ADVERTISEMENT

15+ Cara Mendapatkan Uang dari Facebook Cepat Tanpa Modal

Posted on 6 Des 2021 By Ayu Triworo

Dengan pengguna mencapai hampir 3 milyar setiap bulan, Facebook adalah ladang hijau untuk menghasilkan cuan. Cara mendapatkan uang dari Facebook sangat beragam. Mulai dari yang paling mudah (jualan) hingga yang butuh teknik dan keterampilan khusus. 

Buat kalian yang tertarik untuk mencoba peruntungan melalui Facebook, jangan lewatkan artikel berikut. Kami akan bahas tips trik cara mudah mendapatkan uang dari Facebook tanpa modal dan pastinya bekerja. Stay tuned!

Jangan lupa simak juga alternatif cari uang online di artikel kami sebelumnya. Siapa tahu bisa dicoba juga untuk sampingan ~

ADVERTISEMENT

12 Aplikasi Penghasil Uang Resmi OJK, Aman & 100% Membayar

Cara Mendapatkan Uang dari Facebook 

Kecanggihan teknologi membuat media sosial seperti Facebook memiliki fungsi ganda. Selain untuk berinteraksi dan komunikasi, Facebook juga menyediakan tempat dan sarana untuk menghasilkan uang. 

Selain mudah dan gratis, cari uang di Facebook juga sangat fleksibel karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Bahkan Anda pun bisa dapat uang tambahan hanya lewat android.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan penghasilan dari Facebook? Berikut 15+ cara yang mudah dan super efektif yang bisa Anda coba. 

1. Buka Toko Online

membuat toko online

Cara yang paling umum dan mudah yaitu memanfaatkan akun Facebook sebagai media jualan. Dengan kata lain menjajakan produk atau jasa melalui profil, beranda, feeds atau story.

ADVERTISEMENT

Ada beberapa pilihan berjualan online lewat Facebook. Pertama jualan produk / jasa milik sendiri. Hal ini butuh usaha ekstra karena harus mengelola produk sendiri dari proses produksi hingga penjualan.

Namun, ada alternatif berjualan yang lebih sederhana dan dijamin tanpa modal. Yaitu dengan menawarkan barang milik orang lain, bisa menjadi reseller atau dropshiper. 

Ketika menjadi reseller, Anda wajib menyetok barang, menjual sekaligus mengirimkan barang ke pembeli secara mandiri. Sementara jika memilih dropshipping, Anda hanya perlu mempromosikan barang tanpa butuh stok atau kirim barang ke pembeli.

2. Jualan di Grup Facebook

Cara selanjutnya masih tentang jualan barang. Hanya saja, di sini jangkauan penjualan lebih luas melalui grup atau komunitas Facebook. Metode ini terbilang lebih efektif karena Anda dapat menawarkan produk secara langsung kepada pasar yang tepat. 

contoh grup facebook

Selain pakai apk Facebook, cara ini juga dapat dilakukan melalui Facebook Lite. Terdapat 2 kategori grup jualan di Facebook: 

ADVERTISEMENT

(1) komunitas jual beli umum untuk menjual segala jenis produk di wilayah tertentu. Misal, Forum Jual Beli Baturaja. 

(2) Grup dengan topik khusus untul jual beli barang khusus, misal gadget, motor bekas, baju import, sneakers, dan lain-lain. Contohnya Grup Jual Beli Barang Bekas Yogyakarta.

Anda juga bisa memanfaatkan sejumlah forum atau komunitas hobi yang membahas topik tertentu sebagai media jualan. Misalnya, menawarkan aksesoris sepeda di Forum Komunitas Pecinta Sepeda. 

Sejauh ini ada banyak grup dapat diakses untuk jualan secara gratis. Hanya saja, Anda harus tetap mematuhi Kebijakan Perdagangan Facebook saat hendak berjualan. 

3. Jualan di Marketplace Facebook

facebook marketplace

Selain akun dan grup, di Facebook tersedia fitur Marketplace untuk menjual produk secara mudah dan gratis. Caranya cukup sederhana dan hampir sama dengan sistem di marketplace Shopee, Blibli atau Tokopedia. 

ADVERTISEMENT

Anda hanya perlu memasukkan foto, deksripsi produk, harga, kontak dan berbagai info penting lainnya. Untuk proses pesanan sendiri bisa diproses melalui chat Facebook atau WA. 

Baca Juga: Cara Menghapus Halaman Facebook Secara Permanen di HP & PC

4. Tawarkan Jasa

Cara lain untuk menghasilkan uang di Facebook adalah dengan menawarkan jasa. Apapun keahlian Anda bisa dipromosikan kepada pengguna Facebook. 

Jenis keahlian bisa beragam mulai dari guru les, fotografi, catering, cleaning servis, hingga pengelolaan sosial media. Terlebih jika Anda seorang master pengelolaan Facebook, skill ini bisa jadi sumber cuan yang menggiurkan. 

Beberapa skill yang saat ini sangat dibutuhkan dan dapat Anda tawarkan di Facebook, diantaranya:

  • jasa jadi admin atau mengelola akun Facebook (perusahaan, artis, atau orang lain).
  • jasa tambah likes Facebook.
  • jasa paid promote dengan brand, startup, atau perusahaan besar. 
  • jasa admin atau pengelolaan halaman fanpage FB.
  • dan banyak lagi. 

5. Jualan di Facebook Fanpage

facebook fanpage

Tips dapat uang dari Facebook selanjutnya adalah dengan memanfaatkan halaman Facebook Fanpage. Hal ini sudah jadi cara yang lumrah sebagai teknik marketing yang efektif di Facebook. 

Anda bisa membuat halaman fanpage online shop agar bisnis tampak lebih profesional. Selain itu, Anda bisa lebih fokus memberikan informasi bagi member grup sekaligus memasang ads di halaman fanpage. 

Facebook Fanpage juga dapat dijadikan media untuk menarik lebih banyak viewer website (jika ada). Di samping memperluas jangkauan promosi, Anda juga bisa mendapatkan masukan tambahan dari Adsense website.  

6. Jadi Kreator Konten

 

Tidak hanya di Instagram, Anda juga bisa menghasilkan uang sebagai pembuat konten dari Facebook Creator. Sistemnya hampir mirip yaitu dengan menciptakan konten (foto atau video) yang seunik dan semenarik mungkin agar disukai banyak orang. 

Salah satu kunci sukses menjadi content creator adalah dengan mengikuti trend dan menyuguhkan konten yang bisa viral. Hal ini dilakukan agar akun populer dan semakin kuat. 

Akun dengan tingkat popularitas tinggi adalah modal utama untuk menghasilkan lebih banyak uang, baik dari sponsorship, jual beli akun, monetisasi, dll. 

Baca Juga: 6 Tips Jualan Online di Tahun 2021 [Kiat Sukses Bagi Pemula]

7. Buat Forum/Komunitas 

Selanjutnya Anda bisa membuat forum atau komunitas yang sesuai dengan keahlian yang dimiliki. Anda bisa buat grup dengan keanggotaan gratis, menyediakan ruang diskusi untuk mengundang lebih banyak anggota. Setelah itu, Anda bisa melakukan promosi brand, produk atau jasa yang Anda miliki. 

Alternatif lain dengan membuat grup paid membership yang mengharuskan anggota untuk membayar. Grup Berbayar ini semacam online class pelatihan khusus bagi pengguna yang sudah daftar dan jadi member. Misalnya, kelas berbayar dekorasi ruangan, rias pengantin, pembuatan website, dll.

8. Manfaatkan Fitur Facebook Ads

Facebook ads adalah cara mengiklankan produk di Facebook. Ini berbeda dengan beberapa cara di atas dimana kita promosi gratis melalui homepage atau grup.  

Facebook Ads adalah fitur iklan khusus untuk mengkampanyekan produk ke seluruh pengguna Facebook di dunia. Selain dapat meningkatkan product awareness, pemasangan Facebook ads ini banyak manfaatnya. 

Diantaranya untuk meningkatkan leads, marketing, hingga monetisasi. Namun, iklan Facebook tidak gratis ya. Biaya pemasangan biasanya dibandrol mulai dari Rp 10 ribu. 

9. Jadi Influencer

Apakah Anda punya bakat jadi trend setter? Jika iya, profesi sebagai influencer Facebook mungkin patut dicoba. Bukan hanya di Tiktok, Instagram atau Youtube, Facebook juga menyediakan peluang besar bagi influencer untuk menghasilkan uang.

Selain bisa monetisasi akun dan dapat uang dari Facebook Adsense, influencer sukses bisa dapat banyak tawaran promosi atau sponsorship.

Jika bukan seorang artis atau selebritis, menjadi influencer memang bukan perkara mudah. Selain punya skill, bakat dan keahlian, Anda harus terlebih dahulu punya followers minimal 1.000. Selain itu juga harus rajin aktif dan menyuguhkan konten yang menarik bagi audiens. 

Baca Juga: Tips Pintar Jualan Online Dengan Singkat Cocok Bagi Pemula

10. Main Game

facebook gaming

Bukan hanya influencer, para gamer juga punya kesempatan menghasilkan pundi-pundi uang dari Facebook. Caranya melalui fitur Facebook Gaming. Ada 3 jenis sumber pemasukan yang bisa didapatkan dari fitur ini. 

  • Iklan monetisasi pada konten-konten gaming yang ditayangkan.
  • Stars yaitu mata uang Facebook Gaming didapat dari bermain game. Nilai 25 Stars setara dengan 8 ribu rupiah.
  • Langganan Fans Support.

Selain cara di atas, ada alternatif lain cara mendapatkan uang dari Facebook dengan menayangkan live streaming saat main game di Facebook Live. Syaratnya harus mendaftarkan diri ke channel Nimo TV.

11. Affiliate Marketing

Affiliate Marketing sekarang menjadi sesuatu yang populer. Hampir semua lini digital marketing menggunakan metode ini sebagai teknik pemasaran yang manjur. 

Hal ini juga berlaku di media sosial, termasuk Facebook. Untuk teknik affiliate marketing caranya tidak jauh berbeda dengan website atau platform lainnya. 

Anda hanya perlu mengajak pengguna lain untuk membeli produk melalui link yang dishare di akun Facebook. Setiap pembelian melalui link tersebut akan menghasilkan bonus dengan nominal yang bervariasi.

Semakin banyak pembelian melalui link affiliate, semakin banyak pula penghasilan yang didapat.  

Baca Juga: Shopee Affiliate Program 2021: Pengertian Dan Cara Daftar

12. Upload Video 

facebook watch

Yang satu ini adalah cara mendapatkan uang dari Facebook dengan upload video. Ya, segampang itu! Inilah definisi tepat cara nyepam menghasilkan uang.

Di Facebook ada fitur Facebook Watch yang sistemnya serupa dengan Youtube. Melalui fitur ini Anda bisa melakukan monetisasi untuk setiap postingan video. 

Caranya cukup sederhana. Silahkan buat akun fanpage terlebih dahulu kemudian posting video-video yang viral. Kemudian daftarkan di Ads Break untuk memasang iklan berbayar di dalam video. 

Jika sudah sukses terdaftar di Ads Break, setiap video yang tayang dan ditonton oleh pengguna lain dapat menghasilkan Adsense.

13. Jual Akun Fanpage

Apabila punya cukup banyak akun fanpage yang sudah terdaftar Ads Break, Anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk menjualnya. Karena akun Facebook fanpage dengan followers >1.000 dan likes >10.000 memiliki nilai jual sangat tinggi. 

Akun-akun yang sudah dimonetiasi memang dapat menghasilkan uang. Tapi Anda bisa menjualnya dengan harga yang lebih mahal. 

14. Buka Jastip 

Cara menghasilkan uang di Facebook selanjutnya yaitu dengan membuka jastip atau jasa titip. Memang cara ini sebetunya bisa melalui platform apa saja, tidak harus di Facebook. 

Tapi tak ada salahnya memanfaatkan Facebook untuk menjangkau calon customer lebih banyak. 

Layanan open jastip ini sangat cocok bagi Anda yang suka travelling atau hunting shopping produk-produk branded dan terkenal.

Ya memang butuh modal untuk membeli produk terlebih dahulu. Tapi, Anda bisa dapat untung lumayan dengan menambah tarif sekitar 10% sampai 20% dari harga asli. 

Baca Juga: Cara Mengganti Nama Facebook di HP & Desktop Terbaru

15. Monetisasi Facebook

Cara terakhir dan tidak kalah worth it yaitu dengan memonetisasi akun Youtube. Yups, dengan memanfaatkan konten, Anda bisa menambah penghasilan yang luar biasa. Gimana caranya?

Ada banyak cara monetisasi Facebook yang tersedia, beberapa diantaranya adalah:

Iklan in stream

cara monetisasi facebook iklan instream

Caranya dengan menyertakan iklan di video yang Anda posting. Baik sebelum, di tengah maupun di akhir video. Penempatan iklan bisa menyesuaikan kebijakan Facebook dan memilih sendiri. 

Monetisasi jenis ini sangat cocok untuk video yang berdurasi panjang dan konten-konten sesuai dengan jenis iklan. 

Langganan Penggemar

monetisasi langganan penggemar

Caranya dengan menambahkan langganan penggemar ke halaman tertentu.Pada Langganan Penggemar, pengguna sendiri yang akan membayar biaya akses yang Anda tentukan. 

Cara ini dapat diterapkan di halaman yang memiliki jumlah follower aktif yang besar. Rekomended juga bagi pemilik akun yang ingin membagikan konten bonus eksklusif ke pelanggan. 

Konten Bermerk

monetisasi konten bermerek

Semacam paid promote, berkolaborasi dengan brand atau merk tertentu. Caranya memanfaatkan fitur Pengelola Kolaborasi Merek. Fitur ini membantu pemilik akun dan pemilik usaha untuk saling terhubung dan menjalin kolaborasi bisnis. 

Monetisasi konten bermerk ini cocok diaplikasikan pada halaman tang memiliki follower setia yang aktif. Biasanya pemilik brand akan mencari topik-topik yang tidak berisiko bagi mereka.

Grup Langganan

monetisasi grup langganan

Buat yang masih ragu apakah grup FB bisa dimonetisasi. Ini jawabannya. Pihak Facebook sendiri saat ini sudah menyediakan layanan Grup Langganan. Yaitu berupa keanggotaan berbayar ke grup. 

Grup ini bertujuan untuk memberdayakan admin dan memudahkan mereka berinvestasi ke komunitas grup tersebut. Monetisasi jenis ini cocok untuk grup yang memiliki member aktif. 

Baca Juga: Rekomendasi 5 Aplikasi Pengatur Keuangan Untuk UKM

Agar sukses monetisasi akun Facebook, sebaiknya pelajari juga cara kerjasama dengan Facebook dan kebijakan Monetisasi yang berlaku pada masing-masing cara di atas. 

Selain sejumlah cara di atas, mungkin Anda pernah mendengar fitur Facebook Like. Yang katanya, like Facebook dibayar.

Sebetulnya cara ini belum ilegal dan tidak populer di Facebook. Tapi, ada beberapa apk Facebook penghasil uang yang memberi bonus bagi pengguna yang like, comment dan beraktivitas di sosial media termasuk Facebook. 

Penutup

Nah, demikianlan 15+ cara mendapatkan uang dari Facebook yang bisa Anda terapkan. Mana nih yang paling mudah dan sederhana? Atau ada yang sudah pernah mencoba salah satunya?

Yuk share penglaman di kolom komentar. Dan kalau ada tambahan informasi mengenai tips dapat uang di Facebook, boleh bagi juga ke pembaca lainnya. Terima kasih.

Author
WRITTEN BY

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~

Related Post

Tips Packing Barang Agar Aman Sampai Tujuan Paling Lengkap [2021]

3 Mei 2021 BY Mufti Syawaludin

Saat ini pengirimkan barang ke berbagai daerah di Indonesia bahkan keluar negeri pun sangat lah mudah. Namun ternyata masih banyak orang mendapatkan paketnya dalam keadaan rusak. Untuk itu pada artikel …

Daftar Lengkap Kantor SiCepat di Sukabumi Hingga Jam Buka

18 Agu 2020 BY Ifan Prasya

Khusus untuk Anda yang sedang mencari alamat kantor SiCepat Ekspres di wilayah Sukabumi, scroll laman ini sampai bawah ya. Akan ada daftar alamat pusat dan agen, paling komplit. Selain alamat, …

Cara Pakai Fitur COD di Tokopedia (untuk Penjual & Pembeli)

8 Sep 2020 BY Ifan Prasya

Layanan bayar di tempat / COD untuk marketplace Tokopedia kini cukup memudahkan kita semua, baik itu penjual maupun pembeli. Kedua belah pihak sama-sama diuntungkan. Karena itu, Anda scroll laman ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *