Cara Komplain Pengiriman Paket ID Express Terbaru [Mudah, Anti Gagal]

Posted on 26 Mei 2022 By Mufti Syawaludin
ADVERTISEMENT

Sedang bermasalah dengan pengiriman ID Express? Paket telat, salah alamat, rusak atau bahkan hilang? Jangan khawatir, simak panduan cara komplain ID Express di artikel berikut dan dapatkan berbagai tips agar masalah cepat selesai!

Meskipun tergolong baru, ID Express sudah banyak dikenal dan digunakan terutama bagi yang hobi belanja di Shopee. Jasa ekspedisi ini memang murah dan cepat. Sayangnya, tak sedikit pembeli mengeluhkan beberapa kendala saat kirim barang dengan ID Express.

Salah satu yang paling sering terjadi adalah ketika menggunakan sistem pembayaran COD. Apakah Anda salah satu yang sedang mengalami masalah dengan ID Express? Jika iya, mending simak dulu pembahasan di artikel berikut.

Sekilas Tentang ID Express

ID Express atau PT IDexpress Service Solution adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pengiriman pertama di Indonesia yang menggunakan sistem teknologi dan perangkat lunak berbasis robot.

Dengan demikian, selain barang kiriman aman juga bisa cepat sampai tujuan. Wajar saja ID Express yang terbilang baru berdiri (tahun 2019) sudah terpercaya di kalangan masyarakat luas se Asia Tenggara.

ADVERTISEMENT

Ditambah lagi dengan menjalin kerjasama berbagai marketplace dan e-commerce besar seperti Shopee membuat ekspedisi ini makin dikenal.

Adapun layanan pengiriman yang ditawarkan ekspedisi ID Express, diantaranya:

  1. Regular: Merupakan layanan pengiriman standar dengan waktu sampai diantara 2 hingga 7 hari kerja tergantung dengan jarak yang ditempuh.
  2. Same Day: Merupakan layanan pengiriman barang yang akan sampai tujuan di hari yang sama dengan jarak yang bisa ditempuh maksimal 8 jam.
  3. IDlite: Merupakan layanan termurah untuk berat di bawah setengah kilogram hanya dihitung separuh harga.

Walaupun sudah menjadi ekspedisi yang handal tidak bisa dipungkiri akan adanya kendala pengiriman paket yang akan terjadi. Hal ini sudah menjadi permasalahan hampir semua perusahaan penyedia jasa pengiriman termasuk JNE, J&T, SiCepat, AntarAja, dan lain sebagainya. Termasuk juga ID Express.

Kendalanya pun bermacam-macam, mulai dari masalah sistem pusat, kendala teknis hingga masalah dengan kurirnya. Nah, untuk mengetahuinya silahkan simak pembahasannya di bawah ini.

Masalah Pengiriman ID Express

Banyak sekali yang menjadi faktor yang mengakibatkan kurir yang mengantarkan paket masalah. Berikut ini beberapa kendala yang sering terjadi:

Alamat Tidak Ditemukan

ADVERTISEMENT

Masalah yang satu ini paling sering terjadi, biasanya kesalahan ada pada penulisan alamat yang kurang jelas atau parahnya lagi jika sampai salah.

Hal ini lah yang menyebabkan kurir tidak bisa menemukan alamat tujuan sesuai yang tertera pada surat pengiriman atau yang tertempel pada paket.

Sebagai pengirim, sebaiknya pastikan alamat sudah benar dan terlihat jelas (mudah dibaca) sebelum menyerahkan peket tersebut kepada petugas ekspedisi.

Bagi Anda yang belum mengerti, tenang saja kami telah buatkan panduan cara menulis alamat paket yang baik dan benar. Silahkan dibaca karena artikel tersebut dibuat sesuai dengan standar ekspedisi.

Paket Terlambat Sampai

Penerima pasti tidak sabar menunggu kedatangan paketnya apalagi isinya barang belanjaan yang dibeli secara online. Memang sih, ada estimasi waktu sampai untuk setiap layanan pengiriman dari ekspedisi seperti regular (2-3 hari).

Dengan jauhnya jarak yang harus di tempuh belum lagi adanya kendala dalam perjalanan seperti macet, blokade, kerusakan pada armada, bencana alama, dan lain sebagainya.

Atau bisa juga salah alamat, misalnya tujuan paket ke kota Surabaya namun malah dikirim ke Medan. Nah, hal semacam inilah menjadi faktor yang membuat pengiriman paket jadi terlambat karena harus dikirim balik sesuai tujuan.

Paket Rusak

Kerusakan paket pada saat diterima oleh penerimanya masih sering saja terjadi, dalam hal ini yang dimaksud rusak dalam perjalanan ya, bukan dari pengirim atau penjual.

ADVERTISEMENT

Hal ini paling umum disebabkan karena proses pengirimannya terdapat banyak paket sekaligus yang mengakibatkan saling tumpang tindih atau bisa juga bergesekan satu sama lain.

Maka dari itu, supaya terhindar dari kerusakan sebaiknya paket dikemas seaman mungkin disesuaikan dengan jenis barang yang akan dikirim apalagi rentan pecah atau patah.

Untuk itu, kami telah buatkan tips packing barang yang baik dan benar supaya paket terhindar dari kerusakan atau aman sampai tujuan.

Paket Hilang

Paket yang hilang artinya keberadaannya tidak berada di agen manapun dan juga tidak bisa dilacak yang mengakibatkan informasi pengirimannya sulit diketahui.

Atau bisa jadi, paket diterima oleh penerima yang salah sehingga status pengiriman sudah selesai namun pihak penerima tidak merasa menerima barang kiriman tersebut.

Biasanya hal ini sering terjadi untuk paket yang dikirim melalui ekspedisi yang tidak jelas (abal-abal). Untuk itu, sebaiknya pilihlah jasa pengiriman yang sudah ternama, memiliki kredibilitas yang tinggi, dan yang paling penting memiliki fitur lacak kiriman atau cek resi.

Dengan adanya fitur tersebut maka Anda dapat memantau perkembangan pengiriman paket. Jika terdapat hal yang mencurigakan bisa langsung tanyakan ke pihak ekspedisi terdekat sesuai dengan kurir yang digunakan.

ADVERTISEMENT

Laman: 1 2 3

Author
WRITTEN BY

Mufti Syawaludin

Terus berusaha semaksimal mungkin untuk menyuguhkan konten yang terbaik dan bermanfaat bagi pembaca.

Related Post

Cara Membatalkan Pesanan Akulaku Dengan/Tanpa DP [+Syaratnya]

30 Mei 2022 BY Ayu Triworo

Cara membatalkan pesanan Akulaku sebetulnya sangat mudah apabila belum dibayar. Selain itu, pengguna juga dapat melakukan pembatalan jika mengalami masalah seperti salah beli produk atau tidak ada respon penjual.Lantas, bagaimana …

Cara Mencari Kantor Sicepat Terdekat Super Praktis

17 Nov 2021 BY Ayu Triworo

Sedang mencari kantor SiCepat terdekat dari lokasi saya? Pelanggan setia SiCepat tidak perlu binngung jika ingin menemukan lokasi kantor terdekat. Caranya cukup mudah dan praktis. Anda hanya butuh smartphone dan …

Cara Mengajukan Pengembalian Barang Di Shopee Paling Mudah

8 Apr 2021 BY Mufti Syawaludin

Bagaimana sih cara mengajukan pengembalian barang Shopee? Apakah bisa retrun saja bukan refund? Untuk mengetahui jawabannya silahkan simak penjelasannya di bawah ini.Saat belanja di Shopee kadang kala barang yang diterima …

4 Comments

  1. Kenapa ya saya kirim manekin untuk Thun in kok skrng mahal ngk kyk Thun kmrin2 lncr ngk ad Kendala skrng kwndalnya kenak volum besar bngt AP ngk ad solusinya

    1. Halo kak… Silakan dikonsultasikan ke pihak customer service ID Express melalui kontak / situs resmi yang sudah kami lampirkan di postingan ini ya.

  2. paket knp d kembalikan d tengah2 jalan ,udah nympek jakarta ,di kembalikan lg ,blum juga nyampek ksni
    masih lama juga prosesx ke snix

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *