Ciri-Ciri Penipuan Kiriman Paket dari Luar Negeri [Tips & Cara Lapor]

Posted on 4 Jan 2022 By Ayu Triworo
ADVERTISEMENT

Kabarnya lagi marak nih penipuan bermodus paket kiriman. Biar lebih waspada, yuk simak seperti apa sih ciri-ciri penipuan kiriman paket dari luar negeri.

Di artikel sebelumnya kita juga sudah menjawab “apakah menerima paket dari luar negeri harus bayar“. Karena memang ada pajaknya, jadi banyak modus penipuan berkedok bea cukai.

Maka dari itu, di artikel kali ini kita mau bahas ciri-ciri penipuan paket sekaligus cara melaporkannya. Ada tips menghadapi penipuan juga lho. Makanya yuk stay tuned!

Modus Penipuan Kiriman Luar Negeri

Pernah dapat pengiriman paket uang dari luar negeri? Atau tau-tau ada kiriman hadiah dari kenalan/pacar atau bahkan saudara? Jangan buru-buru percaya ya!

Sekarang lagi ramai penipuan modus kirim paket khususnya dari luar negeri. Modus semacam ini sebetulnya sudah lama ada.

Tapi belakangan muncul kembali sejak adanya pandemi bahkan hadir dengan model yang lebih variatif. Nah, yang terbaru dan sedang marak adalah modus pengiriman paket.

ADVERTISEMENT

Pada motif penipuan ini, biasanya ada 2 pelaku yang sudah punya job masing-masing. Pelaku 1 sebagai pihak yang mendekati calon korban. Pelaku 2 berperan sebagai kurir.

Pelaku 1 akan mendekati calon korban melalui sosial media seperti Instagram dan Facebook dengan motif kenalan.

Tidak menunggu waktu lama, pelaku 1 mengaku ingin mengirim paket sebagai hadiah atau penawaran produk melalui kurir palsu (pelaku 2). Mereka juga menggunakan nomor resi palsu untuk meyakinkan target.

Setelah itu, pelaku akan berpura-pura terkendala masalah cukai sehingga seolah barang tertahan dan mengharuskan target membayar biaya clearance agar bisa menerima paket.

Para pelaku akan mengirimkan nomor rekening palsu yang diakui sebagai nomor pembayaran pajak yang sebenarnya merupakan rekening mereka sendiri.

Setelah target percaya dan mengirim sejumlah uang yang diminta, para pelaku pun menghilang tanpa meninggalkan jejak.

ADVERTISEMENT

Ciri-Ciri Penipuan Kiriman Paket dari Luar Negeri

Dari kronologi di atas memang agak sulit mendeteksi adanya penipuan. Secara, semua hal terlihat meyakinkan. Namun, tetap saja kamu harus waspada, meskipun kiriman paket berasal dari orang yang kamu kenal.

Lantas, gimana cara membedakan penipuan apa bukan? Mari simak beberapa ciri-ciri utama penipuan paket luar negeri:

Memakai Jasa Kurir Pribadi

Hal pertama yang bisa dideteksi dari adanya penipuan paket adalah menggunakan kurir pribadi. Biasanya nama jasa kurir tidak terkenal atau kurang familiar.

Dan yang paling penting menawarkan harga yang sangat murah. Untuk itu, silakan cek nama kurir / cargo yang dipakai oleh si pengirim agar tau layanan tersebut asli atau palsu.

Beberapa layanan pengiriman luar negeri yang populer dan terpercaya diantaranya Fedex, FWD Express, JNE International, DHL, Tiki, SAP dan Pos Indonesia.

Situs Web Kurir Palsu

Saat kamu cek website jasa pengiriman dan ternayata ada, jangan percaya dulu. Pastikan situs tersebut asli bukan palsu.

Karena ada beberapa oknum yang sampai membuat website khusus disertai detal alamat dan pembayaran paket kamu. Salah satu ciri web palsu adalah memiliki alamat URL yang rumit dan tidak umum.

Info Paket Bermasalah

ADVERTISEMENT

Ciri-ciri lain modus penipuan paket adalah kamu akan diberi informasi via telepon kalau paket sedang bermasalah.

Biasanya pelaku akan mengaku sebagai petugas bea cukai, cargo atau bandara dan mengatakan bahwa paket kamu ilegal, ada masalah clearance, dan harus bayar pajak.

Si pelaku juga tidak segan menakut-nakuti target mengenai hukuman pidana, dll apabila tidak mau melakukan pembayaran.

Meminta Bayaran melalui Rekening Pribadi

Bukannya meminta si penerima paket datang ke lokasi untuk menyelesaikan masalah secara langsung. Pelaku biasanya akan memberi nomor rekening dan meminta target membayar sejumlah uang.

Padahal, pembayaran pajak dan bea masuk seharusnya dikirim ke perusahaan layanan pengiriman yang sah, bukannya rekening perorangan.

Jumlah nominal pembayaran pajak yang diminta juga tidak rasional. Namun, mereka akan tetap memberikan pernyataan yang dapat membuat si target percaya.

Menghilang Tanpa Jejak

Setelah korban melakukan pembayaran sesuai nominal yang diminta, sudah pasti para pelaku ini langsung hilang tanpa meninggalkan jejak apapun.

ADVERTISEMENT

Laman: 1 2 3

Author
WRITTEN BY

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~

Related Post

Cara Membuat Fanspage Facebook Bisnis yang Menghasilkan Uang

7 Des 2021 BY Ayu Triworo

Cara membuat fanspage Facebook sebetulnya cukup mudah. Tapi, untuk membuat halaman bisnis yang banyak likes dan menghasilkan uang tentu ada tips dan trik sendiri. Nah, buat kalian yang ingin membuat …

14 Ide Bisnis Pesta & Craft, Usaha Kekinian Bikin Cuan

29 Jun 2022 BY Moch. Nasikhun Amin

Ide bisnis pesta & craft merupakan salah satu ide bisnis yang saat ini sedang naik daun. Dan akan terus berpeluang tinggi hingga beberapa tahun mendatang.Menurut analisa Research Dive yang dipublikasikan …

Daftar Kantor dan Agen JNE Depok Hingga Jam Buka

7 Jul 2020 BY Ifan Prasya

Artikel ini kami buat untuk Anda yang sedang mencari data alamat kantor pusat dan agen JNE di Depok dan sekitarnya.Selain alamat, kami juga sediakan informasi jam buka layanan dan nomor …

4 Comments

  1. alhamdulillah setelah membaca ulasan yang sangat begitu lengkap,,,saya sangat berterimakasih karena selamat dari penipuan yg minta transfer uang biaya tambahn beban untuk paket dari luar negri sebesar 6 juta rupiah,,,

  2. Sangat membantu dengan artikel ini. masa kirim barang sedikit dari USA ke Indonesia, mau suru saya bayar ongkos kirim 5jt, ini kenal nya di sosmed jg. kata nya hadiah, masa hadiah mau kita yg tanggung ongkos kirim nya. ngotot trs suru sy byr 5jt, ongkos seberat apa itu paket. kata nya kalo tdk di byr polisi akan dtg kermh sy, pertama sy ketakutan, sampai krj pun tidak konsen lg. kejadian tgl 22 apr 22. setelah sy baca artikel ini, sy br bs ada ilmu untuk melawan nya. sangat berterima kasih sm artikel ini. saya uda block smua akun nya, tp dia msh bs pakai no lain trs chat sy.

    1. Halo kak.. Syukurlah kalau postingan kami membantu. Semoga masalah kakak segera terselesaikan. Sebaiknya segera lapor saja kalau masih ada nomor asing yang menganggu. Tetap waspada dan hati-hati ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *