Cara Pengembalian Dana di Shopee Anti Gagal [+Syaratnya Lengkap]

Posted on 28 Mar 2022 By Ayu Triworo
ADVERTISEMENT

Pesanan kamu tidak sesuai atau malah tidak dikirim sampai batas waktu habis? Tenang saja, kamu bisa mengajukan refund untuk mengatasi masalah tersebut. Cara pengembalian dana di Shopee sangat mudah dan tidak memerlukan persyaratan khusus.

Untuk menjamin kepuasan pelanggan, Shopee menyediakan garansi transaksi berupa refund (pengembalian dana) dan retur (pengembalian barang). Keduanya berlaku untuk semua transaksi Shopee, baik pembayaran di awal maupun Shopee COD.

Baik refund dan returbisa diajukan secara mudah oleh pembeli melalui fitur yang ada di aplikasi Shopee. Khusus pengembalian dana bisa diajukan baik sebelum barang dikirim maupun jika barang sudah diterima. Nah, gimana sih cara meminta pengembalian dana di Shopee?

Yuk, simak tutorial dan ulasan lengkapnya di pembahasan berikut.

Bisakah Meminta Pengembalian Dana di Shopee?

Jawabannya: bisa. Shopee memiliki layanan Garansi Shopee berupa refund dan retur untuk pengembalian dana/barang. Hal ini merupakan salah satu upaya Shopee untuk menjamin seluruh transaksi agar lebih aman dan nyaman bagi pelanggan.

ADVERTISEMENT

Melalui fitur Garansi Shopee pula Shopee menggunakan sistem dimana dana transaksi akan ditahan hingga proses transaksi selesai / berhasil. Berhasil artinya pembeli sudah melakukan konfirmasi bahwa pesanan Sudah Diterima.

Nah, selama rentang masa garansi itulah kamu sebagai pembeli dapat mengajukan pengembalian dana atau refund apabila pesanan tidak sesuai atau bahkan tidak dikirim.

Perlu kamu ketahui, pengembalian dana Shopee merupakan proses antara pembeli dengan penjual, sementara Shopee hanya sebagai perantara saja. Jadi, bisa tidaknya pengembalian dana dilakukan bergantung pada kesediaan penjual.

Penjual bisa menolak pengajuan dana dan proses penyelesaian transaksi dibatasi sampai batas waktu sampai 3 hari. Apabila penjual tidak memberikan respon, dana akan secara otomatis dikembalikan sesuai metode pembayaran yang dipakai.

Dana Pengembalian Shopee Masuk Kemana?

Sesuai penjelasan di atas, proses pengembalian dana Shopee biasanya menyesuaikan kesepakatan antara penjual dan pembeli. Pengembalian dana bisa dikembalikan ke rekening bank, ShopeePay atau akun metode pembayaran lainnya.

Namun, umumnya untuk metode pembayaran seperti transfer bank, ShopeePay, Indomaret & Alfamart, dana akan dikirim di ShopeePay.

ADVERTISEMENT

Sementara untuk metode pembayaran lain debit online, kartu kredit, Kredivo, debit online, dan Akulaku, dana akan dikirim langsung ke akun masing-masing.

Selanjutnya, apakah ada perbedaan metode cara pengajuan pengembalian dana melalui rekening bank, melalui alfamart dan beberapa metode pembayaran lainnya?

Tidak, caranya sama saja meskipun menggunakan metode pembayaran yang berbeda-beda. Biasanya Shopee akan memilih metode pembayaran yang paling sesuai / disamakan dengan metode saat pembeli melakukan pembayaran.

Bagaimana Cara Pengembalian Uang di Shopee?

Pengembalian dana atau refund bisa kamu lakukan melalui fiur yang ada di aplikasi Shopee. Sebelum mengajukan refund, pembeli harus memperhatikan beberapa syarat pengembalian dana sebagai berikut:

Syarat Pengembalian Dana

  • Pengajuan pengembalian dana hanya bisa dilakukan sebelum masa garansi selesai atau sebelum klik Pesanan Diterima.
  • Masa garansi dapat diperpanjang dengan cara mengaktifkan menu Perpanjangan Masa Garansi Shopee di bagian pesanan.
  • Dana pembeli hanya akan dikembalikan sesudah penjual mengkonfirmasi bahwa barang sudah kembali.
  • Jika Shopee tidak menerima konfirmasi dari penjual, dana akan langsung dikirimkan ke pembeli menggunakan metode pembayaran sesuai tanpa pemberitahuan ke penjual.
  • Dana pengembalian Shopee dapat dikirimkan melalui ShopeePay, Kredivo, kartu kredit, debit online atau pembayaran lain yang sesuai.

Cara Pengembalian Dana di Shopee

Setelah mengetahui beberapa syarat di atas, selanjutnya ikuti tata cara mengajukan pengembalian dana di Shopee sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Shopee > lakukan login dengan username dan password.
  • Pilih Saya > Dikirim.
  • Pastikan kamu belum meng-klik Pesanan Diterima. Pilih Ajukan Pengembalian pada item yang akan direfund.
  • Pada bagian Rincian Pesanan > klik Alasan.
ADVERTISEMENT

Beberapa alasan pengembalian dana yang tersedia, silakan pilih salah satu yang paling sesuai.

  1. Tidak menerima pesanan (pesanan tidak sampai / tidak dikirim).
  2. Produk tidak lengkap (Misal: bagian produk tidak lengkap / hilang.
  3. Produk tidak sesuai / salah (Misal: salah ukuran, warna, produk berbeda).
  4. Produk rusak secara fisik (Misal: sobek, penyok, retak, dan sebagainya).
  5. Produk rusak (Misal: tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya).
  6. Produk tidak asli / palsu.
  7. Produk tidak sesuai dengan deksripsi.
  • Setelah memilih salah satu alasan di atas, lanjutkan pengajuan refund dengan melampirkan bukti dan deskripsi produk (kalau ada).
  • Klik Pilih Solusi > pilih Pengembalian Dana Saja > Kirim.

*Khusus untuk pengembalian dana, alasan yang boleh dipilih hanya 4, yaitu:

  1. Tidak menerima pesanan
  2. Produk tidak lengkap.
  3. Produk di bawah kategori barang mudah rusak.
  4. Produk dan layanan digital.
  • Terakhir, jangan lupa masukkan Jumlah Pengembalian Dana > lalu klik Kirimkan.
  • Selesai.

Setelah pengajuan, Shopee akan meninjau dan mencari solusi untuk kasus tersebut dan pihak call center Shopee akan menghubungi kamu untuk menyelesaikannya.

ADVERTISEMENT

Laman: 1 2

Author
WRITTEN BY

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~

Related Post

4 Tips Komplain dan Klaim Paket JNE YES yang Telat

24 Agu 2022 BY Nisa Husnainna

Tips Komplain dan Klaim Paket JNE YES Telat – Perusahaan ekspedisi JNE mengklaim bahwa layanan YES mereka mampu mengirimkan paket hanya dalam waktu satu hari.Namun nyatanya masih banyak pengguna yang …

5 Pelajaran dari Kisah Sukses Ahmad Zaky, Pendiri Marketplace BukaLapak

22 Jan 2019 BY Fadhil Guntur Ashari

Kisah Sukses Ahmad Zaky Pendiri Marketplace Bukalapak – Ahmad Zaky, Founder dari BukaLapak, adalah salah satu dari sekian banyak orang Indonesia yang berhasil memberi pengaruh besar terhadap perekonomian Indonesia lewat …

13 Ide Hampers Lebaran Unik yang Cocok untuk Bisnis 2022 [+Tipsnya]

26 Apr 2022 BY Ayu Triworo

Meskipun Hari Raya 2022 sudah di depan mata, belum terlambat kok memulai usaha kecil-kecilan buat tambah THR lebaran nanti. Selain ide jualan takjil dan minuman bulan puasa, kamu bisa coba …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *