Apakah Menerima Paket Luar Negri Harus Bayar? Awas Penipuan!

Posted on 3 Jan 2022 By Ayu Triworo
ADVERTISEMENT

Kalau beli barang dari marketplace asing seperti eBay atau Alibaba, mau tidak mau harus kirim barang dari negara lain ke Indonesia. Lalu, apakah menerima paket dari luar negri harus bayar?

Prosedur dan syarat kirim/terima barang dari dan keluar negri tentu beda dengan pengiriman dalam negri. Ada bea cukai yang wajib dibayar meskipun biaya pengiriman dari ecommerce 0 Rupiah.

Paket luar negeri juga tidak dikirim langsung ke rumah, melainkan ambil sendiri di kantor POS. Nah, biar tidak bingung lagi pas belanja online di marketplace internasional, mending ketahui dulu serba serbi pengiriman paket luar negri di artikel berikut.

Artikel Sebelumnya: Apa Itu Drop Point pada Shopee & J&T Express? Arti & Cara Kerjanya

Apakah Menerima Paket dari Luar Negri harus Bayar?

Pengiriman barang dari luar negeri masuk ke Indonesia disebut impor. Aktivitas impor memiliki bea cukai yang mewajibkan setiap penerimanya membayar Pungutan Dalam Rangka Impor (PDRI). Lebih populer dengan istilah pajak impor.

Pajak Impor inilah yang membuat kamu harus bayar saat menerima paket dari luar negeri. Walaupun waktu checkout, biaya pengirimannya tertulis gratis.

ADVERTISEMENT

Hal ini merujuk pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor PMK 199/PMK.10/2019, bahwa semua barang kiriman luar negri yang harganya di atas $3 akan dikenai Pungutan Dalam Rangka Impor (pajak), berlaku sejak 30 Januari 2020.

Jadi, kalau menerima paket atau mengirim paket dari luar negri memang harus membayar biaya tambahan alias pajak. Khususnya untuk barang yang nilainya di atas $3.

Jumlah pajak yang dibebankan di setiap paket bervariasi, informasi selengkapnya ada di bawah ini.

Tarif Pajak Pengiriman Luar Negeri

Jumlah besaran pajak pengiriman luar negeri bervariasi, menyesuaikan nilai bebas bea masuk atas barang kiriman. Yaitu sebesar USD3 dari yang sebelumnya USD75.

Umumnya besaran pajak berkisar antara 15% sampai 30%. Namun untuk beberapa kasus besaran pajak bisa mencapai maksimal 45%. Dan untuk barang kiriman senilai atau kurang dari $3 terbebas dari pajak cukai, hanya dikenai PPN 10%.

ADVERTISEMENT

Berikut rincian ketentuan pajak impor luar negeri sesuai aturan PMK 199/2019:

  1. Pengiriman barang impor <$3 atau senilai Rp 43.500, tidak dikenakan bea masuk, tetapi berlaku PPN 10%.
  2. Barang impor senilai >$3 sampai $1500 per kiriman, dikenakan Bea Masuk sebesar 7,5% + PPN 10%.
  3. Barang impor >$1500 per pengiriman, dikenakan Bea Masuk + PPN + PDRI. Penerima paket juga wajib melaporkan PIB (Pemberitahuan Impor Barang) ke pihak Cukai untuk menentukan tarif pajak yang wajib dibayar.

Selain berpatokan pada aturan di atas, pengiriman barang impor juga memiliki aturan lain khususnya pada produk tertentu, seperti fashion, sepatu dan tekstil.

Berikut rincian Tarif Bea Masuk produk sepatu, tas, dan garmen untuk pengiriman luar negri ke Indonesia:

  1. Tas khusus sebesar 15% hingga 20%.
  2. Sepatu khusus sebesar 25%-30%.
  3. Produk Tekstil sebesar 15%-25%.
  4. Plus PPN 10%.
  5. Ditambah PPh 7,5% sampai 10% sesuai Pasal Impor nomor 22.

Sesuai aturan di atas, pengiriman barang impor berupa sepatu, tas, dan produk garmen dengan nilai >$3 akan dikenai pajak masing-masing sebagai berikut:

  • Tas = 15% hingga 20% plus PPN 10% & PPh 7.5%-10%.
  • Sepatu = 25%-30% plus PPN 10% & PPh 7.5%-10%.
  • Tekstil = 15%-25% plus PPN 10% & PPh 7.5%-10%.
  • Barang khusus berupa Buku Ilmu Pengetahuin = 0% alias tanpa pungutan pajak.

Ohya, selain karena dasar aturan di atas, perbedaan tarif pajak juga dipengaruhi oleh beberapa hal lain.

ADVERTISEMENT

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa lihat rinciannya di ulasan berikut ini.

Faktor yang Mempengaruhi Biaya Pajak

Kamu pasti sempat bingung kok nilai besaran pajak bisa beda-beda. Walaupun mungkin beratnya sama. Ini umum terjadi karena ada faktor-faltor lain yang mempengaruhi tarif pajak.

Berikut sejumlah faktor yang menentukan besar kecilnya pajak impor:

  • Nilai total barang kiriman yang dihitung dalam dollar (USD).
  • Jenis barang (untuk produk sepatu, tas, tekstil dan garmen pajaknya berbeda).
  • Berat dan ukuran barang.
  • Jarak atau lokasi negara.
  • Menggunakan jaminan / garansi.

Berbeda dengan pengiriman lokal yang patokannya cuma dari berat/volume paket saja. Pada pengiriman luar negeri jenis barang juga diperhatikan.

Contohnya, meskipun berat paket sama-sama 1 kg tetapi jika jenisnya beda; misal yang satu sepatu dan yang satu buku, tarif pajaknya juga pasti berbeda.

ADVERTISEMENT

Laman: 1 2

Author
WRITTEN BY

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~

Related Post

Contoh Label Makanan yang Unik & Menarik 2022 [+Tipsnya Lengkap]

10 Mei 2022 BY Ayu Triworo

Selain sebagai identitas, label atau kemasan menjadi salah satu faktor penunjang kualitas sebuah produk makanan. Label makanan unik dapat memikat calon konsumen agar tertarik membeli produk kita. Lantas, seperti apa …

9 Ide Bisnis Perlengkapan Ibu dan Bayi, Cara Jitu Anti Rugi

17 Jun 2022 BY Moch. Nasikhun Amin

Usaha yang melibatkan urusan rumah tangga memang tidak ada habisnya. Salah satunya adalah ide bisnis perlengkapan ibu dan bayi. Perlengkapan yang dibutuhkan sangat beragam peluangnya. Mulai dari ketika ibu hamil, …

Daftar Alamat Kantor ID Express Bandung + Kontak & Jam Operasional

14 Okt 2021 BY Ayu Triworo

Plugin Ongkos Kirim ~ Kamu customer setia ID Express dan sedang mencari lokasi ID Express terdekat di Bandung? Scroll artikel ini sampai bawah dan temukan kantor ID Express Bandung yang …

90 Comments

  1. Saya dapat paket dari luar negeri
    Tertapi yang jadi pertanyaan saya kenapa paket tersebut datang nya dipabena bukan dibandar juanda yang dekat dengan alamat tinggal saya dan meraka minta saya transfer uang sebesar 5 juta yang kata nya dari bea cukai yang aneh nya lagi saya mau bayar ditempat saja sekalian chek barang nya meraka jawab tidak boleh
    Apakah itu termasuk penipuan ?
    Yang kedua berapa lama pengirimana dari inggris ke indonesia ?
    Apa iya hanya semalam saja bisa sampai ?

    1. Halo kak.. Kami tidak bisa memastikan 100%, tapi jika dilihat dari ciri-cirinya itu mengarah ke tindak penipuan. Saran kami, kakak tetap waspada dan pastikan ke pihak bea cukai langsung terkait paket yang hendak kakak terima. Ceritakan kronologinya secara jelas. Kakak bisa hubungi situs / call center resmi bea cukai dan jangan gunakan saluran selain itu ya.

      Untuk pengiriman dari Inggris, sejauh ini belum ada yang kami temukan paket bisa sampai dalam semalam. Rata-rata pengiriman dari London kisaran 3-4 minggu, bisa lebih. Jadi, mohon tetap waspada dan jangan mudah percaya krn bisa jadi itu juga modus penipuan.

      1. Selamat malam buk ,apakah benar dari Suriah ke Indonesia satu hari satu malam sampai saya ada di kirimin teman paket dari Suriah berang kat tanggal 29 /07/2022 dan tiba di Indonesia tanggal 30 /07 /2022 pas pagi nya saya dapat telepon atau WA dari seseorang mengaku pegawAi bea cukai suruh transfer uang sebesAr 10 juta 800 rb karena paket Ter tahan jadi di tunda pengiriman nya ke alamat saya setelah transfer baru merek akan kirim ke alamat saya apa kah benar begitu

          1. Iya kak saya juga ada dapet paket dari rumania luar negeri tapi sebelum paketnya dikirimkan mereka meminta biaya bea cukai nya sebesar 8.8600.000 ribu saya kaget aduh besar itu,,masa iya dia mengirim nya tgl 10 dan tgl 11 nya sudah sampai masa iya satu hari,,saya memang tidak transfer,dan kebetulan saya punya aplikasi get contact saya cek no nya eh malah keluar ditulis PENIPU,,,🤦🤦

          2. Hi kak. Iya kak, saat ini marak terjadi penipuan yang seperti itu. Terima kasih kak sudah sharing tentang Get Contact-nya. Semoga bisa membantu temen2 lainnya biar bisa lebih berhati-hati 🙂

          3. Saya dapat paket dari luar negeri
            Tetapi yang jadi pertanyaan saya kenapa paket tersebut datangnya bukan dibandara eltari yang dekat dengan alamat tinggal saya dan meraka minta saya transfer uang sebesar 10juta yang katanya dari bea cukai yang anehnya lagi saya mau bayar ditempat saja sekalian chek barangnya meraka jawab tidak boleh
            Apakah itu termasuk penipuan?
            Yang kedua berapa lama pengirimana dari London ke indonesia ?
            Apa iya hanya semalam saja bisa sampai ?

          4. Halo, kak Nouna. Hal demikian sudah sering terjadi kak. Dan melihat keterangan dari kakak, sangat besar kemungkinan itu adalah tindakan penipuan ya kak. Untuk pengiriman dari London ke Indonesia bisa berminggu-minggu, kak. Tetap berhati-hati dan waspada ya kak Nouna.

      2. Saya juga ada kiriman dari London tapi saya harus bayar jasa pengiriman 3 juta dalam sehari itu paket bisa di kirim.Hanya tas dan sepatu

          1. Iya kak saya juga begitu harus bayar dulu 3 juta dan juga saya GK tau itu ada uang dollar dan harus di tuker uang rupia itu juga harus bayar lagi 3 juta apa kah itu penipuan

          2. Kakak saya mendapatkan hadiah dari columbia dalam satu malam sudah sampai paketnya dan mereka meminta biyaya pajaknya sebesar 2.000.000 saya sudah kirim lalu mereka meminta lagi dengan alasan didalamnya ada emas murni jadi harus meminta izin dari publik dan meminta uang lagi sebesar 4.000.000 dan saya tidak mengirimnya uang lagi karna saya sudah tidak punya lagi,dan mereka bilang kalau tidak dibayar akan masuk kejalur hukum apakah itu sebuah penipuan kak mohon bantuannya kak

          3. Halo, kak. Jika langsung dimintai sejumlah uang, sedangkan pengirimnya juga tidak jelas, kemungkinan besar itu penipuan, ya, kak. Dan ancaman tangkapan itu biasanya untuk menakut-nakuti saja, kak. Jadi tidak perlu khawatir.

            Tetap berhati-hati ya

    2. Maaf Mbak dapat paketan dari mana , karna saya juga mau dapat paketan dari London. Terus di suruh bayar bea cukai 1 juta/500 rbu..

  2. Saya mau dapat kiriman paket dari syria lewat jalur diplomatik dikirim oleh teman dari amerika yang bekerja di camp military disana.apakah tetap dikenai pajak?

    1. Tetap kak, meskipun barang yang kakak terima bebas pajak cukai, tapi tetap akan dikenai PPN 10%. Kakak bisa lihat lagi ketentuan pajak pengiriman barang dari luar negeri pada postingan ini ya.

  3. Asalamualaikum kak, saya mau tanya kalau pengiriman dari luar negri ke indo melebihi berat, itu petugas pihak luar negri minta biayanya sama kita yang menerima ya??

    1. Wa’alaikum salam.. Halo kak, jika menerima paket luar negeri, ntah itu beratnya sesuai / lebih itu tetap dikenai pajak. Hanya, biaya pajaknya saja yang bervariasi.
      Untuk sistem pembayaran sendiri bisa transfer atau bayar langsung ke pihak kantor pos tempat paket kakak dikirim (bukan transfer ke pihak luar negeri ya). Pastikan dulu bahwa ada informasi pembayaran pajak dari pihak bea cukai, biasanya akan ditelfon / dikirimi surat pos dari kantor pos tempat paket kakak didrop.
      Kakak bisa lihat kembali alur pembayaran pajak cukai pengiriman luar negeri di postingan ini, jika alurnya tidak sesuai dengan info di atas, bisa jadi itu tindak penipuan. Jadi, tetap waspada dan hati-hati ya kak.

  4. Assalamualaikum kakak ,, saya mau tanya apakah paket yang di kirim dari inggris scotlandia akan sampai dalam waktu 1 malam saja,, karena saya mendapat kiriman paket dari sana,, tapi kemarin saya diberitahu kalau paket saya sudah tiba di indonesia,, tapi saya harus bayar 2 juta untuk ongkos kirimnya,, saya sudah bayar itu,, terus saya diberitahu lagi kalau paket saya ada uang dari negara asing dan saya disuruh bayar lagi 5 juta dan saya sudah bayar itu ,, tapi memberitahu saya lagi kalau mereka telah kecelakaan mobil dan paket saya akan di pindahkan ke jasa pengiriman lain lalu saya disuruh baya lagi kak 5 juta,, setelah saya meminta bukti kalau memang kecelakaan mereka tidak merespon kak ,, apa itu bentuk penipuan kak

    1. Wa’alaikum salam.. Halo kak, kami tidak bisa memastikan 100% tapi jika dilihat dari kronologinya bisa jadi itu penipuan.

  5. Maff ka mau tnya misal kita tdk mau mnrima brg yang dikirim itu bgaimn penjlasannya
    Sementara seseorg yg mngirim brg tersebut meminta alamat dan nama lengkap namun tidak meminta no telephone ?
    Dgn modus mendekati dan mengirim barang ke kita,
    Dan dy berkata pengiriman polandia ke indonesia cm memakan waktu 2 hari ?
    Apakah itu merupakan modus penipuan ?

    1. Halo kak. Iya bisa jadi itu modus penipuan. Harap hati-hati apalagi jika nantinya kakak diminta membayar biaya pajak, dan semacamnya.

  6. Assalamu’alaikum, hallo kak saya mau tanya, saya memiliki kenalan di Belanda dan dia mengirim hadiah ke saya.
    Dan hari ini ada whatsapp memberitahu bahwa paket itu sudah tiba di indonesia dan saya di minta untuk membayar 6jt via transfer agar paket saya bisa di kirim ke alamat saya, tapi paket tersebut tidak ada logo dan barccode nya, dan apakah benar jika pengiriman dari Belanda ke Indonesia hanya 1×24 jam?

    1. Wa’alaikum salam.. Halo kak, pengiriman dari Belandan ke Indonesia butuh beberapa hari bahkan minggu ya, tidak bisa sampai dalam sehari saja. Mohon tetap waspada karena “bisa jadi” itu modus penipuan.

  7. Assalamualaikum kak.saya mau dikirim paket dari negara’Yaman.tapi saya disuruh transfer 10 juta.buat biaya balik nama katanya.
    Apa tu termasuk penipuan.

    1. Wa’alaikum salam.. Halo kak… Kami tidak bisa memastikan 100%, tapi bisa saja itu modus penipuan. Kakak bisa minta detail pengiriman sejelas-jelasnya ke pihak pengirim (jika bisa). Atau langsung menghubungi pihak bea cukai melalui nomor resmi yg kami lampirkan di artikel. Mohon tetap hati-hati dan waspada ya.

  8. kak sya mau tny kalau pengiriman paket dari singapura ke indonesia brp hari ya?
    alnya saya ada diminta transfer dana sebesar 5jt barang dikirim baru mlm hari tp jam 6 pagi sya langsung dpt pesan WA oleh pihak jasa pengiriman.

    1. Halo kak.. Untuk pengiriman dari Singapura ke Indonesia jika melalui jalur laut berkisar antara 5-8 hari (bisa lebih lama), sementara melalui jalur udara sekitar 2-3 hari (bisa lebih lama). Jika kronologisnya demikian, kakak bisa minta detail pengiriman sejelas mungkin ke pihak pengirim. Jangan lupa konfirmasikan ke pihak bea cukai mengenai kebenaran paket tersebut. Bisa jadi itu modus penipuan kak, mohon tetap hati-hati dan waspada.

  9. Asalamualaikum kak,saya mau tanya. Saya dapat paket dari singapore dalam waktu 1hari katanya paket sudah sampai di perusahaan overceas courier servisce dan aku di suruh bayar biaya pengiriman 5juta.karna saya cuma bisa bayar 3juta setelah itu paket katanya mau di tahan saya harus bayar 1juta.setelah dan saya kena pajak lagi 2juta setelah bayar 2juta katanya paket mau dikirim ke alamat saya tapi katanya saat di periksa beacukai di dalam paket ada uang dolar saya harus bayar 2juta lagi kalau tidak di bayar katanya paket akan di ambil bea cukai,karna saya tidak membayar 2 juta dalam waktu 4hari paket akan di ambil bea cukai tapi sampai saat ini sudah 1bulan pihak perusahaan masih menggubungi saya suruh bayar 2juta kalau tidak katanya saya akan diselidiki bea cukai

    1. Wa’alaikum salam.. Halo kak, jika dilihat dari kronologinya, kasus kakak sepertinya merupakan modus penipuan. Silakan minta detail mengenai paket dan juga minta penjelasan dari pihak bea cukai (bisa juga di kantor pos terdekat). Mohon tetap waspada dan berhati-hati.

  10. Assalamualaikum kak,, sy mengirim paket dari Brunei Darussalam ke Indonesia,karna cuti umum,paket sy terkirim lebih dari 2 Minggu, penerima yg sy tujukan menerima SMS beserta alamat situs yg menampilkan pos Indonesia,dlm situs tersebut penerima diberi nomor kode diminta utk mendatangi kantor pos terdekat utk mengisi formulir dan membayar dgn jumlah 600ribuan. Yg ingin sy tanyakan kak,apakah prosedur ini sudah benar dan bukan modus penipuan ? Terimakasih

    1. Wa’alaikum salam.. Halo kak, jika penerima diminta ke kantor pos, insya allah prosedurnya sudah benar kak seperti itu. Sata di kantor pos nanti, mohon untuk menanyakan detail paket agar terhindar dari hal-hal yg tidak diinginkan.

  11. Assalamu’alaikum kak, mau nanya
    Apakah paket yang dikirim dari London akan sampai ke Indonesia dalam waktu 3 hari saja? Karena saya dapat telpon juga WA dari seseorang yang memberitahukan kalo ada paket buat saya sudah tiba di indonesia, tapi WA atau telp tersebut tidak saya tanggaoi dan nomornya langsung saya blokir
    Apa itu juga salah satu bentuk penipuan kak

    1. Waalaikumsalam, kak Leni.
      Kalau memang belum jelas pengirimnya siapa dan meminta sejumlah uang, kemungkinan besar penipuan kak. Tapi kami juga tidak bisa memastikan 100%.

      Untuk lama pengiriman dari luar negeri ke dalam negeri tergantung jenis layanan yang dipakai kak.

        1. Untuk tanda bukti pengiriman bisa di cek langsung dengan menghubungi pihak logistiknya. Atau jika tersedia cek resi, bisa dicoba.

          Namun juga bisa dipertimbangkan lagi, kalau pihak pengirimnya meminta sejumlah uang, kemungkinan besar itu modus penipuan, kak.

  12. Jika kita menerima pengiriman barang dari luar negeri. Tapi tidak kita ambil apakah akan bermasalah?
    CONTOH ( Ada teman di luar negeri,tiba² mengirim paket ke kita sedangkan kita tidak meminta nya, dan kita tidak mau ambil karena diharuskan membayar tebusan untuk mengambil paket itu )
    Dan apakah pihak sortir barang disini, akan membuka semua paketan yang masuk ke dalam negeri dari luar negeri?

    1. Halo, kak.
      Untuk paket yang tidak diambil kemungkinan besar tidak ada masalah sebenarnya, kak. Namun Kak Robby Anwar sebaiknya melakukan konfirmasi terlebih dahulu ke tamannya, ya. Apakah paket tersebut memang benar dari yang bersangkutan.

      Dan apakah pihak sortir di dalam negeri akan membuka paketan tersebut, kami belum mengetahui informasi tersebut lebih dalam, kak. Mungkin kak Robby bisa menghubungi pihak sortir barang tersebut untuk meminta keterangan lebih lanjut, ya.

  13. Assalamualaikum, kak mu tanya. Kiriman paket dari inggris bisa sampai dalam waktu 2 hari. Terus apakah benar untuk paketnya tidak langsung ke kota tujuan, paketnya sampai di hang nadim international airport. Terus katanya untuk pengiriman paket ke tempat saya sya harus bayar 7 jta. Apakah itu benar atau penipuan

    1. Waalaikumsalam warohmatullah, Kak Neng.

      Kalau melihat 1.) durasi pengiriman; 2.) keharusan membayar sejumlah uang; kemungkinan besar penipuan, ya. kak.

      Karena pengiriman paket dari luar negeri, terutama Inggris, bisa memakan waktu yang lama.

      Tetap berhati-hati, ya, kak. Sehat selalu 🙂

  14. Assalamualaikum, kak. Saya dapat kiriman paket dari inggris, ktanya baru 2 hari sudah sampai d indonesia, tapi sampainya ke bandara internasional hang nasib batam indonesia, bukannya ke kantor pos dekat alamat rumah saya. Terus untuk dapat di kirim ke tempat saya katanya saya hrus byar dulu sebesar 7jta rupiah. Apa itu benar kak atau modus penipuan

  15. Assalamualaikum kak mau nanya kalo misal kita membatalkan paketan dari luar negri Polandia ke Indonesia apakah bermasalah dan apakah bakal panjang masalahnya itu soalnya nama dan alamat kita udh tertera dipaketkan . ??
    saya dapat kiriman dari seseorang tapi katanya diharuskan bayar 5juta kalo barang datang,meskipun dia bilang sudah menyisipkan duit didalam paketan untuk membayarinya. Saya takut itu penipuan kak

    1. Waalaikumsalam Kak Vera.
      Jika diminta sejumlah uang, apalagi dengan angka yang banyak, kemungkinan besar itu modus penipuan, ya.

      Dan jika melakukan pembatalan paketan, jika paket tersebut memang tidak kita pesan, tidak masalah kak.

  16. Hi kakak saya punya kenalan orang Singapura dari tiktok baru bbrp hari ini,dan saya dikirimi barang oleh orang itu,lalu saya di telp d kabarkan tadi pagi jam 11siang brg telah d kirim tgl1 dan bsk tgl 2 brg akan tiba,tapi saya harus membayar bea cukai sebesar 3jt,apa itu benar atau modus kak,,

  17. Halo kak saya dapat pengiriman paket dari london dan sampai ke indonesia 3hari, mau tanya kalau paket dari transcargo apakah benar sampainya hanya 3hari katanya expres. Dan setekah itu minta pembayaran 5jt apakah itu benar kak,?

    1. Halo kak Riyana, untuk pengiriman dari London biasanya akan sampai dalam waktu cukup lama, ya, meski pengiriman ekspres.

      Dan jika dilihat dari keterangan kakak, jika meminta sejumlah uang, kemungkinan besar itu adalah penipuan.

      Tetap berhati-hati, ya 🙂

    1. Hi, kak Krisna. % di atas itu maksudnya jumlah pajak yang harus dibayarkan ke bagian perpajakan kak.

      Misal harga barang yang kakak beli adalah Rp.100.000, jika kena pajak 20%, maka kakak harus bayar pajak sebesar Rp. 20.000 ke bagian perpajakan. Gitu kakk 🙂

  18. Assalamuallaikum haalo ka saya dari Bogor
    Saya dapat kiriman paket dari London dan sekarang paket saya berada di Batam kalo saya mau ambil pket saya harus byar pajak 6 juta kalo tidak bisa byar pajak paket saya tidak bisa saya ambil
    Tapi dia bilang bisa byar separo nya dulu nanti sisa nya byar di tempat gitu kata nya

  19. Ka saya mau tanya kan saya mendapatkan kiriman paket dari luar negeri dan yang mengirim paket meminta saya untuk membayar 2jt dan saya ingin membayarnya setelah paket itu saya terima, apakah bisa ka?
    Soalnya saya pernah tertipu jadi saya takut jika tertipu lagi..

      1. Assalamu’alaikum kak maaf sebelom nya boleh mintak tolong kak kan saya ada rencana di kirim paket dari London dari teman saya yang berupa barang. Dia bilang mau mengirimkan barang itu melalui di plomat nya. Dan saya akan di beritahu kalau nanty barang itu sampai di bandara.nomer saya akan di hubungi bea cukai. Dan saya di minta uang pembebasan barang tersebut agar barang itu sampai ke alamat saya

        1. Waalaikumsalam kak Abdur Rizal.
          Biasanya untuk pengiriman luar negeri memakai jasa ekspedisi, kak. Bukan melaui diplomat. Dari sini terindikasi penipuan ya, kak. Kemduian juga jika kakak diminta sejumlah uang, kemungkinan penipuannya semakin kuat. Tetap berhati-hati ya kak 🙂

  20. Assalamua’laikum kak ..
    Kak mau tanya …kan aku dapat kiriman dari korea .. apabenar dalam waktu 2 hari sampai ? Tapi dia bilang nnti aku disuruh bayar 5jt jika barang iti datang ? Apa itu penipuan ya kak ?
    Dan jika nggak aku ambil .. kena masalah nggak kak ?

  21. Kak ada gak kurir Halo nyonya
    Saya Mr Fred Smith dari Global Link Courier Service, Madam Saya menulis kepada Anda sehubungan dengan paket yang dikirim dari Mr Ahmed Kelly kepada Anda Nona Putri dan paket Anda saat ini telah Tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Indonesia
    Nyonya paket Anda akan dikirimkan kepada Anda di alamat rumah Anda setelah Anda memiliki pembayaran transfer yang memungkinkan saya membersihkan paket Anda dan mengirimkan ke rumah Anda segera hari ini, tetapi Anda harus mentransfer 5,000.000 rupiah (lima juta rupiah) untuk bea cukai dan pengiriman biaya untuk memungkinkan kami Menghapus paket Anda dan mengirimkannya kepada Anda hari ini.
    Terima kasih telah memilih tautan global
    kurir Layanan Anda adalah Perhatian utama kami.
    Dihela oleh kurir tautan global Manajemen
    👆
    Kak saya mau tanyak ada tidak nama nya ini..
    Karena mereka sudah memintak biaya pengiriman sama saya..saya mohon bantuan kk..mereka sdh mnpu saya..dan nama untuk dana yang kami trnfer namanya Dina fitriana kmi kirim dana rek Dy..saya mohon bantuan ada uang kmi bisa dikmbalikan

    1. Halo kak Sabila.
      Kurir dengan nama tersebut tidak ada ya kak. Sebetulnya dari redaksi pesan sudah dapat diketahui bahwa itu pesan penipuan, kak. Apalagi jika sampai meminta dana.
      Kami menyesal kak Sabila harus mengalami kejadiannya.

      Untuk kedepannya lebih berhati-hati ya kak.

  22. Assalamualaikum,ka aku mau tanya kalo pengiriman dri inggris emng bisa sampai 1 hri ya?trus saya juga harus byr oengiriman bea cukai sbsar 5 juta,tapi dia ngirim cetak resi nya,saya harus gimna ya

  23. Assalamualaikum kak saya dapat paket dari saudi kemaren dikirim dan pagi tadi sampai di ngurah ray bali saya diberi tahu dari pihak bea cukai suruh bayar 7juta karena nilai poinnya tinggi.pengirim bilang ada tas perhiasan dan ada uangnya juga apa itu termasuk penipuan kak.kalau tidak saya bayar apa paket itu bisa kembali pada pengirimnya terima kasih.

    1. Waalaikumsalam, kak Nani. Hal demikian sudah sering terjadi kak. Dan melihat keterangan dari kakak, sangat besar kemungkinan itu adalah tindakan penipuan ya kak. Tetap berhati-hati dan waspada ya kak Nouna.

  24. Kak saya mau tanya, kmaren saya ad di kirim paket dari rumania, orang itu dengan modus ingin membantu saya berbisnis, katanya dua hari baru sampai, sampai di paket Bali katanya saya harus membayar pajak bea cukai Rp 7juta apakah ini penipuan atau tdak?

  25. Hallo kak saya juga dapat kiriman paket dari USA katanya ada biaya 3 jt yg harus di bayar karena saya tidak menghiraukannya dan akan melibatkan polisi saya takut kak mohon solusinya

  26. Halo kak saya ada di kirimi paket dari London berupa uang tas dan emas TPI katanya klu barang saya sudah sampai tapi di suruh bayar 5 juta untuk mendapatkan kode barang itu saya di telpon dari luar negeri dari jasa pengiriman dan katanya harus di trasver ke nomor tujuan yg ekspedisi Indonesia benar ngga ya ada begini

      1. Hai kk, saya juga mau nanya, saya dapat kiriman barang dari Korea Selatan, yg mengirim meminta alamat email saya, trus alamat lengkap saya dan juga nomer HP sya, dia berkata bahwa ongkos pengiriman tlah dia bayar di negara nya, dan saya hanya Terima bersih apakah seperti itu kk, apakah ongkos yg sdh d bayar di negerinya berlaku sebagai pajak kk

  27. Maaf mas mau tanya kemarin saya dapat kiriman dari Thailand katanya tadi pagi sampai saya harus bayar sebesar 3 JT agar barang kiriman sampai rumah tapi saya sudah merasa penipuan saya abaikan dan langsung saya belokir no nya apakah tidak jadi masalah ya mas kerana saya kasih alamat rumah saya

  28. Saya dapat kiriman dari malaysia baju dan topi lewat pos nilainya sebesar 1,5 jt ongkir 400 ribuan sekarang sampai surabaya siruh bayar pajak 1,3 jt lewat sms apa benar

  29. Assalamualaikum,maaf kak mau tanya sy juga dapat kiriman dari Inggris, ketika di kantor pos Inggris dia kirim Vidio dan ketika resinya sdh dicetak juga dia kirimkan. tp setelah itu dia lalu memberi Khabar kalo kata tkng pos di Inggris kalo kiriman dah sampai di Indonesia, sy harus bayar 3 juta. Dia bilang nanti akan diberi tau oleh oleh perusahaan pengiriman barangnya. Apakah kali kit menerima kiriman dari luar negeri alurnya memang seperti itu?

    1. Waalaikumsalam, kak Imas. Untuk pengiriman dari luar negeri biasanya akan dikirim lewat ekspedisi. Kemudian sampai Indonesia akan diperiksa petugas Bea Cukai kak. Kalau aman, akan dikirim ke tujuannya. Untuk cek resi apakah benar/tidak pengirimannya, bisa dicek di laman bea cukai http://www.beacukai.go.id/barangkiriman

      Tapi kalau diminta sejumlah uang, sedangkan pengirim belum jelas, itu kemungkinan besar tindakan penipuan, ya, kak. Tetap berhati-hati.

  30. Hallo k…daya Ina dari Kupang.mau tanya saya mendapat kiriman dari Amerika saat ini paket tiba di Batam dalam waktu 1 hari .saya di tlpmeminta bayaran 6juta .apa saya harus bayar biaya lokal untuk di kirim ke NTT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *