Cara Membuat Web Toko Online dengan WordPress, Mudah [+Lengkap]

Aorinka Anendya 08 Jun 2021 6 Menit 0

Bagaimana cara membuat web toko online dengan WordPress? Bagi para pengusaha yang baru merambah dunia online untuk kepentingan bisnisnya, mungkin kerap kali menanyakan hal tersebut.

Karena setiap orang yang berwirausaha atau berbisnis tentu membutuhkan sebuah toko baik fisik maupun online. Seiring berkembangnya teknologi, muncullah trendonline shop. Seperti yang kita tahu para masyarakat saat ini sedang gemar – gemarnya belanja online.

Oleh karena itulah, penting bagi para pengusaha untuk membuat web toko online. Agar menunjang penjualan produk.

Untuk membuat sebuah web toko online, sekarang sudah semakin mudah. Salah satunya yaitu menggunakan WordPress. Nah, lalu bagaimana sih cara membuat web toko online dengan WordPress?

Tak perlu lama – lama, langsung simak saja penjelasannya di bawah ini. Karena di artikel ini kita akan membahas.

  • Apa saja yang dibutuhkan untuk membuat web toko online dengan WordPress
  • Jasa pembuatan website WordPress

Cara Membuat Web Toko Online Dengan WordPress

Sebelum memutuskan untuk membuat website tersebut, ada beberapa hal yang perlu disiapkan terlebih dulu. Berikut beberapa poin yang harus kamu penuhi.

Baca Juga : Lengkap! Plugin Toko Online WordPress Terbaik 2021 [+Instalasinya]

Domain

Untuk membuat sebuah website, tentu dibutuhkan sebuah alamat situsnya. Alamat situs itulah yang disebut dengan domain.

Mudahnya, domain ini diibaratkan sebuah jalan yang digunakan konsumen untuk menemukan web toko online tersebut.

Berikut ini juga terdapat beberapa contoh ekstensi domain yang sudah populer dan banyak digunakan pengguna seperti .com, .id, .net, .org dan masih banyak lagi. Di depan ekstensi domain tersebut bisa kamu letakkan nama toko online nya.

Contohnya seperti pluginongkoskirim.com, pintarjualan.id, olx.co.id dan yang lain.

Mengapa domain menjadi penting untuk web toko online? Karena dengan adanya nama domain yang jelas, konsumen akan lebih mudah untuk mengingat nama web nya.

Lalu di mana bisa mendapatkan nama domain untuk web? Tenang saja sekarang sudah banyak jasa penyedia nama domain di Indonesia seperti

  • Qwords
  • Niagahoster
  • Jagoan Hosting dan masih banyak yang lagi.

Kamu hanya tinggal memilih akan menggunakan jasa yang mana dan mencari apakah domain yang diinginkan masih tersedia.

Hosting

Selain domain, elemen penting yang harus dipersiapkan selanjutnya adalah hosting. Saat membuat suatu website terlebih untuk toko online. Tentu akan ada banyak file berupa gambar, video ataupun yang lain milik toko online kamu.

Nah, di sinilah peran hosting dibutuhkan. Jadi, hosting merupakan tempat di mana file dan data yang diperlukan website tersebut disimpan. Sehingga bisa diakses oleh internet.

Untuk mendapatkan layanan hosting bisa membelinya di penyedia jasa hosting Indonesia. Setiap layanan yang ditawarkan tentu memiliki space yang berbeda – beda. Oleh karena itu pilihlah sesuai dengan kebutuhan tokomu saja.

Baca Juga : Cara Membuat Google Bisnisku Dengan Mudah Untuk Pemula [+Komplit]

Semakin besar web toko online tersebut, maka semakin besar juga hosting yang dibutuhkan.

Install WordPress

Setelah membeli hosting, otomatis kamu juga akan diberikan fasilitas cPanel. Di cPanel itulah terdapat banyak pilihan layanan atau service yang bisa digunakan. Karena kita akan membuat web menggunakan WordPress.

Maka dari itu kamu perlu menginstall WordPress terlebih dulu. Biasanya pilihan CMS WordPress ini terletak di bagian Softaculous.

Untuk menginstalnya sendiri tidak membutuhkan waktu lama, kamu hanya perlu mengisi beberapa kolom seperti nama domain yang sudah kamu pesan dan alamat file yang nantinya digunakan untuk menyimpan file – file website.

Ikuti langkahnya sampai selesai dan tunggu sampai WordPress berhasil diinstall.

Setelah itu kamu akan mendapatkan dua link, satu menuju situs dan satunya lagi menuju dashboard website.

Theme atau Tema

Untuk cara membuat web toko online dengan WordPress selanjutnya yaitu tema. Jika WordPress sudah berhasil terinstall, selanjutnya yaitu mengedit tampilannya. Dimulai dari tema yang akan digunakan.

Karena akan membuat web toko online, maka cari tema olshop. Caranya sangat mudah, di WordPress sendiri sudah ada menu untuk mengganti theme.

Di bagian navigasi kiri pilih Theme, lalu kamu bisa tuliskan toko online di kolom search. Nanti akan muncul berbagai pilihan tema gratis yang bisa digunakan. Cukup dengan klik Install dan aktifkan. Maka theme sudah berhasil dipasang.

Pages: 1 2 3

Bagikan ke:
Aorinka Anendya
Ditulis oleh

Aorinka Anendya

Perempuan receh yang gemar menulis dan tertarik akan teknologi. Sedang belajar untuk terus membuat tulisan berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.