ADVERTISEMENT

Syarat dan Cara Menjadi Star Seller di Shopee

Posted on 24 Nov 2020 By Mufti Syawaludin

Kali ini kita akan membahas cara star seller shopee agar meningkatkan keuntungan pada penjualan toko online anda pada platform ecommerce Shopee. Toko yang memiliki label star seller akan lebih dipercaya oleh para calon pembeli dari pada yang biasa.

Status star seller di toko menunjukan bahwa penjual adalah yang terbaik dan terpercaya. Maka tidak heran jika banyak pembeli yang mengutamakan belanja di Shopee memilih toko yang memiliki status star seller.

Ok bagi kalian yang pemula ingin berjualan di Shopee sebaiknya mengikuti panduan lengkap berjualan di Shopee atau bahkan anda sudah memiliki toko dan berjualan di Shopee ingin menjadi star seller, berikut ini cara star seller Shopee yang harus anda tahu.

ADVERTISEMENT

Simak secara berurutan jangan sampai ada yang terlewatkan sedikitpun agar toko anda bisa berubah status menjadi star seller.

Baiklah, mari kita mulai

Sekilas Tentang Shopee

Sekilas Tentang Shopee

Pengguna toko online dari waktu ke waktu terus meningkat, ini salah satunya disebabkan karena mudahnya dalam melakukan belanja online.

Banyak sekali situs ecommerce besar yang sudah terpercaya dan memiliki rating tinggi, yah salah satunya adalah Shopee.

Eh sebelum kita membahas lebih dalam, sebenarnya sudah pada tahu belum, apa arti dari Shopee?

Kalau belum, sebaiknya simak penjelasannya berikut ini ya.

Sebelumnya Shopee dikenal dengan nama Garena, yang merupakan situs ecommerce yang didirikan oleh Forrest Li bisa dibilang belum cukup lama yaitu pada tahun 2009 yang berkantor pusat di Singapura.

ADVERTISEMENT

Shopee sendiri memiliki layanan yang tidak kalah bagus dengan ecommerce lainnya untuk meningkatkan keuntungan maupun kenyamanan penggunanya baik pembeli maupun penjual di Shopee.

Beberapa layanan yang ditawarkan untuk penjual di Shopee diantaranya ada Shopee Mall dan Star Seller Shopee. Kedua layanan ini sudah pasti berbeda, berikut pengertiannya:

Apa itu Star Seller Shopee?

Star Seller atau yang dikenal sebagai Star Shopee ini merupakan apresiasi Shopee terhadap toko penjualan di Shopee yang aktif dan memberikan pelayanan terhadap pelanggan dengan baik.

Star seller ini hanya diberlakukan bagi toko yang sifatnya perorangan bukan merupakan perusahaan atau PT.

Apa itu Shopee Mall?

Shopee Mall merupakan status layanan tertinggi yang dapat diperoleh toko penjual. Toko yang memiliki status Shopee Mall ini menjual barang dengan brand milik sendiri.

Nah untuk menjadi Shopee Mall ini toko harus melewati tahapan menjadi star seller terlebih dahulu. Jika sudah pada status star seller baru pihak toko bisa mengajukan menjadi Shopee Mall.

ADVERTISEMENT

Keuntungan Menjadi Star Seller di Shopee

Keuntungan Menjadi Star Seller Shopee

Bagi anda yang memiliki toko di Shopee dan telah mendapatkan status star seller maka ada beberapa keuntungan dan fitur menarik yang akan anda dapatkan.

Pastinya keuntungan yang didapatkan oleh toko yang memiliki status star seller tidak akan didapatkan oleh toko penjual yang biasa saja.

Menikmati Program Promo Shopee

Toko di Shopee yang memiliki status  star seller akan lebih diprioritaskan untuk mendapat program promo yang diselenggarakan oleh Shopee. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Shopee kerap sekali memberikan promo menarik bagi penggunanya.

Nah salah satu tujuan shopee memberikan promo ini adalah untuk meningkatkan minat belanja online para pelanggannya.

Sehingga keuntungan tidak hanya dapat diperoleh oleh para pembeli namun juga oleh para penjual juga. Jelasnya dari program promo ini akan meningkatkan jumlah penjualan.

ADVERTISEMENT

Beragam promo yang ditawarkan oleh pihak shopee yang dapat diikuti oleh toko yang memiliki status star seller diantaranya berupa Flash Sale, Gratis Ongkir, Cashback, Kupon dan masih banyak lagi lainnya.

Mendapatkan Kredibilitas dari Pembeli

Keuntungan lain jika berstatus star seller adalah mendapatkan kredibilitas dari calon pembeli karena setelah diamati kecenderungan calon pembeli jika ingin membeli sesuatu di Shopee mereka akan melihat reputasi dari toko tersebut.

Jika toko tersebut telah memiliki reputasi yang tinggi maka calon pembeli tidak akan ragu untuk berbelanja di toko tersebut.

Jadi toko yang memiliki status star seller sudah pasti menjadi pilihan utama oleh calon pembeli untuk melakukan transaksi dengan barang pilihannya.

Omset Penjualan Meningkat

Semakin banyak konsumen yang percaya terhadap toko online anda di Shopee maka akan semakin banyak barang yang akan terjual setiap harinya.

Tidak sediki para konsumen melakukan pembelian kembali di toko yang sama karena kepuasannya terhadap pelayanan yang diberikan oleh toko tersebut. Karena dengan berstatus star seller maka anda diminta untuk memberikan pelayanan yang baik terhadap para konsumen.

Yah logikanya semakin banyak barang yang terjual sudah pasti omset penjualan pun akan semakin meningkat ya kan.

Setelah mengetahui keuntungan menjadi star seller Shopee, apakah anda berminat?

Tentunya ada beberapa syarat yang harus dipenuhi jika ingin toko online anda di marketplace Shopee menjadi star seller. Simak lebih lanjut beberapa syarat menjadi cara star seller Shopee di bawah ini ya!!!

Syarat Menjadi Star Seller di Shopee

Syarat Menjadi Star Seller Shopee

Kualifikasi yang diberlakukan oleh Shopee sebagai syarat agar toko penjual mendapatkan status star seller sebagai berikut:

Verifikasi Identitas

Pihak Shopee akan meminta anda untuk upload foto atau scan KTP beserta foto diri secara close up dengan memegang KTP pada saat pembuatan toko di Shopee.

Hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya penipuan jual beli online, dengan melakukan verifikasi identitas ini jika penjual melakukan pelanggaran akan memudahkan pihak Shopee untuk menindaklanjuti nya.

Verifikasi identitas ini membuktikan bahwa toko tersebut memiliki pemilik sehingga dapat lebih dipercaya untuk melakukan penjualan di Shopee. Verifikasi ini sangatlah penting dan harus dilakukan jika toko anda ingin berubah status star seller.

Persentase Kecepatan Membalas Chat

Kualifikasi berikutnya yang harus benar – benar anda perhatikan ketika ingin menjadi star seller adalah kecepatan membalas live chat yang ada di Shopee. Dimana persentase membalas chat harus lebih dari 80% baru bisa menjadi star seller.

Calon pembeli biasanya akan menanyakan ketersediaan barang bisa berupa warna yang tersedia, ukuran barang, perlengkapan barang dll. Jadi sebisa mungkin untuk membalasnya dengan ramah dan cepat ya.

Jangan sampai calon pembeli menunggu lama jawaban anda karena ini akan berpengaruh terhadap kualitas toko anda.

Rating Toko Minimal 4.5

Untuk melihat bagus tidaknya sebuah toko online cukup dengan melihat rating yang biasanya berupa bintang ini. Semakin tinggi rating yang dimiliki toko tersebut maka sudah bisa dipastikan bahwa toko tersebut memiliki reputasi yang baik.

Kok bisa? dari mana sebuah toko online mendapatkan penilaian untuk menaikan rating?

Rating yang dimiliki toko online itu berasal dari ulasan konsumennya yang memberikan penilain untuk menggambarkan kepuasan pengalaman belanja di toko tersebut.

Nah rating ini juga menjadi salah satu kualifikasi untuk menjadi star seller dengan minimal toko harus memiliki rating 4.5. Anda harus berusaha semaksimal mungkin agar konsumen memberikan penilain yang baik terhadap toko anda agar mencapai target yaitu 4.5.

Minimal 100 Penjualan Produk Dalam Satu Bulan

Harus anda akui ya, kalau ingin menjadi star seller itu tidaklah mudah namun bisa dilakukan, karena terbukti sudah banyak toko yang menjadi star seller di Shopee.

Ada istilah yang mengatakan jika orang lain bisa kenapa anda tidak?

Memang benar 100 penjualan produk selama satu bulan ini menjadi kualifikasi untuk menjadi star seller di Shopee.

Untuk mencapainya sebaiknya anda jual barang – barang yang murah dan menarik seperti aksesoris Hp misalnya. Jadi pembeli bisa membeli beberapa barang sekaligus dengan total belanja tidak terlalu banyak.

25 Akun Pembeli Baru Setiap Bulan

Nah semakin banyak pembeli akan semakin meningkatkan reputasi toko anda, yah ini juga menjadi salah satu kualifikasi untuk menjadi star seller dimana toko anda harus menjual barang minimal 25 akun pembeli baru dalam satu bulan.

Hal ini tidak terlalu sulit jika barang jualan anda memiliki harga yang relatif murah dan juga barang yang lagi laris dipasaran.

Untuk mencapai 100 penjualan dan 25 akun pembeli baru tidak ada salahnya jika anda menggunakan fitur iklan yang tersedia di Shopee.

Tidak Pernah Melanggar Peraturan

Perlu diingat walaupun persyaratan diatas cukup sulit namun tidak membuat anda menghalalkan segala cara agar barang anda cepat laku ya.

Untuk menjadi star seller toko anda tidak boleh ada catatan pelanggaran (penalti). Hal ini juga menjadi penilaian yang penting terhadap toko anda, yah sudah pasti Shopee akan lebih mengutamakan toko yang benar – benar mematuhi peraturan tanpa memiliki poin penalti sedikit pun.

Memiliki Produk Pre-Order

Cara star seller Shopee ini tidaklah mudah, anda harus memenuhi semua poin – poin yang dijadikan kualifikasi untuk menjadi star seller.

Kualifikasi toko jika ingin menjadi star seller berikutnya harus mempunyai persentase dan jumlah produk pre-order setidaknya sebanyak 20% dari total barang yang ada di toko dengan masa pre-order kurang dari lima hari.

Tidak Memiliki Riwayat Pesanan yang Tidak Wajar

Perlu hati – hati dalam melakukan penjualan di toko online, jangan sampai pihak Shopee mendeteksi adanya pesanan yang tidak wajar misalnya aktivitas akun yang berlebihan atau menyalahgunakan program yang ada di Shopee.

Hal ini akan menjadi pertimbangan bagi pihak Shopee untuk menjadikan toko anda berstatus star seller. Pastikan toko anda tidak memiliki riwayat pesanan yang tidak wajar ya.


Cukup panjang ya! ternyata untuk menjadi star seller di Shopee itu tidaklah mudah membutuhkan proses yang cukup lama.

Mulai dari verifikasi identitas, membalas chat calon pembeli, hingga target 100 penjualan dalam satu bulan, itu semua membutuhkan perjuangan yang sangat keras.

Namun semua itu bisa anda jalani dengan mudah jika memang ada kemauan dari diri sendiri.

Mungkin cukup sekian pembahasan kita mengenai syarat cara star seller Shopee. Jika ada yang kurang paham silahkan tanyakan melalui kolom komentar di bawah ini ya!

Jangan patah semangat teruslah berusaha dan semoga berhasil.

Author
WRITTEN BY

Mufti Syawaludin

Terus berusaha semaksimal mungkin untuk menyuguhkan konten yang terbaik dan bermanfaat bagi pembaca.

Related Post

Daftar Lengkap Kantor SiCepat di Batam Hingga Jam Buka

20 Jul 2020 BY Ifan Prasya

Buat Anda yang sedang mencari alamat kantor pusat dan agen SiCepat Ekspres di Batam Kepulauan Riau (termasuk Tanjung Pinang dan Karimun), scroll sampai bawah ya. Karena selain alamat, akan ada …

Cara Mencari Kantor ID Express Terdekat Pakai Google Maps & Aplikasi

22 Okt 2021 BY Ayu Triworo

Pengguna setia ID Express Shopee tidak perlu bingung lagi jika ingin menemukan lokasi kantor terdekat untuk mengantar paket. Cara mencari kantor ID Express terdekat cukup mudah dan praktis. Bisa menggunakan …

Daftar Lengkap Kantor SiCepat di Pekanbaru Hingga Jam Buka

16 Jul 2020 BY Ifan Prasya

Buat Anda yang sedang mencari alamat kantor pusat dan agen SiCepat Ekspres di Pekanbaru Riau, scroll laman ini sampai akhir. Karena akan ada tambahan informasi mengenai jam buka, layanan (pick …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *