Cara Membeli Baju Bekas dari Luar Negeri Supplier Terpercaya [+Tips]

Posted on 6 Jan 2022 By Ayu Triworo
ADVERTISEMENT

Tertarik bisnis baju bekas import branded yang lagi viral sekarang ini? Jangan kemana-mana, kami punya ulasan lengkap cara membeli baju bekas dari luar negeri.

Yaa barangkali ada yang belum begitu paham mengenai bisnis Thrift Shop. Yuk marii kita kupas tuntas dari apa itu Thrift.

Apa Sih Thrift?

Thrift adalah istilah Bahasa Inggris yang artinya hemat. Namun sekarang lebih merujuk pada barang bekas (khususnya impor) yang kualitasnya masih bagus.

Misalnya seperti baju, sepatu, tas, atau jaket bekas yang masuk kategori produk fashion.

Sementara thrifting sendiri artinya adalah aktivitas membeli barang bekas berkualitas. Kegiatan thrifting sangat populer di kalangan milenials saat ini.

Darimana Baju Thrift?

ADVERTISEMENT

Pada awalnya Thrift hanyalah barang donasi (barang gratis) dari luar negeri yang dikirim ke Indonesia. Dulu sekali, produk ini dinamai BJ (Baju Jelek) dan tidak ada harganya. Bahkan jika dijual harganya sangatlah murah.

Namun, lama kelamaan produk thrift makin banyak peminat dan jadi trend. Sehingga banyak bermunculan bisnis/toko yang menjual pakaian dan produk bekas yang populer dengan sebutan Thrift Store.

Baju Thrift hanya bisa didapatkan dari luar negeri jadi mau tidak mau kita harus melakukan imporr. Untuk mendapatkannya bisa melalui supplier thrift shop luar negeri, Shopee atau ecommerce luar negeri seperti Alibaba.

Harga 1 ball pakaian bekas berbeda beda, tergantung supplier baju bekas import atau negara asal pembeliannya. Tapi, biasanya berkisar antara puluhan sampai ratusan ribu rupiah.

Meskipun modal pembelian produk cukup murah, tapi pengiriman barang dari luar negeri tinggi + biasanya ada biaya tambahan bea cukai / impor.

Dan yang jadi masalah, kegiatan impor barang bekas termasuk tindakan yang dilarang sehingga impor pakaian/barang bekas sebetulnya tidak diperbolehkan.

ADVERTISEMENT

Jadi bisa dibilang bisnis pakaian bekas cukup riskan ya apalagi kamu melakukan impor barang secara langsung dari luar negeri. Sebab, aktivitas tersebut termasuk ilegal. Bisa saja paket kirimanmu disita dan dikenai sanksi dari pihak Bea Cukai.

Baju Bekas Jual Kemana?

Baju bekas laku dijual baik secara offline maupun online. Walaupun bekas, tapi baju atau fashion impor laku dijual di Indonesia.

Tidak heran, banyak bermunculan bisnis Thrift Store belakangan ini. Untuk membangun bisnis thrift store tidak murah karena kamu harus buka toko sendiri.

Namun, ada sejumlah alternatif penjualan produk pakaian bekas di platform online. Beberapa diantaranya sebagai berikut:

  • OLX
  • BelanjaBekas
  • Buka Lapak
  • Tokopedia
  • Shopee
  • Jualo
  • Prelo
  • Carousell

Selain marketplace, kamu juga bisa menjual barang bekas melalui platform sosial media seperti Instagram, Facebook, Whatsapp dan lain sebagainya.

Cara Membeli Baju Bekas dari Luar Negeri

Setelah membaca beberapa ulasan di atas, mungkin kamu masih penasaran bagaimana cara membeli baju thrift?

ADVERTISEMENT

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, pembelian produk / pakaian bekas bisa melalui marketplace lokal maupun luar negeri. Salah satunya Alibaba.

Cara mendapatkan barang bekas dari luar negeri yaitu di marketplace Cina, Alibaba. Alibaba cukup populer untuk pembelian barang bekas khususnya produk pakaian, sepatu, tas, dsb.

Ada banyak sekali pilihan supplier tangan pertama yang menyediakan harga super murah. Cara membeli barang juga mudah, sama dengan transaksi marketplace biasa.

Langkahnya sebagai berikut:

  • Download Alibaba.com di Playstore.
  • Temukan supplier supplier pakaian bekas import branded yang harganya paling murah di menu Pencarian.
  • Klik Beranda (ikon rumah).
  • Pilih toko yang memiliki tanda centang biru (terverifikasi).
  • Minimal pesanan 1 karung (bal) dengan berat sekitar 45 kg. Tapi biasanya minimum pembelian setiap supplier berbeda-beda.
  • Cek detail barang, harga dan pengiriman.
  • Klik Mulai Memesan> atur berat pesanan (usahakan sesuai minimal yang dirkeomendasikan di penjual).
  • Cek kembali detail pesanan. Pastikan kualitas barang, harga dan pengiriman melalui chat ke supplier.
  • Checkout barang dan selesaikan pembayaran. (bisa melalui kartu kredit).

Sayangnya, beberapa supplier biasanya tidak mau pusing dengan pengiriman (impor) yang rumit. Pengiriman juga tidak bisa melalui jasa forwarder karena merupakan barang bekas.

Untuk itu, pastikan terlebih dahulu kamu sudah mendiskusikan dengan supplier masalah harga dan pengiriman sampai fix melalui chat. Tutorial cara beli barang di Alibaba selengkapnya bisa dilihat di sini.

ADVERTISEMENT

Laman: 1 2 3

Author
WRITTEN BY

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~

Related Post

Panduan Sukses Jualan di Lazada untuk Pemula [Lengkap]

22 Jun 2020 BY Ifan Prasya

Buat Anda yang ingin mulai jualan di Lazada, konten ini bisa Anda jadikan salah satu acuan. Terutama untuk pemula yang ingin melebarkan sayap usahanya ke situs marketplace.Anda akan mendapat penjelasan …

Apa Itu Drop Point pada Shopee & J&T Express? Arti & Cara Kerjanya

24 Des 2021 BY Ayu Triworo

Kamu mungkin sering mendengar istilah drop point saat kirim barang di J&T, Shopee Express dan layanan lainnya Tapi, tahukah apa itu drop point?Drop point merupakan tempat yang menjadi perantara kurir …

Apa Itu BukaExpress: Info Fitur, Kurir, Call Center & Keunggulan

10 Jan 2022 BY Ayu Triworo

Setelah checkout pesanan, kamu akan dihadapkan dengan berbagai pilihan daftar kurir Bukalapak. Salah satunya BukaExpress. Lantas, apa itu BukaExpress? Apakah pengirimannya sama dengan ekspedisi lokal lainnya?Serupa tapi tak sama dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *