Gopay Paylater: Info Biaya, Denda, Aktivasi & Bayar Tagihan

Ayu Triworo 12 Nov 2021 6 Menit 0

Layanan paylater belakangan tengah digandrungi masyarakat. Jika sebelumnya ada Shopee PayLater, sekarang ada Gopay Paylater di Gojek. Lantas, apa itu Gopay Paylater dan apakah sistemnya sama dengan fitur pinjaman lainnya?

Untuk menjawab pertanyaan terkait fitur tersebut, mari simak artikel berikut. Silahkan klik poin-poin yang tampil di Daftar Menu.

Boleh juga langsung scroll ke bawah untuk mendapatkan info selengkapnya. Yuk disimak.

Apa Itu Gopay PayLater?

Gopay PayLater atau GoPayLater adalah fitur pembayaran postpaid / pascabayar untuk bertransaksi di aplikasi Gojek, merchant Gopay dan Tokopedia.

Sama seperti fitur paylater lainnya, GoPayLater menyediakan pinjaman melalui layanan “beli sekarang bayar nanti”. Bedanya, untuk tagihan pembayaran GoPayLater tidak memiliki periode khusus 3 atau 6 bulan. Melainkan dibayarkan paling lambat di akhir bulan.

Baca Juga: Apa Itu ShopeePay? Cara Aktivasi, Top Up & Cara Menggunakan [Tutorial Lengkap]

Gopay PayLater Bisa Digunakan untuk Apa Saja?

Fitur ini bisa dipakai untuk membayar transaksi di aplikasi Gojek, seperti:

  • Goride
  • Gocar
  • GoFood
  • GoSend
  • GoBlueBird
  • Gojek Subsciption
  • GoPulsa
  • Go Tagihan, dan
  • GoTix

Selain layanan di atas, fitur paylater Gojek juga tersedia untuk alternatif pembayaran di Tokopedia dan berbagai merchant gopay paylater baik online maupun offline.

Syarat & Ketentuan Pemakaian

Tidak semua pengguna aplikasi Gojek dapat menggunakan GoPayLater. Meski begitu, syarat untuk menikmati fitur ini tidak seribet saat hendak kredit motor / pinjam uang di bank.

Berbeda dengan Gopay yang bisa diaktifkan kapan saja dan oleh siapa saja, ada syarat khusus untuk menggunakan GoPayLater. Syarat dan ketentuannya adalah:

  • merupakan Warga Negara Indonesia,
  • berusia minimal 21 tahun, dan
  • memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang sah.

Selain ketiga syarat di atas, fitur ini juga tidak tersedia bagi semua pengguna Gopay atau Gojek. GoPayLater hanya bisa diaktifkan oleh pengguna terpilih atau diundang oleh pihak Gojek.

Sehingga, kalau tidak ada undangan untuk aktivasi GoPayLater di aplikasi Gojek, tentu kamu tidak akan bisa menikmati fitur ini.

Bunga, Limit, Biaya Layanan dan Denda

Sebagai fitur pinjaman, seperti apa sih sistem yang diterapkan di GoPayLater? Apakah ada bunga dan cicilan seperti Shopee PayLater atau tidak ya?

Secara garis besar, GoPayLater tidak menggunakan sistem bunga ataupun cicilan. Akan tetapi, ada biaya layanan khusus dengan jumlah berbeda di setiap limitnya. Dan juga ada denda untuk pembayaran yang terlambat.

Selengkapnya bisa dilihat pada poin-poin di bawah ini.

1. Bunga

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, di Gopay Paylater tidak ada bunga setiap bulan. Melainkan akan ada biaya layanan pada setiap limit pemakaian. Yakni mulai dari 2,5% – 5%.

2. Limit

Limit adalah batas maksimum pemakaian GoPayLater untuk transaksi dalam satu bulan. Jumlah limit di GoPayLater bervariasi, mulai dari Rp 200.000 sampai Rp 1.000.000.

Halaman Selanjutnya
3. Biaya Layanan...

Pages: 1 2 3

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ayu Triworo
Ditulis oleh

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~

Leave a Reply

Your email address will not be published.