ADVERTISEMENT

Cara Import Barang dari China dengan Mudah dan Praktis

Posted on 15 Sep 2020 By Ifan Prasya
ADVERTISEMENT

Harga murah, kualitas bagus, produksi cepat; merupakan alasan-alasan kenapa banyak supplier mulai import barang dari China untuk memenuhi permintaan dari para pelanggan setia.

Dalam tulisan ini, kami akan berikan penjelasan tentang: (1) alasan mengapa membeli barang dari China; (2) cara import barang lewat marketplace; (3) cara import barang lewat jasa importir.

Tanpa berlama-lama lagi, langsung simak aja yuk~ Scroll yaa 😉

ADVERTISEMENT

Alasan Import Barang dari China

Ada beberapa pertimbangan yang dilakukan ketika kita ingin membeli barang dari China. Di antaranya ialah…

Harga Murah

Banyak lho, barang-barang yang dijual di Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dll; harganya 2-5x lipat dari barang China. Barang dari sana dijual begitu terjangkau, namun nilai jual yang terjadi bisa lebih dari itu.

Maka, banyak sekali supplier dalam negeri yang menggantungkan seluruh kebutuhan produknya pada import China. Karena harganya lebih terjangkau daripada memproduksi sendiri atau menggandeng vendor.

Kualitas Bagus

Meski dibanderol dengan harga terjangkau, bukan berarti barang yang dijual tak punya kualitas ya. Sebaliknya, barang-barang China justru punya kualitas yang tak kalah dengan barang-barang SNI.

ADVERTISEMENT

Bahan yang mereka pakai sudah sesuai standar, begitu pula dengan proses perakitan di sana. China dikenal sebagai negara produsen yang tak ingin kehilangan pelanggan, jadi mereka optimalkan kualitas barang.

Produksi Cepat

Satu hal yang paling identik dengan barang China adalah proses produksinya yang super cepat. Karena selain menggunakan mesin-mesin otomatis yang canggih, China juga punya tenaga kerja yang disiplin.

Rata-rata penduduk China memiliki etos kerja yang tinggi. Mereka sangat disiplin untuk mengerjakan pekerjaan dengan seoptimal mungkin. Inilah yang membuat waktu produksinya begitu cepat dan efisien.

Import Barang dari Marketplace

Apabila Anda ingin mencoba membeli barang dari China dalam jumlah yang tidak banyak (untuk mengetahui kualitas barang), bisa membeli lewat marketplace. Berikut beberapa pilihan yang bisa Anda pertimbangkan:

Alibaba Group

Alibaba sendiri sudah puluhan tahun menjadi toko online yang menjual barang secara eceran maupun grosir. Mereka sudah menjalin kerja sama dengan banyak sekali supplier di China. Beberapa situsnya pun tidak hanya Alibaba.com, lho. Ada macam-macam, yakni:

ADVERTISEMENT
  • Alibaba.com
  • Aliexpress.com
  • 1688.com

Pada ketiga situs tersebut, Anda dapat membeli barang secara ecer maupun grosir. Harganya juga sudah sangat terjangkau. Pembayaran dapat melalui credit card, PayPal, atau Western Union.

Terkhusus untuk situs terakhir, mereka menggunakan Bahasa Mandarin pada keseluruhan situs. Jadi, diharapkan Anda menggunakan tools translate otomatis supaya mudah memahami isi situsnya ya.

Taobao

Taobao juga cukup rekomended untuk mencari barang dengan harga miring. Di sana sudah tersedia beragam varian produk yang jarang ditemui di Indonesia. Benefitnya OK dan barangnya lucu-lucu.

Mulai dari pakaian, sepatu, perhiasan, perlengkapan rumah tangga, gadget, alat elektronik, hingga peralatan berkebun juga ada. Anda bisa mengaksesnya pada laman berikut:

  • https://world.taobao.com

JD.ID Global

Jika Anda ingin barang ori yang kualitasnya bagus, maka JD.ID Global bisa jadi pilihannya. Semua barangnya punya standar yang cukup tinggi, dikirim dari luar negeri (China).

ADVERTISEMENT

Caranya mudah, Anda tinggal login ke akun JD.ID biasa lalu pergi ke laman berikut:

  • https://global.jd.id

Di sana terdapat banyak sekali brand ternama yang didapat langsung dari supplier utama.

Lazada Global

Lazada juga mengeluarkan versi global untuk pembelian barang dari luar negeri, kebanyakan dari China. Caranya cukup mudah, Anda tinggal menuju ke laman berikut:

  • https://pages.lazada.co.id/wow/i/id/LandingPage/global-v2

Tetap masuk menggunakan akun Lazada Anda dan silakan belanja di situ. Seluruh barangnya dari luar negeri dan ada banyak sekali promo menarik yang bisa Anda ikuti.

Shopee

Untuk membeli barang import di Shopee, Anda cukup dengan mencari barang yang Anda mau melalui kolom pencarian. Nah, pada kolom pencarian, filter lokasi barang menjadi “Luar Negeri”.

Sudah deh, seluruh barang yang tampil di situ kebanyakan diimpor dari China. Dan harganya juga murah-murah. Untuk mengecek barang yang dikirim dari China, ikuti petunjuk yang ada pada laman berikut:

Import Barang via Jasa Importir

Apabila Anda ingin import barang dari China dalam jumlah yang banyak, maka kami sarankan untuk menggandeng partner jasa importir dulu sebagai pembelajaran awal.

Alasan Pakai Jasa Importir

  • Tidak perlu memikirkan supplier
  • Tidak perlu melakukan negosiasi
  • Tidak perlu repot urus cargo borongan
  • Tidak perlu mengurus dokumen cargo borongan
  • Tidak perlu repot urus pembayaran ke cargo borongan
  • dan masih banyak kemudahan lainnya

Rekomendasi Jasa Importir

Sejauh ini, kami merekomendasikan jasa import barang dari China (door to door) kepada:

  • Antara Logistic

Mereka sudah berpengalaman lebih dari 8 tahun mengurus proses import barang dengan profesional. Segala persyaratan sudah dipenuhi, Anda tinggal membayar jasa dan mengikuti prosedur yang ada.


Baik, dari penjelasan di atas, masih ada yang belum jelas, kah? Jika ada, segera sampaikan lewat kolom komentar yaa. Supaya bisa kami benahi segera.

Laman: 1 2

Author
WRITTEN BY

Ifan Prasya

Terampil dalam meracik strategi SEO Content Marketing untuk bisnis yang mampu meningkatkan angka penjualan.
ADVERTISEMENT

Related Post

Daftar Kantor dan Agen JNE Banjarmasin Lengkap

20 Mar 2020 BY Nisa Husnainna

Table of Contents Daftar Kantor dan Agen JNE Banjarmasin Lengkap – Lalu lintas pengiriman barang menggunakan ekspedisi JNE dari dan menuju Kota Banjarmasin tergolong cukup padat. Kota yang dijuluki dengan …

7 Email Reminder Pembayaran yang Terbukti Meningkatkan Penghasilan

14 Mei 2019 BY Nisa Husnainna

7 Contoh Email Reminder Pembayaran – Katakanlah Anda menjalankan toko online yang sukses. Anda memiliki jumlah kunjungan website yang tinggi dan produk Anda ramai/sering dibicarakan oleh konsumen. Sudahkah Anda menguasai …

Pengiriman JNE YES Berapa Hari Sampai?

27 Des 2019 BY Nisa Husnainna

Pengiriman JNE YES Berapa Hari Sampai? – Sebagai perusahaan jasa ekspedisi yang telah berpengalaman selama hampir 30 tahun, JNE terus berupaya meningkatkan pelayanannya. Salah satunya dengan menciptakan layanan pengiriman kilat …

1 Comments

  1. Saya tertarik ingin import accesories HP dan accesories motor dan mobil ,sy hatus menghubungi kemana ya ,minta contac person yg bisa di hubungi. Tks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *