ADVERTISEMENT

Cara Menghapus Produk Shopee di HP & Laptop Termudah untuk Pemula

Posted on 23 Mar 2022 By Ayu Triworo
ADVERTISEMENT

Cara menghapus produk Shopee sebetulnya sangat mudah. Kamu bisa melakukannya lewat aplikasi atau website, baik memakai perangkat smarpthone maupun PC. Produk dapat dihapus satu per satu maupun secara massal sekaligus. 

Masalahnya, setelah mengupload produk Shopee, banyak para seller baru kurang memahami bagaimana cara menghapusnya. Padahal saat stok produk jualan habis, tentu saja harus segera dihapus untuk diganti dengan yang baru. 

Nah, lewat artikel berikut kami akan bantu kalian, para seller baru untuk menghapus produk Shopee yang sudah habis / ingin diupdate. Yuk, disimak.

ADVERTISEMENT

Bagaimana Cara Menghapus Produk Shopee?

Cara menghapus produk yang dijual di Shopee sebetulnya sanhat sederhana. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi Shopee dan web browser Seller Centre. Pengguna Shopee bisa melakukannya langsung dari HP maupun perangkat komputer. 

Langkahnya pun sangat singkat dan hampir sama dengan cara menghapus produk di Tokopedia atau marketplace lainnya.

Cara hapus produk tersedia bisa kamu lakukan secara satu per satu atau langsung banyak sekaligus. Berikut tutorial menghapus produk di Shopee baik via HP dan laptop.

1. Cara Menghapus Produk di Shopee di HP

Alternatif pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghapus produk yaitu dengan mengakses aplikasi Shopee. Cara ini lebih simpel karena kamu bisa hapus satu atau banyak produk sekaligus langsung di HP.

ADVERTISEMENT

Bagaimana caranya? Ikuti langkah berikut:

  • Buka aplikasi Shopee, lakukan login dengan username dan password. 
  • Di halaman Beranda, klik menu Saya > Toko Saya. 
  • Di halaman baru, scroll ke bawah > pilih Produk Saya. 
  • Di halaman Produk Saya akan tampil berbagai produk yang sudah pernah kamu upload di etalase toko.
  • Untuk update produk, klik menu Ubah, lalu atur perubahan pada detail produk yang kamu inginkan.
  • Untuk menghapus produk, pilih produk yang ingin dihapus, klik ikon titik 3 di bagian pojok bawah kanan produk, lalu klik Hapus. 
  • Akan muncul tampilan “Yakin ingin menghapus produk ini? Peringatan: Kamu tidak dapat membatalkannya!”. Klik Hapus.
  • Selesai.

Setelah langkah di atas selesai, silakan cek kembali etalase toko untuk memastikan produk sudah terhapus. Ingat, setelah produk terhapus maka kamu tidak bisa mengembalikannya lagi ya. Jadi, silakan segera update produk jualan yang baru untuk menggantikannya.

2. Cara Menghapus Produk Shopee lewat Laptop

Selain dari HP melalui aplikasi Shopee, menghapus produk juga bisa kamu lakukan lewat laptop. Untuk menghapus produk lewat PC yaitu dengan mengakses website Seller Centre di halaman https://seller.shopee.co.id/.

Caranya mudah, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Kunjungi halaman Seller Centre Shopee melalui URL https://seller.shopee.co.id/.
  • Lakukan login akun dengan username dan password yang sama dengan aplikasi.
  • Di halaman Beranda, klik pilihan Produk Saya di tampilan sebelah kiri.
  • Akan muncul tampilan produk-produk yang kamu jual di akun Shopee.
  • Klik atau beri tanda centang atau checklist di kotak kecil pada produk Shopee yang ingin kamu hapus.
  • Selanjutnya, pilih menu Hapus.
  • Terakhir, lakukan konfirmasi dengan cara klik Hapus pada kotak dialog yang muncul di layar.
  • Selesai.

Kedua cara di atas bisa digunakan untuk menghapus produk secara satu per satu. Sehingga kamu bisa memilih produk mana yang akan dihapus dan produk mana yang tetap ada di etalase.

Namun, bagaimana kalau ada lebih dari 100 sampai 500 item di etalase dan ingin dihapus secara massal? Pasti akan memakan waktu lebih lama kalau hapusnya satu per satu seperti di atas.

Tapi tenang saja, kamu bisa mencoba alternatif lain untuk menghapus produk sekaligus banyak. Tutorial selengkapnya ada di bawah ini.

ADVERTISEMENT

3. Cara Menghapus Produk Shopee Sekaligus Banyak

Untuk menghapus produk secara massal langkahnya lebih sederhana dan tentunya lebih praktis. Tapi, cara ini hanya tersedia melalui Seller Centre Shopee. Jadi, kami sarankan kamu mengakses web browser menggunakan perangkat pc agar lebih cepat.

Berikut tutorialnya:

  • Kunjungi halaman Seller Centre Shopee melalui URL https://seller.shopee.co.id/.
  • Lakukan login akun dengan username dan password yang sama dengan aplikasi.
  • Di halaman Beranda, klik pilihan Produk Saya.
  • Centang atau checklist produk-produk yang ingin kamu hapus, lalu klik menu Hapus yang tampil di kanan atas layar.
  • Selesai.

Gimana? Mudah kan caranya? Nah, mulai sekarang silakan segera hapus produk yang sudah habis stoknya, produk terblokir atau sudah tidak layak jual. Silakan mencoba sendiri ya dengan mengikuti langkah seperti di atas.

Kenapa Produk di Shopee Terblokir?

Selain dihapus secara sengaja oleh pemiliknya karena habis stok, beberapa produk di Shopee bisa saja terhapus secara otomatis oleh aplikasi. Adakah diantara kalian yang pernah mengalami hal ini? Dan mengapa terjadi demikian?

Produk yang tiba-tiba terhapus tanpa kamu sengaja menghapusnya adalah pertanda bahwa produk tersebut diblokir. Meskipun jarang terjadi, pemblokiran produk bisa muncul dikarenakan ada kemungkinan produk tersebut melanggar peraturan Shopee.

Atau bisa dikatakan produk tersebut masuk dalam daftar produk yang dilarang jual di aplikasi Shopee. Selain itu, ada sejumlah pelanggaran yang mengakibatkan produk dihapus, diantaranya:

ADVERTISEMENT
  • Deskripsi produk mencantumkan nama atau logo atau link tempat jual beli lain.
  • Nama produk mengandung keyword yang tidak sesuai.
  • Atribut merk tidak relevan dengan produk yang dijual.
  • Kategori produk tidak sesuai.
  • Menggunakan hastag produk yang tidak relevan.

Nah, untuk menghindari produk terblokir sebaiknya periksa apakah detail produk sudah sesuai. Kamu juga harus teliti saat mengupload produk agar detail dan deskripsinya sesuai dengan produk yang kamu jual.

Penutup

Itulah tutorial singkat cara menghapus produk Shopee yang tersedia via aplikasi dan web browser Seller Centre. Silakan praktikkan sendiri ya.

Caranya mudah, sederhana dan bisa diakses di HP maupun laptop. Meskipun seller baru, kamu pasti tidak akan kesulitan melakukannya.

Demikian pembahasan dari kami, apabila kalian butuh fitur cek resi dan cek tarif jasa ekspedisi bisa gunakan referensi berikut. Dijamin akurat dan gratis!

Sekian, semoga artikel ini bermanfaat. Sampai jumpa di artikel kami lainnya. Terima kasih.

Author
WRITTEN BY

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~
ADVERTISEMENT

Related Post

3 Tips Memaksimalkan Penggunaan Plugin Refund WooCommerce

2 Mei 2019 BY Nisa Husnainna

Refund merupakan suatu hal yang tidak terhindarkan dalam bisnis online. Penyebab seorang pelanggan mengajukan refund bermacam-macam mulai dari ketidakpuasan terhadap barang yang ia terima, salah ukuran, salah warna, produk yang …

Daftar Alamat Kantor SiCepat Tasikmalaya & Nomor Telepon Terlengkap

10 Feb 2022 BY Ayu Triworo

Buat customer SiCepat di tidak perlu bingung lagi mencari alamat SiCepat Tasikmalaya pusat. Di artikel berikut kami akan sajikan daftar lengkap kantor SiCepat pusat dan cabang yang ada di Tasik …

20+ Daftar Ide Peluang Usaha Bisnis Online Menjanjikan 2021

20 Feb 2021 BY Ifan Prasya

Kalau Anda ingin menambah penghasilan, bisa mencoba ide bisnis online yang akan kita bahas sama-sama. Mulai dari kuliner, fashion, digital marketing, hingga content creator. Total ada 20 ide bisnis yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *