ADVERTISEMENT

Biaya Admin Tokopedia Untuk Penjual Dilengkapi Ilustrasi Perhitungannya

Posted on 24 May 2021 By Mufti Syawaludin

Marketplace besar seperti Tokopedia memberlakukan biaya admin untuk para penggunanya (Penjual). Hal ini digunakan untuk pemeliharaan sistem agar bisa melayani lebih maksimal lagi.

Walau demikian para seller tidak perlu khawatir terkait biaya tersebut karena tidak terlalu besar. Selain itu banyak manfaat atau keuntungan yang akan dirasakan oleh para pedagan di Tokopedia ini.

Karena para pengguna baik itu penjual maupun pembeli sangat berperan dalam kemajuan sebuah marketplace. Terbukti bahwa Tokopedia mendapatkan urutan kedua setelah Shopee dengan jumlah konsumen terbanyak.

ADVERTISEMENT

Pada artikel ini akan dibahas biaya admin Tokopedia dengan lengkap berdasarkan status toko penjualnya.

Untuk itu, silahkan simak hingga selesai, Ya!

Oh iya, bagi Anda yang belum tau pada artikel sebelumnya Kami telah membuat konten serupa yaitu biaya admin Shopee. Silahkan baca terutama yang memiliki toko dimarketplace tersebut supaya tidak bingung lagi karena disertai ilustrasi perhitungannya.

Biaya Layanan Bagi Pembeli Di Tokopedia

Perlu diketahui biaya layanan tidak hanya diberlakukan untuk para penjual di Tokopedia saja namun juga pembeli disetiap transaksi yang dilakukan.

Biaya ini akan dikenakan ke pembeli sebesar Rp1.000,- yang menggunkan motode pembayaran instant payment untuk setiap transaksi baik melalui aplikasi maupun situs web resmi Tokopedia.

ADVERTISEMENT

Berikut ini metode pembayaran di Tokopedia yang ada biaya layanannya:

  • KlikBCA
  • BNI SMS Banking
  • BCA Klikpay
  • BRI E-Pay
  • Jenius Pay
  • LinkAja
  • CIMB Clicks
  • JakOne

Untuk transaksi tertentu tidak dikenakan biaya layanan, seperti:

  • Produk Keungan
  • TopAds
  • Digital
  • Zakat
  • Donasi

Selain itu, pengguna baru juga terbebas dari biaya layanan untuk 3 (tiga) transaksi pertama dengan waktu selama 30 (tiga puluh) hari terhitung dari pembuatan akun di Tokopedia.

Baca Juga: Cara Dropship Di Tokopedia Paling Mudah dan Tips Suksesnya

Bagi pembeli yang menggunakan sistem pembayaran CICILAN akan dikenakan biaya layanan sebagai berikut:

Tenor Cicilan

Biaya Layanan Non Official StoreBiaya Layanan Official Store

Regular

1.5%

3 Bulan

2.5%

2.5%

6 Bulan

3.5%

3.5%

12 Bulan

6%

6%

18 Bulan

8%

8%

24 Bulan10%

10%

Beberapa bank mengenakan biaya konversi untuk sistem pembayaran cicilan yang menggunakan kartu kredit. Adapun besar buayanya tergantung kebijakan bank masing-masing. Berikut ini penjelasannya:

Bank

Biaya Konversi

BRI

Rp5.000

OCBC NISP

Rp15.000

DBS/ex ANZ

Rp15.000

Permata Bank

Rp15.000

Mayapada

Rp15.000

Danamon

Rp15.000

Standard Chartered

Rp20.000

Catatan:

  • Satu akun penggu dan kartu kredit hanya bisa menggunakan promo cicilan 0% satu kali saja per hari
  • Promo cicilan 0% tidak bisa digabungkan dengan promo lainnya di Tokopedia.

Perlu diketahui promo cicilan 0% bisa digunakan pengguna dengan ketentuan minimum belanja sebagai berikut:

Tenor Cicilan

Minimum Belanja

3 Bulan

Rp500.000

6 Bulan

Rp500.000

12 Bulan

Rp500.000

18 Bulan

Rp3.000.000

24 Bulan

Rp5.000.000

Berikut ini promo cicilan 0% untuk kartu kredit berlogo Visa dan Mastercard:

Bank

Cicilan 0%

3 Bulan

6 Bulan12 Bulan18 Bulan

24 Bulan

BCA

BNI

BRI

Mandiri

CIMB Niaga

Bukopin

Citibank

Danamon

DBS

HSBC

MNC Bank

OCBC NISP

Panin Bank

Permata Bank

Standard Chartered

OUB

Mega

Maybank

Itulah sedikit informasi biaya layanan yang harus pembeli ketahui, pada pembahasan berikutnya akan disampaikan pembahasan yang sama namun untuk para seller di Tokopedia.

Biaya admin Tokopedia untuk penjual dibedakan berdasarkan status tokonya yaitu Power Merchant dan Official Store. Silahkan disimak, di bawah ini penjelasannya:

Baca Juga: Cara Membatalkan Pesanan Di Tokopedia Paling Mudah [+Komplit]

Biaya Admin Tokopedia Power Merchant

Power Merchant adalah para penjual yang tergabung di Tokopedia yang akan mendapatkan fasilitas eksklusif untuk meningkatkan penjualan dan juga kepercayaan dari calon pembeli.

ADVERTISEMENT

Adapun biaya layanan power merchant akan dikenakan sebesar 1% (satu persen) dari setiap transaksi yang telah diselesaikan.

Pembayaran layanan tersebut akan di potong secara otomatis oleh sistem pada saat transaksi selesai. Biaya ini sudah termasuk Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 10% (sepuluh persen).

Supaya tidak bingung, berikut ini contoh simulasi perhitungan biaya layanan Power Merchant:

Penjual dengan status toko Power Merchant aktif telah mendapatkan orderan terselesaikan 2 (dua) produk dimana masing-masing seharga Rp50.000 sehingga total penjualan sebesar Rp100.000.

Biaya layanan untuk Power Merchant sebesar 1% (satu persen) untuk setiap transaksi yang selesai. Berarti dalam hal ini terhitung satu persen dari Rp100.000 adalah Rp1.000.

Biaya Rp1.000 tersebut sudah termasuk PPN 10% sedangkan Pajak Penghasilan (PPh) bukan tanggungan Tokopedia lagi yang artinya para seller lah yang akan mengurusnya sesuai peraturan perpajakan yang berlaku khususnya di Indonesia.

Bagaimana, cukup murah bukan?

ADVERTISEMENT

Hal ini sebanding dengan penawaran fitur eksklusif khusus untuk power merchant yang dapat meningkatkan penjualan Anda di Tokopedia.

Apa saja fitur eksklusif tersebut?

10 Fitur Eksklusif Power Merchant:

Bebas Ongkir

Pembeli akan lebih memilih toko yang menyediakan penjualan online dengan gratis ongkos kirim barang dari pada yang tidak. Terbukti, Tokopedia menyebutkan bahwa toko dengan Bebas ongkir menunjukan kenaikan penjualan sebesar 50% dibandingkan yang tidak mengaktifkan fitur tersebut.

Dengan demikian sudah pasti fitur Bebas Ongkir sangat diminati oleh para calon pembeli sehingga penjual yang mengatifkan fitur tersebut pun akan kebanjiran orderan.

Promosi Gratis Via Broadcast Chat

Jika sudah menjadi Power Merchat maka seller bisa menikmati promosi secara gratis dengan cara kirim pesan ke para calon pembeli bahkan yang tertarget sekalipun. Misalnya seperti:

  • Pengikut toko Anda (follower).
  • Calon pembeli yang pernah berinteraksi di toko Anda.
  • Pembeli yang pernah belaja di toko Anda.

Bonus Kredit TopAds

Untuk memunculkan produk dagangan di tempat yang strategis di Tokopedia seperti halaman pencarian dan atau gategori paling mudah menggunakan iklan.

Untuk itu, dengan status power merchant setiap kali membeli TopAds akan mendapatkan kredit sebesar 5% (lima persen) dengan minimal top up 100 ribu.

Tambah Etalase Toko

Jika toko Anda menjadi power merchant maka bisa menambah etalase toko hingga 200 buah. Dengan demikian penjual dapat mengatur kategori produk secara spesifik supaya calon pembeli bisa dengan mudah menemukannya.

Perlu diketahui untuk toko biasa atau reguler merchant hanya bisa membuat 10 etalase saja loh.

Produk Unggulan

Fitur ini bisa digunakan untuk meningkatkan kesadaran merek (brand awareness) para calon pembeli. Dengan Produk Unggulan maka barang dagangan akan lebih ditonjolkan dibandingan dengan produk lainnya yang ada di lapak Anda.

Dekorasi Toko Menarik

Toko akan terlihat lebih menarik selain itu penjual dapat lebih mudah menambahakan banner atau gambar promo bisa juga berupa video untuk ditampilkan pada halaman dekorasi toko.

Karena halaman ini yang akan pertama kali dilihat oleh para pengguna pada saat mengunjungi toko Anda yang ada di Tokopedia tersebut. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan branding produk daganagan.

Pinjaman Modal Toko

Sebagai Power Merchant akan di prioritaskan mendapatkan pinjaman tambahan modal untuk mengembangkan usaha.

Pinjaman modal toko ini dalam bentuk limit kredit, jadi para penjual yang memerlukannya bisa memanfaatkan fitur ini untuk mendapatkan tambahan modal.

Baca Juga: Panduan Sukses Jualan di Tokopedia untuk Pemula [Lengkap]

Melihat Statistik Toko

Melihat statistik toko artinya Anda dapat dengan mudah mengetahui beberapa hal diantaranya: jumlah penjualan, banyaknya produk yang dilihat hingga pendatan kotor, dan lain sebagainya.

Dengan demikian penjual dengan Power Merchant dapat dengan mudah menyusun strategi penjualan untuk kedepannya supaya penjualan makin sukses lagi.

Wawasan Pasar

Melalui fitur ini akan memudahkan Anda sebagai penjual untuk mengetahui produk apa yang sedang laris penjualannya, kata kunci apa yang sering digunakan oleh pengguna dalam melakukan pencarian di Tokopedia, dan juga toko toko seperti apa yang memiliki performa bagus.

Hal ini sangat penting diketahui untuk meningkatkan penjualan Anda dengan cara mengikuti perkembangan informasi yang ada di fitur wawasan pasar tersebut.

Satu Akun Admin Gratis

Nah, yang terakhir jika toko Anda sudah menjadi Power Merchant maka akan mendapatkan satu akses admin gratis. Akun ini bisa diberikan ke karyawan untuk mengelolahnya.

Sebagai pemilik toko Anda tidak perlu khawatir karena akun admin tidak bisa menarik saldo yang ada di Tokopedia.

Biaya Admin Tokopedia Official Store

Official Store adalah layanan dari Tokopedia untuk penjual terpilih agar bisa mengembangkan usahanya secara eksklusif.

Biasanya kategori penjual yang dapat menyandang status Official Store (Toko Resmi) di Tokopedia ini diantarnya:

  • Penjual dengan produk ternama
  • Distributor resmi
  • Penjual terpilih Tokopedia yang mimiliki reputasi Gold 1 dan aktif berjualan selama 6 terakhir serta mendapatkan lesensi atas produk yang dijual.
  • Pengusaha lokal yang memiliki izin dagang secara sah untuk berjualan.

Nah, perlu diketahui untuk menjadi Official Store terdapat biaya layanan yang harus dipenuhi oleh para penjual yang menyandang status tersebut.

Besarnya biaya layanan di toko resmi ini tergantung dengan harga jual dan dalam kategori apa produk tersebut. Dari pada bingung silahkan simak rincian persentase berikut ini:

Kategori Produk

Persentase Biaya Layanan

Otomotif

2% hingga 5%

Kecantikan & Perawatan

7.5% hingga 12%

Elektronik

2% hingga 5%

Fashion

10% hingga 15%

Makanan & Kesehatan

5% hingga 8%

Handphone

2% hingga 5%

Hobi

7.5% hingga 12%

Home & Living

5% hingga 8%

Mom & Baby

5% hingga 8%

Sebagai contoh silahkan perhatikan iluastrasi berikut:

Misalnya toko Official Store dengan kategori produk Otomotif telah berhasil melakukan penjualan sebesar Rp100.000.000 (seratus juta) dengan biaya layanan 2-5% maka komisi yang harus diberikan ke Tokopedia berkisaran dua hingga lima juta rupiah.

Begitu pula untuk perhitungan biaya layanan Official Store dengan penjualan ketegori produk lainnya. Untuk persentase yang disampaikan di atas masih dikategorikan lagi berdasarkan tipe penjualnya.

Catatan: Sebelum resmi menjadi Official Store penjual akan dipinta untuk mebayar biaya security deposit dengan nominal minimal Rp1.000.000 (satu juta).

Biaya tersebut akan dikembalikan jika kinerja toko selama menjadi Official Store dianggap baik dan memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

Baca Juga: Cara Pakai Fitur COD di Tokopedia (untuk Penjual & Pembeli)

Kauntungan Menjadi Official Store Tokopedia

  • Lebih dipercaya oleh konsumen. Calon pembeli lebih memilih toko dangan label Official Store dibandingkan yang tidak pada saat belanja di Tokopedia. Hal ini dilakukan salahsatunya dengan alasan untuk terhindar dari penipuan.
  • Mengatur toko lebih mudah. Penjual dapat mengatur lapaknya lebih mudah karena adanya fitur unggulan yang tidak dimiliki selain Official Store.
  • Promosi toko bisa lebih maksimal. Penjual yang menyandang Official Store akan otomatif menjadi bagian promosi yang dilakukan Tokopedia.
  • Bebas memilih ekspedisi pengiriman. Tidak hanya kurir yang berkerjasama dengan Tokopedia saja namun juga bisa memilih kurir sendiri di luar itu.
  • Dapat akses khusus berdiskusi dengan Relationship Manager Tokopedia. Hal ini sangant penting untuk meningkatkan penjualan Anda karena dengan berdiskusi langsung kepada tim akan muncul strategi-strategi yang tepat nantinya.

Biaya Layanan Bebas Ongkir

Setiap transaksi yang menggunakan Bebas Ongkir akan dikenakan biaya layanan sebesar 2.5% dengan maksimal Rp10.000 per kuantitas produk yang berhasil terjual.

Berikut ini contoh ilustrasi perhitungan biaya layanan Bebas Ongkir:

Biaya layanan Bebas Ongkir lebih kecil dari biaya batas maksimal, maka Penjual akan dibebankan senilai biaya layanan Bebas Ongkir.

CONTOH
Transaksi tanpa promo
Harga produk di invoice: Rp 120.000
Jumlah qty: 2
Biaya batas maksimal = 2 x Rp 10.000 = Rp 20.000

Biaya layanan Bebas Ongkir
= 2,5% x (harga produk x qty)
= 2,5% x (120.000 x 2)
= 2,5% x 240.000
= 6.000

– Biaya batas maksimal: Rp 20.000
– Benefit ongkos kirim yang diterima Pembeli: Rp 20.000

Jadi biaya layanan Bebas Ongkir yang akan dibebankan ke Penjual senilai Rp6.000

Biaya layanan Bebas Ongkir lebih besar dari biaya batas maksimal, maka Penjual akan dibebankan senilai biaya batas maksimal.

CONTOH
Transaksi tanpa promo
Harga produk: Rp 500.000
Jumlah qty: 1
Biaya batas maksimal = 1 x Rp 10.000 = Rp 10.000

Biaya layanan Bebas Ongkir
= 2,5% x (harga produk x qty)
= 2,5% x (500.000 x 1)
= 2,5% x 500.000
= 12.500

– Biaya batas maksimal: Rp 10.000
– Benefit ongkos kirim yang diterima Pembeli: Rp 20.000

Jadi  biaya layanan Bebas Ongkir yang akan dibebankan ke Penjual senilai Rp10.000

Sedangkan untuk biaya layanan Bebas Ongkir pada Power Merchant sedikit berbeda yaitu adanya biaya layanan sebesar 1% untuk Power Merchant dan 2.5% untuk Bebas Ongkir.

Berikut ini contoh ilustrasi perhitungannya dimana akan ada dua jenis produk masing-masing terjual dua item:

Ilustrasi Perhitungan Biaya Layanan Bebas Ongkir Power Merchant
©Tokopedia.com

Dari gambar ilustrasi di atas menunjukan biaya layanan Bebas Ongkir yang dikenakan terendah sebesar Rp11.250.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Gratis Bebas Ongkir di Aplikasi Tokopedia

Bagaimana? Sampai sini sudah paham kan?

Biaya admin Tokopedia terbilang sangatlah murah apalagi bisa meningkatkan penjualan Anda. Terutama dengan toko berlabel Power Merchant dan atau Official Store yang tersedia fitur eksklusif khusus di dalamnya.

Oh iya untuk cara menjadi Power Merchant dan Official Store di Tokopedia akan dibuatkan konten khusus. Untuk itu silahkan simpan artikel ini di browser Anda supaya tidak ketinggalan informasi update terbaru.

Jangan lupa bagikan artikel ini keteman-teman Anda yang sedang membutuhkan. Jika ada pertanyaan silahkan bisa disampaikan melalui kolom komentar di bawah ini.

Kami akan sebisa mungkin membantu permasalahan Anda terkait bisnis onlin yang sedang dijalani.

Mungkin cukup sekian, semoga bermanfaat dan salam sukeses selalu…

 

Author
WRITTEN BY

Mufti Syawaludin

Terus berusaha semaksimal mungkin untuk menyuguhkan konten yang terbaik dan bermanfaat bagi pembaca.
ADVERTISEMENT

Related Post

Cara Membuat Akun Paypal untuk Beli Plugin Ongkir

7 Sep 2018 BY Fadhil Guntur Ashari

Buat Akun Paypal – Jika Anda hendak membeli plugin ongkos kirim, Anda pasti menemukan pilihan pembayaran dengan menggunakan PayPal yang terdapat di pilihan paling atas. Tentu saja PayPal mendapatkan tempat …

10+ Aplikasi Kurir Online Terbaik di Android

26 Dec 2019 BY Nisa Husnainna

Aplikasi Kurir Online Terbaik di Android – Aplikasi kurir online sangat terasa kebermanfaatannya di kehidupan sehari-hari masyarakat. Ketika sedang berbelanja online, terkadang kita butuh barang tersebut segera sampai tanpa perlu melalui …

Tarif Bea Masuk Barang Import Tahun 2020 dan Perhitungannya

17 Sep 2020 BY Ifan Prasya

Sebagai warga negara yang baik, kita harus taat pada aturan. Termasuk juga untuk pembayaran tarif bea masuk saat membeli barang import dari luar negeri. Pun dengan pajak import yang berlaku. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *