10 Cara Membuat Deskripsi Produk yang Menarik + Contohnya [Lengkap]

Ayu Triworo 20 May 2022 8 Menit 0

Pembuatan deskripsi toko dan produk pada online marketing sangat mempengaruhi tingkat penjualan. Semakin menarik deskripsi, semakin kuat memikat calon pelanggan. Lantas, bagaimana cara membuat deskripsi produk yang menarik?

Bagi sebagian pebisnis, pembuatan deksripsi produk maupun toko mungkin cukup menyulitkan dan menyita waktu. Sehingga lebih banyak menyerahkan pekerjaan tersebut pada content writer.

Padahal jika ingin memulai sendiri tidak akan sulit, kok. Membuat deskripsi produk bisa dipelajari bahkan dikuasai pemula sekalipun. Nah, untuk membantu, Anda bisa ikuti tips, trik serta cara pembuatannya melalui artikel berikut.

Apa Itu Deskripsi Produk?

Deskripsi produk merupakan rangkaian kalimat / uraian detail sebuah produk yang meliputi harga, jenis produk, ukuran, bahan, keunggulan, varian, dan lain sebagainya.

Dalam memulai bisnis online, deskripsi produk merupakan faktor penting yang mempengaruhi penjualan. Sebab deskripsi produk harus selalu tampil pada setiap unggahan produk yang ingin dijual.

Apabila produk online tidak menampilkan deskripsi akan menyulitkan calon pembeli. Karena mereka tidak bisa mengetahui bagaimana kualitas, spesifikasi serta kelebihan barang.

Bahkan, produk yang sudah memiliki deskripsi saja belum tentu laku. Makanya, dalam pembuatan deskripsi produk baju, jasa maupun produk makanan online haruslah benar-benar menarik.

Tujuannya agar produk dapat mengundang calon pelanggan untuk membeli produk Anda.

Apa Saja Isi Deskripsi Produk?

Dikutip dari situs resmi seller Tokopedia, deskripsi produk yang baik minimal harus mencakup beberapa aspek berikut ini:

  • Spesifikasi / fitur produk
  • Keunggulan produk
  • Kelengkapan produk
  • Garansi Produk
  • Varian yang tersedia (warna, ukuran, model, dll)

Untuk produk makanan, sebaiknya cantumkan juga tanggal kadaluarsa. Jika Anda melakukan penjualan melalui marketplace bisa juga mencatumkan layanan logistik atau jasa ekspedisi yang Anda sediakan.

Cara Membuat Deskripsi Produk yang Menarik

Bagaimana membuat deskripsi produk yang terbaik sehingga pelanggan akan membeli produk Anda? Memang gampang-gampang susah, penulisan deskripsi produk yang baik dan menarik tidak boleh dianggap remeh.

Selain label produk, kebanyakan konsumen juga akan melihat deskripsi produk sebelum melakukan pembelian. Maka dari itu, dalam membuat deskripsi perlu menggunakan kalimat menarik yang dapat memikat pembeli.

Dalam penulisan deskripsi produk jualan online, ada beberapa tips serta trik yang perlu Anda terapkan agar penjualan semakin menguntungkan. Apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Pahami Produk yang Ingin Dijual

Sebelum membuat deskripsi produk, hal pertama yang harus Anda kuasai adalah seluruh aspek mengenai produk itu sendiri. Yups, untuk menjualnya ke orang lain, Anda perlu mengetahui apa manfaat, kelebihan serta keuntungan menggunakan produk tersebut.

Jangan lupa ketahui juga apa kelebihannya dibandingkan produk sejenis lainnya. Dengan begitu, Anda bisa lebih meyakinkan calon pelanggan untuk membeli barang.

Alangkah baiknya jika Anda memiliki testimoni untuk memperkuat statement yang akan Anda sertakan pada deskripsi nantinya.

2. Kenali Target Pasar

Setelah menguasai semua hal mengenai produk, selanjutnya Anda wajib mengenali target pasar yang ingin disasar. Target pasar di sini maksudnya adalah kelompok orang yang akan menjadi calon pelanggan produk Anda.

Untuk mendeteksinya, Anda bisa mengkategorikan produk terlebih dahulu. Misal, produk lebih cocok untuk siapa. Hal ini bisa dikelompokkan melalui jenis kelamin, usia, lokasi, minat, dan berbagai faktor lainnya.

Misalnya, jika Anda ingin menjual produk tas kerja untuk kalangan paruh, tentu bahasa yang dipakai dalam deskripsi produk lebih formal. Berbeda ketika membuat deskripsi produk aksesoris yang biasanya disukai kalangan muda mudi.

Dengan mengidentifikasi siapa target pasar, maka akan membantu Anda untuk menggunakan bahasa seperti apa yang cocok untuk deskripsi produk.

3. Detail, Padat & Jelas

Meskipun ada banyak hal yang ingin disampaikan dalam deskripsi produk, jangan juga menggunakan kalimat panjang yang bertele-tele. Usahakan informasi produk Anda sampaikan secara lengkap, detail, namun jelas, ringkas dan padat.

Hindari penulisan menggunakan paragraf panjang atau bersusun-susun karena akan sangat membosankan. Sebaiknya gunakan struktur kalimat yang mudah dipahami dan enak dibaca.

Untuk membuat deskripsi produk yang enak dibaca, Anda bisa terapkan beberapa tips di bawah ini:

  • Menggunakan poin-poin dengan bullets atau penomoran.
  • Tuliskan informasi penting di bagian awal deskripsi.
  • Gunakan kalimat yang singkat, padat, berisi dan jelas.

4. Tonjolkan Keunggulan & Manfaat Produk

Dalam pembuatan deskripsi, salah satu hal yang tidak boleh terlewat adalah menuliskan kelebihan dan manfaat produk. Kualitas produk merupakan daya tarik yang mengundang pelanggan mau membeli barang Anda.

Pages: 1 2 3 4

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ayu Triworo
Ditulis oleh

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~

Leave a Reply

Your email address will not be published.