Cara Menghapus Riwayat Pesanan di Shopee Sekaligus di HP & Laptop

Posted on 28 Mar 2022 By Ayu Triworo
ADVERTISEMENT

Riwayat belanja Shopee menumpuk dan ingin segera menghapusnya agar tidak memenuhi aplikasi? Meskipun belum ada fiturnya, tapi ada alternatif cara menghapus riwayat pesanan di Shopee yang bisa kamu lakukan.

Riwayat pesanan Shopee sebetulnya bermanfaat jika tidak dihapus. Karena bisa memudahkan untuk repeat order tanpa harus cari-cari lagi produk dan tokonya.

Tapi beberapa pengguna mungkin merasa kurang nyaman apabila terdapat banyak sekali riwayat pesanan yang sudah selesai menumpuk. Alasannya beragam, ntah karena aplikasi sudah lemot atau karena untuk kepentingan pinjaman online.

Melalui artikel berikut, kita akan berikan beberapa informasi terkait penghapusan riwayat pesanan di Shopee.

Apakah History Pembelian Bisa Dihapus?

Banyak pengguna baru yang mempertanyakan hal semacam ini. Hal ini wajar karena memang tidak ada menu khusus untuk menghapus riwayat pesanan di Shopee.

ADVERTISEMENT

Pada dasarnya riwayat pesanan di marketplace baik Shopee, Tokopedia atau Lazada memang tidak bisa dihapus. Sampai saat ini pun Shopee tidak menyediakan fitur langsung untuk menghapus riwayat pembelian.

Jadi, kalau mau langsung klik Hapus yaa belum bisa. Riwayat pesanan Shopee memang akan terus tampil di akun selama kamu menggunakan dan bertransaksi di Shopee.

Namun kamu tidak perlu khawatir, riwayat pesanan yang menumpuk tidak memenuhi cache aplikasi. Jadi, tidak ada kaitannya antara riwayat pesanan yang banyak dengan performa aplikasi.

Bagaimana Cara Menghapus Riwayat Pesanan di Shopee?

Karena belum ada fitur khusus, menghapus riwayat pesanan tidak bisa dilakukan. Namun, jika kamu ingin benar-benar mengosongkan riwayat pembelian, ada solusi lain yang tersedia.

Yakni dengan menghapus Shopee dan membuat akun Shopee baru. Dengan membuat akun baru, secara otomatis riwayat pesanan msih kosong. Cara ini merupakan satu-satunya solusi agar kamu bisa menghapus seluruh riwayat pembelian di Shopee dan menggantinya dengan yang baru.

Untuk menghapus akun Shopee tentu berbeda dengan cara menghapus produk Shopee. Cara ini lebih simpel, karena tinggal pakai username dan password saja.

ADVERTISEMENT

Untuk menghapus riwayat akun lama dan membuat akun baru Shopee langkahnya sangat mudah, yaitu sebagai berikut:

  • Hapus akun lama Shopee menggunakan username dan password seperti biasanya.
  • Buka menu Pengaturandi perangkat seluler.
  • Pilih menu Manajemen Aplikasi > temukan aplikasi Shopee.
  • Klik aplikasi Shopee > pilih Hapus Data & Cache. Secara otomatis seluruh data lama di aplikasi Shopee akan terhapus.
  • Jika sudah selesai, buka aplikasi Shopee di smartphone.
  • Di halaman Beranda, klik menu Saya dan lakukan pendaftaran akun baru dengan cara klik Daftar.
  • Siapkan alamat email dan nomor HP baru, pastikan yang belum pernah dipakai untuk registrasi akun Shopee.
  • Lakukan verifikasi akun dengan menginput kode OTP verifikasi yang nanti dikirim lewat WA atau SMS ke nomor yang kamu daftarkan.
  • Selesai. Di akun baru Shopee ini kamu akan mendapati riwayat pesanan Shopee masih kosong.

Nah, walaupun harus dengan ganti akun, tapi ternyata bisa lho menghapus riwayat pesanan. Cara ini bisa jadi solusi terbaik buat kalian yang butuh pinjaman online atau layanan paylater bersyarat.

Memang saat ini caranya cukup rumit, tapi siapa tahu ke depannya Shopee akan menyediakan fitur cara menghapus riwayat transaksi Shopeepay, Shopee Food dan transaksi lainnya.

Dengan begitu, pengguna akan lebih mudah dan nyaman dalam menggunakan aplikasi Shopee.

Cara Menghapus History Pencarian Shopee

Selain riwayat pesanan, beberapa pengguna mungkin ingin menghapus produk terakhir atau riwayat pencarian di Shopee. Nah, kalau cara menghapus history pencarian Shopee cukup mudah.

Memang tidak ada cara khusus, tapi kamu bisa mencoba trik dengan melihat produk sebanyak-banyaknya di Shopee. Hal ini bisa menghapus history pencarian terdahulu. Sebab, Shopee hanya akan menampilkan 20 produk terakhir yang dilihat oleh pengguna.

Cara Menghapus Notif Pembelian Shopee

ADVERTISEMENT

Apakah kamu merasa terganggu dengan notifikasi pembelian yang muncul saat transaksi di Shopee? Tidak usah khawatir, kamu bisa menghapusnya kok.

Cara menghilangkan notifikasi pembelian bisa kamu lakukan dari aplikasi dengan langkah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Shopee > lakukan login dengan username dan password.
  • Di Beranda, pilih Notifikasi.
  • Temukan dan pilih notifikasi dari pesanan yang ingin dihilangkan.
  • Kalau sudah ketemu bagian notifikasi yang ingin dihapus, klik dan tahan selama minimal 4 detik sampai muncul pilihan Hapus.
  • Khusus bagi pengguna iPhone, geser ke arah kiri pada bagian notifikasi, lalu klik Hapus.
  • Terakhir, klik pilihan Hapus.
  • Selesai.

Dengan mengikuti langkah di atas maka notifikasi pemberitahuan mengenai pesnaan bisa hilang dan tidak akan muncul lagi di layar HP kalian.

FAQ

Setelah menyimak beberapa ulasan di atas, mungkin masih ada uneg-uneg seputar cara menghapus riwayat pesanan Shopee. Di sesi berikut kami akan ulas secara singkat dan buat kesimpulannya?

  • Apakah riwayat pesanan di Shopee bisa dihapus?

Jawabannya tidak. Sampai saat ini Shopee belum menyediakan fitur hapus riwayat pesanan. Jadi, untuk mengosongkan riwayat pembelian, satu-satunya cara dengan mengganti akun lama dengan akun baru.

  • Apakah history pencarian Shopee bisa dihapus?

Tidak bisa. Fitur riwayat pencarian Shopee tidak dapat dihapus seperti menghapus riwayat Google. Namun, fitur milik Shopee hanya bisa menyimpan 20 terakhir sehingga secara otomatis pencarian lama akan terhapus.

  • Bagaimana cara menghapus riwayat pesanan di Shopee Food?

Sama seperti menghapus pesanan lain di Shopee, fitur untuk menghapus pesanan Shopee Food belum tersedia. Sehingga riwayat pesanan di Shopee Food tidak dapat dihapus kecuali dengan mengganti akun baru.

Penutup

Dari ulasan di atas bisa kita simpulkan bahwa cara menghapus riwayat pesanan di Shopee memang belum bisa. Sebab, belum ada fitur yang disediakan oleh pihak Shopee.

Untuk melakukan penghapusan riwayat pembelian, alternatifnya adalah dengan menghapus akan lama dan membuat dengan akun yang baru.

Baiklah sampai sini saja ya pembahasan kali ini. Apabila ada update dari Shopee mengenai penghapusan riwayat pesanan selanjutnya, kami akan perbarui infonya untuk kalian.

Buat yang butuh info cek resi dan cek tarif jasa ekspedisi, bisa lho akses melalui link di bawah ini. Kami punya fitur akurat dan gratis:

Sekian, semoga artikel ini bermanfaat. Sampai jumpa di artikel kami lainnya. Terima kasih.

ADVERTISEMENT
Author
WRITTEN BY

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~

Related Post

10 Aplikasi E-Wallet Terbaik di Indonesia yang Paling Banyak Dipakai

21 Jan 2022 BY Ayu Triworo

Bukan cuma Gopay atau OVO, ada sekitar 38 aplikasi e-wallet yang telah berlisensi resmi OJK dari Bank Indonesia. Namun, siapakah pemegang status e-wallet terbaik di Indonesia?Melalui artikel berikut, kita akan …

Gaji Kurir Anteraja Terbaru: Tunjangan, Sistem, Jam Kerja & Cara Daftar

28 Jan 2022 BY Ayu Triworo

Meskipun termasuk perusahaan baru, ternyata gaji kurir Anteraja cukup kompetitif dengan gaji kurir JNE atau jasa ekspedisi besar lainnya. Selain gaji pokok, Anteraja juga memberikan bonus serta uang tunjangan lainnya. …

Cara Menghapus Akun Shopee di Aplikasi, Mudah & Cepat [+Syaratnya]

30 Mar 2022 BY Ayu Triworo

Kamu ingin hapus akun Shopee tapi belum tahu caranya? Tenang, cara menghapus akun Shopee mudah kok. Kamu bisa mendapatkan tutorial dan ulasan lengkap di artikel berikut ini. Meskipun Shopee termasuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *