ADVERTISEMENT

Apakah Menerima Paket Luar Negri Harus Bayar? Awas Penipuan!

Posted on 3 Jan 2022 By Ayu Triworo
ADVERTISEMENT

Kalau beli barang dari marketplace asing seperti eBay atau Alibaba, mau tidak mau harus kirim barang dari negara lain ke Indonesia. Lalu, apakah menerima paket dari luar negri harus bayar? 

Prosedur dan syarat kirim/terima barang dari dan keluar negri tentu beda dengan pengiriman dalam negri. Ada bea cukai yang wajib dibayar meskipun biaya pengiriman dari ecommerce 0 Rupiah.

Paket luar negeri juga tidak dikirim langsung ke rumah, melainkan ambil sendiri di kantor POS. Nah, biar tidak bingung lagi pas belanja online di marketplace internasional, mending ketahui dulu serba serbi pengiriman paket luar negri di artikel berikut.

ADVERTISEMENT

Artikel Sebelumnya: Apa Itu Drop Point pada Shopee & J&T Express? Arti & Cara Kerjanya

Apakah Menerima Paket dari Luar Negri harus Bayar?

Pengiriman barang dari luar negeri masuk ke Indonesia disebut impor. Aktivitas impor memiliki bea cukai yang mewajibkan setiap penerimanya membayar Pungutan Dalam Rangka Impor (PDRI). Lebih populer dengan istilah pajak impor. 

Pajak Impor inilah yang membuat kamu harus bayar saat menerima paket dari luar negeri. Walaupun waktu checkout, biaya pengirimannya tertulis gratis.

Hal ini merujuk pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor PMK 199/PMK.10/2019, bahwa semua barang kiriman luar negri yang harganya di atas $3 akan dikenai Pungutan Dalam Rangka Impor (pajak), berlaku sejak 30 Januari 2020.

ADVERTISEMENT

Jadi, kalau menerima paket atau mengirim paket dari luar negri memang harus membayar biaya tambahan alias pajak. Khususnya untuk barang yang nilainya di atas $3.” 

Jumlah pajak yang dibebankan di setiap paket bervariasi, informasi selengkapnya ada di bawah ini.

Tarif Pajak Pengiriman Luar Negeri

Jumlah besaran pajak pengiriman luar negeri bervariasi, menyesuaikan nilai bebas bea masuk atas barang kiriman. Yaitu sebesar USD3 dari yang sebelumnya USD75.

Umumnya besaran pajak berkisar antara 15% sampai 30%. Namun untuk beberapa kasus besaran pajak bisa mencapai maksimal 45%. Dan untuk barang kiriman senilai atau kurang dari $3 terbebas dari pajak cukai, hanya dikenai PPN 10%.

Berikut rincian ketentuan pajak impor luar negeri sesuai aturan PMK 199/2019:

  1. Pengiriman barang impor <$3 atau senilai Rp 43.500, tidak dikenakan bea masuk, tetapi berlaku PPN 10%.
  2. Barang impor senilai >$3 sampai $1500 per kiriman, dikenakan Bea Masuk sebesar 7,5% + PPN 10%.
  3. Barang impor >$1500 per pengiriman, dikenakan Bea Masuk + PPN + PDRI. Penerima paket juga wajib melaporkan PIB (Pemberitahuan Impor Barang) ke pihak Cukai untuk menentukan tarif pajak yang wajib dibayar.

Selain berpatokan pada aturan di atas, pengiriman barang impor juga memiliki aturan lain khususnya pada produk tertentu, seperti fashion, sepatu dan tekstil.

Berikut rincian Tarif Bea Masuk produk sepatu, tas, dan garmen untuk pengiriman luar negri ke Indonesia:

ADVERTISEMENT
  1. Tas khusus sebesar 15% hingga 20%.
  2. Sepatu khusus sebesar 25%-30%.
  3. Produk Tekstil sebesar 15%-25%.
  4. Plus PPN 10%.
  5. Ditambah PPh 7,5% sampai 10% sesuai Pasal Impor nomor 22.

Sesuai aturan di atas, pengiriman barang impor berupa sepatu, tas, dan produk garmen dengan nilai >$3 akan dikenai pajak masing-masing sebagai berikut:

  • Tas = 15% hingga 20% plus PPN 10% & PPh 7.5%-10%.
  • Sepatu = 25%-30% plus PPN 10% & PPh 7.5%-10%.
  • Tekstil = 15%-25% plus PPN 10% & PPh 7.5%-10%.
  • Barang khusus berupa Buku Ilmu Pengetahuin = 0% alias tanpa pungutan pajak.

Ohya, selain karena dasar aturan di atas, perbedaan tarif pajak juga dipengaruhi oleh beberapa hal lain.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa lihat rinciannya di ulasan berikut ini.

Faktor yang Mempengaruhi Biaya Pajak

Kamu pasti sempat bingung kok nilai besaran pajak bisa beda-beda. Walaupun mungkin beratnya sama. Ini umum terjadi karena ada faktor-faltor lain yang mempengaruhi tarif pajak.

Berikut sejumlah faktor yang menentukan besar kecilnya pajak impor:

  • Nilai total barang kiriman yang dihitung dalam dollar (USD).
  • Jenis barang (untuk produk sepatu, tas, tekstil dan garmen pajaknya berbeda).
  • Berat dan ukuran barang.
  • Jarak atau lokasi negara.
  • Menggunakan jaminan / garansi.

Berbeda dengan pengiriman lokal yang patokannya cuma dari berat/volume paket saja. Pada pengiriman luar negeri jenis barang juga diperhatikan.

Contohnya, meskipun berat paket sama-sama 1 kg tetapi jika jenisnya beda; misal yang satu sepatu dan yang satu buku, tarif pajaknya juga pasti berbeda.

ADVERTISEMENT

Hal ini disebabkan biaya cukai untuk sepatu lebih besar dibandingkan produk lain seperti buku, elektronik atau alat tulis.

Naaah begitu lho guys, gimana sampai sini sudah paham? Kalau sudah, yuk lanjut ke alur pengiriman barang luar negri.

Yang ini kamu juga wajib tahu lho karena alurnya beda dengan pengiriman domestik.

Alur Pengambilan Paket Luar Negri

Setelah tahu kalau paket dari luar negeri ada pajaknya, kamu pasti masih bingung gimana cara bayar pajak barang dari luar negeri? 

Cara membayar pajak kiriman sebetulnya mudah kok, ada banyak opsi yang tersedia. Kamu bisa langsung bayar ke kantor atau online via transfer bank. Sebelumnya kamu juga akan diberi informasi terkait hal tersebut.

Biar tahu prosedurnya, yuk simak alur pengiriman dan pengambilan paket luar negeri di bawah ini. Kami jabarkan satu per satu ya biar kalian gampang ikutin alurnya.

Pemeriksaan Cukai

Drop point paket kiriman luar negeri biasanya berada di kantor Pos kota tujuan sesuai alamat masing-masing.

Tapi sebelum memasuki kantor Pos, paket akan ditampung dulu di lokasi pemeriksaan dan screening cukai.

Nah di lokasi inilah para pegawai pajak akan menyortir, mengecek sekaligus menentukan tarif pajak yang wajib kamu bayar.

Penentuan tarif pajak berdasar pada aturan PMK 199/2019. Yaitu untuk barang dengan nilai >$3.

Info & Tagihan Pajak

Setelah proses pemeriksaan dan penentuan tarif pajak selesai, selanjutnya barang dikirim ke kantor Pos.

Di kantor pos ini barang didrop. Selanjutnya dikirim ke alamat tujuan atau meminta penerima mengambil sendiri paket yang bersangkutan.

Sebelum itu, pihak kantor akan memberikan informasi terkait besaran tarif pajak yang harus dibayarkan kepada si penerima disertai detail penting lainnya. Info dan tagihan pajak biasanya dilakukan via panggilan telepon/via surat/pos.

Pengambilan Paket

Cara mengambil paket dari luar negeri ada 2 macam. Yang satu, paket dikirim langsung ke rumah. Kedua diambil sendiri oleh si penerima di kantor Pos. 

Pengiriman paket sampai alamat tujuan hanya berlaku untuk barang yang tidak kena pajak atau pajak 0%. Meskipun tak bayar pajak, biasanya kamu tetap diminta biaya tambahan sebesar 3 – 10 ribu untuk repacking + bea.

Sementara untuk paket yang dikenai pajak, kamu wajib mengambil sendiri di kantor pos guna memproses urusan bea cukai. Terkait metode pembayaran bisa kamu diskusikan ketika pihak kantor pos.

Sebelum pengambilan paket, kamu akan dihubungi oleh pihak kantor pos melalui telpon atau melalui pos.

Ohya, dalam proses ini sebaiknya kamu tetap waspada dan jangan mudah percaya. Karena bisa saja itu modus penipuan berkedok pengiriman.

Untuk mengantisipasi, tanyakan berbagai detail terkait pengiriman atau mintalah dokumen resmi cukai secara lengkap.

Kenapa Barang dari Luar Negri Harus Bayar?

Setelah menyimak jawaban apakah menerima paket dari luar negeri harus bayar pajak di atas, kamu pasti penasaran dengan alasan pemberlakuan pajak terhadap barang. 

Aturan pengenaan pajak terjadap paket luar negri memang sudah tertuang dalam PMK 199/2019. Melalui aturan tersebut, pemerintah berharap penggunaan produk luar dan dalam negeri dapat menjadi lebih seimbang.

Pemerintah ingin menekan laju impor barang dengan tujuan masyarakat lebih mengutamakan produk-produk lokal.

Meskipun begitu, pemerintah juga masih memberi beberapa kemudahan impor khususnya melalui marketplace/ecommerce.  Yakni dengan menurunkan angka bebas pajak di $3.

Nilai paket kiriman sebesar $3 tidak berlaku pajak Bea Masuk. Sementara pajak impor tetap berlaku normal tanpa nilai batas.

Sehingga, pembelian produk ecommerce luar negri dengan nilai >USD 3 akan dibebankan bea masuk + pajak impor. Aturan ini berlaku di semua wilayah di Indonesia, kecuali wilayah Batam yang menjadi wilayah perdagangan bebas.

Hati-Hati Penipuan Bermodus Pengiriman!

Dari pembahasan di atas, sudah jelas ya kalau pengiriman dari luar negri kena pajak dan wajib bayar.

Namun, sebelum melakukan pembayaran, sebaiknya kamu waspada terhadap modus penipuan pengiriman paket dari luar negeri.

Biasanya ada oknum jahat yang memanfaatkan momen seperti ini untuk mengambil untung. Tidak sedikit terjadi kasus penipuan, orang menyamar sebagai pegawai pajak palsu dan meminta dana atas paket yang kamu terima. 

Untuk itu, kamu harus waspada ketika dapat panggilan / surat / email atau orang datang  ke rumah yang mengaku pegawai pajak dan meminta sejumlah uang dengan alasan cukai.

Jika menemukan hal seperti ini, mintalah dokumen lengkap yang resmi dari kantor pajak. Atau pastikan terlebih dahulu dengan bertanya ke kantor perwakilan pajak di daerahmu.

Selain itu, kenali juga ciri-ciri penipuan paket luar negeri yang kerap terjadi. Kamu bisa ambil pelajaran dari pengalaman orang yang muncul di berita, sosmed dan media lainnya. 

Penutup

Kami sudah berikan jawaban lengkap mengenai pertanyaan apakah menerima paket luar negri harus bayar. Sampai sini, apakah masih ada yang ingin kamu ketahui?

Kamu bisa sampaikan di kolom komentar kalau ada pertanyaan, info atau saran.

Jika kebetulan kamu ada paketan dari luar negri bisa ikuti langkah pengambilan paket seperti yang sudah kami ulas sebelumnya ya. 

Sampai jumpa, jangan lupa share yaa biar kami makin semangat update nya. Terima kasih ~

Author
WRITTEN BY

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~
ADVERTISEMENT

Related Post

Cara Buka Rekening Online di BCA, BRI, BNI, Mandiri dan BTPN Jenius

4 Jan 2021 BY Mufti Syawaludin

Mau cara buka rekening online tanpa ke bank? Gak perlu rebit antri di bank, Anda sudah bisa punya rekening Mobile Banking. Mengingat saat ini semua transaksi kebanyakan sudah serba online, …

Daftar Alamat Kantor Anteraja Jakarta Barat, No Telp Hingga Jam Buka

25 Feb 2022 BY Ayu Triworo

Apakah kamu seorang seller online yang butuh informasi lokasi Anteraja Jakarta Barat untuk request/drop pengiriman paket? Atau perlu datang ke kantor Anteraja terdekat untuk komplain paket? Artikel berikut bisa jadi …

Daftar Kantor dan Agen JNE Depok Hingga Jam Buka

7 Jul 2020 BY Ifan Prasya

Artikel ini kami buat untuk Anda yang sedang mencari data alamat kantor pusat dan agen JNE di Depok dan sekitarnya. Selain alamat, kami juga sediakan informasi jam buka layanan dan …

20 Comments

  1. Saya dapat paket dari luar negeri
    Tertapi yang jadi pertanyaan saya kenapa paket tersebut datang nya dipabena bukan dibandar juanda yang dekat dengan alamat tinggal saya dan meraka minta saya transfer uang sebesar 5 juta yang kata nya dari bea cukai yang aneh nya lagi saya mau bayar ditempat saja sekalian chek barang nya meraka jawab tidak boleh
    Apakah itu termasuk penipuan ?
    Yang kedua berapa lama pengirimana dari inggris ke indonesia ?
    Apa iya hanya semalam saja bisa sampai ?

    1. Halo kak.. Kami tidak bisa memastikan 100%, tapi jika dilihat dari ciri-cirinya itu mengarah ke tindak penipuan. Saran kami, kakak tetap waspada dan pastikan ke pihak bea cukai langsung terkait paket yang hendak kakak terima. Ceritakan kronologinya secara jelas. Kakak bisa hubungi situs / call center resmi bea cukai dan jangan gunakan saluran selain itu ya.

      Untuk pengiriman dari Inggris, sejauh ini belum ada yang kami temukan paket bisa sampai dalam semalam. Rata-rata pengiriman dari London kisaran 3-4 minggu, bisa lebih. Jadi, mohon tetap waspada dan jangan mudah percaya krn bisa jadi itu juga modus penipuan.

  2. Saya mau dapat kiriman paket dari syria lewat jalur diplomatik dikirim oleh teman dari amerika yang bekerja di camp military disana.apakah tetap dikenai pajak?

    1. Tetap kak, meskipun barang yang kakak terima bebas pajak cukai, tapi tetap akan dikenai PPN 10%. Kakak bisa lihat lagi ketentuan pajak pengiriman barang dari luar negeri pada postingan ini ya.

  3. Asalamualaikum kak, saya mau tanya kalau pengiriman dari luar negri ke indo melebihi berat, itu petugas pihak luar negri minta biayanya sama kita yang menerima ya??

    1. Wa’alaikum salam.. Halo kak, jika menerima paket luar negeri, ntah itu beratnya sesuai / lebih itu tetap dikenai pajak. Hanya, biaya pajaknya saja yang bervariasi.
      Untuk sistem pembayaran sendiri bisa transfer atau bayar langsung ke pihak kantor pos tempat paket kakak dikirim (bukan transfer ke pihak luar negeri ya). Pastikan dulu bahwa ada informasi pembayaran pajak dari pihak bea cukai, biasanya akan ditelfon / dikirimi surat pos dari kantor pos tempat paket kakak didrop.
      Kakak bisa lihat kembali alur pembayaran pajak cukai pengiriman luar negeri di postingan ini, jika alurnya tidak sesuai dengan info di atas, bisa jadi itu tindak penipuan. Jadi, tetap waspada dan hati-hati ya kak.

  4. Assalamualaikum kakak ,, saya mau tanya apakah paket yang di kirim dari inggris scotlandia akan sampai dalam waktu 1 malam saja,, karena saya mendapat kiriman paket dari sana,, tapi kemarin saya diberitahu kalau paket saya sudah tiba di indonesia,, tapi saya harus bayar 2 juta untuk ongkos kirimnya,, saya sudah bayar itu,, terus saya diberitahu lagi kalau paket saya ada uang dari negara asing dan saya disuruh bayar lagi 5 juta dan saya sudah bayar itu ,, tapi memberitahu saya lagi kalau mereka telah kecelakaan mobil dan paket saya akan di pindahkan ke jasa pengiriman lain lalu saya disuruh baya lagi kak 5 juta,, setelah saya meminta bukti kalau memang kecelakaan mereka tidak merespon kak ,, apa itu bentuk penipuan kak

    1. Wa’alaikum salam.. Halo kak, kami tidak bisa memastikan 100% tapi jika dilihat dari kronologinya bisa jadi itu penipuan.

  5. Maff ka mau tnya misal kita tdk mau mnrima brg yang dikirim itu bgaimn penjlasannya
    Sementara seseorg yg mngirim brg tersebut meminta alamat dan nama lengkap namun tidak meminta no telephone ?
    Dgn modus mendekati dan mengirim barang ke kita,
    Dan dy berkata pengiriman polandia ke indonesia cm memakan waktu 2 hari ?
    Apakah itu merupakan modus penipuan ?

    1. Halo kak. Iya bisa jadi itu modus penipuan. Harap hati-hati apalagi jika nantinya kakak diminta membayar biaya pajak, dan semacamnya.

  6. Assalamu’alaikum, hallo kak saya mau tanya, saya memiliki kenalan di Belanda dan dia mengirim hadiah ke saya.
    Dan hari ini ada whatsapp memberitahu bahwa paket itu sudah tiba di indonesia dan saya di minta untuk membayar 6jt via transfer agar paket saya bisa di kirim ke alamat saya, tapi paket tersebut tidak ada logo dan barccode nya, dan apakah benar jika pengiriman dari Belanda ke Indonesia hanya 1×24 jam?

    1. Wa’alaikum salam.. Halo kak, pengiriman dari Belandan ke Indonesia butuh beberapa hari bahkan minggu ya, tidak bisa sampai dalam sehari saja. Mohon tetap waspada karena “bisa jadi” itu modus penipuan.

  7. Assalamualaikum kak.saya mau dikirim paket dari negara’Yaman.tapi saya disuruh transfer 10 juta.buat biaya balik nama katanya.
    Apa tu termasuk penipuan.

    1. Wa’alaikum salam.. Halo kak… Kami tidak bisa memastikan 100%, tapi bisa saja itu modus penipuan. Kakak bisa minta detail pengiriman sejelas-jelasnya ke pihak pengirim (jika bisa). Atau langsung menghubungi pihak bea cukai melalui nomor resmi yg kami lampirkan di artikel. Mohon tetap hati-hati dan waspada ya.

  8. kak sya mau tny kalau pengiriman paket dari singapura ke indonesia brp hari ya?
    alnya saya ada diminta transfer dana sebesar 5jt barang dikirim baru mlm hari tp jam 6 pagi sya langsung dpt pesan WA oleh pihak jasa pengiriman.

    1. Halo kak.. Untuk pengiriman dari Singapura ke Indonesia jika melalui jalur laut berkisar antara 5-8 hari (bisa lebih lama), sementara melalui jalur udara sekitar 2-3 hari (bisa lebih lama). Jika kronologisnya demikian, kakak bisa minta detail pengiriman sejelas mungkin ke pihak pengirim. Jangan lupa konfirmasikan ke pihak bea cukai mengenai kebenaran paket tersebut. Bisa jadi itu modus penipuan kak, mohon tetap hati-hati dan waspada.

  9. Asalamualaikum kak,saya mau tanya. Saya dapat paket dari singapore dalam waktu 1hari katanya paket sudah sampai di perusahaan overceas courier servisce dan aku di suruh bayar biaya pengiriman 5juta.karna saya cuma bisa bayar 3juta setelah itu paket katanya mau di tahan saya harus bayar 1juta.setelah dan saya kena pajak lagi 2juta setelah bayar 2juta katanya paket mau dikirim ke alamat saya tapi katanya saat di periksa beacukai di dalam paket ada uang dolar saya harus bayar 2juta lagi kalau tidak di bayar katanya paket akan di ambil bea cukai,karna saya tidak membayar 2 juta dalam waktu 4hari paket akan di ambil bea cukai tapi sampai saat ini sudah 1bulan pihak perusahaan masih menggubungi saya suruh bayar 2juta kalau tidak katanya saya akan diselidiki bea cukai

    1. Wa’alaikum salam.. Halo kak, jika dilihat dari kronologinya, kasus kakak sepertinya merupakan modus penipuan. Silakan minta detail mengenai paket dan juga minta penjelasan dari pihak bea cukai (bisa juga di kantor pos terdekat). Mohon tetap waspada dan berhati-hati.

  10. Assalamualaikum kak,, sy mengirim paket dari Brunei Darussalam ke Indonesia,karna cuti umum,paket sy terkirim lebih dari 2 Minggu, penerima yg sy tujukan menerima SMS beserta alamat situs yg menampilkan pos Indonesia,dlm situs tersebut penerima diberi nomor kode diminta utk mendatangi kantor pos terdekat utk mengisi formulir dan membayar dgn jumlah 600ribuan. Yg ingin sy tanyakan kak,apakah prosedur ini sudah benar dan bukan modus penipuan ? Terimakasih

    1. Wa’alaikum salam.. Halo kak, jika penerima diminta ke kantor pos, insya allah prosedurnya sudah benar kak seperti itu. Sata di kantor pos nanti, mohon untuk menanyakan detail paket agar terhindar dari hal-hal yg tidak diinginkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *