ADVERTISEMENT

Cara Komplain Pengiriman Paket ID Express Terbaru 2021 Paling Mudah

Posted on 17 Jun 2021 By Mufti Syawaludin

Bagi Anda yang sedang mecari tau cara komplain ID Express untuk pengiriman yang bermasalah seperti salah alamat, lambat datang, hilang atau bahkan rusak, silahkan baca panduannya pada artikel ini hingga selesai.

ID Express untuk saat ini sudah banyak dikenal dan digunakan terutama bagi orang yang belanja di Shopee yang metode pengirimannya menggunkan sistem COD (bayar ditempat).

Selain cara komplain, konten ini juga akan membahas beberapa informasi yang tidak kalah menarik, meliputi:

  • Mengenal sekilas ekspedisi jasa pengiriman ID Express
  • Apa saja layanan pengiriman yang ditawarkan ID Express?
  • Bagaimana cara mengetahui tarif ongkir dan cek resinya?
  • Permasalah apa saja yang menjadi penyebab pengguna ID Express melakukan komplain?.

Baiklah, daripada penasaran mari langsung saja masuk kepembahasannya…

Sekilas Tentang ID Express

ID Express = PT IDexpress Service Solution

ID Express adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pengiriman pertama di Indonesia yang menggunakan sistem teknologi dan perangkat lunak berbasis robot.

ADVERTISEMENT

Dengan demikian, selain barang kiriman aman juga bisa cepat sampai tujuan. Wajar saja ID Express yang terbilang baru berdiri (tahun 2019) sudah terpercaya di kalangan masyarakat luas se Asia Tenggara.

Ditambah lagi dengan menjalin kerjasama berbagai marketplace dan e-commerce besar seperti Shopee membuat ekspedisi ini makin dikenal.

Adapun layanan pengiriman yang ditawarkan ekspedisi ID Express, diantaranya:

  1. Regular: Merupakan layanan pengiriman standar dengan waktu sampai diantara 2 hingga 7 hari kerja tergantung dengan jarak yang ditempuh.
  2. Same Day: Merupakan layanan pengiriman barang yang akan sampai tujuan di hari yang sama dengan jarak yang bisa ditempuh maksimal 8 jam.
  3. IDlite: Merupakan layanan termurah untuk berat di bawah setengah kilogram hanya dihitung separuh harga.

Walaupun sudah menjadi ekspedisi yang handal tidak bisa dipungkiri akan adanya kendala pengiriman paket yang akan terjadi. Hal ini sudah menjadi permasalahan hampir semua perusahaan penyedia jasa pengiriman termasuk JNE, J&T, SiCepat, AntarAja, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Paket JNE Telat? Ini Cara Komplain JNE Paling Jitu Dan Mudah Dilakukan

Kendalanya pun bermacam-macam, untuk mengetahuinya silahkan simak pembahasannya di bawah ini, Ya.

Masalah Pengiriman ID Express

Banyak sekali yang menjadi faktor yang mengakibatkan kurir yang mengantarkan paket masalah. Berikut ini beberapa kendala yang sering terjadi:

ADVERTISEMENT

Alamat Tidak Ditemukan

Masalah yang satu ini paling sering terjadi, biasanya kesalahan ada pada penulisan alamat yang kurang jelas atau parahnya lagi jika sampai salah.

Hal ini lah yang menyebabkan kurir tidak bisa menemukan alamat tujuan sesuai yang tertera pada surat pengiriman atau yang tertempel pada paket.

Sebagai pengirim, sebaiknya pastikan alamat sudah benar dan terlihat jelas (mudah dibaca) sebelum menyerahkan peket tersebut kepada petugas ekspedisi.

Bagi Anda yang belum mengerti, tenang saja kami telah buatkan panduan cara menulis alamat paket yang baik dan benar. Silahkan dibaca karena artikel tersebut dibuat sesuai dengan standar ekspedisi.

Paket Terlambat Sampai

Penerima pasti tidak sabar menunggu kedatangan paketnya apalagi isinya barang belanjaan yang dibeli secara online. Memang sih, ada estimasi waktu sampai untuk setiap layanan pengiriman dari ekspedisi seperti regular (2-3 hari).

ADVERTISEMENT

Dengan jauhnya jarak yang harus di tempuh belum lagi adanya kendala dalam perjalanan seperti macet, blokade, kerusakan pada armada, bencana alama, dan lain sebagainya.

Atau bisa juga salah alamat, misalnya tujuan paket ke kota Surabaya namun malah dikirim ke Medan. Nah, hal semacam inilah menjadi faktor yang membuat pengiriman paket jadi terlambat karena harus dikirim balik sesuai tujuan.

Paket Rusak

Kerusakan paket pada saat diterima oleh penerimanya masih sering saja terjadi, dalam hal ini yang dimaksud rusak dalam perjalanan ya, bukan dari pengirim atau penjual.

Hal ini paling umum disebabkan karena proses pengirimannya terdapat banyak paket sekaligus yang mengakibatkan saling tumpang tindih atau bisa juga bergesekan satu sama lain.

Maka dari itu, supaya terhindar dari kerusakan sebaiknya paket dikemas seaman mungkin disesuaikan dengan jenis barang yang akan dikirim apalagi rentan pecah atau patah.

ADVERTISEMENT

Untuk itu, kami telah buatkan tips packing barang yang baik dan benar supaya paket terhindar dari kerusakan atau aman sampai tujuan.

Paket Hilang

Paket yang hilang artinya keberadaannya tidak berada di agen manapun dan juga tidak bisa dilacak yang mengakibatkan informasi pengirimannya sulit diketahui.

Atau bisa jadi, paket diterima oleh penerima yang salah sehingga status pengiriman sudah selesai namun pihak penerima tidak merasa menerima barang kiriman tersebut.

Biasanya hal ini sering terjadi untuk paket yang dikirim melalui ekspedisi yang tidak jelas (abal-abal). Untuk itu, sebaiknya pilihlah jasa pengiriman yang sudah ternama, memiliki kredibilitas yang tinggi, dan yang paling penting memiliki fitur lacak kiriman atau cek resi.

Dengan adanya fitur tersebut maka Anda dapat memantau perkembangan pengiriman paket. Jika terdapat hal yang mencurigakan bisa langsung tanyakan ke pihak ekspedisi terdekat sesuai dengan kurir yang digunakan.

Baca Juga: Cara Komplain AnterAja Yang Bermasalah dan Lama Sampainya

Itulah beberapa kendala yang menyebabkan pengiriman mendapatkan komplain dari para pelanggan. Untuk itu penting sekali menggunkan ekspedisi yang profesional dan menggunakan teknologi yang maju (modern) seperti ID Express.

Cara Komplain Di ID Express

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengajukan komplain terhadap ID Express untuk kendala kiriman yang sedang dihadapi:

Hubungi Call Center ID Express

Cara pertama Anda bisa menghubungi call center ID Express di nomor (021) 80823899 akan ada customer service yang siap melayani semua keluhan pelanggan selama 24 jam.

Sebelum menghubungi layanan ini pastikan bahwa Anda memiliki pulsa yang cukup, ya. Serta siapkan beberapa hal yang nantinya akan ditanyakan, meliputi:

  • Nama Pengirim dan Penerima
  • Nomor resi pengiriman
  • Alamat yang tertera pada paket
  • Nomor Telepon
  • Permasalahan yang terjadi

Sampaikan keluhan Anda pada saat telah terhubung ke customer service ID Express secara jelas dan runut, mereka akan memproses dan mencarikan solusi atas komplain yang diajukan oleh setiap pelanggannya.

Kirim Pesan Melalui Live Chat

ID Express menyediakan fitur Live Chat yang bisa digunakan oleh para pelanggannya untuk menanyakan sesuatu atau bahkan menyampaikan kelihan sekalipun.

Cara ini paling banyak digunkan karena selain gratis juga cepat ditanggapi. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Anda cukup mengakses halaman situs resmi ID Express > idexpress.com.
  • Tekan Icon Pesan berwarna merah yang berada di bagian kanan bawah.
    Icon Pesan ID Express
  • Selanjutnya pilih salah satu dari opsi live chat, sesuaikan dengan kebutuhan Anda.
    Menu Live Chat ID Express
  • Misalnya ada masalnya ada masalah terkait pengiriman ID Express > pilih Pengecekan Status Pengiriman > kemudian tuliskan keluhannya disertai no resi.
    Tuliskan Keluhan di Kolom Live Chat ID Express

Perlu diketahui, layanan live chat ini bisa digunakan dan ditanggapi oleh customer service ID Express setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 17.00.

Kirim Pesan Ke Email Dan Media Sosial

Anda juga bisa menyampaikan komplain melalui email dan media sosial. Caranya kurang lebih sama dengan live chat yang telah dijelaskan di atas.

Alamat email ID Express yang bisa Anda hubungi: customercare@idexpress.com

Sedangkan untuk akun media sosialnya:

Silahkan tuliskan pesan yang berisikan keluhan Anda sebagai bentuk komplain atas pengiriman barang melalui email maupun akun media sosial tersebut. Jangan lupa cantumkan ID pengiriman (no resi) serta bukti permasalahan bisa berupa foto atau video (jika ada).

Perlu diketahui juga, untuk mengajukan komplai melalui media sosial ID Express tidak bisa ditanggapi secara cepat. Karena pada dasarnya akun-akun ini digunakan sebagai media promosi  namun tidak ada salahnya untuk dicoba.

Baca Juga: Cara Komplain SiCepat Jika Barang Rusak / Belum Sampai

Datangi Kantor ID Express Terdekat

Jika di tempat Anda ada kantor maupun agen ID Express yang tidak terlalu jauh bisa melakukan komplain langsung dengan cara mendatanginya.

Nah, jika belum tau. Anda bisa melakukan pencarian kantor ID Express melalui website resminya. Caranya sangat mudah, ikuti langkahnya berikut ini:

  • Buka website idexpress.com di browser.
  • Kemudian pilih menu Services lalu pilih opsi Lokasi Terdekat.
  • Masukan lokasi Anda saat ini pada kolom yang telah disediakan, jika sudah tekan tombol “Cari”.
  • Berikut ini contoh pencarian lokasi ID Express terdekat:
    Cara Cek Lokasi ID Express Terdekat

Atau bisa juga dengan cara bantuan Google Maps, tinggal ketikkan ID Express di kolom pencarian maka akan muncul lokasi atau alamat kontor terdekat dari tempat Anda berada.

Semsampainya di kantor ID Express silahkan sampaikan keperluan Anda terkait komplain atas kiriman kepada petugas yang ada di tempat.

Petugas akan menanggapi dan memproses masalah pengiriman tersebut, selanjutnya akan deberikan solusi yang tepat.

Cara Komplain ID Express Untuk Barang Belanjaan Shopee

Nah, jika Anda belanja di Shopee dimana menggunakan ID Express sebagai kurir pengirimannya yang ternyata ada masalah misalnya barang rusak saat diterima maka sebagai pembeli tidak perlu komplain ke ekspedisinya langsung.

Cukup hubungi penjual kemudian sampaikan permasalah terhadap barang belanjaan yang rusak tersebut jangan lupa sertakan bukti yang kuat bisa berupa foto atau video pada saat unboxing.

Selanjutnya penjual lah yang akan melakukan pengajuan klaim asuransi ke pihak ekspedisi ID Express melalui Shopee, berikut ini mekanismenya:

Mekanisme Klaim Asuransi ID Express Untuk Kiriman COD di Shopee
©Shopee

Jadi dari alur mekanisme pengajuan klaim asuransi tersebut yang bisa memprosesnya adalah penjual, sebagai pembeli harus cepat menghubungi penjual jika terjadi kerusakan terhadap barang pesanannya. Mengingat adanya batas maksimal.

Adapun data yang dibutuhkan untuk pengajuan klaim asuransi ini, diantaranya:

  • Nomor pesanan
  • Nomor Resi ID Express, dan
  • Bukti barang rusak (foto atau video).

Itulah kenapa penting sekali membuat dokumentasi pada saat membuka paket yang berisi barang belanjaan yang dibeli secara online. Supaya nantinya jika terjadi kerusakan bisa dengan mudah mengajukan komplain terhadap pihak terkait (penjual).

Baca Juga: Cara Komplain Pengiriman Barang J&T Express

Nah, itulah cara komplain yang bisa Anda pilih sesuai keinginan. Namun, sebelum melakukannya ada baiknya untuk memastikan bahwa paket benar-benar bermasalah. Salah satu caranya dengan cek resi.,

Cara Cek Resi ID Express

Silahkan ikuti langkah demi langkah cara cek resi ID Express berikut ini:

  1. Buka situs idexpress.com lalu pilih menu Tracking bagian atas halaman utama.
  2. Jika sudah, silahkan masukan No. Resi di kolom Nomor Waybill. > kemudian tekan Icon Cermin Pembesar di sebelah kanannya.
    Cara Cek Resi ID Express
  3. Selesai. Status pengiriman paket Anda akan dimunculkan. Berikut contohnya:
    Contoh Hasil Cek Resi ID Express

Nah, bagaimana cara cek resi untuk barang pesanan di Shopee yang menggunakan ID Express sebagai kurir pengirimannya?

Tenang saja, kami telah buatkan panduan cara cek resi ID Express dari Shopee lengkap yang harus Anda baca.

Ternyata malaui situs resmi ID Express tersedia juga fitur cek tarif ongkir, hal ini bisa sangat bermanfaat bagi para konsumen untuk mengetahui perkiraan biaya pengiriman dari kota asal ke alamat tujuan.

Cara Cek Tarif Ongkir ID Express

Caranya cukup mudah kok, berikut ini panduannya:

  1. Buka situs resmi ID Express > arahkan kursor ke menu Services > kemudian pilih opsi Tarif Kiriman.
  2. Silahkan isi kolom yang tersedia sesuai dengan data pengiriman paket Anda, meliputi:
    – Kota asal pengirim
    – Alamat tujuan pengiriman
    – Berat paket
    – Volume paket
    Cara Cek Tarif Ongkir ID Express
  3. Jika sudah semua diisi terakhir masukkan kode yang ada pada gambar > kemudian tekan tombol “Verifikasi”.
  4. Selesai. Tarif ongkir akan dimunculkan, berikut ini contohnya:
    Hasil Cek tarif Ongkir ID Express

Bagaimana? Sampai disini sudah cukup mengertikan?

Baca Juga: Tips Komplain dan Klaim Paket JNE YES yang Telat

Mengajukan komplain memang sangat penting untuk dilakukan apalagi paket yang dikirimkan mengalami kerusakan atau bahkan hilang dalam proses pengiriman.

Untungnya ID Express memiliki layanan yang cukup baik untuk mengatasi masalah-masalah pengiriman yang dialami para pelanggannya.

Jika ingin cepat ditanggapi, sebaiknya gunakan layanan call center atau live chat untuk keluahan Anda, atau jika perlu langsung mendatangi kantor ID Express terdekat.

Nah, mungkin itu saja yang bisa di sampaikan terkait cara komplain di ID Express ini, semoga bisa membantu.

Jika ada yang kurang paham atau ingin ditanyakan, bisa disampaikan pada kolom komentar yang ada dibigian paling bawah halaman ini.

Author
WRITTEN BY

Mufti Syawaludin

Terus berusaha semaksimal mungkin untuk menyuguhkan konten yang terbaik dan bermanfaat bagi pembaca.
ADVERTISEMENT

Related Post

Info Lengkap Daftar Alamat Ekspedisi Ninja Express Surabaya Terbaru

28 May 2021 BY Mufti Syawaludin

Bagi Anda yang sedang mencari alamat ekspedisi Ninja Express di Surabaya maka sudah berada pada halaman yang tepat. Karena artikel ini akan membahas daftar kantor maupun agen lengkap beserta jam …

Cara Mengatasi Aplikasi Shopee Bermasalah Error Paling Mudah

5 Apr 2021 BY Mufti Syawaludin

Apakah anda sedang mengalami aplikasi Shopee bermasalah hari ini seperti error, force close, crash, tidak bisa diakses? Jangan diuninstall dulu! Sebaiknya temukan solusinya di artikel ini. Memang mengesalkan jika sedang …

Baru! Cara Memilih Jasa Pengiriman Di Shopee Untuk Pembeli

6 Apr 2021 BY Mufti Syawaludin

Update terbaru cara memilih jasa pengiriman di Shopee dimana semenjak tidak adanya lagi fitur opsi pengiriman di marketplace yang satu ini membuat para penggunanya kebingunan dan tidak sedikit pula yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *