ADVERTISEMENT

Cara Menghapus Akun Tokopedia Dan Shopee Paling Mudah [+Komplit]

Posted on 11 Jan 2021 By Mufti Syawaludin

Sebetulnya cara menghapus akun Tokopedia dan Shopee cukup mudah, namun ada beberapa orang yang mengalami kegagalan dikarenakan beberapa hal.

Misalnya disebabkan karena masih ada transaksi yang belum diselesaikan, ini juga akan membuat penghapusan akun toko di kedua marketplace tersebut menjadi gagal.

Nah untuk itu, kami disini akan membahas mengenai cara mudah menghapus akun toko penjual di Tokopedia dan Shopee yang paling mudah.

ADVERTISEMENT

Silahkan simak langkah-langkanya di bawah ini ya…

Cara Menghapus Akun Tokopedia

Kalau boleh tau, kenapa sih kamu ingin menghapus toko online kamu di Tokopedia?

Apa mungkin kamu sudah memiliki banyak akun sehingga kurang maksimal pengelolahannya, atau penjualan kamu lagi sepi sehingga memutuskan untuk menonaktifkan toko untuk sementara.

Yaps, pasti ada alasan yang masuk akal ya, sehingga memutuskan untuk menutup toko.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menutup akun di Tokopedia yaitu melalui browser dan aplikasi, silahkan simak langkahnya di bawah ini:

Nah, cara ini bisa kamu lakukan dengan menggunakan laptop atau HP. Secara keseluaruhan langkah-langkahnya hampir sama kok.

1. Via Handphone

Gunakan smartphone yang kamu miliki, gunakan browser seperti Chrome. Kemudian ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk menonaktifkan toko di Tokopedia:

ADVERTISEMENT
  1. Pertama silahkan buka situs resmi Tokopedia > m.tokopedia.com
  2. Kemudian Login dan masuk akun Profil > tekan Garis Tiga di pojok kanan atas
    Tokopedia Mobile
  3. Kemudian masuk ke Toko Saya > pilih Pengaturan di pojok kanan atas
    Pengaturan Toko Saya di TokopediaDisnis akun kami belum aktif karena tidak ada produk yang dijual dari semenjak pembuatan toko.
  4. Pada Profil Toko > klik Atur jam buka toko
    Profil Toko di Tokopedia
  5. Silahkan atur Tanggal Mulai Tutup toko dan Tanggal Berakhir toko tutup, > Jangan lupa tulis alasan toko tutup di kolom Catatan
    Atur Status Toko Tutup di Tokopedia
  6. Jika sudah, silahkan klik “Simpan”. Maka akun seller kamu di Tokopedia akan di nonaktifkan selama waktu yang sudah ditentukan.

Sebelum masuk ke cara berikutnya, kami memiliki beberapa informasi menarik dengan topik Tokopedia yang bisa kamu baca artikelnya sebagai berikut:


2. Via PC atau Laptop

Masih sama seperti langkah yang di awal sudah kita jelaskan, menutup akun toko di tokopedia melalui dekstop PC atau laptop ini juga menggunakan browser.

Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Pertama, silahkan kunjungi akun resmi Tokopedia > tokopedia.com
  2. Masuk di akun toko kamu kemudian klik “Pengaturan Toko”.
    Pengaturan Tokopedia Seller
  3. Temukan Status yang terdapat dua pilihan yaitu Buka Toko dan Tutup Toko, silahkan pilih Tutup Toko, > Ubah Jadwal Tutup Toko”.
    Atur Jadwal Tutup Toko di Tokopedia
  4. Silahkan atur jadwal tutup toko sesuai dengan keinginan, jangan lupa isikan juga alasan tutup toko di kolom Catatan. Jika sudah silahkan klik “Simpan” untuk menyimpan perubahan.
    Atur Jadwal Tutup Akun Toko di TokopediaSetelah menekan tombol simpan, maka toko Seller kamu di tokopedia akan di nonaktifkan sesuai dengan waktu yang diatur sebelumnya.

3. Via Aplikasi Tokopedia

Jika kamu sudah memiliki aplikasi Tokopedia di Smartphone, untuk menonaktifkan akun seller tokopedia bisa melalui aplikasi tersebut.

Berikut ini langkah-langkahnya, silahkan disimak ya…

  1. Pertama, silahkan buka aplikasi Tokopedia di Smartphone
  2. Jika sudah, silahkan klik Garis Tiga di pojok kanan atas
    Buka Aplikasi Tokopedia
  3. Selanjutnya, silahkan masuk di akun Toko saya > klik Nama Toko
    Masuk di Akun Seller Tokopedia
  4. Pada halaman Toko Kamu, silahkan klik Pengaturan di pojok kanan atas.
    Pengaturan seller tokopedia di aplikasi
  5. Silahkan pilih Atur jam buka toko yang ada pada menu Profil Toko.
    Atur Jam Buaka Toko di Aplikasi Tokopedia
  6. Silahkan atur jadwal tutup toko jualan kamu, jika sudah silahkan klik “Simpan”.
    Atur Status Toko di Aplikasi Tokopedia
  7. Selesai, toko jualan online kamu di Tokopedia telah dinonaktifkan selama waktu yang telah diatur.
Catatan: Sampai saat ini, untuk menghapus akun Seller (Penjual) di Tokopedia belum bisa secara permanen. Toko hanya bisa di Nonaktifkan dengan waktu semaunya penjual, bisa dalam hitungan hari, bulan maupun tahunan.

Cara Menghapus Akun Shopee

Berbeda dengan cara menghapus akun Tokopedia yang tidak bisa secara permanen, menghapus akun Shopee bisa secara permanen dan pastinya sangat mudah dilakukan.

Namun sebelum benar-benar menghapus akun shopee, ada baiknya kamu pikirkan dulu kenapa harus menghapus akun tersebut, sebab jika kamu telah menghapus akun Shopee maka kamu tidak akan bisa lagi mengmbalikan akun yang telah dihapus.

ADVERTISEMENT

Nah, jika memang serius ingin menghapus akun Shopee tersebut. Silahkan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

Oh iya, untuk menghapus akun Shopee untuk saat ini hanya bisa dilakukan melalui aplikasi Shopee. Belum bisa jika menggunakan browser via leptop maupun HP.
  1. Langkah pertama silahkan buka Aplikasi Shopee di Smartphone kamu.
  2. Lakukan Log In di aplikasi, kemudian masuk ke menu “Saya” > “Pengaturan Akun”.
    Menu Pengaturan Akun Shopee
  3. Terdapat banyak menu pada halaman Pengaturan akun, silahkan pilih menu “Ajukan Penghapusan Akun”.
    Ajukan Penghapusan Akun Shopee
  4. Maka akan muncul notifikasi, langsung saja klik “OK” yang ada pada notifikasi tersebut.
    Notif penghapusan akun shopee
  5. Setelah itu, kamu akan berada pada laman Informasi Penting, silahkan baca. Jika sudah mengerti, langsung klik “Lanjut”.
    Informasi Penghapusan Akun Shopee
  6. Cek pesan masuk pada ponsel kamu, yang berisi Kode Verifikasi yang dikirim melalui SMS. Silahkan masukkan Kode Verifikasi tersebut kemudian klik “Lanjut”.
    Kode Verifikasi OTP Hapus ShopeeSebelum menghapus, pastikan nomor telepon yang digunakan akun Shopee masih aktif.
  7. Berikutnya kamu akan diarahkan pada laman pilihan Alasan Penghapusan Akun, silahkan pilih alasan yang sesuai dan masuk akal ya.
    Alasan Penghapusan Akun Shopee
  8. ¬†Setelah memilih, kamu diminta untuk memasukkan alamat email yang masih aktif untuk mengirimkan konfirmasi akun. Jika sudah langsung klik “Kirimkan”.
    Masukan Email untuk Ajukan Penghapusan Akun Shopee
  9. Silahkan tunggu dan cek pesan email masuk terkait persetujuan penghapusan akun Shopee yang sudah kamu ajukan.

Nah, itulah cara menghapus akun Shopee.

Sangat mudah, bukan!

Jika pengajuan penghapusan akun Shopee kamu di tolak atau tidak disetujui, silahkan baca informasi terkait hal tersebut di sini.

Atau bisa juga dengan cara menghubungi Customer Service Shopee untuk menanyakan terkait ditolaknya pengajuan penghapusan akun tersebut.


Masih sama dengan topik Tokopedia, kami juga memiliki pembahasan menarik terkait dengan topik Shopee yang bisa kamu baca sebaigai berikut:


Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memutuskan Untuk Hapus Akun Shopee

Silahkan perhatikan dan pastikan beberapa hal berikut jika akan mengajukan penghapusan akun Shopee:

Akun Shopee Tidak Memiliki Pesanan Yang Belum Selesai

Untuk mengajukan hapus akun, pastikan akun tersebut telah bebas dari transaksi yang belum selesai, karena jika masih ada transaiksi yang belum selesai maka hal ini akan menjadi penyebab pengajuan kamu tidak akan disetujui.

ADVERTISEMENT

Saldo ShopeePay Rp0

Pastikan juga ShopeePay kamu tidak memiliki saldo sama sekali, dan jangan ada lagi transaksi seperti penarikan atau transfer saldo ke akun Shopee lainnya.

Email dan No Telepon Masih Aktif

Nah, untuk melakukan penghapusan akun Shopee kamu harus memastikan nomor telepon maupun emai untuk verifikasi akun masih aktif.

Jika memang nomor atau email ada yang sudah tidak aktif atau tidak bisa di akses sebelum melakukan pengajuan hapus akun silahkan ganti terlebih dahulu.

Karena bisa kita lihat pada tahapan penghapusan akun Shopee di atas, dimana memerlukan nomor telepon dan email untuk konfirmasi.

Status Akun Shopee Tidak Dibatasi

Jika akun Shopee kamu berstatus dibatasi yang dikarenakan adanya pelanggaran yang pernah dilakukan. Sebaiknya lakukan perbaikan akun terlebih dengan cara naik banding kepihak Shopee untuk pemulihan akun.

Kenapa hal ini perlu dilakukan?

Ya, karena jika akun berstatus dibatasi maka pengajuan penghapusan akun Shopee kamu tidak akan disetujui. Maka kamu harus memulihkan akun terlebih dahulu ya.

Untuk kamu yang menginginkan Nomor Call Center 24 jam Marketplace terbesar di Indonesia termasuk Tokopedia dan Shopee, silahkan klik di sini.

*****

Ok, dari pembahasan kita di atas mulai cara menghapus akun Tokopedia sampai langkah hapus akun Shopee sudah cukup jelas ya?

Jika terdapah beberapa hal yang belum jelas, silahkan saja ajukan pertanyaan melalui kolom komentar di bawah ini. Kami akan sebisa mungkin akan membantu permasalah yang sedang kamu hadapi.

Mungkin cukup sekian pembahasan kita kali ini, semoga bermanfaat…


Referensi:

Author
WRITTEN BY

Mufti Syawaludin

Terus berusaha semaksimal mungkin untuk menyuguhkan konten yang terbaik dan bermanfaat bagi pembaca.
ADVERTISEMENT

Related Post

6 Jasa Pengiriman Paket Sehari Sampai Terbaik dan Tercepat

15 Jan 2021 BY Mufti Syawaludin

Kebutuhan akan jasa pengiriman paket sehari sampai kini sudah semakin tinggi peggunanya. Mengingat banyak sekali yang membutuhkan barang tertentu segera sampai ke tangan penerimanya. Apalagi semenjak belanja online menjadi trand …

Nomor Call Center 24 Jam: Gojek, Grab, dan Maxim

6 Apr 2020 BY Nisa Husnainna

Call Center 24 Jam: Gojek, Grab, Maxim – Kamu pernah mengalami masalah ketika sedang melakukan order Gojek, Grab, atau Maxim di tengah malam? Jangan panik… Kamu bisa menghubungi call center …

Cara Cek Tarif Ongkir dan Resi (Lacak Kiriman) Dakota Cargo

3 Sep 2020 BY Ifan Prasya

Konten ini kami buat untuk Anda yang ingin tau cara praktis untuk: (1) mengecek tarif ongkos kirim; (2) melacak kiriman / cek resi pengiriman Dakota Cargo. Selain kedua hal tadi, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *