ADVERTISEMENT

Syarat & Cara Pinjam Uang di Shopee bagi Pengguna Baru, Cepat & Mudah!

Posted on 27 Mar 2022 By Ayu Triworo
ADVERTISEMENT

Bukan cuma layanan keuangan (ShopeePay) dan beli sekarang bayar nanti (SPayLater), saat ini Shopee juga menyediakan layanan pinjaman online dengan SPinjam. Lalu, gimana sih cara pinjam uang di Shopee? Adakah syarat dan prosedur tersendiri selain dengan fitur PayLater?

Melalui artikel berikut, kita akan ulas tuntas cara dan syarat pinjam uang di Shopee melalui fitur SPinjam. Penasaran dan mau mencoba fitur baru ShopeePay tersebut? Yuk, simak info selengkapnya di bawah ini. 

Apakah di Shopee Bisa Pinjam Uang?

Bisa sekali. Saat ini tersedia layanan pinjam uang secara online bagi pengguna Shopee melalui fitur SPinjam. SPinjam adalah fitur baru yang menyediakan layanan pinjam tunai online bagi pengguna ShopeePay.

ADVERTISEMENT

Kelebihan SPinjam yakni menawarkan bunga rendah, cicilan bulanan dan proses pengajuan yang mudah. SPinjam tersedia dalam 4 pilihan cicilan yaitu dalam tenor 2 bulan / 3 bulan / 6 bulan dan 12 bulan.

Hanya saja, cara pinjam uang online pakai SPinjam tidak tersedia bagi semua pengguna Shopee. Fitur ini hanya bisa dinikmati oleh pengguna terpilih Shopee dan yang telah mengaktifkannya di dompet digital Shopee mereka. 

SPInjam menjadi salah satu produk resmi Shopee di bawah pengelolaan PT. Lentera Dana Nusantara selain ShopeePay dan SPayLater. Selain sudah resmi, fitur ini judah terdaftar di OJK dan memperoleh jaminan kemanan dari lembaga tersebut.

Cara menggunakan SPinjam sebetulnya tidak jauh berbeda dengan cara pinjam uang di Shopee paylater. Namun, ada sedikit perbedaan dalam prosedur pembayarannya. 

ADVERTISEMENT

Sebelum meminjam uang di SPinjam, pengguna harus mengkatifkannya terlebih dahulu. Sebab, fitur ini tidak akan muncul di akun Shopee apabila belum diaktifkan.

Bagaimana Cara Memunculkan SPinjam di Shopee?

Untuk mengaktifkan SPinjam, siapkan nomor HP ShopeePay, nomor HP cadangan, rekening, bank, dan kartu identitas berupa KTP dan ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi Shopee, lakukan login dengan username dan password. 
  • Di bagian Beranda, klik menu Saya.
  • Cari dan klik menu SPinjam > pilih Aktifkan Sekarang.
  • Akan muncul 6 digit kode, masukkan kode OTP untuk verifikasi > pilih Lanjut. 
  • Apabila kamu pengguna baru, unggah foto KTP dan masukkan data kartu identitas pada kolom yang tersedia. Jika sebelumnya kamu sudah daftar SPayLater, periksa kembali data dan KTP yang muncul di layar.
  • Berikutnya, lengkapi Informasi Tambahan > Konfirmasi. Untuk nomor HP, gunakan tambahan +62 atau 62 bukan 0 sebagai awalan.
  • Periksa semua data dan pastikan sudah benar.
  • Selanjutnya, lakukan verifikasi wajah dengan menekan tombol Mulai Verifikasi Wajah. Arahkan kamera ke wajah, sesuaikan posisi dengan layar yang tersedia, lalu klik di bagian tengah. Pada saat verifikasi wajah, pastikan dalma kondisi terang dan tidak blur.
  • Selesai. Sesudah verifikasi wajah sukses, maka proses pengajuan aktovasi SPinjam akan segera diproses.

Tutorial selengkapnya bisa kamu lihat di sini.

Apa Syarat Pinjam Online di Shopee?

Setelah aktivasi fitur SPinjam berhasil, sebetulnya kamu bisa langsung meminjam uang secara online di Shopee.

Tapi ingat, kamu harus tahu dulu bagaimana syarat dapat Shopee Pinjam serta prosedur pembayarannya agar tidak bingung. Berikut sejumlah syarat cara pinjam uang di Shopee Pinjam:

  • Melakukan aktivasi fitur SPinjam bagi pengguna terpilih.
  • Tidak mempunyai riwayat keterlambatan pembayaran di SPayLater atau SPinjam.
  • Wajib aktivasi ShopeePay terlebih dahulu.
  • Biaya cicilan bulanan adalah mulai dari 1,95%.
  • Biaya penanganan sebesar 3% per transaksi.
  • Cicilan tersedia untuk tenor 2/3/6 dan 12 bulan.

Bagaimana? Apakah kamu termasuk salah satu pengguna yang bisa memenuhi syarat SPinjam di atas? Jika iya dan tertarik ingin pinjam uang tunai di Shopee, yuk simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Bagaimana Cara Pinjam Uang di Shopee?

Cara pinjam uang di SPinjam Shopee sangat mudah kok, tidak ribet pula. Langkahnya tidak jauh beda dengan cara pinjam uang di Shopee Later untuk bayar nanti.

ADVERTISEMENT

Sebelum meminjam uang, pastikan kamu sudah aktivasi fiturnya dan memenuhi persyaratan di atas. Kalau sudah silakan ikuti langkah berikut:

  • Buka aplikasi Shopee > lakukan login dengan username dan password. 
  • Di halaman Beranda, klik menu Saya > pilih SPinjam > Ajukan.
  • Di halaman Ajukan Pinjaman, atur Jumlah Pinjaman dengan cara menggeser cursor sesuai nominal yang kamu inginkan.
  • Selanjutnya, pilih Durasi Pinjaman, tersedia pilihan 2 / 3 / 6 / 12 bulan, klik salah satu.
  • Atur Rekening Bank yang dipakai untuk menerima dana pinjaman dari Shopee.
  • Jika belum ada rekening, klik Tambahkan Rekening Bank, lalu masukkan nama dan nomor rekening bank tujuan > klik Lanjutkan. 
  • Periksa seluruh data yang tampil, pastikan sudah benar dan sesuai. Apabila tampil notifikasi di layar, klik Lanjutkan. 
  • Akan tampil detail pengajuan pinjaman disertai biaya cicilan + penanganan, klik Ajukan Sekarang untuk mengajukan pinjaman online ke Shopee.
  • Lakukan konfirmasi pengajuan dengan menginput 6 digit PIN ShopeePay.
  • Selesai. Proses pengajuan pinjaman online akan segera diproses dan tunggu hingga muncul notifikasi Pengajuan Berhasil.

Setelah mendapati notifikasi pengajuan berhasil, Shopee akan secara otomatis mengirimkan dana sesuai pengajuan ke nomor rekening yang sudah kamu input tadi.

Nah, silakan perhatikan berapa nominal cicilan bulanan dan tanggal jatuh tempo pembayarannya ya. Informasinya bisa kamu lihat di detail transaksi.

Apakah Shopee Pinjam Bisa Dicairkan?

Tentu saja. Fitur SPinjam memang menjadi salah satu layanan pinjaman online Shopee yang bisa ditunaikan atau dicairkan. Dengan mengaktifkan SPinjam, kamu bisa memperoleh dana darurat yang dapat langsung cair.

Berbeda dengan PayLater yang hanya bisa dipakai untuk transaksi Shopee, dana dari SPinjam bisa kamu manfaatkan untuk berbagai keperluan termasuk untuk pencairan uang.

ADVERTISEMENT

Untuk mencairkan dana SPinjam kamu tinggal menarik uang yang dikirimkan Shopee ke nomor rekening yang kamu gunakan untuk pinjam uang.

Berapa Lama Cair Shopee Pinjam?

Proses pencairan dana Shopee Pinjam berbeda-beda. Untuk pengiriman ke bank BCA, Mandiri dan BRI, pencairan dana bisa segera / instant. Sementara untuk bank BNI dan bank yang belum terverifikasi membutuhkan waktu maksimal 2 hari kerja.

Pencairan untuk bank lain baik yang sudah terverifikasi maupun belum terverifikasi membutuhkan waktu lebih lama yaitu maksimal 7 hari kerja.

Kenapa di Shopee Saya Tidak Ada Shopee Pinjam?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, fitur SPinjam ini hanya tersedia bagi pengguna terpilih saja. Jadi, apabila di akunmu belum ada fitur tersebut, berarti kamu belum memenuhi kriteria sebagai pengguna SPinjam. 

Selain itu, biasanya Shopee juga memberlakukan regulasi berbeda-beda di setiap wilayah. Bisa jadi wilayah domisilimu memang belum masuk daftar lokasi yang mencakup SPinjam.

Sama seperti Shopee Food, Shopee Pinjam tidak tersedia di seluruh daerah. Hal ini disebabkan karena terkendala aturan pinjaman konvensional yang berbeda-beda di tiap wilayah.

Penutup

Nah, demikianlan tutorial cara pinjam uang di Shopee berikut syarat dan cara aktivasinya. Gimana? Mudah dan cepat bukan? Dengan bunga rendah dan pilihan cicilan beragam, SPinjam bisa jadi alternatif terbaik saat kamu butuh dana darurat tanpa harus pinjam ke bank.

Sekian postingan kami kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa pantau terus situs kami dan dapatkan berbagai info menarik seputar ecommerce, tips & trick marketplace dan ekspedisi.

Terima kasih.

Author
WRITTEN BY

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~
ADVERTISEMENT

Related Post

Gaji Kurir Anteraja Terbaru: Tunjangan, Sistem, Jam Kerja & Cara Daftar

28 Jan 2022 BY Ayu Triworo

Meskipun termasuk perusahaan baru, ternyata gaji kurir Anteraja cukup kompetitif dengan gaji kurir JNE atau jasa ekspedisi besar lainnya. Selain gaji pokok, Anteraja juga memberikan bonus serta uang tunjangan lainnya.  Penasaran …

Cara Mengganti Username Shopee Tanpa Hapus Akun [+Syaratnya]

29 Mar 2022 BY Ayu Triworo

Ingin merubah username Shopee untuk toko Anda biar lebih menarik dan makin cuan? Cara mengganti username Shopee cukup mudah kok. Kamu bisa melakukannya lewat aplikasi dan Seller Centre di perangkat  pc, …

Cara Menghapus Riwayat Pesanan di Shopee Sekaligus di HP & Laptop

28 Mar 2022 BY Ayu Triworo

Riwayat belanja Shopee menumpuk dan ingin segera menghapusnya agar tidak memenuhi aplikasi? Meskipun belum ada fiturnya, tapi ada alternatif cara menghapus riwayat pesanan di Shopee yang bisa kamu lakukan.  Riwayat pesanan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *