Istilah Pengiriman Barang J&T Express yang Wajib Diketahui

Posted on 3 Jan 2020 By Nisa Husnainna
ADVERTISEMENT

Istilah Pengiriman Barang J&T Express – Kamu pernah belanja online pakai jasa pengiriman J&T Express? Lalu apakah kamu melacak posisi paketmu menggunakan nomor resi?

Jika jawabannya “ya”, pastinya kamu akan menemukan beberapa istilah dari status-status hasil tracking tersebut.

Sebagian orang melakukan pelacakan (tracking) nomor resi untuk mengetahui posisi paketnya. Namun masih ada yang mengalami kesulitan untuk memahami istilah-istilah statusnya.

ADVERTISEMENT

Maka dari itu, kami telah merangkum istilah-istilah yang sering ditemukan ketika melakukan pengecekan resi J&T Express.

Tidak seperti JNE yang menggunakan Bahasa Inggris, istilah status paket J&T Express semuanya ditulis dalam Bahasa Indonesia.

Istilah
Penjelasan
PAKET SUDAH DITERIMA
Paket sudah sampai ke tangan penerima.
GATEWAY
Istilah ini menunjukkan kode lokasi paket dengan menggunakan format (KODEKOTA_GATEWAY). Contohnya: SUB_GATEWAY artinya paket sedang berada di gudang J&T Express Surabaya. Paket kiriman di gudang ini akan disortir sebelum diteruskan.
J&T menggunakan daftar kode bandara di Indonesia sebagai referensi Gateway atau gudang porses sortir mereka.
SPRINTER / SPRINTER SEDANG MENGIRIM
Dalam sistem J&T, Sprinter artinya kurir. Ini artinya paket telah tiba di Drop Point J&T daerah tujuan dan sedang dalam proses pengantaran oleh Sprinter. Nama Sprinter-nya juga akan tertera dalam hasil cek resi.
BERMASALAH
Status bahwa ada terjadi masalah dalam pengiriman. Beberapa masalah yang mungkin terjadi adalah alamat yang tertera salah, atau Sprinter belum menemukan alamat tujuan.
SIMPAN
Informasi bahwa paket kamu tidak memungkinkan untuk diantarkan saat itu juga, biasanya karena kendala waktu dan jarak, sehingga harus disimpan dulu di cabangnya (Drop Point).
Kalau paketmu tidak memungkinkan untuk diantar saat itu juga maka akan disimpan dulu di cabangnya (Drop Point). Seringnya karena kemalaman atau terlalu jauh.
SCAN
Menginformasikan bahwa paket telah diproses dan diupdate statusnya.
SEDANG MENJALANKAN SIMPAN SCAN
Paket telah tiba di Drop Point J&T namun belum dapat langsung diproses karena di luar jam kerja atau Sprinter sedang overload antaran sehingga paket disimpan sementara dan baru akan diproses keesokan harinya.
SEDANG MENJALANKAN BERMASALAH SCAN
Paket telah tiba di Drop Point J&T, tetapi belum dapat diproses karena adanya masalah internal maupun eksternal. Biasanya masalahnya adalah sistem error, alamat tidak jelas, paket berisi barang yang dilarang oleh hukum, paket tercecer di gudang atau paket salah drop dalam proses sorting, dll.
INVALID AIRWAY BILL
Istilah ini muncul jika nomor resi yang kamu masukkan salah, atau server tracking J&T Express sedang mengalami gangguan (down). Jika server sedang down, kode resi tidak akan berhasil dilacak baik lewat website desktop, browser smartphone, maupun aplikasi pihak ketiga.
SUDAH DITERIMA
Paket sudah sampai di tujuan dan diserahkan kepada penerima

Demikianlah Istilah-istilah Pengiriman Barang J&T yang harus Anda pahami jika ingin mengetahui status barang yang sedang diproses oleh kurir.

Silakan coba juga situs cek tarif kami: https://pluginongkoskirim.com/cek-tarif-ongkir/untuk mengetahui harga real ongkos kirim barang Anda sebelum mengirim barang. Sekian dan semoga bermanfaat…

Ada yang tahu kalau pluginongkoskirim.com sudah memiliki fitur cek resi? Ya, kalian sekarang bisa melacak kode resi pengiriman barang dari JNE, J&T, POS, Wahana, & SiCepat serta kurir ekspedisi lainnya. Yuk, kunjungi linknya disini ==> https://pluginongkoskirim.com/cek-resi/

ADVERTISEMENT
`
Author
WRITTEN BY

Nisa Husnainna

Nisa is a technical and marketing Content Writer at Tonjoo. She was previously writing for a multinational IT company and also a Reporter at her campus magazine. Since High School, she has been writing at her blog and discovered her passion in blogging. When she's not working, she enjoys traveling, reading, cooking, and try new things.
ADVERTISEMENT

Related Post

5 Kasus Nomor Resi Tidak Terlacak di Web, Nomor 3 Paling Sering!

26 Feb 2019 BY Nisa Husnainna

Nomor resi tidak terlacak – Dalam dunia bisnis online, bukan hanya sekali-dua kali saja terjadi kasus nomor resi yang tidak bisa dilacak. Customer atau penerima barang tentunya merasa kecewa dengan …

Daftar Lengkap Kantor TIKI di Malang Yang Wajib Kamu Tahu!

12 Feb 2020 BY Nisa Husnainna

Kantor TIKI Malang¬†– Malang tidak hanya menjadi kota tujuan destinasi wisata karena keindahan alamnya, namun juga menjadi salah satu kota tujuan pengiriman barang terbanyak. Simak daftar alamat kantor dan nomor …

Daftar Kantor dan Agen JNE Depok Hingga Jam Buka

7 Jul 2020 BY Ifan Prasya

Artikel ini kami buat untuk Anda yang sedang mencari data alamat kantor pusat dan agen JNE di Depok dan sekitarnya. Selain alamat, kami juga sediakan informasi jam buka layanan dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *