ADVERTISEMENT

Cara Mendapatkan Shopee Pinjam Mudah Tanpa Syarat [Cara Aktivasi]

Posted on 27 Mar 2022 By Ayu Triworo
ADVERTISEMENT

Sekarang pinjam uang tunai nggak mesti ke temen apalagi ke bank, di Shopee bisa! Pakai fitur Shopee Pinjam! Cara mendapatkan Shopee Pinjam lebih mudah, bunganya rendah dan cepat pula cairnya!

Buat kamu yang penasaran dengan layanan pinjaman Shopee, simak ulasan selengkapnya melalui artikel berikut. Di akhir artikel, kami akan ulas bagaimana cara mendapatkan pinjaman di Shopee yang mudah dan cepat. Check it out!

Apa Itu Shopee Pinjam?

Buat yang belum tahu nih, Shopee Pinjam atau SPinjam adalah fitur baru Shopee yang menyediakan layanan pinjaman dana tunai secara online. Wow, menarik bukan!

ADVERTISEMENT

Selain ada ShopeePay untuk transaksi keuangan Shopee dan SPayLater untuk kredit online, Shopee kini mengeluarkan fitur unggulan terbaru untuk pinjam uang.

Fitur ini merupakan layanan pinjaman tunai yang bisa diajukan secara online oleh pengguna Shopee terpilih. Ingat, hanya pengguna terpilih saja ya! Jadi, nggak semua pengguna Shopee atau ShopeePay bisa menikmati layanan ini.

Sejumlah pengguna terpilih akan memiliki notifikasi atau menu khusus SPinjam ini yang kemudian nantinya harus diaktifkan jika ingin digunakan.

SPinjam sendiri merupakan layanan kerjasama antara Shopee dengan PT Lentera Dana Nusantara yang berperan sebagai pemasok dana. Kerennya lagi, SPinjam sebagai produk resmi Shopee saat ini sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan dan dijamin keamanannya.

ADVERTISEMENT

Syarat Penggunaan SPinjam

Sebagai layanan pinjaman tunai Shopee, SPinjam terbilang cukup menarik. Sebab, syarat pengajuan dan prosesnya tidak sulit, cepat serta bunganya cukup rendah.

Hanya saja, layanan ini memiliki batasan peminjaman, bunga dan sistem cicilan jangka pendek. Untuk limit Shopee Pinjam terbatas mulai dari Rp 200 ribu dan maksimal sebesar Rp 15 juta bagi pengguna baru.

Jumlah limit tersebut bisa saja berbeda-beda bagi setiap pengguna. Nilai limit biasanya menyesuaikan transaksi. 

Sementara untuk bunga Shopee Pinjam adalah 1,95% dengan 4 pilihan cicilan, yaitu 2 bulan / 3 bulan / 6 bulan dan 12 bulan. Selain bunga, SPinjam juga memberlakukan biaya penanganan sebesar 3% per transaksi.

Syarat Mendapatkan Shopee Pinjam

Cara mendapatkan fitur Shopee Pinjam juga ada syarat tersendiri. Syarat utamanya adalah dapat notifikasi undangan untuk aktivasi SPinjam di akun Shopee. Jika undangan tidak muncul tentu saja tidak bisa melakukan aktivasi SPinjam. 

Selain itu, kamu juga harus memeprsiapkan sejumlah syarat lainnya seperti berikut ini:

  • Menyiapkan kartu identitas berupa KTP yang masih aktif.
  • Menyiapkan nomor HP cadangan milik sendiri atau milik keluarga / teman terdekat.
  • Memiliki rekening bank (bank apa saja) atas nama sendiri.
  • Mempunyai akun Shopee dan sudah aktivasi ShopeePay (lebih baik).
  • Bersedia melakukan verifikasi akun menggunakan KTP dan verifikasi wajah.

Setelah memenuhi persyaratan di atas, apakah kamu bisa otomatis dapat pinjaman Shopee? Eits, nanti dulu. Ada proses yang harus kamu lalui sebelum mengajukan pinjaman.

ADVERTISEMENT

Bagaimana cara mendapatkan Shopee Pay Pinjama? Kamu harus aktivasi fitur SPinjam terlebih dahulu baru boleh mengajukan pinjam uang di Shopee. 

Cara Mendapatkan Shopee Pinjam

Sebagai fitur baru, biasanya SPinjam tidak akan langsung muncul di akun pengguna Shopee. Sehingga banyak pengguna baru yang bingung ketika ingin pinjam uang namun Shopee pinjam tidak muncul.

Padahal, untuk menggunakan fitur Shopee pinjam uang hanya bisa diakses melalui fitur SPinjam.

Nah, cara untuk mengaktifkan fitur SPinjam ini sangat mudah. Sebelum melakukannya, pastikan kamu sudah menemukan banner SPinjam di akun Shopee. Hal ini menandakan bahwa kamu merupakan salah satu pengguna terpilih yang boleh mengaktifkannya.

Untuk aktivasi SPinjam, siapkan nomor HP ShopeePay, nomor HP cadangan, rekening, bank, dan kartu identitas berupa KTP dan ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi Shopee, lakukan login dengan username dan password. 
  • Di bagian Beranda, klik menu Saya > SPinjam.
  • Klik pilihan Aktifkan Sekarang.
  • Akan muncul 6 digit kode, masukkan kode OTP untuk verifikasi > pilih Lanjut. *Jangan berikan kode ke pihak manapun termasuk tim Shopee / SPinjam.
  • Apabila kamu pengguna SPayLater, periksa kesesuaian data identitas denan KTP.
  • Kalau kamu bukan pengguna SPayLater, silakan unggah foto KTP dan masukkan data kartu identitas pada kolom yang tersedia.
  • Berikutnya, lengkapi Informasi Tambahan > Konfirmasi. Untuk nomor HP, gunakan tambahan +62 atau 62 bukan 0 sebagai awalan.
  • Periksa semua data dan pastikan sudah benar.
  • Selanjutnya, lakukan verifikasi wajah dengan menekan tombol Mulai Verifikasi Wajah. Arahkan kamera ke wajah, sesuaikan posisi dengan layar yang tersedia, lalu klik di bagian tengah. Pada saat verifikasi wajah, pastikan dalma kondisi terang dan tidak blur.
  • Selesai. Sesudah verifikasi wajah sukses, maka proses pengajuan aktivasi SPinjam akan segera diproses.

Tahapan selanjutnya tinggal menunggu proses aktivasi disetujui. Pihak Shopee akan mengirim notifikasi apabila proses pengajuan berhasil.

ADVERTISEMENT

Note:

Apabila dalam verifikasi wajah terdapat kendala, kamu bisa coba beberapa tips berikut ini:

  • Update layanan Google Play atau Google Play Service.
  • Ulangi kembali proses verifikasi wajah (minimal sudah mencoba 2 kali).
  • Kalau masih tidak berhasil, tunggu hingga 10 menit dan pastikan koneksi internet tidak ada masalah.
  • Refresh perangkat kamu.
  • Coba ulangi kembali proses verifikasi minimal 2 kali.

Sesudah Verifikasi Wajah sukses, kamu akan memperoleh pemberitahuan Shopee bahwa pengajuan aktivasi SPinjam sedang dalam proses. Proses biasanya tidak memakan waktu lama, melainkan hanya beberapa menit saja.

Apabila pengajuan aktivasi fitur Shopee Pinjam disetujui, kamu akan menerima pesan pop up bahwa SPinjam sudah berhasil diaktifkan.

Nah, sampai proses ini fitur sudah bisa langsung dipakai. Dan kamu bisa mendapatkan Shopee Pinjam dengan mengajukan permintaan lewat fitur tersebut. Caranya bisa dilihat di sini => cara pinjam uang di Shopee.

Jika Shopee Pinjam tidak bisa dibuka, silakan refresh kembali akun Shopee. Kalau masih tidak berhasil, silakan hubungi call center Shopee untuk meminta bantuan. 

Penutup

Sudah tahu kan sekarang cara mendapatkan Shopee Pinjam. Gimana? Caranya mudah kan? Proses pengajuannya pun cepat dan tidak ribet lho. Daripada pinjam ke bank, kalau butuh dana yang tidak banyak, kamu bisa andalkan fitur SPinjam ini.

Nah, itu saja ulasan dari kami. Buat kamu yang butuh info cek resi dan cek tarif jasa ekspedisi bisa gunakan referensi kami berikut ini.

Sekian, semoga artikel ini bermanfaat. Sampai jumpa di artikel kami lainnya. Terima kasih.

Author
WRITTEN BY

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~
ADVERTISEMENT

Related Post

Cara Daftar Merchant Shopee Food bagi Pemula + Syaratnya [Mudah]

6 Apr 2022 BY Ayu Triworo

Selain Grab dan Gojek, pelaku bisnis kuliner dan UMKM kini bisa juga menggunakan Shopee sebagai tempat promosi bisnis, yaitu melalui fitur Shopee Food. Di artikel berikut, kita akan bahas apa …

Cara Upgrade ke ShopeePay Plus [Syarat, Ketentuan & Keuntungan]

8 Okt 2021 BY Ayu Triworo

Kamu ingin tarik atau transfer dana menggunakan ShopeePay? Atau mau menikmati berbagai tawaran promo shopeepay plus? Simak langkah verifkasi KTP pada akun ShopeePay dan ikuti cara upgrade ke ShopeePay Plus …

Daftar Lengkap Kantor J&T di Denpasar Bali Hingga Jam Buka

14 Apr 2021 BY Ifan Prasya

Buat Anda yang sedang mencari alamat kantor J&T di Denpasar Bali dan sekitarnya, silakan baca artikel ini sampai habis. Ada informasi lengkap mengenai kantor pusat maupun agen. Kami juga telah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *