ADVERTISEMENT

Istilah Penting dalam Belanja Online: Return dan Refund, Apa Bedanya?

Posted on 12 Feb 2019 By Nisa Husnainna

Perbedaan Return dan Refund – Zaman sekarang hampir semua orang di belahan dunia telah mengetahui sistem belanja online, tak terkecuali di Indonesia.

Dengan pertumbuhan marketplace dan toko online yang berkembang pesat, masyarakat Indonesia kini memiliki tren untuk berbelanja dari rumah tanpa perlu repot-repot pergi ke toko yang jauh.

Seiring dengan meluasnya fenomena belanja online ini, masyarakat Indonesia menjadi sering mendengar beberapa istilah yang diserap dari bahasa inggris dalam dunia belanja online.

ADVERTISEMENT

Baca juga: Cara Menambahkan Fitur Refund pada WooCommerce

Beberapa istilah dalam dunia belanja online perlu Anda ketahui agar lebih nyaman saat bertransaksi di toko online.

Bagi Anda yang ingin menjadi pelanggan belanja online yang cerdas, maka Anda harus memahami benar istilah-istilah transaksi online yang ada.

Berikut ini adalah 3 istilah belanja di online shop yang seringkali menjadikan pelanggan atau konsumen bingung:

1. Return

Return adalah penukaran barang yang sebelumnya sudah dibeli dengan barang lainnya karena alasan tertentu.

Misalnya Anda membeli sebuah celana Levi’s berukuran L di toko online, namun barang yang dikirimkan adalah celana Levi’s berukuran XL.

Pada kasus ini, Anda dapat mengajukan return kepada toko online agar mendapatkan celana sesuai dengan ukuran yang telah Anda pesan.

ADVERTISEMENT

 

2. Refund

Refund artinya transaksi yang dibatalkan. Refund biasanya dilakukan karena barang yang diterima oleh pembeli tidak sesuai keinginan ataupun rusak.

Dengan mengajukan refund, Anda dapat mengirimkan kembali barang yang tidak sesuai/rusak tersebut kepada penjual, kemudian penjual atau toko online tersebut akan mengembalikan uang Anda.

 

3. Reject

Reject dalam Bahasa Indonesia berarti penolakan. Dalam transaksi belanja online, reject diartikan sebagai barang yang diterima dalam kondisi tidak baik atau ditemukan adanya cacat.

 

 

Itu dia beberapa istilah yang sering digunakan dalam dunia belanja online. Pastikan Anda mengetahui perbedaannya agar tidak tertipu atau terkecoh saat berbelanja online, ya! Terutama perbedaan antara return dan refund yang seringkali dianggap sama.

Dengan mengetahui istilah-istilah penting ini, Anda akan merasa aman dan nyaman ketika berbelanja di toko online karena tidak khawatir apabila ingin melakukan penukaran ataupun pengembalian apabila barang yang diantarkan tidak sesuai.

ADVERTISEMENT

Dengan Plugin Refund Request Tonjoo, penukaran barang maupun pengembalian uang menjadi mudah! Tertarik untuk mencoba? Plugin Refund bisa Anda dapatkan di laman berikut: https://tonjoostudio.com/product/plugin-refund/

 

Artikel terkait: Bagaimana Proses Refund di Toko Online? Simak di Sini!

Ada yang tahu kalau pluginongkoskirim.com sudah memiliki fitur cek resi? Ya, kalian sekarang bisa melacak kode resi pengiriman barang dari JNE, J&T, POS, Wahana, & SiCepat serta kurir ekspedisi lainnya. Yuk, kunjungi linknya disini ==> https://pluginongkoskirim.com/cek-resi/

Author
WRITTEN BY

Nisa Husnainna

Nisa is a technical and marketing Content Writer at Tonjoo. She was previously writing for a multinational IT company and also a Reporter at her campus magazine. Since High School, she has been writing at her blog and discovered her passion in blogging. When she's not working, she enjoys traveling, reading, cooking, and try new things.
ADVERTISEMENT

Related Post

Daftar Lengkap Kantor SiCepat di Jakarta Hingga Jam Buka

12 Aug 2020 BY Ifan Prasya

Buat Anda yang sedang mencari data alamat kantor SiCepat di Jakarta dan sekitarnya; baik kantor pusat dan agen, scroll sampai bawah ya. Akan ada tambahan informasi jam buka dan nomor …

12 Tips Memilih Hosting Terbaik untuk Toko Online

11 Dec 2019 BY Nisa Husnainna

Tips Memilih Hosting Terbaik – Bagi para developer, blogger, pemilik usaha kecil yang ingin membuat toko online, dan lainnya, mempelajari cara memilih hosting adalah seperti mencari Mr. Right. Sebenarnya pertanyaan …

8 Tips Aman Menerima Paket Saat Pandemi Virus Corona

15 Dec 2020 BY Mufti Syawaludin

Tips Menerima Paket Saat Pandemi. Sejak wabah virus melanda dan adanya aturan dari pemerintah social distancing yang membatasi kegiatan di luar rumah. Sehingga kebanyakan orang melakukan belanja online selama pandemi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *