan tambahan, dll.

Keunggulan WhatsApp CRM

Whatsapp crm

Apa saja keunggulan integrasi WhatsApp dengan aplikasi CRM?

1.Dapat Menyimpan Riawayat Obrolan

WhatsApp CRM dapat menyimpan riwayat obrolan antara pelanggan dan perusahaan. Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti WhatsApp Business API atau layanan WhatsApp CRM yang tersedia di pasaran.

Keuntungan dari menyimpan riwayat obrolan antara pelanggan dan perusahaan adalah dapat melihat riwayat interaksi dan masalah pelanggan, memudahkan pelaporan dan analisis kinerja customer service, hingga memudahkan pelanggan melanjutkan percalkapan sebelumnya.

2. Dapat Mengambil Data secara Instan

WhatsApp CRM secara otomatis dapat memasukkan data pengguna ke dashboard CRM, sehingga kamu tidak perlu memasukkan datanya satu per satu. Dengan begitu, perusahaan bisa lebih menghemat budget pengeluaran untuk pekerjaan ini.

3. Terintegrasi Berbagai Saluran Komunikasi

Mayoritas sistem WhatsApp CRM sudah memiliki fitur omnichannel yang dapat terintegrasi dengan apliaksi lain seperti Instagram, Facebook, Telegram dan alat pengirim pesan lainnya. Sehingga cara komunikasi dengan pelanggan hanya perlu satu platform saja.

Fitur WhatsApp CRM

Whatsapp crm

Berikut adalah beberapa fitur WhatsApp CRM yang berbeda dari WhatsApp biasa:

1.Auto-reply

Fitur ini memungkinkan bisnis untuk mengirim pesan otomatis sebagai respons atas pesan yang diterima dari pelanggan. Ini membantu bisnis untuk memberikan respons yang cepat dan menghemat waktu.

Halaman Selanjutnya
2. WhatsApp ChatBot...

Pages: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Amin
Ditulis oleh

Amin

A late specializer, data-informed SEO content writer who is constantly hungry for growth. A lifelong learner who is interested in the marriage between creativity and technology.

Leave a Reply

Your email address will not be published.