ADVERTISEMENT

Cara Komplain Pengiriman Barang J&T Express

Posted on 29 Jan 2020 By Nisa Husnainna

Cara Komplain Pengiriman Barang J&T Express – J&T Express merupakan jasa pengiriman yang tengah digandrungi baik karena kualitas layanannya maupun harganya.

J&T juga telah menerapkan teknologi dalam pelayanannya serta mendukung bisnis e-commerce seperti toko online dan marketplace.

Namun begitu, perusahaan besar sekelas J&T pun tidak luput dari permasalahan pengiriman yang akhirnya berujung pada komplain dari penggunanya.

ADVERTISEMENT

Bagaimana apabila kita mengalami permasalahan saat mengirim barang? Jangan khawatir, apabila mengalami permasalahan dan ingin melakukan komplain kepada J&T Express, ekspedisi ini cukup terbuka untuk menerima komplain dari penggunanya.

Tapi sebelumnya mari kita simak dulu beberapa masalah yang kerap menimbulkan komplain dari pelanggan. Permasalahan tersebut antara lain :

  1. Status pada hasil tracking nomor resi tidak sesuai / datanya tidak update.
  2. Kurir mengantarkan paket ke alamat yang salah.
  3. Barang telah sampai di agen terdekat dari alamat penerima barang, tapi kurir tidak berhasil menemukan rumah penerima sehingga barang tidak sampai persis di
  4. Hasil tracking menunjukan barang sudah diterima oleh nama yang tidak dikenal, namun sebenarnya penerima barang belum menerima barang tersebut.
  5. Penerima barang menerima barangnya dalam keadaan rusak atau cacat di mana penyebab kerusakan diperkirakan dari kesalahan ekspedisi.

Jika mengalami masalah-masalah seperti di atas, J&T Express memberikan layanan untuk komplain bagi pelanggannya. Berikut cara mengajukan komplain kepada ekspedisi J&T Express:

 

1. Menghubungi Layanan Customer Service J&T

Jika mengalami keluhan di atas, pertama-tama kita bisa menghubungi layanan Customer Service (CS) J&T Express. Nomor telepon atau Call Center resmi J&T adalah: (021) 80661888.

ADVERTISEMENT

Jika Anda mempunyai pulsa yang cukup dan butuh direspon dengan cepat, Anda bisa langsung menghubungi nomor J&T tersebut.

Sebelum menelepon CS J&T, jangan lupa menyiapkan nomor resi pengiriman paket Anda karena CS akan menanyakan nomor resi tersebut.

 

2. Mengirim Email kepada J&T

Menyampaikan keluhan Anda dan mengirimkannya via surat elektronik (email) adalah cara kedua yang dapat Anda lakukan untuk mengajukan komplain.

Alamat email resmi J&T yaitu:jntcallcenter@jet.co.id

Mungkin jalur kedua melalui email ini akan memakan waktu yang lama (tidak langsung dibalas saat itu juga) tapi tidak ada salahnya untuk dicoba.

 

3. Menghubungi Akun Resmi Media Sosial J&T

Menghubungi langsung official account media sosial J&T Express merupakan salah satu cara ampuh untuk melakukan komplain.

ADVERTISEMENT

Selain pesan Anda akan dibalas dalam waktu yang singkat, media sosial yang dapat Anda hubungi pun banyak. Berikut adalah media sosial J&T yang dapat Anda pilih :

 

4. Mengunjungi Kantor J&T Langsung

Cara terakhir yang dapat Anda coba adalah datang langsung ke Kantor atau Agen J&T Express terdekat dari lokasi Anda. Jangan lupa, Anda juga tetap perlu menyiapkan nomor resi dan KTP Anda.

Jika Anda memiliki banyak waktu luang, Anda bisa mencoba cara terakhir ini dengan mengunjungi langsung kantor resminya.

Jangan lupa, sebelum mengajukan komplain dengan cara-cara di atas terdapat beberapa data/informasi yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu, antara lain:

  • Nomor resi (nomor pengiriman yang didapat saat barang dikirim)
  • Nama lengkap penerima barang
  • Nomor handphone pengirim dan penerima barang
  • Alamat pengirim dan penerima barang

 

Dengan keempat cara di atas, Anda dapat mengadukan masalah Anda secara langsung kepada J&T. Anda dapat memilih salah satu dari cara di atas: menghubungi J&T melalui nomor telepon, email, sosial media, atau mengunjungi Kantor J&T langsung.

ADVERTISEMENT

Masalah komplain atau keluhan pelanggan biasanya akan direspon cepat oleh pihak J&T. Terutama apabila masalah Anda seperti kiriman yang hilang atau belum sampai, maka respon J&T biasanya tidak memakan waktu lama.

Pihak J&T biasanya akan memberikan solusi dari permasalahan Anda dalam waktu kurang lebih 2 hari. Demikian, semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan.

 

Catatan: Informasi alamat dan call canter J&T di atas dapat berubah sewaktu-waktu.

 

Baca juga: https://pluginongkoskirim.com/alamat-dan-nomor-telepon-jt-jogja/

 

Ada yang tahu kalau pluginongkoskirim.com sudah memiliki fitur cek resi? Ya, kalian sekarang bisa melacak kode resi pengiriman barang dari JNE, J&T, POS, Wahana, & SiCepat serta kurir ekspedisi lainnya. Yuk, kunjungi linknya disini ==> https://pluginongkoskirim.com/cek-resi/

Author
WRITTEN BY

Nisa Husnainna

Nisa is a technical and marketing Content Writer at Tonjoo. She was previously writing for a multinational IT company and also a Reporter at her campus magazine. Since High School, she has been writing at her blog and discovered her passion in blogging. When she's not working, she enjoys traveling, reading, cooking, and try new things.
ADVERTISEMENT

Related Post

5 Situs Tempat Belajar Jualan Online Terbaik di Tahun 2021

30 Dec 2020 BY Mufti Syawaludin

Situs yang bisa dijadikan tempat belajar jualan online terbaik untuk memulai sebuah bisnis masih sangat banyak peminatnya. Karena tidak dipungkiri lagi, pada zaman yang serba online ini membuat orang menggunakan …

Cara Pakai Fitur COD di Shopee (untuk Penjual & Pembeli)

7 Sep 2020 BY Ifan Prasya

Baik penjual atau pembeli kini dapat menikmati layanan metode pembayaran COD (bayar di tempat) saat belanja di Shopee. Sebuah keuntungan yang memudahkan pembelian barang. Dalam konten ini, kami akan menerangkan …

Tips Jualan di Instagram untuk Pemula

4 Dec 2019 BY Nisa Husnainna

Tips Jualan di Instagram – Instagram hingga kini masih menjadi media sosial yang paling digandrungi. Kepopuleran Instagram dibandingkan media sosial lain dapat kita manfaatkan untuk meraup penghasilan alias berjualan 🙂 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *