ADVERTISEMENT

Cara Membeli Baju Bekas dari Luar Negeri Supplier Terpercaya [+Tips]

Posted on 6 Jan 2022 By Ayu Triworo
ADVERTISEMENT

Tertarik bisnis baju bekas import branded yang lagi viral sekarang ini? Jangan kemana-mana, kami punya ulasan lengkap cara membeli baju bekas dari luar negeri.

Yaa barangkali ada yang belum begitu paham mengenai bisnis Thrift Shop. Yuk marii kita kupas tuntas dari apa itu Thrift.

Apa Sih Thrift?

Thrift adalah istilah Bahasa Inggris yang artinya hemat. Namun sekarang lebih merujuk pada barang bekas (khususnya impor) yang kualitasnya masih bagus.

ADVERTISEMENT

Misalnya seperti baju, sepatu, tas, atau jaket bekas yang masuk kategori produk fashion.

Sementara thrifting sendiri artinya adalah aktivitas membeli barang bekas berkualitas. Kegiatan thrifting sangat populer di kalangan milenials saat ini.

Darimana Baju Thrift?

Pada awalnya Thrift hanyalah barang donasi (barang gratis) dari luar negeri yang dikirim ke Indonesia. Dulu sekali, produk ini dinamai BJ (Baju Jelek) dan tidak ada harganya. Bahkan jika dijual harganya sangatlah murah.

Namun, lama kelamaan produk thrift makin banyak peminat dan jadi trend. Sehingga banyak bermunculan bisnis/toko yang menjual pakaian dan produk bekas yang populer dengan sebutan Thrift Store.

ADVERTISEMENT

Baju Thrift hanya bisa didapatkan dari luar negeri jadi mau tidak mau kita harus melakukan imporr. Untuk mendapatkannya bisa melalui supplier thrift shop luar negeri, Shopee atau ecommerce luar negeri seperti Alibaba.

Harga 1 ball pakaian bekas berbeda beda, tergantung supplier baju bekas import atau negara asal pembeliannya. Tapi, biasanya berkisar antara puluhan sampai ratusan ribu rupiah. 

Meskipun modal pembelian produk cukup murah, tapi pengiriman barang dari luar negeri tinggi + biasanya ada biaya tambahan bea cukai / impor.

Dan yang jadi masalah, kegiatan impor barang bekas termasuk tindakan yang dilarang sehingga impor pakaian/barang bekas sebetulnya tidak diperbolehkan.

Jadi bisa dibilang bisnis pakaian bekas cukup riskan ya apalagi kamu melakukan impor barang secara langsung dari luar negeri. Sebab, aktivitas tersebut termasuk ilegal. Bisa saja paket kirimanmu disita dan dikenai sanksi dari pihak Bea Cukai.

ADVERTISEMENT

Baju Bekas Jual Kemana?

Baju bekas laku dijual baik secara offline maupun online. Walaupun bekas, tapi baju atau fashion impor laku dijual di Indonesia.

Tidak heran, banyak bermunculan bisnis Thrift Store belakangan ini. Untuk membangun bisnis thrift store tidak murah karena kamu harus buka toko sendiri.

Namun, ada sejumlah alternatif penjualan produk pakaian bekas di platform online. Beberapa diantaranya sebagai berikut:

  • OLX
  • BelanjaBekas
  • Buka Lapak
  • Tokopedia
  • Shopee
  • Jualo
  • Prelo
  • Carousell

Selain marketplace, kamu juga bisa menjual barang bekas melalui platform sosial media seperti Instagram, Facebook, Whatsapp dan lain sebagainya.

Cara Membeli Baju Bekas dari Luar Negeri

Setelah membaca beberapa ulasan di atas, mungkin kamu masih penasaran bagaimana cara membeli baju thrift?

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, pembelian produk / pakaian bekas bisa melalui marketplace lokal maupun luar negeri. Salah satunya Alibaba.

Cara mendapatkan barang bekas dari luar negeri yaitu di marketplace Cina, Alibaba. Alibaba cukup populer untuk pembelian barang bekas khususnya produk pakaian, sepatu, tas, dsb.

ADVERTISEMENT

Ada banyak sekali pilihan supplier tangan pertama yang menyediakan harga super murah. Cara membeli barang juga mudah, sama dengan transaksi marketplace biasa.

Langkahnya sebagai berikut:

  • Download Alibaba.com di Playstore.
  • Temukan supplier supplier pakaian bekas import branded yang harganya paling murah di menu Pencarian.
  • Klik Beranda (ikon rumah).
  • Pilih toko yang memiliki tanda centang biru (terverifikasi).
  • Minimal pesanan 1 karung (bal) dengan berat sekitar 45 kg. Tapi biasanya minimum pembelian setiap supplier berbeda-beda.
  • Cek detail barang, harga dan pengiriman.
  • Klik Mulai Memesan> atur berat pesanan (usahakan sesuai minimal yang dirkeomendasikan di penjual).
  • Cek kembali detail pesanan. Pastikan kualitas barang, harga dan pengiriman melalui chat ke supplier.
  • Checkout barang dan selesaikan pembayaran. (bisa melalui kartu kredit).

Sayangnya, beberapa supplier biasanya tidak mau pusing dengan pengiriman (impor) yang rumit. Pengiriman juga tidak bisa melalui jasa forwarder karena merupakan barang bekas.

Untuk itu, pastikan terlebih dahulu kamu sudah mendiskusikan dengan supplier masalah harga dan pengiriman sampai fix melalui chat. Tutorial cara beli barang di Alibaba selengkapnya bisa dilihat di sini. 

Selain Alibaba, ada juga alternatif lain seperti TaoBao, Ali Express, eBay, dan sebagainya. Kamu juga bisa mengandalkan marketplace lokal seperti Shopee. Ataupun situs supplier dalam negeri yang bisa ditemukan di web dan sosial media. 

Tips Membeli Baju Bekas dari Luar Negeri

Beli baju bekas import karungan tidak boleh sembarangan. Karena tujuannya untuk bisnis, barang tersebut juga nantinya akan dijual kembali. 

Ada step khusus saat memulai bisnis thrift. Sebelum membeli, sebaiknya terapkan beberapa tips berikut ini.

Mengenal Brand

Namanya juga baju impor, pasti brand nya asing bagi masyarakat Indonesia. Kebanyakan merk baju bekas juga tidak tersedia di Indonesia.

Makanya, kamu harus paham brand dan merk fashion luar negeri. Pelajari mana yang kualitasnya bagus dan beli produk yang sekiranya populer dan banyak peminatnya. Hal ini penting agar jualanmu cepat laku.

Mempelajari Trend & Fashion

Gaya busana tiap negara berbeda-beda. Apalagi di negara 4 musim seperti Jepang, Cina, Korea, atau negara barat.

Trend busana lebih variatif dan dipengaruhi budaya dan musim. Selain itu model pakaian luar negeri juga pasti berbeda dengan Indonesia.

Nah, tips selanjutnya adalah mempelajari trend serta fashion mode yang populer. Tapi tetap usahakan memilih yang cocok bagi masyarakat Indonesia.

Ada saatnya kamu perlu update info terkini mengenai trend busana internasional. Hal ini dapat membantu menentukan pilihan model pakaian bekas yang mau diimpor.

Beli di Supplier Terpercaya

Tips selanjutnya, harus pintar dan bijak dalam mencari supplier yang menyediakan produk bekas. Usahakan kamu membeli melalui perantara terpercaya.

Kamu bisa manfaatkan kerabat, teman atau berbagai koneksi lain yang memungkinkan. Jika tidak ada bisa melalui platform online yang bisa dipercaya.

Alibaba adalah salah satu pilihan yang kamu coba. Jangan lupa untuk tetap membeli melalui seller terpercaya. Pastikan kamu beli di toko yang sudah terverikasi.

Mengetahui Sistem Pengiriman yang Aman

Setelah mendapatkan supplier yang tepat, tugas selanjutnya adalah memastikan sistem pengiriman yang aman. Meskipun untuk bisnis, tapi jangan berpatokan dengan murahnya saja.

Pastikan kamu menggunakan sistem pengiriman yang aman karena kegiatan impor sebetulnya cukup sulit. Dan biasanya impor barang bekas itu dilarang.

Untuk itu, kamu sudah tahu bagaimana prosedurnya, berapa lama pengirimannya, serta apakah memerlukan dokumen khusus. Biar lebih aman, ketahui juga cara melacak paket kiriman dari luar negeri.

Menyiapkan Tempat Sortir Barang

Apabila paket kiriman sedang otw atau sampai di Indonesia, pastikan kamu sudah punya tempat khusus untuk drop off barang. Di situlah nanti kamu perlu menyortir serta mencuci sebelum menjualnya ke pembeli.

Kenapa penting menyiapkan tempat khusus? Perlu kamu tahu pakaian bekas yang kamu beli dari supplier baju thrift karungan itu nantinya akan banyak sekali. 

Dala satu karung, kemungkinan bisa mencapai ratusan baju di dalamnya. Dan  bisa dipastikan kondisinya masih belum layak pakai. Bisa jadi kotor atau bau.

Untuk itu, kamu perlu menaruhnya di tempat yang cukup luas dan membersihkannya sebelum dijual.

Tips Sukses Bisnis Thrift Shop Luar Negeri

Bisnis barang bekas bukanlah bisnis murahan. Sebab, nyatanya modal untuk membangun bisnis semacam ini bisa sampai jutaan bahkan puluhan juta.

Maka dari itu, memulai bisnis Thrift Shop harus benar-benar niat. Di samping itu bisnis juga bisa dibilang tidak mudah karena kamu menjual barang bekas.

Sebelum membangun bisnis pakaian bekas, simak beberapa tips berikut supaya bisa sukses.

Kualitas Barang Bagus

Tidak ada jaminan bahwa barang bekas yang kamu beli dari luar negeri tanpa cacat atau kekurangan. Meskipun masih layak pakai, tapi biasanya ada saja masalahnya.

Ntah ada noda di pakaian, bau tak enak, warna kusam, lusuh, robek dan sebagainya. Nah, di sinilah pentingnya penyortiran. Dengan begitu kamu bisa melakukan modikasi atau perawatan sebelum barang dijual.

Khususnya di situasi pandemi seperti sekarang, pastikan pakaian yang kamu jual bersih dan steril. Supaya para pembeli juga tidak ragu dengan kualitas thrift yang kamu jual.

Kondisi Barang Meyakinkan

Selain berkualitas, pastikan produk yang kamu jual juga meyakinkan. Setelah barang dicuci bersih, sebaiknya kemas atau pajang produk dengan rapi dan estetik.

Kalau bisa, pajang barang seapik mungkin layaknya produk-produk pakaian baru.

Memfoto Barang

Karena sekarang jamannya serba online, kamu perlu memiliki foto untuk produk kamu. Foto produk bisa kamu gunakan untuk berjualan online di sosial media / online store.

Agar produkmu terlihat berkualitas dan meyakinkan, perhatikan kualitad foto. Jika perlu, sewa fotografer. Atau setidaknya kamu foto sendiri tapi diberi efek yang pas agar terlihat lebih menarik.

Satu lagi, usahakan jangan menipu pembeli dengan memajang foto yang berbeda atau menutup-nutupi kondisi barang jika ada yang cacat.

Tidak mengapa sedikit jujur, pembeli juga paham konsekuensi membeli barang bekas yang harganya lebih murah.

Memberikan Detail Produk

Bagi kamu yang menjual barang secara online, wajib memberikan detail produk selengkap-lengkapnya. Berikan deskripsi lengkap mengenai ukuran, bahan, merk, model hingga kekurangan (jika ada).

Cantumkan keterangan selengkap mungkin agar pembeli semakin yakin dengan jualanmu.

Jual Secara Online

Tips selanjutnya, cobalah menjual barang secara online. Bisa melalui akun sosial media, marketlpace atau ecommerce. Jika dibandingkan membangun toko Thrift Store, jual di toko online biayanya akan jauh lebih murah.

Kalau ada budget lebih, kamu bisa manfaatkan website online shop. Atau bisa juga melalui platform lain seperti Google Shopping, Instagram Shop, atau Facebook Shop.

Penutup

Demikianlah cara membeli baju bekas dari luar negeri. Buat kalian yang minat dengan bisnis ini, silakan dicoba. 

Namun, kami sarankan menggunakan jalur yang aman. Maksudnya tidak bertentangan dengan aturan pemerintah. Kamu juga harus hati-hati dengan penipuan bermodus import. Kenali bagaimana ciri-ciri penipuan paket kiriman dari luar negeri.

Sekian saja dulu ya ulasan Plugin Ongkos Kirim kali ini. Jangan lupa share biar makin banyak yang tahu tentang informasi ini.

Akhir kata, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Author
WRITTEN BY

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~
ADVERTISEMENT

Related Post

6 Tips Jualan Online di Tahun 2021 [Kiat Sukses Bagi Pemula]

8 Jul 2021 BY Nisa Husnainna

Sedang berencana untuk berbisnis kecil-kecilan lewat internet? Sebelum melangkah lebih jauh, yuk simak terlebih dahulu tips jualan online yang bisa kamu terapkan di tahun 2021. Pada artikel berikut kamu akan …

20+ Cara Mendapatkan Uang dari Internet: Cocok untuk Pemula

8 Jul 2021 BY Ifan Prasya

Mungkin Anda sering bertanya, bagaimana cara mendapatkan uang dari internet; sedangkan kita masih pemula? Harus memulai dari mana? Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, scroll laman ini sampai bawah ya. …

Daftar Kantor JNE Wonosobo [Alamat, No Telepon, Maps & Jam Buka]

8 Feb 2022 BY Ayu Triworo

Sedang mencari alamat kantor JNE Wonosobo terdekat di daerahmu? Walaupun tidka sebanyak kota lainnya, di Wonosobo ada kantor pusat, agen, dan sub agen yang bisa dikunjungi untuk keperluan kirim atau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *