Tips Mengatasi Masalah Pengiriman JNE dan J&T Express

Posted on 12 Jul 2018 By Fadhil Guntur Ashari

Tips Mengatasi Masalah Pengiriman JNE dan J&T Express – Di antara beberapa jasa ekspedisi yang ada di Indonesia sekarang ini, kamu mungkin sudah sering mempercayakan JNE dan J&T Express untuk mengirimkan barang pesananmu. Sayangnya, beberapa pelayanan yang mereka berikan seringkali tidak sesuai dengan ekspektasimu. Jika sudah begitu, apakah kamu harus mulai mencari jasa ekspedisi lain yang terpercaya? Sebelum berpindah ke lain hati, ada baiknya kamu membaca tulisan ini sampai selesai untuk mencari tahu lebih jauh masalah yang sering terjadi saat pengiriman dan tips mengatasi masalah pengiriman JNE dan J&T Express.

 

Saat Melakukan Tracking di Website, Nomor Resi Tidak Bisa Ditemukan

tracking status paket sudah menjadi standar layanan bagi jasa ekspedisi apapun, tak terkecuali JNE dan J&T Express. Semua pelanggan pun sepertinya sudah mengetahui Cara Cek Resi dan Tarif Ongkir JNE, J&T Dengan Mudah dan Cepat. Sayangnya, banyak pelanggan dari JNE dan J&T Express yang mengeluhkan bahwa paket mereka tidak terlacak. Saat memasukkan nomor resi untuk proses pengecekan, ternyata data tidak ditemukan. Apakah kamu ditipu? Tenang dulu.

ADVERTISEMENT

Pihak jasa ekspedisi pun butuh waktu untuk memasukkan data setiap resi dan mengunggah data tersebut ke website mereka. Jadi, berilah mereka waktu 1×24 jam untuk melakukan tugas ini. Jika lebih dari 24 jam data belum masuk, tetaplah bersabar. Di beberapa kasus, resi memang tidak terlacak tetapi barang pesanan sampai dengan aman di tempat tujuan. Bukankah hal itu yang jauh lebih penting?

 

Paket Datang Sangat Terlambat

Keterlambatan sepertinya menjadi masalah yang seringkali dikeluhkan oleh pelanggan. Apalagi jika paket yang ditunggu – tunggu merupakan barang berharga. Jika kamu mengalami masalah ini, coba pikirkan Tips Mengatasi Masalah Pengiriman JNE dan J&T Express dan tunda dulu niatanmu untuk mengajukan komplain dan marah – marah. Cek kembali status paketmu lewat fitur cek resi atau tracking yang ada di setiap website.

Status tersebut menjelaskan alasan dari pihak ekspedisi mengapa kamu belum menerima paket itu. Khusus untuk pelanggan JNE, ini adalah beberapa istilah status paket yang perlu kamu ketahui untuk menjelaskan masalahmu.

1. Criss Cross

Criss Cross adalah suatu keadaan di mana nama dan alamat yang tertera pada nomor kiriman ternyata tidak sama dengan nama dan alamat yang tertera pada paket. Hal ini menyebabkan paket kemungkinan tertukar. Dikarenakan hal ini terjadi karena kelalaian pihak ekspedisi, mereka yang akan menanggungnya. Berikanlah waktu 2 – 4 hari kerja bagi mereka untuk mengatasi masalah tersebut.

2. Miss Route

Miss Route adalah suatu keadaan di mana paket kamu nyasar. Kamu bermaksud mengirim paket ke Solo, namun paket terbawa dengan rombongan paket yang akan dikirimkan ke Semarang. Hal ini pun murni terjadi karena kelalaian petugas dari pihak ekspedisi. Butuh waktu 2 – 4 hari kerja agar paketmu dikembalikan ke rute yang tepat dan sampai di tangan dengan selamat.

3. Redelivery / Reschedule

Redelivery atau reschedule adalah suatu keadaan di mana paketmu sudah diantar ke tempat tujuan tetapi ternyata tidak ada orang yang bisa menerima paket tersebut. Jika kamu berada sebagai pihak penerima dan kamu pun jarang berada di rumah, kamu bisa membantu pihak JNE dengan menghubungi call center JNE. Dengan begitu, kamu pun bisa ‘janjian’ kapan kurir bisa mengirim barang ketika kamu sedang berada di rumah. Jika tidak, kamu pun bisa mengajukan untuk mengambil sendiri paket tersebut di kantor cabang JNE yang terdekat dengan tempat kamu. Baca Juga: Mau Tahu 7 Penyebab Belanja Online Jadi Mahal? Ongkos Kirim Salah Satunya!

 

Membayar Untuk Layanan JNE YES, Tapi Kemudian Terdaftar Menjadi JNE Reguler

Meski terhitung sangat jarang, kasus ini bisa saja sesekali menimpamu. Sebenarnya, penyebab terjadinya cukup sederhana. Pertama, kota tujuan paket tersebut diantarkan ternyata tidak mendukung layanan JNE YES (kilat). Kedua, waktu pengiriman paket lebih dari pukul 13.00 WIB. Khusus untuk layanan YES, pihak JNE memang menentukan kebijakan bahwa paket maksimal diterima jam 13.00 WIB agar paket bisa sampai di tempat tujuan keesokan harinya.

Paket Rusak Ketika Sampai di Tempat

Kasus paket rusak juga salah satu kasus yang banyak dikeluhkan pelanggan. Sebagai konsumen, kita bisa membantu meminimalisir kasus ini dengan memakai pengemasan yang cocok dengan isi paket. Bagi para pengusaha makanan, ada baiknya mengetahui teknik pengemasan yang baik agar kualitas makanan tetap terjaga hingga di tangan konsumen. Produk – produk elektronik pun biasanya disarankan untuk mendapatkan pengemasan dengan kayu agar aman dari benturan.

Asuransi pun tidak boleh ketinggalan jika paket yang Anda kirimkan merupakan barang berharga. Jika kerusakan masih terjadi, pihak ekspedisi pun bersedia mengganti barang tersebut sejumlah 5x hingga 10x ongkos kirim. Apapun bisnisnya, masalah tentu hal yang lumrah yang sangat lumrah terjadi. Namun, selalu ada cara untuk memahami Tips Mengatasi Masalah Pengiriman JNE dan J&T Express dan menemukan solusi terbaik untuk mengatasinya.

Tak terkecuali di jasa ekspedisi, berbagai macam hambatan pun bisa terjadi saat pengiriman. Namun, sebagai jasa ekspedisi yang profesional, JNE dan J&T Express tentu terus mengadakan perbaikan agar pelanggan tak begitu saja lari dan kembali mempercayakan pengiriman paketnya pada mereka.

Berikut ini adalah kami menyediakan nomor kontak dan akun sosial media JNE & J&T Express untuk bisa melaporkan secara cepat dan mudah:

Kontak JNE:
Telpon: (021) 29278888
Facebook: JNE Pusat
Instagram: @JNE_id
Twitter: @JNECare
Youtube: JNEPROMO
Email: customercare@jne.co.id

 

Kontak J&T:
Telpon: 021 8066 1888.
WeChat: @JTExpressID.
Facebook: J&T Express Indonesia.
Instagram: @jntexpressid.
Twitter: @jntexpressid.
Youtube: J&T Express Indonesia.
Line: @jtexpressid.
E-Mail: jntcallcenter@jet.co.id.

 

Lapor juga masalah pengiriman barang kamu ke kurir setempat juga ya!

 

Bagi pemilik toko online e-commerce, download Plugin Kirim Resi untuk mempermudah pengiriman nomor resi kepada customer di: https://tonjoostudio.com/product/plugin-kirim-resi/

Purchase Link:

Plugin Ongkos Kirim Rilis Versi 3.0.3, Kepoin Fitur Barunya yuk!

Author
WRITTEN BY

Fadhil Guntur Ashari

Penikmat senja, langit, dan kopi. Moto hidupnya: 'teruslah menulis hal yang bermanfaat untuk orang lain dan buat mereka mengerti tentang WordPress'. Bekerja sebagai WordPress Developer merangkap Content Writer di Tonjoo saat working days, dan sunset hunter saat weekend.

Related Post

11 Alasan Beserta Solusi Paling Top untuk Mengurangi Abandoned Order

8 Feb 2019 BY Nisa Husnainna

Apabila Anda ingin menurunkan tingkat Abandoned Order (keranjang belanja yang ditinggalkan), Anda sebagai pemilik toko online harus memahami alasan mengapa customer melakukan hal itu.Barilliance telah mengumpulkan 11 alasan paling top …

Apa Itu Email Marketing? – Arti dan Manfaatnya

4 Dec 2019 BY Nisa Husnainna

Arti dan Manfaat Email Marketing – Email marketing sekarang banyak digunakan sebagai salah satu metode pemasaran yang praktis dan hemat biaya. Faktanya, email marketing terbukti 40 kali lebih efektif dari …

Kode Transfer Bank BRI Simpedes dan BritAma untuk ATM/e-Banking

25 Sep 2018 BY Fadhil Guntur Ashari

Kode Transfer Bank BRI – Gagal mendapatkan barang diskon impian karena lupa memasukkan kode transfer antar bank bisa menjadi penyesalan seumur hidupmu. Agar hal itu tak sampai terjadi, kamu perlu …

26 Comments

  1. Saya order barang dari tnggal 7/9/18 tpi sampai tanggal 11/9/18 trackingnya sudah berhenti brangnya juga tidak kunjung datang, masalahnya di mana ya?

  2. Saya order barang dari dari j&t mulai tnggal 7/9/18 tpi sampai tanggal 11/9/18 trackingnya sudah berhenti brangnya juga tidak kunjung datang, masalahnya di mana ya?

  3. saya mendapat orderan dari ternate menggunakan jasa JNE REG, masalahnya pembeli membeli barang saya dengan ongkir 41.000 dan saya harus mengirim barang dengan ongkir 184.000 kok bisa seperti ini dan solusinya bagaimana?

  4. pengiriman barang tanpa memakai resi apakah bisa? soalnya habis beli barang katanya udah dikirim pake jnt tp ga pake resi, udh seminggu ini blom sampai

  5. Sy pesan barang dan di kirim lewat j&t trus sy lacak barang udah nyampe tp status msh on process. Berapa lamakah barang akan di antar ke alamat sy ?

  6. Saya order barang dan menggunakan jnt untuk pengiriman barang saya. Namun ada kesalaha dimana alamat pengiriman saya di UPG namun dikirimnya ke JKT. Bagaimana caranya sehingga barang saya dikirim kembali ke UPG

  7. Bagaimana kalau paket belum diterima tetapi status sudah diterima. Apa yg hrs saya lakukan? Tolong bantuannya, karena barang saya harganya juga lumayan.

  8. Kurir jnt tempat tggl kami, pelayanan nya tidak memuaskan, saya biasa order onlen dan jg melakukan kirim barang, dan kl saya kirim barang, biasa nya di ambil ke rumah atau ambil dr tempat Blanja tu di kirim ke rmh, dan dr hari sabtu sy minta kurir tuk ambil dr hari sabtu 20 oktober 2018, sampai sekarang hari selasa tanggal 23 oktober 2018, blm jg di ambil, padahal saya sdh ninggal uang 11 rb dr ongkir ke rmh saya cm 7rb, saya kecewa banget dgn pelayanan nya, sy pake jasa jnt, karna bener ‘” repot dan gk bisa ambil sendiri, jadi mana logo jemput paket gratis nya, sedangkan kurir nya semuanya sendiri, tidak memberikan pelayanan terbaik ke konsumen. Saya sungguh sangat kecewa dan kecewa dengan pelayanan jnt tmpt tgl saya

  9. Barang saya kok nyangkut di batam udh beberapa hari tolong segera di proses ya bukankah besok estimasi pngrman sudah smpek surabaya
    Tolong sgra di krim yaa dgn nomor resi
    150310674142718

  10. Halo admin.
    Di status web j&t Barang sudah diterima.
    Tapi penerima sama sekali belum menerima kiriman.
    Apakah Barang saya nyasar ??
    Bagaimana solusinya agar Barang saya bisa kembali ?? Atau dikirim ulang ke alamat yg benar.
    Terima kasih.

  11. Kak kalo paket yang saya terima rusak dan kurir bilang akan diganti sesuai harga pesanan, biasanya berapa lama dan bagaimana nanti uang itu akan digantikan ke saya, apakah akan dikirim ke alamat saya atau ditrasfer?

  12. J&T telat banget pengiriman krn ganti maskapai what the helllllll ga ada pemberitahuan jdinya brg pembeli jd terlambat datang.

  13. Dari tanggal 7 kemarin paket sudah dikirim oleh penjual dari pangkal pinang kesaya.tapi sampai sekarang paket blm saya terima.di cek resi mentok di tgl 8 masih sortir di batam.bagaimana solusi nya min?

  14. Maaf sya kirim lewat jnE expres kta sehari sekarang ampir mau dua hri di mana ni pak sedang kan penerima menunggu brng ya penting

  15. Hello masalah saya kebetulan ad kwn mo kirimin paket melalui j&t dgn alamat yg pas tau”nya paket nyasar,,,saya tggu dah ada 2 minggu,,,memang dasar kurir tdk bertaggng jawab,gmn solusinya

  16. Saya pakai jasa JNE untuk transaksi di online shop..pemberitahuan “sudah diterima” tapi barang tidak saya terima nyatanya. Saya 2x kirim email ke JNE tidak ditanggapi..paket saya nyasar kemana coba.

  17. Selamat pagi
    Bagaimana cara memperbaiki alamat kota tujuan pengiriman barang,yang seharusnya ke kota samarinda malah ke kota balikpapan

  18. Saya pesen brg di shope trus no hp saya slah trus pengiriman gagal gmna ya cara mengatasi nya???tolong di bantu guys

  19. Pengiriman oleh kurir J&T ke rumah saya dengan dilempar dan di rumah saya tidak ada yg menemukan lemparan kurir tersebut, sedangkan di Invoice sdh terkirim , bagaimana solusinya dari pihak J&T? terimakasih

Comments are closed.