Ciri-Ciri Penipuan Kiriman Paket dari Luar Negeri [Tips & Cara Lapor]

Ayu Triworo 04 Jan 2022 6 Menit 0

Kabarnya lagi marak nih penipuan bermodus paket kiriman. Biar lebih waspada, yuk simak seperti apa sih ciri-ciri penipuan kiriman paket dari luar negeri.

Di artikel sebelumnya kita juga sudah menjawab “apakah menerima paket dari luar negeri harus bayar“. Karena memang ada pajaknya, jadi banyak modus penipuan berkedok bea cukai.

Maka dari itu, di artikel kali ini kita mau bahas ciri-ciri penipuan paket sekaligus cara melaporkannya. Ada tips menghadapi penipuan juga lho. Makanya yuk stay tuned!

Modus Penipuan Kiriman Luar Negeri

Pernah dapat pengiriman paket uang dari luar negeri? Atau tau-tau ada kiriman hadiah dari kenalan/pacar atau bahkan saudara? Jangan buru-buru percaya ya!

Sekarang lagi ramai penipuan modus kirim paket khususnya dari luar negeri. Modus semacam ini sebetulnya sudah lama ada.

Tapi belakangan muncul kembali sejak adanya pandemi bahkan hadir dengan model yang lebih variatif. Nah, yang terbaru dan sedang marak adalah modus pengiriman paket.

Pada motif penipuan ini, biasanya ada 2 pelaku yang sudah punya job masing-masing. Pelaku 1 sebagai pihak yang mendekati calon korban. Pelaku 2 berperan sebagai kurir.

Pelaku 1 akan mendekati calon korban melalui sosial media seperti Instagram dan Facebook dengan motif kenalan.

Tidak menunggu waktu lama, pelaku 1 mengaku ingin mengirim paket sebagai hadiah atau penawaran produk melalui kurir palsu (pelaku 2). Mereka juga menggunakan nomor resi palsu untuk meyakinkan target.

Setelah itu, pelaku akan berpura-pura terkendala masalah cukai sehingga seolah barang tertahan dan mengharuskan target membayar biaya clearance agar bisa menerima paket.

Para pelaku akan mengirimkan nomor rekening palsu yang diakui sebagai nomor pembayaran pajak yang sebenarnya merupakan rekening mereka sendiri.

Setelah target percaya dan mengirim sejumlah uang yang diminta, para pelaku pun menghilang tanpa meninggalkan jejak.

Ciri-Ciri Penipuan Kiriman Paket dari Luar Negeri

Dari kronologi di atas memang agak sulit mendeteksi adanya penipuan. Secara, semua hal terlihat meyakinkan. Namun, tetap saja kamu harus waspada, meskipun kiriman paket berasal dari orang yang kamu kenal.

Lantas, gimana cara membedakan penipuan apa bukan? Mari simak beberapa ciri-ciri utama penipuan paket luar negeri:

Memakai Jasa Kurir Pribadi

Hal pertama yang bisa dideteksi dari adanya penipuan paket adalah menggunakan kurir pribadi. Biasanya nama jasa kurir tidak terkenal atau kurang familiar.

Dan yang paling penting menawarkan harga yang sangat murah. Untuk itu, silakan cek nama kurir / cargo yang dipakai oleh si pengirim agar tau layanan tersebut asli atau palsu.

Beberapa layanan pengiriman luar negeri yang populer dan terpercaya diantaranya Fedex, FWD Express, JNE International, DHL, Tiki, SAP dan Pos Indonesia.

Situs Web Kurir Palsu

Saat kamu cek website jasa pengiriman dan ternayata ada, jangan percaya dulu. Pastikan situs tersebut asli bukan palsu.

Karena ada beberapa oknum yang sampai membuat website khusus disertai detal alamat dan pembayaran paket kamu. Salah satu ciri web palsu adalah memiliki alamat URL yang rumit dan tidak umum.

Info Paket Bermasalah

Ciri-ciri lain modus penipuan paket adalah kamu akan diberi informasi via telepon kalau paket sedang bermasalah.

Biasanya pelaku akan mengaku sebagai petugas bea cukai, cargo atau bandara dan mengatakan bahwa paket kamu ilegal, ada masalah clearance, dan harus bayar pajak.

Si pelaku juga tidak segan menakut-nakuti target mengenai hukuman pidana, dll apabila tidak mau melakukan pembayaran.

Meminta Bayaran melalui Rekening Pribadi

Bukannya meminta si penerima paket datang ke lokasi untuk menyelesaikan masalah secara langsung. Pelaku biasanya akan memberi nomor rekening dan meminta target membayar sejumlah uang.

Padahal, pembayaran pajak dan bea masuk seharusnya dikirim ke perusahaan layanan pengiriman yang sah, bukannya rekening perorangan.

Jumlah nominal pembayaran pajak yang diminta juga tidak rasional. Namun, mereka akan tetap memberikan pernyataan yang dapat membuat si target percaya.

Menghilang Tanpa Jejak

Setelah korban melakukan pembayaran sesuai nominal yang diminta, sudah pasti para pelaku ini langsung hilang tanpa meninggalkan jejak apapun.

Pages: 1 2 3

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ayu Triworo
Ditulis oleh

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~

Leave a Reply

Your email address will not be published.