ADVERTISEMENT

Cara Membuat Fanspage Facebook Bisnis yang Menghasilkan Uang

Posted on 7 Des 2021 By Ayu Triworo
ADVERTISEMENT

Cara membuat fanspage Facebook sebetulnya cukup mudah. Tapi, untuk membuat halaman bisnis yang banyak likes dan menghasilkan uang tentu ada tips dan trik sendiri. 

Nah, buat kalian yang ingin membuat halaman untuk organisasi, bisnis, video, gaming atau bahkan Fanspage Facebook monetisasi, mari simak info selengkapnya di sini. 

Ada tutorial lengkap plus tips cara bikin fanspage Facebook di HP. Buat yang pengen tambah penghasilan, kami juga ada daftar cara mendapatkan uang dari Facebook. Yuk, disimak!

ADVERTISEMENT

Apa Itu Facebook Fans Page?

Fans Page Facebook merupakan halaman website / akun bisnis yang menjadi representasi sebuah perusahaan, bisnis, organisasi, atau tokoh tertentu. 

Halaman ini berfungsi untuk menyampaikan informasi mengenai organisasi, merk atau seseorang serta membantu mereka terhubung dengan lebih banyak pengguna Facebook. 

Halaman Fans Page memiliki fitur yang dapat disesuaikan dengan karakteristik dan kategori tertentu. Fungsinya tidak melulu untuk bermedia sosial, tetapi untuk keperluan yang lebih profesional, seperti bisnis, jualan, dan acara organisasi. 

Halaman Facebook juga memiliki tujuan lain selain bisnis dan branding. Fanspage facebook video misalnya, biasanya digunakan untuk memonetisasi video-video viral. Sementara Facebook gaming berisi serba serbi mengenai game. 

ADVERTISEMENT

Dengan pengelolaan yang baik, fanspage Facebook dapat meningkatkan performa sebuah bisnis dan bahkan menambah keuntungan si pemilikya. 

Baca Juga: Cara Mengganti Nama Facebook di HP & Desktop Terbaru

Cara Membuat Fanspage Facebook Lewat HP

Halaman Facebook Fanpage penting untuk membantu promosi bisnis di media sosial khususnya Facebook. Dengan pengguna mencapai lebih dari 3 Milyar, platform ini berpotensi menjadi ladang bisnis yang besar. 

Salah satu cara mempromosikan brand di Facebook adalah dengan membuat Facebook Fans Page. Cara membuat Fanspage Facebook bisnis cukup mudah dan bisa dilakukan lewat HP.

Nah, bagaimana cara membuat fanspage facebook di android? Berikut langkah-langkah nya.

  • Buka Facebook, login ke akun menggunakan username dan password. 
  • Pilih menu (ikon garis 3 di pojok kanan atas), lalu klik Halaman.

cara membuat fanspage facebook via HP 1

ADVERTISEMENT
  • Di menu Halaman, klik menu +Buat.

cara membuat halaman facebook via HP 2

  • Pilih dan klik pilihan Mulai di paling bawah. 

cara membuat halaman facebook via HP 3

  • Tulis Nama Halaman (nama brand, bisnis, acara, organisasi, dll sesuai kebutuhan), lalu klik Selanjutnya. 

cara membuat halaman facebook via HP 4

  • Pilih dan klik kategori di kolom Pencarian Kategori, klik Selanjutnya. Kategori disesuaikan dengan bisnis, merk, brand atau organisasi yang Anda kelola.

cara membuat halaman facebook via HP 6

 

ADVERTISEMENT
  • Tambahkan alamat atau kota (opsional). Bisa diisi sesuai kebutuhan atau dikosongkan dengan centang Saya tidak ingin menambahkan alamat, klik Lewati.

cara membuat halaman facebook via HP 7 (2)

  • Tambahkan foto sampul dan foto profil (logo bisnis/organisasi). 
  • Klik tambahkan foto sampul untuk menambah sampul, pilih foto dari galeri perangkat, potong dan edit, klik Simpan untuk upload foto.
  • Klik Tambahkan Foto Profil, pilih gambar dari galeri, sesuaikan gambar, klik Simpan.

cara membuat halaman facebook via HP 8

  • Anda bisa mengubah foto sampul dan profil dengan klik tombol Edit. 
  • Klik pilihan Selesai. 

Langkah di atas bisa Anda ikuti apabila ingin membuat fanspage melalui perangkat smartphone (android dan iPhone). Jika menggunakan desktop, silahkan ikuti tutorial di bawah ini. 

Baca Juga: Cara Beriklan Di Instagram Ads Untuk Jualan Online

Cara Membuat Fanspage Facebook di Desktop

Langkah membuat halaman Facebook di pc sangat mudah dan hampir sama dengan menggunakan perangkat smartphone. Caranya adalah sebagai berikut. 

  • Buka aplikasi Facebook di laptop, login akun menggunakan username dan password. 
  • Klik Menu > Halaman > +Buat Halaman Baru.
  • Atau langsung kunjungi laman berikut facebook.com/pages/create.
  • Masukkan Nama Halaman (nama bisnis, merk, organisasi atau tokoh untuk menjelaskan halaman).
  • Pilih dan masukkan Ketegori (pilih maksimal 3 kategori untuk menjelaskan jenis organisasi, bisnis, acara / topik yang dapat mewakili fanpage).
  • Tambahkan Keterangan. Tuliskan keterangan mengenai fokus bisnis, layanan yang tersedia, tujuan, visi dan misi, dan informasi penting terkait bisnis dan halaman. 
  • Klik Buat Halaman. 

cara membuat fanspage facebook via desktop

  • Tambahkan foto profil dengan seret dan meletakkan gambar / klik tanda + untuk menambah foto. 
  • Tambahkan foto sampul dengan seret dan meletakkan gambar / klik tanda + untuk memasukkan foto. 
  • Klik Simpan. 

cara membuat fanspage facebook di laptop

Sampai step ini, sebetulnya halaman Facebook Fanspage sudah tampil dan bisa diakses. Namun informasi yang tersedia di fanspage masih sangat terbatas. Sehingga sebaiknya Anda melakukan beberapa tindakan untuk melengkapi halaman, seperti:

  • Mengundang teman.
  • Bergabung dengan grup.
  • Menghubungkan ke Whatsapp. 
  • Membuat postingan sambutan. 
  • Menambahkan tombol dan fitur tindakan pengunjung. 
  • Menambahkan lebih banyak informasi dan detail terkait halaman Anda. 
  • Mulai promosi dan berjualan. 
  • Menambahkan acara. 
  • Edit halaman, tambahkan media foto, video.
  • dan banyak lagi. 

Ohya, Facebook Fanpage ini tersedia untuk siapa saja ya. Jadi seluruh pengguna Facebook bisa membuat secara gratis dan tanpa syarat apapun. 

Penggunaan halaman fanpage juga tidak terbatas waktu. Artinya dapat dipakai dan dikelola sampai kapanpun. 

Namun, apabila halaman bisnis sudah tidak terpakai lagi, pengguna bisa menghapusnya kapan saja. Dengan catatan, Anda merupakan salah satu admin dari Facebook fanpage.

Cara menghapus halaman Facebook cukup mudah dan praktis serta dapat diakses di berbagai perangkat. 

Baca Juga: Panduan & Cara Mengaktifkan Instagram Shopping Dengan Mudah

Apa Keuntungan Membuat Halaman di Facebook?

Jika sampai detik ini Anda masih ragu untuk membuat halaman bisnis di Facebook, coba pertimbangkan beberapa keuntungannya berikut.

  • Ada banyak fitur canggih yang bermanfaat untuk promosi, branding dan marketing bisnis karena fungsinya sama seperti situs web. 
  • Dukungan untuk berinteraksi dan komunikasi dengan calon customer.
  • Terdapat fitur untuk berjualan layaknya marketplace pada umumnya, seperti Shopee atau Tokopedia
  • Ada fitur untuk memperoleh insight berupa data dari pengguna halaman. 
  • Tersedia fasilitas untuk membuat iklan di Facebook atau Facebook Ads.
  • Data yang diperoleh dari fanpage berfungsi untuk menjaring calon konsumen potensial.

Selain keuntungan bisnis seperti di atas, halaman Facebook juga berguna sebagai sarana untuk mengadakan acara bagi sebuah instansi dan organisasi. Sementara bagi pengguna individu, fanpage bisa digunakan untuk membagikan konten untuk melakukan monetisasi. 

Baca Juga: Tips Menambah Follower Instagram dengan Mudah

Tips Membuat Fans Page 

Untuk membuat halaman Facebook sukses, yang banyak likes dan dapat menghasilkan uang tentu tidak semudah cara di atas. Ya, ada trik serta strategi khusus agar halaman Facebook banyak disukai oleh calon pelanggan. 

Gunakan Nama Unik & Menarik

Nama adalah aspek penting untuk menarik perhatian pengguna. Untuk itu, coba gunakan nama eye-catching yang menggambarkan bisnis atau kegiatan Anda. 

Umumnya, nama fanpage merupakan merk, brand, nama bisnis atau nama organisasi tertentu. Namun, Anda bisa menggunakan nama lain yang lebih unik namun masih tetap berkaitan. 

Sebaiknya hindari nama yang berbau pornografi, SARA, gender, atau yang mengandung unsur hinaan dan aspek buruk lainnya. Jangan gunakan nama dengan kombinasi karakter yang rumit, misal huruf besar dan kecil, angka, atau emoticon.

Gunakanlah nama yang sesuai ejaan EYD, yang mudah diingat, mudah dilafal dan dihafal serta familiar bagi masyarakat. 

Pasang Gambar Profil & Sampul Meyakinkan

Selain nama, gambar juga menjadi unsur penting dalam mempromosikan halaman. Alangkah baiknya jika bisnis Anda sudah memiliki referensi gambar. Sehingga bisa menggunakan logo atau gambar lain yang sudah dibuat sendiri. 

Artinya, sangat disarankan bahwa gambar yang terpampang di halaman fanpage bukan gambar plagiat yang banyak tersebar di Google atau sosial media. Hal ini akan mengurangi kredibiltas bisnis Anda. 

Baiknya gunakan gambar menarik yang benar-benar merefleksikan bisnis atua kegiatan Anda. Dengan gambar unik dan menarik tentu akan membuat orang yakin dan tertarik untuk bergabung ke grup fanpage Anda. 

Undanglah Banyak Teman

Setelah fanpage selesai, pihak Facebook menyediakan fitur untuk mengundang banyak teman ke halaman Anda. Jangan lewatkan kesempatan ini!

Undanglah teman sebanyak mungkin dan ajak mereka untuk aktif di halaman. Seperti memberikan like, komen, atau membeli produk. Hal ini tentu usaha, tidak melulu hanya dengan mengundang teman. 

Ada kalanya Anda perlu membuat konten menarik agar pengguna lain mengenal dan mengikuti halaman fanpage. 

Posting Produk Terbaru

Ini hal wajib! Facebook fanpage adalah tempat terbaik untuk mengenalkan bisnis secara lebih bebas dan leluasa. Sehingga, gunakan kesempatan ini untuk mempromosikan produk secara maksimal. 

Rajinlah memposting produk beserta seluruh detail bisnis Anda secara menarik agar dikenal banyak orang. Anda bisa manfaatkan fitur foto, video, story, dan lainnya untuk mengupdate konten secara kontinu. 

Tambahkan Konten Menarik & Segar

Selain memperkenalkan produk, Anda juga bisa tambahkan berbagai konten pendukung lain. Misalkan tips, tutorial, kisah inspiratif, dan masih banyak lagi. 

Yang jelas, usahakan konten harus selalu fresh dan menarik. Jangan lupa untuk aktif berinteraksi dengan para pengikut fanpage Anda. 

Baca Juga: Cara Membuat Linktree untuk Bio Online Shop di Instagram

Penutup

Nah, di atas sudah kami ulas tutorial sekaligus tips cara membuat fanspage Facebook agar banyak likes dan menghasilkan uang. Gimana? Mudah bukan?

Tunggu apalagi nih? Tahun 2021 sudah mau selesai, yuk segera kembangkan bisnis Anda di Facebook melalui halaman bisnis. Semoga sukses ya!

Jangan lupa beri like dan komen serta share artikel ini agar kami semakin semangat untuk update artikel. Terima kasih. 

Author
WRITTEN BY

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~
ADVERTISEMENT

Related Post

12 Tema WordPress Premium Terbaik Untuk Toko Online [Terlengkap!]

7 Jul 2021 BY Aorinka Anendya

Apakah kamu sedang mencari tema WordPress toko online? Nah, mungkin kamu perlu membaca tema WordPress premium terbaik untuk toko online berikut. Agar fitur yang kamu dapatkan bisa lebih lengkap. Selain …

Cara Buka Rekening BRI, Online dan Offline!

18 Agu 2021 BY Aorinka Anendya

Cara buka rekening BRI memanglah mudah, praktis dan tidak ribet. Bahkan ada banyak sekali cara buka rekening yang bisa kamu pilih. Diantaranya seperti lewat buka rekening BRI online, cara ini …

Apa itu SEO? Pengertian, Konsep Dasar dan Cara Kerja SEO

10 Feb 2021 BY Mufti Syawaludin

Secara umum, SEO adalah singkatan dari ‘Search Engine Optimization‘ atau ‘Optimisasi Mesin Pencari’, yang artinya teknik optimasi untuk merangking kata kunci dan menambah trafik di mesin pencari Google. Supaya lebih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *