ADVERTISEMENT

4 Cara Iklan di Shopee yang Efektif bagi Pemula, Gratis & Anti Boncos

Posted on 8 Apr 2022 By Ayu Triworo
ADVERTISEMENT

Setelah buka toko Shopee, langkah selanjutnya saat ingin jualan di Shopee adalah promosi. Promosi produk dan toko bisa lewat sosial media atau dengan cara pasang iklan. Lalu, gimana sih cara iklan di Shopee agar laris? Dan apakah pasang iklan gratis atau berbayar?

Biasanya, memasang iklan di Shopee tidak ada biayanya, alias gratis. Seller hanya diwajibkan membayar jika iklan diklik atau dibuka oleh pengguna Shopee. Namun, seller bisa memilih tarif iklan dan juga periode sesuai dengan budget dan kebutuhan.

Nah, kali ini kita akan ulas tuntas bagaimana cara iklan di shopee yang efektif untuk pemula dan anti boncos biar jualan makin laris.

ADVERTISEMENT

Cara Iklan di Shopee Berbayar

Cara pasang iklan Shopee sangat mudah dengan menggunakan fitur Shopee Iklanku atau fitur MyAds yang tersedia di aplikasi. Namun, beriklan dengan MyAds tidak gratis alias berbayar.

Jumlah pembayaranya bisa dipilih sendiri sesuai keinginan seller. Sementara cara bayar iklan di Shopee bisa dilakukan via ShopeePay, rekening, dan metode lain yang tersedia di aplikasi.

Cara buat iklan melalui fitur Shopee Iklanku terdiri dari 3 pilihan, yaitu:

  1. Pencarian produk dengan kata kunci,
  2. Iklan dari Halaman Produk Saya, 
  3. Iklan produk serupa, dan
  4. Toko.

Ketiga metode pemasangan iklan di atas memiliki cara dan biaya tersendiri. Masing-masing akan dijabarkan pada ulasan berikut.

1. Cara Pasang Iklan Pencarian Produk pakai Kata Kunci

Metode pasang iklan yang kerap digunakan oleh seller Shopee adalah menggunakan pencarian kata kunci.

Sesuai namanya, iklan ini menggunakan keyword / kata kunci populer. Sehingga produkmu akan muncul di halaman pencarian apabila calon customer mengetikkan kata kunci yang serupa dengan produk.

ADVERTISEMENT

Iklan ini berbayar, namun kamu bebas memilih biaya pemasangan yang disesuaikan dengan budget. Pastikan kamu sudah mengisi saldo Shopee sebelum menggunakan iklan ini.

Selanjutnya, ikut cara membuat iklan pencarian produk lewat fitur Iklanku sebagai berikut:

1. Buka halaman Shopee Seller Centre, kemudian login dengan username dan kata sandi.

2. Di Beranda, klik Iklan Shopee > pilih +Buat Iklan Baru.

3. Jika belum punya saldo, klik menu Isi Saldo di bagian pojok kanan atas.

4. Di halaman Buat Iklan Baru, klik menu Iklan Pencarian untuk memasang iklan kata kunci.

5. Di bagian Tipe Promosi, klik Produk.

6. Atur biaya dan periode pemasangan iklan pada menu Modal dan Periode.

7. Klik pilihan Tanpa Batas untuk biaya dan periode tanpa batas waktu. Atau klik pada pilihan Tentukan Modal / Tetapkan Tanggal Mulai/Selesai untuk pengaturan tertentu.

Note: 

  • Modal bisa diatur untuk biaya iklan harian atau menyesuaikan biaya sesuai durasi.
  • Pilih Tanpa Batas untuk memasang iklan sebanyak saldo yang tersedia.
  • Klik Tentukan Modal untuk mengatur biaya per klik iklan.
  • Untuk masa berlaku iklan, pilih Tanpa Batas Waktu untuk pemasangan sampai modal habis. Atau klik Tetapkan Tanggal Mulai/Selesai untuk mengatur periode sesuai keinginan.

8. Selanjutnya, silakan pilih produk yang ingin dipromosikan dengan mengetik nama produk atau mencari dari kategori. Centang produk-produk pilihanmu.

9. Klik Konfirmasi.

10. Selanjutnya, tentukan pengaturan kata kunci dengan memilih metode Pilih Otomatis atau Pilih Manual. Pilih dan klik salah satu.

Note:

  • Untuk pengaturan otomatis, kata kunci akan diatur secara otomatis oleh Shopee.
  • Sementara jika Pilih Manual, kamu bisa melakukan pengaturan kata kunci sesuai kebutuhan. Untuk mengatur secara manual, begini caranya:
  • Klik pilihan +Tambah Rekomendasi Kata Pencarian. Shopee akan menampilkan beberapa kata kunci yang relevan. Gunakan salah satu atau klik Delete untuk menghapusnya.
  • Tambah dan tentukan Kata Pencarian, Tipe Pencocokan dan Biaya Iklan.
  • Untuk menambahkan keyword, klik +Tambah Kata Pencarian pada kolom yang tersedia, lalu klik Tambah.
  • Tentukan keyword yang ingin kamu gunakan, jika selesai klik Konfirmasi dan Tambah Kata Pencarian. Selesai.

11. Silakan tentukan biaya per klik untuk iklan yang ingin kamu pasang di halaman produk.

12. Untuk melakukan seluruh perubahan iklan, beri tombol centang pada Kata Pencarian, Ubah Biaya Massal, Ubah Tipe Pencocokan Massal atau Hapus Massal.

ADVERTISEMENT

14. Terakhir, klik Aktifkan Iklan untuk mulai memasang iklan produk di fitur Iklanku Shopee.

15. Selesai.

2. Pasang Iklan dari Halaman Produk Saya

Selain langkah di atas, kamu juga bisa mempromosikan produk dari laman Produk Saya, caranya sebagai berikut:

  • Buka halaman Shopee Seller Centre, kemudian login dengan username dan kata sandi.
  • Di Beranda, klik Iklan Shopee > pilih Produk Saya.
  • Klik pilihan Lainnya > Atur Iklan Pencarian Produk untuk melakukan pengaturan iklan pencarian dengan kata kunci.

Di samping memanfaatkan iklan melalui kata kunci, kamu juga bisa menambah popularitas produk dan meningkatkan penjualan lhoh dengan iklan produk serupa. ,

Seperti apa dan bagaimana cara membuat iklan untuk produk serupa? Yuk kita bahas di tutorial bagian kedua di bawah.

3. Cara Buat Iklan Produk Serupa

Iklan produk serupa membantu pembeli menemukan produkmu saat menelusuri produk serupa/relevan dari toko lain. Dengan begitu, produkmu memiliki kemungkinan untuk dibuka atau bahkan dibeli apabila memiliki kualitas dan harga lebih baik.

ADVERTISEMENT

Selain muncul di halaman produk serupa, produkmu juga bisa muncul di halaman rekomendasi sehingga lebih mudah ditemukan. Untuk memasang iklan produk serupa, langkahnya sebagai berikut:

1. Buka halaman Shopee Seller Centre, kemudian login dengan username dan kata sandi.

2. Di Beranda, klik Iklan Shopee > pilih Iklan Produk Serupa Baru.

3. Tentukan produk mana yang akan kamu iklankan (maksimal jumlah produk untuk iklan adalah 50).

4. Untuk menentukan produk, kamu bisa mengetikkan nama produk di kolom pencarian atau melalui kategori. Centang produk yang ingin dipromosikan lalu klik Konfirmasi.

5. Buat pengaturan iklan, pilih antara Pengaturan Otomatis dan Pengaturan Manual.

Note:

  • Pada Pengaturan Otomatis, periode dan biaya per klik iklan dikelola dan ditentukan oleh pihak Shopee.
  • Pada Pengaturan Manual, kamu dapat mengatur dan mengelola biaya iklan, modal dan periode iklan yang hendak dipasang pada masing-masing produk.

6. Silakan pilih salah satu opsi, jika pilih Manual, isikan modal, biaya dan periode secara lengkap sesuai keinginanmu.

7. Jika pengaturan selesai, klik Aktifkan Iklan untuk mulai meluncurkan iklan.

Setelah iklan aktif, terus pantau perkembangan tokomu. Apabila performa toko meningkat, tambah modal dan segera naikkan iklan agar semakin melejit. Namun jika performanya stagnan bahkan cenderung kurang memuaskan, sebaiknya akhiri atau nonaktifkan iklan.

4. Cara Pasang Iklan Toko di Shopee

Di samping mempromosikan produk, kamu juga perlu mengiklankan toko agar bisnismu semakin populer di Shopee. Seperti namanya, pada iklan toko yang akan ditampilkan adalah nama dan profil toko.

Melalui iklan ini, tokomu akan muncul pada bagian atas halaman di kolom pencarian apabila calon pembeli menuliskan produk yang relevan dengan produk jualan di tokomu. Iklan jenis ini terbilang menguntungkan, karena:

  • mengarahkan calon pembeli untuk mengunjungi halaman toko yang diiklankan melalui pencarian nama toko maupun produk.
  • meningkatkan popularitas toko karena akan tampil pada peringkat teratas dari hasil pencarian keyword di search engine Shopee.
  • membantu meningkatkan penjualan melalui kunjungan toko.

Tertarik untuk mengiklankan tokomu? Berikut langkahnya:

1. Pilih foto, banner dan slogan iklan yang menarik dan relevan dengan produk jualanmu. Arahkan pembeli untuk mengunjungi halaman kategori atau produk tokomu.

2. Buat pengaturan kata kunci seperti iklan produk di atas. Kamu bisa pilih opsi Manual dengan menentukan kata kunci sendiri. Atau Otomatis dimana kata kunci akan disediakan/ditentukan oleh pihak Shopee. (Minimal kata kunci pencarian adalah 10).

3. Tentukan budget atau biaya per klik untuk pemasangan iklan toko.

4. Setelah pengaturan selesai, klik Aktifkan Iklan untuk mulai penayangan.

Note:

Lakukan pemantauan traffic secara rutin dalam 2 minggu dan lihat hasilnya. Kalau performa toko meningkat, naikkan biaya iklan dan lanjutkan penanyangan. Jika hasilnya tetap atau malah turun, sebaiknya hapus atau berhentikan iklan biar tidka rugi. 

Gimana? Iklan mana dulu nih yang mau kamu pasang? Kalau saran kami, jika tokomu masih baru, sebaiknya pakai cara efektif iklan Shopee. Yakni dengan buat iklan untuk produk terlebih dahulu. Jika sudah berkembang dan modal semakin besar baru lanjutkan dengan iklan toko.

FAQ

Selain mengetahui cara pasang iklan di Shopee, mungkin kamu masih punya banyak pertanyaan tentang fitur Iklanku. Sesi berikut akan menyajikan beberapa FAQ untuk menambah wawasan kamu.

  • Kapan Waktu Terbaik untuk Aktivasi Iklan?

Tidak ada aturan kapan harus mulai beriklan, memasang iklan bisa kapan saja. Tapi, kamu bisa mempertimbangkan beberapa event penting sebelum beriklan.

Misal, saat promo tanggal cantik seperti 3.3, 4.4, atau event 11.11. Bisa juga ketika menyambut event Harbolnas, event Hari Raya, Kemerdekaan atau hari spesial lainnya.

Kamu bisa pantau secara rutin kapan Shopee akan mengadakan hari belanja nasional atau puncak promo. Sebaiknya mulai pasang iklan 2 minggu sebelum puncak promo berlangsung agar hasilnya maksimal.

  • Berapa Jumlah Produk yang dapat Dipromosikan?

Sebetulnya kamu bisa mengiklankan produk sebanyak mungkin alias tanpa batas.

Namun, jika masih seller pemula atau belum pernah pasang iklan sebelumnya, cobalah mulai 5 sampai 10 produk untuk iklan melalui kata kunci atau produk serupa.

  • Iklan di Shopee Apakah Bayar?

Dikutip dari situs resmi Shopee, biaya pasang iklan di Shopee gratis alias tidak ada biaya administrasi. Namun, kamu wajib membayar ketika ada pembeli yang membuka iklan. Selama iklanmu tidak diklik, saldo iklan tidak akan berkurang. 

Cara menghitung biaya iklan di Shopee bisa dilihat berdasarkan modal atau biaya per klik yang telah kamu tentukan sebelumnya. 

  • Berapa Biaya Iklan Shopee per Klik?

Biaya iklan per klik sudah tersedia dan kamu tinggal memilih dan menentukan biaya mana yang sesuai dengan budget dan kebutuhan.

Untuk iklan produk serupa, biaya minimal per klik adalah mulai dari Rp 150 hingga Rp 5.000 baik untuk Tipe Pencocokan Luas dan Spesifik.

Penutup

Baiklah, di atas sudah kami ulas secara lengkap bagaiman persyaratan dan cara iklan di Shopee untuk promosi produk maupun toko. Bagi kalian yang masih sepi orderan silakan coba pasang iklan untuk meningkatkan penjualan.

Kalau belum punya modal lebih, kamu bisa pilih dan tentukan modal minim dan lihat apakah hasilnya memuaskan. Jangan lupa untuk rutin memantau traffik untuk melihat apakah iklan efektif. Selamat mencoba!

Jika kamu butuh info cek tarif / cek resi jasa ekspedisi silakakn gunakan link berikut ini, gratis kok!

Sekian, semoga artikel ini bermanfaat. Sampai jumpa di artikel kami lainnya. Terima kasih.

Author
WRITTEN BY

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~
ADVERTISEMENT

Related Post

6 Cara Mendapatkan Voucher Gratis Ongkir dan Cashback Shopee

8 Nov 2021 BY Ayu Triworo

Siapa nih yang kalo belanja di Shopee harus menantikan promo gratis ongkir dan cashback setiap bulan? Padahal, ada cara mendapatkan voucher gratis ongkir dan cashback Shopee yang mudah dan dapat …

JNE atau J&T, Mana yang Paling Bagus Menurut Kamu?

19 Jul 2018 BY Fadhil Guntur Ashari

Dengan bertumbuhnya bisnis online, jasa ekspedisi juga ikut kecipratan untungnya. Jika beberapa tahun lalu jasa ekspedisi hanya melayani pengiriman barang untuk urusan personal atau perusahaan retail besar saja, kini pelanggan …

Daftar Kantor JNE Mojokerto [Alamat & No Telp Cabang dan Agen]

9 Feb 2022 BY Ayu Triworo

Apakah Anda butuh daftar kantor JNE Mojokerto untuk memudahkan proses pengiriman bisnis Anda? Bagi kalian yang tinggal di kota ini, berikut kami sajikan daftarnya.  Meskipun bukan kota besar, di Mojokerto …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *