ADVERTISEMENT

10 Cara Mengatasi Kode OTP Shopee Tidak Masuk Lewat SMS & WA

Posted on 29 Mar 2022 By Ayu Triworo
ADVERTISEMENT

Baru mau daftar Shopee tapi terkendala dengan kode OTP? Jangan panik, yuk simak apa penyebab sekaligus cara mengatasi kode OTP Shopee tidak masuk di artikel berikut. 

Saat pertama kali membuka akun Shopee, kamu akan memperoleh kode OTP yang dikirim lewat SMS ataupun WA. Tapi beberapa pengguna mungkin ada yang mengalami masalah saat proses mendaftar. Salah satunya kode OTP tidak masuk.

Apa sih penyebab dan bagaimana cara mengatasinya? Mari kita bahas lebih lanjut berikut ini. Tapi sebelum itu, kamu bisa klik & bookmark beberapa artikel lain terkait Shopee di bawah ini.  

ADVERTISEMENT

Apa Itu Kode OTP Shopee?

Kode OTP atau One Time Password adalah serangkaian kode yang menjadi fitur keamanan untuk proses verifikasi sebuah akun. Kode ini berfungsi untuk melindungi akun dari berbagai bentuk kejahatan online.

Di Shopee, kode OTP memiliki banyak sekali fungsi selain untuk merubah informasi rahasia akun dan jaminan keamanan.

Fungsi kode OTP Shopee diantaranya untuk:

  • registrasi akun pertama kali.
  • login atau masuk akun Shopee (aplikasi / website) dengan nomor telepon.
  • menambahkan PIN ShopeePay.
  • menambahkan rekening bank.
  • akses ketika lupa password.
  • pengajuan hapus akun.
  • aktivasi fitur SPayLater.
  • berbelanja dengan ShopeePay atau SPayLater.
  • jaminan keamanan akun Shopee.

Dengan banyak fungsi seperti di atas, kode OTP menjadi elemen penting dan cukup sering dipakai untuk akses akun Shopee. Sayangnya, sistem keamanan OTP bisa saja mengalami kendala ntah karena kesalahan sistem atau human error. 

Beberapa pengguna bahkan pernah melaporkan saat hendak mengakses atau membuka akun tidak menerima kode OTP. Padahal, kode OTP menjadi syarat wajib untuk melanjutkan proses registrasi atau transaksi Shopee.

ADVERTISEMENT

Kenapa Kode OTP Shopee Tidak Masuk?

Saat membuka akun Shopee baru, menambah rekening atau PIN ShopeePay, biasanya Shopee akan verifikasi akun dengan cara mengirimkan kode OTP lewat Whatsapp atau SMS.

Sayangnya, beberapa pengguna ada yang sempat tidak menerima kode OTP atau bahkan tidak dapat menggunakannya. Lantas, kenapa kode OTP Shopee tidak bisa digunakan?

Sebetulnya hal tersebut bukan masalah yang serius, pengiriman kode OTP Shopee lewat SMS atau ke WA memang sering terkendala apabila ada masalah dengan koneksi internet.

Jangan buru-buru menghubungi call center, simak dulu beberapa penyebab dasar mengapa kamu tidak menerima kode OTP dari Shopee berikut ini. 

1. Masalah Jaringan dari Operator

Masalah dasar yang paling sering terjadi biasanya diakibatkan oleh jaringan dari provider yang kamu gunakan. Dari review beberapa pengguna, penyedia operator selular yang terkendala saat verifikasi kode OTP Shopee diantaranya Axis, Telkomsel dan Tri.

ADVERTISEMENT

Tapi beberapa provider lain jtidak menutup kemungkinan memiliki masalah yang sama, terutama ketika sedang ada perbaikan server.

Untuk mengatasi masalah terkait jaringan operator, kamu bisa mencoba beberapa tips berikut:

  • memeriksa sinyal HP, pastikan sinyal penuh dan stabil.
  • mengirim ulang kode OTP sampai 4x.
  • restart HP, atau
  • matikan HP, keluarkan dan masukkan lagi kartu SIM, lalu nyalakan HP dan buat ulangi pengajuan permintaan kode OTP.

2. Nomor HP Belum Terdaftar

Hal ini biasanya kerap terjadi pada pengguna yang melakukan login melalui sosial media. Sebab, kode OTP biasanya akan dikirim via Whatsapp atau SMS.

Jika kamu tidak kunjung menerima kode OTP, mungkin saja nomor yang kamu daftarkan berbeda. Maka dari itu, pastikan dulu informasi profil dan periksa bahwa no HP yang digunakan untuk akun Shopee sudah benar.

3. Masalah Koneksi Internet / WiFi

Masalah klasik selanjutnya berkaitan dengan sinyal internet atau WiFi. Silakan periksa paket data atau jaringan yang kamu gunakan. Pastikan paket data masih mencukupi untuk akses Shopee.

Untuk itu, sebelum mengirimkan kode OTP Shopee, pastikan kamu sudah memeriksa beberapa hal penting berikut:

  1. Sinyal operator yang kamu gunakan tidak sedang bermasalah.
  2. Jaringan internet kuat dan stabil.
  3. Nomor HP yang terdaftar di akun Shopee sudah benar dan dalam keadaan masih aktif.
  4. Aplikasi sudah terupdate ke versi terbaru.

Cara Mengatasi Kode OTP Tidak Masuk

Di atas sudah dijelaskan penyebab dan beberapa tips cara mendapatkan kode OTP Shopee agar tidak bermasalah.

ADVERTISEMENT

Namun jika masih mengalami kendala dan belum menerima kode OTP, kamu bisa coba beberapa cara mengatasi kode OTP tidak masuk berikut ini. 

1. Kirim Ulang Kode OTP

Kode OTP yang tidak kunjung masuk bisa jadi disebabkan server Shopee yang sedang delay, sibuk atau bermasalah. Untuk itu, solusi pertama yang mudah dan wajib dicoba adalah mengirim ulang kode OTP setelah beberapa menit.

Berikan jeda misal 5 – 10 menit untuk melakukan pengiriman ulang kode. Jika masih bermasalah, kamu bisa mencoba cara selanjutnya.

2. Keluar / Logout dari Perangkat

Selain server sibuk, penyebab lain mungkin sedang ada masalah aplikasi di perangkat kamu. Jika cara pertama belum berhasil, kamu bisa mencoba logout aplikasi dari perangkat saat ini.

Selanjutnya login menggunakan perangkat lain dan kirimkan permintaan kode melalui perangkat baru tersebut. Atau, tunggu beberapa saat lalu login kembali ke akun Shopee di perangkat yang sama.

3. Perbarui Aplikasi ke Versi Terbaru

Masalah lain yang juga bisa saja menyebabkan kode OTP tidak masuk adalah karena masih aplikasi versi lama. Untuk menghindari masalah, sebaiknya rajin update aplikasi setiap ada perubahan ke versi terbaru.

Cara mengatasi masalah kode OTP Shopee tidak masuk yaitu bisa langsung mengupdate aplikasi di Google Play atau App Store di perangkat.

4. Periksa Kembali Nomor Telepon

Jika sudah mengupdate aplikasi dan kode OTP tidak juga masuk, mungkin ada kesalahan dalam memasukkan nomor HP.

Untuk itu, sebelum mengirim permintaan berulang-ulang, sebaiknya pastikan dulu nomor telepon sudah sesuai dengan yang didaftarkan ke akun Shopee. Selain itu, pastikan juga nomor kamu masih aktif.

5. Pakai Nomor Telepon Lain

Permasalahan saat mengirim kode OTP juga bisa disebabkan karena nomor HP kamu sudah terhubung ke akun Shopee lain. Atau malah sudah dipakai oleh orang lain sehingga kode verifikasi tidak terkirim.

Jika sudah begitu, kamu bisa ganti nomor lain di akun Shopee dan kirim ulang kode verifikasi ke nomor yang baru.

6. Periksa Jaringan Operator & Internet

Selain server Shopee, jaringan operator dan internet perangkat kamu juga bisa jadi penyebab gagal verifikasi kode. Untuk itu, pastikan jaringan selular yang kamu pakai sudah stabil dan tidak sedang ada masalah.

Begitu juga jaringan internet, pastikan paket data / WiFi yang terhubung ke perangkat full. Kalau keduanya aman, seharusnya pengiriman kode verifikasi lewat WA ataupun SMS tidak akan bermasalah.

7. Bersihkan Cache Perangkat

Kalau masih belum bisa, kamu bisa mencoba trik selanjutnya yaitu dengan cara membersihkan cache aplikasi Shopee di HP. Cache yang menumpuk juga dapat menjadi masalah saat akses akun, termasuk pengiriman kode verifikasi.

Untuk membersihkan cache di HP android, caranya adalah:

  • Buka Pengaturan > Aplikasi > Shopee > Bersihkan Cache.

Untuk pengguna iPhone, langkahnya sebagai berikut:

  • Buka Pengaturan > General > Storage > Shopee > Delete App > Instal Ulang.

8. Mulai Ulang / Restart Perangkat

Cara mudah untuk mengatasi kode verifikasi Shopee tidak masuk berikutnya yaitu dengan cara merestart perangkat. Tips ini bisa dicoba sebelum kamu memverifikasi ulang. Siapa tahu sistem Shopee di perangkat sedang crush dan tidak berfungsi selayaknya.

Setelah bersihkan cache dan restart HP, kamu bisa mencoba beberapa langkah berikut:

  • Tunggu sampai 15 menit, setelah itu kirimkan permintaan ulang kode OTP.
  • Jika masih belum bisa, buatlah permintaan berikutnya.
  • Permintaan kode OTP bisa dilakukan maksimal 5 kali per menit dan 30 kali per hari.

9. Minta Kode OTP Via Telepon

Apabila trik di atas tidak juga berhasil, cara mengatasi kode OTP Shopee tidak masuk adalah dengan cara meminta  lewat panggilan telepon. Langkah ini bisa dibilang paling ampuh karena kamu akan langsung menerima kode tanpa SMS ataupun Whatsapp.

Namun, kamu harus siapkan pulsa untuk panggilan. Operator Shopee juga hanya akan menyebutkan kode sebanyak 2x saja. Jadi kamu harus fokus agar tidak salah dengar atau ketinggalan.

Berikut beberapa langkah untuk meminta kode OTP via telepon:

  • Tunggu hingga hitungan mundur berakhir.
  • Klik Saya Tidak Menerima Kode Verifikasi. 
  • Klik Buat Panggilan Telepon untuk meminta pengajuan kode verifikasi melalui panggilan call center Shopee.

Cara ini juga bisa kamu gunakan untuk meminta ulang verifikasi saat lupa kode OTP Shopee. 

10. Hubungi Call Center Shopee

Setelah semua langkah di atas dilakukan tapi kamu masih juga belum dapat kode OTP, mau tidak mau kamu harus coba cara terakhir. Yaitu dengan menghubungi Customer Service Shopee dengan menyediakan beberapa data berikut:

  • nama pengguna Shopee / username.
  • waktu terjadinya masalah.
  • jenis operator (XL, Indosat, Telkomsel, dll).
  • halaman tempat mengirimkan permintaan kode verifikasi, misal halaman login, membuat PIN ShopeePay, lupa password, dan sebagainya.
  • nomor HP terdaftar Shopee.
  • Screenshot / screen record masalah.

Setelah menyiapkan beberapa data di atas, selanjutnya kamu bisa menghubungi CS Shopee baik melalui telepon, email, atau form ke website. Kamu bisa lihat cara menghubungi call center Shopee di sini.

Penutup

Nah, demikianlah beberapa cara mengatasi kode OTP Shopee tidak masuk yang bisa kamu coba. Sebagai tambahan, sebaiknya jangan minta verifikasi saat malam hari khususnya setelah jam 12 malam. Karena biasanya tidak semua operator melayani customer 24 jam.

Oke, sampai sini dulu ya. Semoga postingan ini bermanfaat. Jika masih ada hal yang ingin kamu tanyakan, silakan tulis di kolom komentar. Terima kasih.

Author
WRITTEN BY

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~
ADVERTISEMENT

Related Post

Daftar Alamat Kantor Sicepat Banjarmasin & Nomor Telepon Terlengkap

11 Feb 2022 BY Ayu Triworo

Apakah Anda mencari lokasi kantor ekspedisi SiCepat Banjarmasin? Artikel berikut menyajikan daftar alamat kantor dan gudang SiCepat beserta no wa, nomor telepon, layanan, jam operasional dan rutenya.  Yuk simak. Scroll …

Daftar Lengkap Kantor J&T di Makassar Hingga Jam Buka

17 Jun 2020 BY Ifan Prasya

Konten ini kami tulis untuk Anda yang sedang mencari informasi alamat kantor J&T di Makassar dan sekitarnya. Baik itu kantor pusat maupun cabang/agen. Selain alamat, kami juga telah merangkum informasi …

15 Rekomendasi Plugin Toko Online Terbaik Untuk Website Kamu!

20 Des 2019 BY Nisa Husnainna

Plugin Toko Online Terbaik – Sebuah toko online berbasis WordPress membutuhkan plugin-plugin yang dapat menunjang fungsinya dengan maksimal. Misalnya website untuk tujuan berjualan, maka Anda sebaiknya menggunakan plugin WooCommerce yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *