Daftar Nomor Call Center 24 Jam BPJS Kesehatan

Nisa Husnainna 09 Sep 2022 3 Menit 0

Nomor Call Center 24 Jam BPJS Kesehatan – Saat ini siapa yang tidak punya BPJS? Hampir seluruh masyarakat Indonesia menggunakan layanan BPJS Kesehatan, ya…

Guna memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat, BPJS Kesehatan kini menyediakan fasilitas yang bertujuan untuk mempermudah masyarakat yaitu Call Center.

Melalui call center, masyarakat tidak perlu lagi repot datang jauh-jauh ke Kantor BPJS saat mengalami masalah. Kamu cukup mengadukan masalahmu dan meminta bantuan lewat panggilan telepon.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan telah menyediakan fasilitas call center BPJS Kesehatan. Jadi apabila kamu memiliki kendala soal BPJS Kesehatan, hubungi call center BPJS saja!

A. Nomor Call Center 24 Jam BPJS Kesehatan

Nomor call center BPJS Kesehatan adalah 165. Masyarakat bisa menghubungi nomor tersebut setiap hari selama 24 jam.

BPJS Kesehatan menyebut layanan ini dengan nama Care Center 165, bukan lagi 1500 400. Karena nomor 1500 400 adalah nomor yang lama.

Melalui nomor ini, masyarakat bisa melakukan banyak hal seperti mendaftar kepesertaan BPJS Kesehatan, pengaduan, hingga konsultasi kesehatan.

Jangan lupa catat nomornya, ya!

B. 4 Layanan di Care Center BPJS Kesehatan

1. Mendaftar Kepesertaan Anggota BPJS Kesehatan

Mau daftar jadi peserta BPJS Kesehatan? Gampang, lewat telepon aja! Dengan adanya layanan pendaftaran kepesertaan anggota lewat call center ini, kamu lebih menghemat waktu dan tenaga.

Mengingat diwajibkannya BPJS bagi seluruh Warga Negara Indonesia, layanan ini tentu dianggap sangat memudahkan.

Biasanya karyawan di perusahaan swasta maupun instansi negeri sudah tidak perlu pusing lagi untuk mendaftar menjadi anggota BPJS Kesehatan karena sudah diuruskan oleh kantornya.

Namun bagi orang yang tidak bekerja di perusahaan atau disebut dengan Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) atau Peserta Mandiri tentu harus mendaftarkan dirinya sendiri.

Nah, dengan adanya Care Center 165 ini tentu akan membuat Peserta Mandiri atau PBPU menjadi lebih simple.

Adapun berkas atau dokumen yang harus disiapkan untuk mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan antara lain:

  • nomor KTP
  • nomor KK
  • nomor telepon
  • alamat email
  • nomor rekening
  • nomor handphone
  • pilihan faskes

Setelah itu kamu akan diberi nomor virtual account (VA) melalui SMS atau email. Nomor VA ini akan menjadi identitas kamu saat ingin melakukan pembayaran di bank.

Jangan lupa untuk melakukan pembayaran maksimal 30 hari setelah penerbitan nomor VA, ya! Jangan lupa juga untuk memberikan alamat lengkap karena kartu BPJS Kesehatan kamu akan langsung diantar ke rumah. Praktis banget, ya?

2. Melakukan Perubahan Data BPJS Kesehatan

Tidak hanya mendaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan, call center BPJS atau care center 165 juga melayani perubahan data keanggotaan.

Misalnya ingin mengganti data perubahan identitas, faskes, kelas rawat, dan lain sebagainya. Semuanya bisa kamu lakukan melalui Care Center 165

Tapi terdapat juga beberapa hal penting yang harus diperhatikan:

Pertama, pastikan kalau kamu sudah terdaftar lebih dari 3 bulan di Faskes 1 jika ingin melakukan pindah Faskes.

Kedua, perubahan kelas rawat hanya berlaku untuk peserta mandiri atau PBPU, dengan syarat telah terdaftar sebagai anggota aktif BPJS Kesehatan lebih dari 1 tahun di kelas rawat sebelumnya.

3. Konsultasi Kesehatan dengan Dokter

Selain masalah birokrasi, Care Center 165 juga bisa kamu gunakan untuk berkonsultasi kesehatan dengan dokter, loh!

Kamu bisa bertanya dengan dokter umum terkait penyakit yang sedang kamu derita. Eits, tapi dengan syarat kamu terdaftar sebagai anggota aktif BPJS Kesehatan, ya!

Layanan ini bisa kamu manfaatkan mulai dari hari Senin sampai dengan Jumat, pukul 7.00 – 20.00 WIB.

4. Layanan Informasi dan Pengaduan Terpadu

Seperti call center pada umumnya, Care Center 165 menyediakan akses layanan informasi bagi anggotanya yang ingin mengetahui seluk-beluk BPJS Kesehatan.

Antara lain seperti status keanggotaan, tata cara pembayaran iuran, hingga urusan faskes.

Selain itu, bagi kamu yang ingin melakukan pengaduan terkait layanan BPJS Kesehatan juga bisa melakukannya via call center, loh!

Kamu akan dihubungkan dengan petugas terkait, kemudian kamu dapat menyampaikan persoalannya.

C. Call Center BPJS 165 Apakah Gratis?

Call center BPJS 165 memang gratis dan bisa dihubungi 24 jam. Jadi kamu tidak perlu khawatir kehabisan pulsa ketika menghubungi BPJS, ya.

165 merupakan nomor baru BPJS yang mana sebelumnya nomornya adalah 1500 400.

Akhir Kata

Adanya Care Center 165 merupakan angin segar bagi masyarakat Indonesia di mana fasilitas ini sangat sistematis, cepat, dan dapat diandalkan.

Kini masyarakat tidak perlu lagi repot antre atau terkena macet hanya untuk mendapat informasi terkait BPJS Kesehatan selama 24 jam.

Hanya melalui sambungan telepon saja, semua kebutuhan kamu terkait BPJS Kesehatan dapat teratasi.

Nah, dari penjelasan di atas, ada nggak sih yang masih belum kamu pahami? Atau kamu menemukan fakta yang berbeda?

Jika ada masukan, kritik konstruktif atau saran apapun, bisa Kamu sampaikan ke email kami di contact@tonjoo.com atau meninggalkan pesan di kolom komentar.

Feedback dari kamu sangat berarti untuk kami 😉

Terima kasih sudah membaca. Semoga bermanfaat.

Cara Cek Resi dan Tarif Ongkir Gratis. Mudah. Akurat.

Jika kamu hendak melakukan cek resi dan tarif ongkos kirim dapat dengan mudah kamu lakukan menggunakan layanan kami, loh. Selain itu juga 100% gratis.

Yuk, cek resi dan ongkos kirim pengiriman barang kamu.

Disunting oleh: Moch. Nasikhun Amin

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Nisa Husnainna
Ditulis oleh

Nisa Husnainna

Nisa is a technical and marketing Content Writer at Tonjoo. She was previously writing for a multinational IT company and also a Reporter at her campus magazine. Since High School, she has been writing at her blog and discovered her passion in blogging. When she's not working, she enjoys traveling, reading, cooking, and try new things.

Leave a Reply

Your email address will not be published.