ADVERTISEMENT

Cara Mengirim Barang Lewat Kantor Pos

Posted on 17 Jan 2020 By Nisa Husnainna

Mengirim Barang Lewat Kantor Pos – Mengirim barang melalui jasa pengiriman atau ekspedisi di zaman sekarang memang bukan merupakan hal yang sulit.

Namun begitu, tidak ada salahnya kami membagikan sedikit informasi mengenai cara mengirim barang lewat Kantor Pos. Barangkali ada yang membutuhkan informasi ini.

Kantor Pos merupakan pionir jasa pengiriman di Indonesia sebelum munculnya berbagai jasa ekspedisi yang menjamur seperti sekarang seiring maraknya bisnis online.

ADVERTISEMENT

Dahulu Kantor Pos hanya menyediakan jasa pengiriman surat. Namun sekarang Kantor Pos juga sudah menyediakan layanan jasa pengiriman barang layaknya ekspedisi modern lain.

Kantor Pos pun hingga kini belum kehilangan peminat. Dengan harga dan layanan yang bersaing dengan jasa ekspedisi lainnya, Pos Indonesia masih menjadi pilihan masyarakat Indonesia saat mengirim barang.

Bagi Anda yang akan mengirim barang lewat Kantor Pos Indonesia, berikut ini cara-cara mengirim barang lewat Kantor Pos secara singkat dan ringkas:

 

1. Melakukan Pengemasan Barang dengan Baik

Sebelum mengirim barang, tentu saja hal yang harus kita lakukan adalah menyiapkan barangnya, ya.. Mengemas barang tidak boleh dilakukan dengan asal-asalan atau seadanya.

Saat melakukan pengemasan barang, Anda harus memastikan semua bagian telah tertutup rapat dan tidak terdapat sedikitpun celah. Karena dikhawatirkan dapat menyebabkan kemasan robek atau barang keluar dari celah tersebut.

Khusus untuk pengiriman barang menggunakan Pos Indonesia, sebaiknya Anda menggunakan kertas pembungkus berwarna cokelat. Kertas pembungkus cokelat tersebut sangat mudah Anda jumpai di toko-toko ATK terdekat.

 

2. Menuliskan Informasi Penerima Barang dengan Lengkap

Langkah satu ini tentu saja tidak boleh dilewatkan, ya.. Informasi yang harus Anda tuliskan yaitu:

  • Nama lengkap penerima barang
  • Alamat lengkap penerima barang beserta kode pos
  • Nomor handphone aktif penerima barang

Pastikan Anda menuliskan semua informasi di atas, ya!

 

3. Mencantumkan Informasi Pengirim Barang

Tidak hanya informasi penerima barang, namun pengirim barang juga perlu menuliskan identitasnya, dong.. Minimal Anda harus mencantumkan nama dan nomor telepon pengirim.

Dengan menuliskan nama dan nomor telepon pengirim, maka hal ini akan berguna apabila pihak Kantor Pos ingin mengembalikan barang tersebut kepada pengirim.

Penulisan harus menggunakan alat tulis yang jelas, ya! Jangan menggunakan spidol yang macet atau buram.

 

4. Cari Kantor Pos terdekat dari tempat tinggal Anda

Setelah Anda merasa ketiga langkah di atas sudah Anda lakukan, maka langkah selanjutnya yaitu mencari Kantor Pos yang terdekat dari tempat tinggal Anda.

Di Kantor Pos nanti Anda akan ditanyakan mengenai apa barang yang hendak Anda kirimkan tersebut.

Setelah itu, petugas juga akan menimbang barang Anda lalu menginput data penerima barang ke sistem mereka.

Biasanya, petugas akan mengkonfirmasi ulang atau menanyakan kembali apakah nama penerima dan alamatnya sudah benar atau belum.

Apabila semuanya sudah benar, maka petugas akan bertanya lagi, “paketnya mau dikirim menggunakan layanan express atau yang reguler (biasa)?”

Pengiriman menggunakan layanan express akan lebih cepat sampainya namun biayanya lebih mahal. Sedangkan layanan reguler akan lebih lama datangnya, namun biayanya lebih terjangkau.

 

Selesai. Sekarang Anda tinggal melakukan pembayaran kepada petugas dan paket Anda akan segera dikirimkan ke alamat penerima.

 

Semoga informasi dari kami ini bermanfaat untuk Anda yang sedang membutuhkan 🙂

 

Baca juga: https://pluginongkoskirim.com/cara-mencari-kantor-jne-terdekat-pakai-google-map/

Ada yang tahu kalau pluginongkoskirim.com sudah memiliki fitur cek resi? Ya, kalian sekarang bisa melacak kode resi pengiriman barang dari JNE, J&T, POS, Wahana, & SiCepat serta kurir ekspedisi lainnya. Yuk, kunjungi linknya disini ==> https://pluginongkoskirim.com/cek-resi/

ADVERTISEMENT
`
Author
WRITTEN BY

Nisa Husnainna

Nisa is a technical and marketing Content Writer at Tonjoo. She was previously writing for a multinational IT company and also a Reporter at her campus magazine. Since High School, she has been writing at her blog and discovered her passion in blogging. When she's not working, she enjoys traveling, reading, cooking, and try new things.
ADVERTISEMENT

Related Post

JNE Overload? Ini Penyebab dan Solusinya!

13 Jan 2020 BY Nisa Husnainna

Sebagai pengguna setia JNE, mungkin kamu pernah mengalami hal kurang menyenangkan seperti terlambatnya paket datang dikarenakan sedang overload. Istilah overload sering kita dengar ketika mengirimkan barang di saat peak season …

Arti Istilah DP (Down Payment) dalam Jual Beli Online

7 Sep 2020 BY Ifan Prasya

Apakah Anda sering melihat atau mendengar istilah bayar di muka? Jika iya, scroll sampai bawah ya. Karena konten ini akan mengulas beberapa hal tentang apa itu arti DP / Down …

Lengkap! Daftar Kantor JNE di Medan dan Sekitarnya

2 Jul 2019 BY Nisa Husnainna

Kantor JNE di Medan – Dinobatkan sebagai kota terbesar ke-3 di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya, Medan memiliki traffic pengiriman barang keluar dan masuk yang cukup tinggi dari berbagai ekspedisi, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *