ADVERTISEMENT

Cara Membuat Web Toko Online dengan WordPress, Mudah [+Lengkap]

Posted on 8 Jun 2021 By Aorinka Anendya

Bagaimana cara membuat web toko online dengan WordPress? Bagi para pengusaha yang baru merambah dunia online untuk kepentingan bisnisnya, mungkin kerap kali menanyakan hal tersebut.

Karena setiap orang yang berwirausaha atau berbisnis tentu membutuhkan sebuah toko baik fisik maupun online. Seiring berkembangnya teknologi, muncullah trend online shop. Seperti yang kita tahu para masyarakat saat ini sedang gemar – gemarnya belanja online.

Oleh karena itulah, penting bagi para pengusaha untuk membuat web toko online. Agar  menunjang penjualan produk.

ADVERTISEMENT

Untuk membuat sebuah web toko online, sekarang sudah semakin mudah. Salah satunya yaitu menggunakan WordPress. Nah, lalu bagaimana sih cara membuat web toko online dengan WordPress?

Tak perlu lama – lama, langsung simak saja penjelasannya di bawah ini. Karena di artikel ini kita akan membahas.

  • Apa saja yang dibutuhkan untuk membuat web toko online dengan WordPress
  • Jasa pembuatan website WordPress

Cara Membuat Web Toko Online Dengan WordPress

Sebelum memutuskan untuk membuat website tersebut, ada beberapa hal yang perlu disiapkan terlebih dulu. Berikut beberapa poin yang harus kamu penuhi.

Baca Juga : Cara Beriklan Di Instagram Ads Untuk Jualan Online

Domain

Untuk membuat sebuah website, tentu dibutuhkan sebuah alamat situsnya. Alamat situs itulah yang disebut dengan domain.

ADVERTISEMENT

Mudahnya, domain ini diibaratkan sebuah jalan yang digunakan konsumen untuk menemukan web toko online tersebut.

Berikut ini juga terdapat beberapa contoh ekstensi domain yang sudah populer dan banyak digunakan pengguna seperti .com, .id, .net, .org dan masih banyak lagi. Di depan ekstensi domain tersebut bisa kamu letakkan nama toko online nya.

Contohnya seperti pluginongkoskirim.com, pintarjualan.id, olx.co.id dan yang lain.

Mengapa domain menjadi penting untuk web toko online? Karena dengan adanya nama domain yang jelas, konsumen akan lebih mudah untuk mengingat nama web nya.

Lalu di mana bisa mendapatkan nama domain untuk web? Tenang saja sekarang sudah banyak jasa penyedia nama domain di Indonesia seperti

  • Qwords
  • Niagahoster
  • Jagoan Hosting dan masih banyak yang lagi.

Kamu hanya tinggal memilih akan menggunakan jasa yang mana dan mencari apakah domain yang diinginkan masih tersedia.

ADVERTISEMENT

Hosting

Selain domain, elemen penting yang harus dipersiapkan selanjutnya adalah hosting. Saat membuat suatu website terlebih untuk toko online. Tentu akan ada banyak file berupa gambar, video ataupun yang lain milik toko online kamu.

Nah, di sinilah peran hosting dibutuhkan. Jadi, hosting merupakan tempat di mana file dan data yang diperlukan website tersebut disimpan. Sehingga bisa diakses oleh internet.

Baca Juga : Cara Membuat Google Bisnisku Dengan Mudah Untuk Pemula [+Komplit]

Untuk mendapatkan layanan hosting bisa membelinya di penyedia jasa hosting Indonesia. Setiap layanan yang ditawarkan tentu memiliki space yang berbeda – beda. Oleh karena itu pilihlah sesuai dengan kebutuhan tokomu saja.

Semakin besar web toko online tersebut, maka semakin besar juga hosting yang dibutuhkan.

Install WordPress

Setelah membeli hosting, otomatis kamu juga akan diberikan fasilitas cPanel. Di cPanel itulah terdapat banyak pilihan layanan atau service yang bisa digunakan. Karena kita akan membuat web menggunakan WordPress.

Maka dari itu kamu perlu menginstall WordPress terlebih dulu. Biasanya pilihan CMS WordPress ini terletak di bagian Softaculous.

ADVERTISEMENT

Untuk menginstalnya sendiri tidak membutuhkan waktu lama, kamu hanya perlu mengisi beberapa kolom  seperti nama domain yang sudah kamu pesan dan alamat file yang nantinya digunakan untuk menyimpan file – file website.

Ikuti langkahnya sampai selesai dan tunggu sampai WordPress berhasil diinstall.

Setelah itu kamu akan mendapatkan dua link, satu menuju situs dan satunya lagi menuju dashboard website.

Theme atau Tema

Untuk cara membuat web toko online dengan WordPress selanjutnya yaitu tema. Jika WordPress sudah berhasil terinstall, selanjutnya yaitu mengedit tampilannya. Dimulai dari tema yang akan digunakan.

Karena akan membuat web toko online, maka cari tema olshop. Caranya sangat mudah, di WordPress sendiri sudah ada menu untuk mengganti theme.

Di bagian navigasi kiri pilih Theme, lalu kamu bisa tuliskan toko online di kolom search. Nanti akan muncul berbagai pilihan tema gratis yang bisa digunakan. Cukup dengan klik Install dan aktifkan. Maka theme sudah berhasil dipasang.

Baca Juga : Cara Beriklan di Facebook Ads Untuk Jualan Online [Mudah + Komplit]

Namun, apabila ingin menggunakan theme yang lebih bagus kamu bisa mendapatkannya di luar WordPress yang tentunya berbayar.

Plugin e-Commerce

Tanpa tools yang lengkap, website kamu hanyalah sebatas web biasa. Dan masih belum menyerupai sebuah toko.

Oleh karena itulah, perlu dipasang lagi tools atau plugin untuk menunjang fitur web toko online kamu.

Untuk mendapatkan plugin tersebut juga mudah saja, hanya tinggal mencarinya di menu Plugins, selanjutnya kamu install dan aktifkan. Berikut kita akan contohkan cara install plugin di WordPress.

  • Pertama kunjungi Dashboard WordPress kamu. Lalu nanti di bagian navigasi kiri terdapat menu Plugins, klik pada menu tersebut lalu pilih Add New.

cara membuat web toko online

  • Selanjutnya nanti muncul tampilan seperti gambar di bawah. Pada pojok kiri atas terdapat kolom Search dan tuliskan WooCommerce atau plugin lain yang ingin kamu instal. Lalu pilih Install Now.

cara install web toko online

  • Setelah berhasil diinstal nanti akan muncul gambar seperti berikut dan klik Activate untuk mengaktifkan plugin.

cara buat web toko online

Di sini kita juga akan memberikan beberapa rekomendasi plugin toko online WordPress gratis. Diantaranya berikut ini.

  • WooCommerce
  • WP eCommerce
  • Shopify
  • Cart66
  • Jigoship
  • Easy Digital Downloads (EDD)

Setelah plugin berhasil terpasang, selanjutnya hanya tinggal mengkonfigurasi sedikit untuk memastikan bahwa plugin sudah bekerja dengan baik.

Kamu juga bisa membaca lebih banyak referensi di artikel rekomendasi plugin toko online terbaik 2021

Dalam sebuah toko pastinya membutuhkan plugin untuk mengecek tarif ongkir. Maka dari itu kamu bisa menggunakan plugin ongkoskirim ini di website toko online.

Atau dapatkan paket plugin e-Commerce lengkap di Tonjoostudio. Dari mulai plugin konfirmasi pembayaran, plugin kirim resi dll.

Plugin SEO

Selain plugin eCommerce yang harus dipasang di web toko online, terdapat juga plugin SEO. Bagi yang sudah berkecimpung di dunia blog, SEO dan sebagainya pasti sudah tidak asing dengan plugin SEO.

Mengapa di web toko online juga perlu dipasang plugin SEO? Bukankah tujuan website ini bukan terdapat pada konten atau pengunjung?

Ya, pernyataan tersebut memang benar akan tetapi jika produk yang sedang dijual di toko tersebut ingin dilirik oleh konsumen. Tentu website toko kamu juga muncul di halaman pertama Google.

Oleh karena itulah dibutuhkan plugin SEO untuk membantu optimasi toko online tersebut. Sebenarnya untuk membantu web agar SEO bisa kamu mulai dengan.

  • Riset kata kunci
  • Membuat deskripsi produk
  • Mengatur URL
  • Mengintegrasikan web dengan sosmed, dan masih banyak lagi

Tetapi, dengan adanya plugin SEO akan memudahkan kamu untuk melihat apakah postingan produk yang dibuat sudah memenuhi standar SEO atau belum. Jika memang belum maka bisa dimaksimalkan lagi.

Untuk mendapatkan pluginnya pun mudah, di WordPress sudah tersedia banyak tinggal diaktifkan saja. Berikut ini beberapa rekomendasi plugin SEO yang bisa digunakan.

  • Yoast SEO
  • All in One SEO Pack
  • Rank Math

Plugin Security

Saat memiliki sebuah website, keamanan website tersebut merupakan salah satu faktor penting yang  harus diperhatikan.

Fitur default dari WordPress memang sudah cukup baik, tapi masih belum cukup untuk mengamankan website toko online kamu.

Oleh karena itu, website perlu fitur atau plugin security tambahan untuk memaksimalkan keamanannya agar tidak mudah terkena kejahatan siber.

Mungkin ada yang berpikir plugin ini hanya penting dipasang bagi para blogger atau web besar saja. Tapi faktanya, perlu juga dipasang untuk web toko online. Terlebih pasti banyak data – data milik toko online kamu kan?

Maka dari itu jangan sepelekan pemasangan plugin ini. Di bawah ini juga terdapat beberapa rekomendasi plugin security WordPress terbaik.

  • iThemes Security
  • Wordfence Security
  • Google Authenticator
  • Bulletproof
  • Jetpack

Seperti plugin sebelumnya, kamu bisa mendapatkannya secara mudah dan gratis di WordPress.

Cara Membuat Web Toko Online dengan WordPress

Optimasi Server

Setelah website sudah berhasil dibuat, sudah dikustomisasi dan dikonfigurasi sebagaimana mestinya. Selanjutnya adalah mengoptimalkan server website tersebut.

Baca Juga :

Nah, mengapa server website perlu dioptimasi? Tentu agar kinerja web nya semakin baik. Bayangkan jika loading web nya lambat, sedangkan pengunjung tidak sabar untuk membuka web kamu.

Kemungkinan besar pasti pengunjung akan meninggalkan website sebelum loadingnya selesai. Oleh karena itu kamu perlu mengoptimasi server agar kinerja website nya stabil.

Lalu bagaimana cara untuk optimasi server website? Kamu bisa melakukan cara berikut ini.

  • Menggunakan Produk Hosting yang Bagus
  • Menggunakan WordPress dan PHP versi terbaru
  • Tidak memakai plugin terlalu banyak
  • Gunakan gambar dengan ukuran tidak terlalu besar
  • Lakukan caching pada website

Sesekali kamu juga bisa mengecek performa website di situs gtmetrix.com

Optimasi File

Tidak hanya server yang harus dioptimasi, file pun juga. Lalu apa maksud dari optimasi file. Perlu diketahui salah satu faktor yang mempengaruhi kecepatan website yaitu besarnya file yang harus di download oleh pengunjung setiap kali mereka membuka website toko kamu.

Sehingga, semakin besar file tersebut semakin lama pula loading website nya.

Oleh karena itu diperlukan pengoptimalan file untuk membantu kinerja website. Caranya bisa dilihat di bawah ini.

  • Melakukan clean code

Maksudnya di sini adalah meminimalisir kesalahan atau eror yang ada. Dan juga bait kode program yang kurang berguna.

Semakin sedikit baris programnya maka semakin kecil pula ukuran file yang harus di download oleh pengunjung saat membuka web.

  • Mengoptimasi file gambar atau video

Pada sebuah website tentu memerlukan gambar sebagai sarana pendukungnya. Terlebih untuk web toko online. Pasti perlu banyak gambar untuk produk.

Maka dari itu, diperlukan pengoptimalan file. Bisa kamu lakukan dengan cara menurunkan resolusi atau kualitas gambarnya.

Baca Juga : Cara Beriklan Di Instagram Ads Untuk Jualan Online

Semakin kecil ukuran file gambarnya maka semakin kecil ruang yang dibutuhkan di server. Sehingga tidak terlalu terbebani.

Begitupula dengan file lain, jika memang tidak terlalu penting atau justru spam bisa dihapus saja.

Jika kita rangkum menjadi satu poin – poinnya, kira – kira seperti ini.

cara membuat we toko online dengan wordpress

Jasa Pembuatan Website

Apabila dirasa cukup ribet dan ingin yang lebih praktis. Kamu bisa menggunakan jasa pembuatan website WordPress.

Saat ini sudah banyak yang membuka jasa tersebut, oleh karena itu kamu tidak perlu pusing. Salah satunya adalah jasa pembuatan website di Yogyakarta yaitu Tonjoo

Mereka memberikan layanan dari mulai pembuatan website berbasis WordPress, berbagai plugins dan aplikasi mobile.

Maka tidak perlu khawatir, kamu bisa menghubungi Tonjoo untuk keperluan pembuatan web toko online.

Atau bisa juga membaca artikel ini agar tidak salah memilih jasa pembuatan website

Itu dia cara membuat web toko online dengan WordPress dan apa saja yang perlu disiapkan. Jika masih ada yang kurang paham, langsung tanyakan saja di kolom komentar ya. Selamat mencoba.

Oh iya, tambahan juga bagi kamu yang baru mulai berbisinis atau berjualan bisa kunjungi situs pintarjualan.id di sana terdapat ide – ide bisnis dan insight bisnis yang bisa kamu coba terapkan.

Author
WRITTEN BY

Aorinka Anendya

Perempuan receh yang gemar menulis dan tertarik akan teknologi. Yang terus belajar untuk membuat tulisan berkualitas.
ADVERTISEMENT

Related Post

Daftar Lengkap Kantor J&T di Semarang Hingga Jam Buka

15 Mar 2020 BY Nisa Husnainna

Kantor J&T Semarang – J&T Express yang merupakan bagian dari PT. Global Jet Express adalah perusahaan jasa ekspedisi yang memberikan pelayanan express karena pelayanannya tidak mengenal hari libur. J&T Express melayani …

Baru! Info Lengkapa Daftar Alamat Herona Express Bandung, Jawa Barat

2 Jun 2021 BY Mufti Syawaludin

Bagi Anda yang sedang mencari alamat Herona Express yang ada di Bandung Provinsi Jawa Barat maka sudah berada pada halaman yang tepat karena akan disampaikan lengkap beserta nomor telepon dan …

Penting! Inilah Daftar Kantor dan Agen JNE Jakarta Pusat

7 Jul 2019 BY Nisa Husnainna

Daftar Kantor JNE Jakarta Pusat – Bagi Anda warga Ibukota yang ingin melakukan pengiriman barang dari agen JNE di Jakarta Pusat, berikut ini kami kumpulkan puluhan alamat beserta call center …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *