Tips Mengatasi Masalah Pengiriman JNE dan J&T Express

Posted on 12 Jul 2018 By Fadhil Guntur Ashari

Tips Mengatasi Masalah Pengiriman JNE dan J&T ExpressDi antara beberapa jasa ekspedisi yang ada di Indonesia sekarang ini, kamu mungkin sudah sering mempercayakan JNE dan J&T Express untuk mengirimkan barang pesananmu. Sayangnya, beberapa pelayanan yang mereka berikan seringkali tidak sesuai dengan ekspektasimu. Jika sudah begitu, apakah kamu harus mulai mencari jasa ekspedisi lain yang terpercaya? Sebelum berpindah ke lain hati, ada baiknya kamu membaca tulisan ini sampai selesai untuk mencari tahu lebih jauh masalah yang sering terjadi saat pengiriman dan tips mengatasi masalah pengiriman JNE dan J&T Express.

 

  • Saat Melakukan Tracking di Website, Nomor Resi Tidak Bisa Ditemukan

Fitur tracking status paket sudah menjadi standar layanan bagi jasa ekspedisi apapun, tak terkecuali JNE dan J&T Express. Semua pelanggan pun sepertinya sudah mengetahui Cara Cek Resi dan Tarif Ongkir JNE, J&T Dengan Mudah dan Cepat. Sayangnya, banyak pelanggan dari JNE dan J&T Express yang mengeluhkan bahwa paket mereka tidak terlacak. Saat memasukkan nomor resi untuk proses pengecekan, ternyata data tidak ditemukan. Apakah kamu ditipu? Tenang dulu. Pihak jasa ekspedisi pun butuh waktu untuk memasukkan data setiap resi dan mengunggah data tersebut ke website mereka. Jadi, berilah mereka waktu 1×24 jam untuk melakukan tugas ini. Jika lebih dari 24 jam data belum masuk, tetaplah bersabar. Di beberapa kasus, resi memang tidak terlacak tetapi barang pesanan sampai dengan aman di tempat tujuan. Bukankah hal itu yang jauh lebih penting?

ADVERTISEMENT

 

  • Paket Datang Sangat Terlambat

Keterlambatan sepertinya menjadi masalah yang seringkali dikeluhkan oleh pelanggan. Apalagi jika paket yang ditunggu – tunggu merupakan barang berharga. Jika kamu mengalami masalah ini, coba pikirkan Tips Mengatasi Masalah Pengiriman JNE dan J&T Express dan tunda dulu niatanmu untuk mengajukan komplain dan marah – marah. Cek kembali status paketmu lewat fitur cek resi atau tracking yang ada di setiap website. Status tersebut menjelaskan alasan dari pihak ekspedisi mengapa kamu belum menerima paket itu. Khusus untuk pelanggan JNE, ini adalah beberapa istilah status paket yang perlu kamu ketahui untuk menjelaskan masalahmu.

  • Criss Cross

Criss Cross adalah suatu keadaan di mana nama dan alamat yang tertera pada nomor kiriman ternyata tidak sama dengan nama dan alamat yang tertera pada paket. Hal ini menyebabkan paket kemungkinan tertukar. Dikarenakan hal ini terjadi karena kelalaian pihak ekspedisi, mereka yang akan menanggungnya. Berikanlah waktu 2 – 4 hari kerja bagi mereka untuk mengatasi masalah tersebut.

  • Miss Route

Miss Route adalah suatu keadaan di mana paket kamu nyasar. Kamu bermaksud mengirim paket ke Solo, namun paket terbawa dengan rombongan paket yang akan dikirimkan ke Semarang. Hal ini pun murni terjadi karena kelalaian petugas dari pihak ekspedisi. Butuh waktu 2 – 4 hari kerja agar paketmu dikembalikan ke rute yang tepat dan sampai di tangan dengan selamat.

  • Redelivery / Reschedule

Redelivery atau reschedule adalah suatu keadaan di mana paketmu sudah diantar ke tempat tujuan tetapi ternyata tidak ada orang yang bisa menerima paket tersebut. Jika kamu berada sebagai pihak penerima dan kamu pun jarang berada di rumah, kamu bisa membantu pihak JNE dengan menghubungi call center JNE. Dengan begitu, kamu pun bisa ‘janjian’ kapan kurir bisa mengirim barang ketika kamu sedang berada di rumah. Jika tidak, kamu pun bisa mengajukan untuk mengambil sendiri paket tersebut di kantor cabang JNE yang terdekat dengan tempat kamu.

Baca Juga: Mau Tahu 7 Penyebab Belanja Online Jadi Mahal? Ongkos Kirim Salah Satunya!

 

  • Membayar Untuk Layanan JNE YES, Tapi Kemudian Terdaftar Menjadi JNE Reguler

Meski terhitung sangat jarang, kasus ini bisa saja sesekali menimpamu. Sebenarnya, penyebab terjadinya cukup sederhana. Pertama, kota tujuan paket tersebut diantarkan ternyata tidak mendukung layanan JNE YES (kilat). Kedua, waktu pengiriman paket lebih dari pukul 13.00 WIB. Khusus untuk layanan YES, pihak JNE memang menentukan kebijakan bahwa paket maksimal diterima jam 13.00 WIB agar paket bisa sampai di tempat tujuan keesokan harinya.

 

  • Paket Rusak Ketika Sampai di Tempat

Kasus paket rusak juga salah satu kasus yang banyak dikeluhkan pelanggan. Sebagai konsumen, kita bisa membantu meminimalisir kasus ini dengan memakai pengemasan yang cocok dengan isi paket. Bagi para pengusaha makanan, ada baiknya mengetahui teknik pengemasan yang baik agar kualitas makanan tetap terjaga hingga di tangan konsumen. Produk – produk elektronik pun biasanya disarankan untuk mendapatkan pengemasan dengan kayu agar aman dari benturan. Asuransi pun tidak boleh ketinggalan jika paket yang Anda kirimkan merupakan barang berharga. Jika kerusakan masih terjadi, pihak ekspedisi pun bersedia mengganti barang tersebut sejumlah 5x hingga 10x ongkos kirim.

Apapun bisnisnya, masalah tentu hal yang lumrah yang sangat lumrah terjadi. Namun, selalu ada cara untuk memahami Tips Mengatasi Masalah Pengiriman JNE dan J&T Express dan menemukan solusi terbaik untuk mengatasinya. Tak terkecuali di jasa ekspedisi, berbagai macam hambatan pun bisa terjadi saat pengiriman. Namun, sebagai jasa ekspedisi yang profesional, JNE dan J&T Express tentu terus mengadakan perbaikan agar pelanggan tak begitu saja lari dan kembali mempercayakan pengiriman paketnya pada mereka.

 

Bagi pemilik toko online e-commerce, download Plugin Kirim Resi untuk mempermudah pengiriman nomor resi kepada customer di: https://tonjoostudio.com/product/plugin-kirim-resi/

Purchase Link:

Plugin Ongkos Kirim Rilis Versi 3.0.3, Kepoin Fitur Barunya yuk!

Author
WRITTEN BY

Fadhil Guntur Ashari

Penikmat senja, langit, dan kopi. Moto hidupnya: 'teruslah menulis hal yang bermanfaat untuk orang lain dan buat mereka mengerti tentang WordPress'. Bekerja sebagai WordPress Developer merangkap Content Writer di Tonjoo saat working days, dan sunset hunter saat weekend.

Related Post

Mau Tahu 7 Penyebab Belanja Online Jadi Mahal? Ongkos Kirim Salah Satunya!

15 Jul 2018 BY Fadhil Guntur Ashari

Kemudahan untuk belanja online pasti sering membuat kita terlena sehingga kita tidak tahu Penyebab Belanja Online Jadi Mahal. Hanya dengan beberapa klik saja, Anda bisa memilih barang yang Anda inginkan …

Cara Membuat Toko Online Menggunakan WooCommerce WordPress

6 Sep 2018 BY Fadhil Guntur Ashari

Berbicara mengenai cara membuat toko online WooCommerce WordPress untuk pemula, erat hubungannya dengan plugin yang akan digunakan dan juga theme yang digunakan. Dalam hal ini menggunakan CMS WordPress. Ya, tentu …

Bagaimana Cara Mengajukan Klaim Asuransi ke Ekspedisi?

29 Jul 2019 BY Nisa Husnainna

Cara Mengajukan Klaim Asuransi ke Ekspedisi – Pernahkah Anda memiliki pengalaman menerima barang dalam keadaan rusak? Atau mungkin barang pesanan Anda tidak sampai ke alamat tujuan alias hilang? Mungkin hal …

2 Comments

  1. Saya order barang dari berbeda2 tempat, tetapi semuany saya mnggunakan jasa j&t untuk di kirim ke rumah sy.masalahnya,apakah kurir j&t bisa dtg 2-3 kali dlm sehari atau cuma sekali dalam 1 hari?

    1. Halo Ibu Siti, setiap barang pengiriman barang akan datang sesuai waktu yang di tentukan, tentu dalam sehari bisa berkali-kali jika masih ada barang yang belum sampai di hari yang sudah di tentukan. Untuk selengkapnya bisa hubungi pihak J&T nya langsung saja. Terima kasih sudah merespon artikel kami. ^^

Comments are closed.