ADVERTISEMENT

10+ Cara Agar TikTok Masuk FYP dan Banyak Like dengan Mudah

Posted on 12 Mei 2022 By Ayu Triworo
ADVERTISEMENT

Salah satu faktor yang membuat sebuah konten banyak ditonton dan viral adalah dengan masuk FYP. Tak heran, banyak content creator yang mencari berbagai cara agar TikTok masuk FYP.

Memang agak susah-susah gampang. Tapi kalau sudah tahu tipsnya, masuk FYP bisa jadi kenyataan jika diusahakan secara maksimal. Bahkan, kamu tidak perlu menggunakan link atau aplikasi FYP TikTok seperti yang banyak beredar di pasaran, kok.

Lantas, bagaimana cara agar TikTok FYP dan banyak like? Yuk, simak beberapa tips ampuh untuk bisa sukses FYP di TikTok. Check it out!

ADVERTISEMENT

FYP Itu Apa, Apakah Penting?

FYP, atau For You Page, adalah istilah di aplikasi TikTok. FYP sendiri merupakan sebuah halaman rekomendasi yang tampil pertama kali setiap kamu mengakses TikTok.

Vide yang muncul di halaman FYP ditampilkan sesuai tingkat popularitas dan algoritma TikTok. Sehingga video dengan jenis dan niche apa saja bisa muncul di halaman ini, tidak selalu video yang relevan dengan akunmu.

Di halaman FYP, kamu bisa menemukan banyak sekali postingan yang masuk dalam daftar recommended ditonton. Video-video yang ada di halaman ini biasanya konten berkualitas dan yang pasti, bisa viral.

Tak heran, masuk halaman FYP menjadi salah satu impian para konten kreator saat membuat konten.

Bagaimana Cara agar TikTok Masuk FYP dengan Mudah?

Cara agar FYP di TikTok sebetulnya tidak sulit. Hanya saja, butuh trik khusus dan usaha ekstra plus kesabaran agar membuahkan hasil.

ADVERTISEMENT

Nah, di bawah ini kami akan bagikan tips dan cara agar FYP di TikTok 2022 yang bisa kamu praktikkan. Simak yuk!

1. Buat Konten Kreatif & Berkualitas

Cara pertama agar mudah masuk FYP adalah dengan mengunggah postingan yang unik, kreatif dan berkualitas.

Sebetulnya tidak ada batasan atau syarat harus mengunggah postingan seperti apa. Selama bukan konten yang dilarang oleh pihak TikT0k.

Kamu bisa unggah konten apapun, baik itu yang bersifat edukasi, informasi, hiburan, life hack, tips trik atau bahkan konten joged sekalipun. Tapi ingat, pastikan konten original, menarik, bermanfaat dan bakal disukai banyak orang. 

Selain isi konten, tampilan video juga harus berkualitas tinggi. Buatlah video yang kualitasnya HD serta durasinya tidak terlalu panjang. Pilih juga angle kamera yang pas ditambah padu padan outfit, background serta backsound yang sesuai.

Dengan kombinasi yang baik, video kamu bisa maksimal dan berpotensi untuk bisa FYP.

2. Unggah Video di Jam Ramai (Prime Time)

Tips kedua, dan termasuk yang paling penting adalah mengunggah postingan pada prime time atau jam ramai TikTok. Jam tersebut merupakan waktu dimana para pengguna TikTok sedang aktif-aktifnya mengakses aplikasi. Pada jam inilah waktu terbaik untuk mengunggah konten agar mudah tayang di FYP. 

ADVERTISEMENT

FYP TikTok jam berapa? Jam agar masuk FYP TikTok sebetulnya sangat beragam. Menurut salah satu sumber, prime time terjadi pada siang hari jam 12.00 – 13.00, sore hari jam 16.00 – 17.00 dan malam hari jam 19.00 – 23.00 WB. 

Agar lebih mudah, kamu bisa ikuti jadwal uplod konten agar mudah muncul di FYP di bawah ini:

  • Senin jam 09.00, 14.00, 17.00 dan 21.00 WIB.
  • Selasa jam 10.00, 13.00 16.00 dan 20.00 WIB.
  • Rabu jam 11.00, 18.00, 19.00 dan 22.00 WIB.
  • Kamis jam 06.00, 20.00, dan 23.00 WIB.
  • Jumat jam 16.00, 24.00, dan 02.00 WIB.
  • Sabtu jam 06.00, 07.00 dan 22.00 WIB.
  • Minggu jam 03.00, 18.00 dan 19.00 WIB.

Nah, kamu bisa siapkan konten dan mulai buat penjadwalan upload konten sesuai jam di atas. Jika masih belum memiliki banyak konten, kamu bisa pilih salah satu waktu saja per harinya. Yang terpenting adalah rutin posting konten setiap hari.

3. Cantumkan Hashtag Populer

Fungsi hastag untuk membuat konten terorganisir sehingga lebih mudah ditemukan oleh audiens. Dengan hashtag yang tepat juga mampu membantu konten masuk FYP dengan mudah. 

Jadi tidak boleh sembarangan menambahkan hastag ke dalam konten. Hashtag haruslah relevan dengan konten dna kalau bisa yang sedang trending. Untuk menemukan hashtag yang sesuai, silakan ikuti langkah berikut:

ADVERTISEMENT
  • Buka menu Discover, akan muncul tampilan hashtag yang sedang trending dari urutan paling atas.
  • Lihat dan pilihlah beberapa.
  • Selanjutnya, ketikkan topik yang relevan dengan kontenmu di kolom pencarian. Akan tampil daftar tagar serupa.
  • Pilih dan gunakan hashtag yang memiliki jumlah viewers terbanyak.

Tapi jika ingin cepat viral, ada sejumlah rekomendasi hastag agar masuk FYP TikTok yang bisa kamu cantumkan. Hastag apa biar FYP? Berikut beberapa diantaranya:

  • #foryoupage
  • #fyp
  • #fypage
  • #fypindonesia
  • #fyppage
  • #foryourpage
  • #fypp
  • #fypdong
  • #tiktok4fun
  • #bestvideo
  • #funny
  • #thisis4u
  • dan masih banyak lagi.

4. Gunakan Backsound Viral

Cara agar video masuk FYP dengan mudah selanjutnya adalah buat konten dengan backsound viral. Salah satu daya tarik konten TikTok terletak pada musik atau lagu yang digunakan. Tak heran, banyak lagu-lagu terbaru bahkan lagu lawas trending kembali berkat aplikasi TikTok.

Nah, saat editing video, cobalah memasukkan audio yang sedang populer di TikTok. Tapi jangan lupa sesuaikan lagu dengan niche atau isi konten video kamu biar tetap nyambung.

Lagu-lagu populer di TikTok bisa dengan mudah kamu dapatkan. Saat hendak posting, audio viral biasanya tampil di urutan paling atas di daftar backsound.

5. Tambahkan Caption Menarik

Berikutnya, tips cara post TikTok agar FYP adalah dengan menambahkan caption menarik. Bukan cuma di Instagram, penulisan caption di konten TikTok juga sangat ampuh untuk membantu agar FYP. 

Cobalah tulis caption yang benar-benar sesuai dengan konten video yang kamu posting. Karakter yang bisa kamu gunakan untuk penulisan caption di video TikTok adalah sebanyak 300. Ini bisa kamu manfaatkan untuk menulis caption semenarik mungkin.  

Jika kamu kesulitan, coba gunakan kalimat pertanyaan. Statement berupa pertanyaan dapat memancing interaksi audiens. Dengan banyaknya komentar di video kamu, semakin tinggi pula potensi masuk ke laman FYP.

6. Duet dengan Kreator Lain

Cara yang bisa kamu coba berikutnya yaitu dengan meningkatkan awareness dan exposure akun TikTok. Bagaimana caranya? Yaitu dengan membuat konten duet atau kolaborasi dengan content creator TikTok lainnya.

Kolaborasi dapat berupa video joged duet, nyanyi bareng atau mengikuti challenge bersama.

Dengan membuat konten duet bisa membantu kamu menjangkau audiens lebih luas sekaligus meningkatkan jumlah followers. Apalagi jika kreator yang diajak duet sudah memiliki banyak pengikut. Tentu akan semakin menguntungkan.

7. Ikuti Challenge & Trend yang Sedang Viral

Selain duet bersama, sesekali mencoba tantangan viral atau membahas isu trending juga jadi jurus ampuh agar masuk FYP. Kalau kamu mengikuti trend, pasti ada saja challenge TikTok muncul setiap harinya. Ntah dari luar negeri maupun dalam negeri.

Apabila ada challenge yang trending, kamu bisa coba ikut buat konten serupa agar lebih mudah meningkatkan follower dan juga trafik. Dengan begitu, jalan untuk bisa masuk FYP juga lebih terbuka lebar.

8. Buat Video dengan Durasi Pendek

Menurut survey, pengguna TikTok lebih suka dengan video yang memiliki durasi pendek. Konten berdurasi pendek dianggap lebih enak ditonton. Pengguna juga tidak butuh waktu lama untuk eksplor konten lainnya.

Berbeda dengan video berdurasi panjang yang biasanya membuat penonton lebih cepat bosan. Sehingga tidak jarang pengguna TikTok langsung swipe video lain tanpa menonton hingga selesai.  Apabila hal ini terjadi, maka akan berdampak buruk pada tingkat engagement konten kamu.

Durasi ideal konten TikTok berkisar antara 11 detik hingga maksimal 3 menit. Kamu bisa buat video yang singkat padat dan menarik. Pilih durasi terpendek, misal kisaran 11-30 detik saja. Tapi, tetap sesuaikan dengan kebutuhan isi konten yaa.

9. Interaksi dengan Audiens

Tips yang bisa kamu coba selanjutnya adalah dengan rutin berinteraksi dengan pengguna lain. Kamu bisa berinteraksi dengan audiens yang menjadi follower akunmu atau pengguna aplikasi TikTok lainnya.

Caranya bermacam-macam, misalnya dengan rajin memberikan tombol like untuk akun tertentu atau memberikan komentar untuk video yang kamu sukai.

Dengan begitu, akun kamu akan semakin mudah terekspos dan berpeluang besar untuk dikunjungi oleh pengguna lainnya. Cara ini juga ampuh mengundang banyak like dan menambah followers TikTok.

Semakin banyak followers yang melihat konten video di akunmu, semakin besar pula peluang konten-konten tersebut bisa masuk FYP.

10. Ikuti Akun-Akun Terverifikasi

Cara agar TikTok masuk FYP yang terakhir yakni dengan mem-follow akun-akun terverifikasi. Akun terverifikasi (verified) ditandai dengan ikon centang seperti yang kita temui pada akun-akun artis yang sudah centang biru di Instagram.

Sebenarnya cara ini kurang begitu efektif karena tidak bisa langsung berdampak ke konten kamu. Cara ini bisa jadi opsi tambahan ketika kamu sudah mengikuti seluruh tips yang kita sebutkan sebelumnya.

Yaitu kamu sudah menyipkan konten semaksimal mungkin, memposting sesuai jadwal prime time dan mengikuti semua cara di atas secara benar.

Jika sudah melakukan seluruh step di atas, kamu bisa mulai mengikuti akun-akun centang di TikTok milik para artis atau influencer TikTok. Harapannya, akun-akun tersebut mau mem-follow balik akun kamu.

Apabila akun kamu diikuti oleh banyak akun centang biru, maka semakin mudah untuk populer dan peluang masuk FYP pun semakin besar.

Ciri-Ciri Konten Sudah Masuk FYP

Setelah menerapkan beberapa tips, mungkin kamu penasaran bagaimana sih cara kita tahu konten sudah masuk FYP atau belum.

Cara mengetahui video TikTok kita masuk FYP sebetulnya sangat mudah kok, berikut beberapa ciri-ciri video yang berhasil masuk laman FYP:

  • Jumlah penonton video bertambah. Hal ini bisa kamu lihat pada peningkatan jumlah views / tayangan.
  • Jumlah like meningkat.
  • Terdapat banyak komentar di unggahan video.
  • Followers akun semakin bertambah.
  • Munculnya banyak notifikasi di menu Kotak Masuk.
  • Kunjungan Profil bertambah.
  • Jumlah tayangan konten-konten lama juga semakin bertambah.

Nah, selain dengan memperhatikan berbagai ciri di atas, kamu juga bisa mengecek apakah video masuk FYP atau tidak dengan cara berikut ini:

  • Buka aplikasi TikTok > lakukan login akun.
  • Klik menu Profil > pilih menu Pengaturan (ikon garis 3 di sebelah kanan atas).
  • Pilih Alat Kreator > Analisis.
  • Di laman ini kamu bisa cek berbagai informasi terkait tingkat engagement akunmun, termasuk video yang masuk FYP pengguna lain.

Penutup

Di atas sudah kami bagikan tips cara agar TikTok masuk FYP dengan mudah tanpa aplikasi atau link. Gimana? Siap masuk FYP TikTok? Yuk coba terapkan satu per satu triknya dan maksimalkan usahamu. 

Ohya, prosesnya tidak instan lho, yaa. Jadi butuh usaha lebih dan juga kesabaran. Mungkin di bulan-bulan pertama kamu belum bisa merasakan efeknya.

Tapi tetaplah semangat, nikmati prosesnya. Dan selalu yakin bahwa hasil tidak akan pernah mengkhianati usaha. Selamat mencoba, semoga tulisan kami bermanfaat.

Author
WRITTEN BY

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~
ADVERTISEMENT

Related Post

Apa Itu Shipment Forwarded to Destination JNE? [+Istilah JNE Lainnya]

19 Agu 2021 BY Aorinka Anendya

Apa itu Shipment Forwarded to Destination JNE? Mungkin kamu sering menemukan istilah ini ya? Saat melakukan pelacakan paket JNE. Nah, sebagian besar istilah yang digunakan oleh jasa ekspedisi memang menggunakan …

Daftar Harga Ongkir Barang dari Jakarta ke Bali (All Kurir)

20 Okt 2019 BY Nisa Husnainna

Cek Tarif Ongkir Jakarta Bali 2019 Terlengkap – Bagi Anda yang sedang mencari tarif ongkir dari Jakarta ke Bali, halaman ini sangat tepat untuk Anda. Berikut kami paparkan informasi tarif …

Daftar Alamat Kantor Anteraja Jakarta Timur, Nomor Telepon & Jam Buka

18 Feb 2022 BY Ayu Triworo

Anda sedang mencari lokasi kantor hub, agen dan staging staging Anteraja Jakarta Timur untuk kirim atau komplain paket Anteraja? Beruntung mampir di artikel ini.  Melalui postingan kali ini kami sajikan alamat kantor …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *