ADVERTISEMENT

10 Cara Membuat Deskripsi Produk yang Menarik + Contohnya [Lengkap]

Posted on 20 Mei 2022 By Ayu Triworo
ADVERTISEMENT

Pembuatan deskripsi toko dan produk pada online marketing sangat mempengaruhi tingkat penjualan. Semakin menarik deskripsi, semakin kuat memikat calon pelanggan. Lantas, bagaimana cara membuat deskripsi produk yang menarik?

Bagi sebagian pebisnis, pembuatan deksripsi produk maupun toko mungkin cukup menyulitkan dan menyita waktu. Sehingga lebih banyak menyerahkan pekerjaan tersebut pada content writer.

Padahal jika ingin memulai sendiri tidak akan sulit, kok. Membuat deskripsi produk bisa dipelajari bahkan dikuasai pemula sekalipun. Nah, untuk membantu, Anda bisa ikuti tips, trik serta cara pembuatannya melalui artikel berikut.

ADVERTISEMENT

Apa Itu Deskripsi Produk?

Deskripsi produk merupakan rangkaian kalimat / uraian detail sebuah produk yang meliputi harga,  jenis produk, ukuran, bahan, keunggulan, varian, dan lain sebagainya.

Dalam memulai bisnis online, deskripsi produk merupakan faktor penting yang mempengaruhi penjualan. Sebab deskripsi produk harus selalu tampil pada setiap unggahan produk yang ingin dijual.

Apabila produk online tidak menampilkan deskripsi akan menyulitkan calon pembeli. Karena mereka tidak bisa mengetahui bagaimana kualitas, spesifikasi serta kelebihan barang.

Bahkan, produk yang sudah memiliki deskripsi saja belum tentu laku. Makanya, dalam pembuatan deskripsi produk baju, jasa maupun produk makanan online haruslah benar-benar menarik. 

ADVERTISEMENT

Tujuannya agar produk dapat mengundang calon pelanggan untuk membeli produk Anda.

Apa Saja Isi Deskripsi Produk?

Dikutip dari situs resmi seller Tokopedia, deskripsi produk yang baik minimal harus mencakup beberapa aspek berikut ini:

  • Spesifikasi / fitur produk
  • Keunggulan produk
  • Kelengkapan produk
  • Garansi Produk
  • Varian yang tersedia (warna, ukuran, model, dll)

Untuk produk makanan, sebaiknya cantumkan juga tanggal kadaluarsa. Jika Anda melakukan penjualan melalui marketplace bisa juga mencatumkan layanan logistik atau jasa ekspedisi yang Anda sediakan.

Cara Membuat Deskripsi Produk yang Menarik

Bagaimana membuat deskripsi produk yang terbaik sehingga pelanggan akan membeli produk Anda? Memang gampang-gampang susah, penulisan deskripsi produk yang baik dan menarik tidak boleh dianggap remeh. 

Selain label produk, kebanyakan konsumen juga akan melihat deskripsi produk sebelum melakukan pembelian. Maka dari itu, dalam membuat deskripsi perlu menggunakan kalimat menarik yang dapat memikat pembeli.

ADVERTISEMENT

Dalam penulisan deskripsi produk jualan online, ada beberapa tips serta trik yang perlu Anda terapkan agar penjualan semakin menguntungkan. Apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini.

 1. Pahami Produk yang Ingin Dijual

Sebelum membuat deskripsi produk, hal pertama yang harus Anda kuasai adalah seluruh aspek mengenai produk itu sendiri. Yups, untuk menjualnya ke orang lain, Anda perlu mengetahui apa manfaat, kelebihan serta keuntungan menggunakan produk tersebut.

Jangan lupa ketahui juga apa kelebihannya dibandingkan produk sejenis lainnya. Dengan begitu,  Anda bisa lebih meyakinkan calon pelanggan untuk membeli barang.

Alangkah baiknya jika Anda memiliki testimoni untuk memperkuat statement yang akan Anda sertakan pada deskripsi nantinya.

2. Kenali Target Pasar

Setelah menguasai semua hal mengenai produk, selanjutnya Anda wajib mengenali target pasar yang ingin disasar. Target pasar di sini maksudnya adalah kelompok orang yang akan menjadi calon pelanggan produk Anda.

ADVERTISEMENT

Untuk mendeteksinya, Anda bisa mengkategorikan produk terlebih dahulu. Misal, produk lebih cocok untuk siapa. Hal ini bisa dikelompokkan melalui jenis kelamin, usia, lokasi, minat, dan berbagai faktor lainnya.

Misalnya, jika Anda ingin menjual produk tas kerja untuk kalangan paruh, tentu bahasa yang dipakai dalam deskripsi produk lebih formal. Berbeda ketika membuat deskripsi produk aksesoris yang biasanya disukai kalangan muda mudi.

Dengan mengidentifikasi siapa target pasar, maka akan membantu Anda untuk menggunakan bahasa seperti apa yang cocok untuk deskripsi produk.

3. Detail, Padat & Jelas

Meskipun ada banyak hal yang ingin disampaikan dalam deskripsi produk, jangan juga menggunakan kalimat panjang yang bertele-tele. Usahakan informasi produk Anda sampaikan secara lengkap, detail, namun jelas, ringkas dan padat.

Hindari penulisan menggunakan paragraf panjang atau bersusun-susun karena akan sangat membosankan. Sebaiknya gunakan struktur kalimat yang mudah dipahami dan enak dibaca.

Untuk membuat deskripsi produk yang enak dibaca, Anda bisa terapkan beberapa tips di bawah ini:

  • Menggunakan poin-poin dengan bullets atau penomoran. 
  • Tuliskan informasi penting di bagian awal deskripsi.
  • Gunakan kalimat yang singkat, padat, berisi dan jelas.

4. Tonjolkan Keunggulan & Manfaat Produk

Dalam pembuatan deskripsi, salah satu hal yang tidak boleh terlewat adalah menuliskan kelebihan dan manfaat produk. Kualitas produk merupakan daya tarik yang mengundang pelanggan mau membeli barang Anda.

Oleh karena itu, berikan penjelasan mengenai kualitas dan daya tarik produk dengan bahasa semenarik mungkin. Sertakan juga fitur-fitur yang menjadi keunggulan produk tersebut.

Detail mengenai manfaat tidak hanya sebatas pada produk saja. Anda bisa menuliskan manfaat apa saja yang diperoleh melalui produk tersebut. Namun ingat, jangan sampai Anda membandingkan dengan merk lain karena dapat merusak citra Anda sendiri.

5. Menarik Perhatian

Jangan hanya fokus pada isi konten, Anda juga perlu memperhatikan aspek penulisan. Jangan sampai bahasa yang Anda gunakan terlalu monoton sehingga tidak jauh beda dengan toko lainnya.

Hindari penggunaaan kata yang itu-itu saja. Sebaliknya, gunakan kalimat atraktif, unik yang bisa menarik perhatian calon pembeli.

Jika memungkinkan, Anda bisa selipkan Bahasa Inggris untuk menambah citra toko agar terkesan profesional. Selain itu, Anda juga bisa kombinasikan kalimat statement dengan pantun, kalimat perintah, atau bahkan pantun.

Tak ada salahnya jika Anda mencoba berkomunikasi dengan pelanggan melalui deskripsi. Caranya dengan menggunakan kalimat komunikatif. Atau dengan melengkapi deskripsi pertanyaan yang mungkin ditanyakan oleh calon pembeli.

Beberapa pertanyaan yang bisa Anda selipkan dalam deskripsi produk bisa terkait garansi, cara tukar produk, tanggal kadaluarsa, dan sebagainya.

6. Tambahkan Pesan Menyentuh

Cara membuat deskripsi produk yang menarik selanjutnya yaitu dengan melibatkan sisi emosional pembeli. Terlihat sepele, tapi cara ini cukup ampuh untuk memikat calon pembeli.

Salah satu caranya dengan menyelipkan pesan menyentuh ke dalam deskripsi. Atau bisa juga dengan menggunakan kalimat story telling. Ajaklah audiens untuk menghayati kalimat yang Anda sampaikan.

Dengan pembahasaan yang baik, pembeli akan mudah terpancing emosi dan akhirnya merasa memiliki keterlibatan dengan produk yang ditawarkan. Jika sudha begitu, tinggal selangkah lagi produk bisa laku terjual.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan beberapa pengalaman pribadi yang mungkin dialami oleh sebagian audiens. Biasanya dengan trik ini audiens akan lebih mudah tertarik dan mau membeli produk.

7. Pakai Bahasa yang Natural

Mungkin deskripsi produk Anda sudah menggunakan kalimat variatif, tapi apakah enak dibaca? Jangan sampai kalimat jadi malah terdengar kaku dan tidak friendly.

Jika masih terlihat aneh, Anda bisa ubah penggunaan kalimat dan menata kembali tone nya. Ada baiknya Anda gunakan bahasa yang komunikatif dan natural agar produk mudah terhubung dengan audiens.

Salah satu tips yang bisa Anda terapkan yaitu dengan menuliskan kosa kata yang umum dan mudah dipahami. Hindari kalimat bertele-tele dan berulang-ulang karena akan sangat membosankan.

Tips lainnya bisa dengan memasukkan kalimat persuasif. Kalimat persuasif ini bisa Anda sematkan di akhir deskripsi menggunakan bahasa yang singkat dan jelas.

8. Gunakan Teks Skimming-Friendly

Tips selanjutnya yaitu dengan menggunakan teks yang mudah di-skimming. Artinya, audiens bisa langsung menemukan informasi penting tanpa perlu membaca dari awal sampai akhir.

Mengapa harus menggunakan teks yang skimming-friendly? Tahukah Anda? Sebagian besar audiens hanya mau membaca 16% informasi yang tampil di deskripsi produk.

Hal ini menunjukkan bahwa mereka tidak mau berlama-lama membaca teks. Mereka hanya akan mencari informasi yang penting-penting saja, tanpa mau membaca keseluruhan artikel.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk membuat paragraf deksripsi seefektif dan sepadat mungkin. Caranya bisa dengan menerapkan tips berikut:

  • Bedakan ukuran huruf pada bagian judul dengan isi deskripsi. Untuk judul, sebaiknya gunakan font size lebih besar, bisa ditambahi bold. Sementara untuk paragraf, ukuran lebih kecil, gunakan underline atau italic pada poin-point penting.
  • Gunakan poin-poin dengan penomoran atau bullets. Untuk bagian ini, Anda bisa gunakan untuk membuat list spesifikasi atau kelebihan produk.
  • Buat teks deskripsi yang ringkas. Buatlah paragraf yang simpel dengan tambahan ruang atau white space diantara paragraf.

9. Terapkan SEO

Menerapkan SEO dalam penulisan deskripsi jualan online tak kalah pentingnya. SEO adalah salah satu kunci keberhasilan pembuatan deskripsi produk. Selain harus human friendly, deskripsi produk juga perlu SEO friendly. 

Dengan mengikuti kaidah SEO, produk akan lebih mudah ditemukan oleh pembeli di mesin pencarian. Baik itu Google, pencarian Shopee, Tokopedia atau platform ecommerce lainnya.

Oleh karena itu, apapun platform jualan online yang Anda gunakan, selalu pakai keyword yang sesuai dengan produk serta gunakan kaidah SEO. Anda bisa lakukan riset keyword terlebih dahulu sebelum membuat deskripsi.

Beberapa tools yang tersedia untuk riset keyword gratis diantaranya adalah:

  • Ubbersuggest
  • Google Search Console
  • Google Keyword Planner
  • Google Trends
  • Google Analytics
  • Wordtracker
  • Keyword.tool.io
  • Moz
  • dan tools lain yang tersedia di platform Shopee, Tokopedia, Instagram, dll.

Dari riset tersebut, masukkan keyword sesuai ke dalam deskripsi kemudian susun menjadi paragraf yang menarik dan mengundang perhatian pembeli.

Ingat, tetap gunakan bahasa natural dan komunikatif ya, jangan hanya terpaku pada sistem SEO karena bisa jadi tulisan Anda malah tidak human friendly. 

10. Kombinasikan dengan Gambar & Background Sesuai

Selanjutnya, Anda bisa mengkombinasikan teks dengan foto produk serta gambar latar yang match dan sesuai. Pemilihan gambar dan background juga harus pas ya, jangan asal bagus saja.

Gunakan foto yang lebih menonjolkan produk tanpa ada tambahan aksesn lainnya. Fokuskan kamera pada produk dan gunakan sisi latarnya dengan efek blur.

Hindari background foto yang ramai dan aneka warna. Sebaliknya, gunakan latar dominan warna putih atua warna cerah yang sesuai dengan desain produk Anda.

11. Tambahkan Hashtag Sesuai

Selain isi paragraf, jika Anda menjual produk di marketplace maka perlu juga menyertakan hashtag ke dalam deskripsi produk. Hashtag berfungsi layaknya keyword yang dapat memudahkan pembeli menemukan barang Anda.

Dengan adanya hashtag, maka produk Anda akan secara otomatis masuk ke dalam kategori produk sejenis. Hal ini akan lebih memudahkan pembeli untuk menemukan barang Anda saat melakukan riset.

12. Buat Semua Aspek Lebih Simpel

Tips terakhir adalah membuat semua aspek nampak lebih simpel dan sederhana. Perlu Anda ingat, di sini Anda sedang membuat deskripsi produk, bukanlah artikel. Jadi, usahakan sesimpel dan sesederhana mungkin.

Hindari deskripsi yang terkesan bertele-tele dan panjang. Sebab, audiens cenderung akan semakin malas membaca deskripsi produk Anda.

Masukkan saja poin-poin penting, seperti spesifikasi produk, keunggulan, dll. Selain itu, Anda juga harus paham detail apa saja yang ingin diketahui audiens melalui deskripsi. Dengan begitu, deskripsi akan lebih tepat sasaran.

Contoh Deskripsi Toko & Produk yang Menarik

Buat kalian yang masih bingung menerapkan tips dan trik di atas, berikut contoh deskripsi produk yang menarik yang bisa dijadikan referensi sekaligus inspirasi.

1. Contoh Deskripsi Produk Makanan

Bumbu dapur ABC dibuat dari bahan-bahan alami pilihan tanpa menggunakan bahan kimia tambahan dan bebas dari MSG atau pengawet. Cita rasa khas rempah Indonesia akan membuat masakan Anda seperti masakan restoran.

Ada banyak pilihan bumbu dapur yang bisa Anda coba untuk masakan rumah. Berikan rasa terbaik untuk keluarga tercinta dengan Bumbu Dapur ABC.

Dikutip dari kitalulus.com

2. Contoh Deskripsi Produk Jasa

Jasa Bersih Rumah GHI bisa membantu membersihkan rumah Anda dalam waktu 90 menit. Mulai dari sela-sela yang sulit dijangkau, deep cleaning, hingga membersihkan kasur dan sofa Anda dari tungau dan kutu kasur.

Cukup pesan melalui aplikasi atau hubungi nomor yang tertera. Bersihkan rumah Anda dari debu dan tungau bersama Jasa Bersih Rumah GHI.

Sumber: kitalulus.com

3. Contoh Deskripsi Produk Skincare

Dengan menggunakan bahan-bahan natural dan alami, produk DEF bisa membantu mengatasi masalah kulit kusam dan berjerawat dalam tiga hari.

Gunakan secara rutin setiap kali selesai mencuci muka. Ratakan ke seluruh wajah dan diamkan 15 menit sampai kandungannya meresap semua. Rasakan sendiri kulit bersih dan bersinar dalam waktu tiga hari.

Sumber: kitalulus.com

4. Contoh Deskripsi Produk di Tokopedia

# GARANSI RESMI GRB SKMEI 3 BULAN #

-Produk dijamin 100% Baru dan Original (Pada bagian Belakang Terdapat Logo GRB SKMEI)

-Produk GRB SKMEIDijamin Water Resistant dan Waterproof

-ProdukTerdapat Kartu Garansi Resmi PT.GRB SMEI, Selaku Distributor Resmi di Indonesia

BOX Kaleng Trjual PISAH, Silahakna cek di link. 

BRAND: SKMEI

Model: 1278

Tail/Strap: Rubber/Karet

Dial Diameter: 39 mm

Dial Thickness: 13 mm

Strap Eidth: 18 mm

Strap Length: 240 mm

FITUR:

-2 TIME

-DATE

-CHRONO / STOPWATCH

-COUNTDOWN

50M WATERPROOF

Sumber: seller.tokopedia.com

5. Contoh Deskripsi Produk Tas yang Menarik

Tas Perlengkapan Bayi | Diaper Bag | Tas Multifungsi 2 in 1 Kasur Tidur Ganti Popok Kiddie Splash

Inovasi Baru Tas Bayi Multifungsi 2 in 1 New Normal

Laman: 1 2

Author
WRITTEN BY

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~
ADVERTISEMENT

Related Post

Bagaimana Proses Refund di Toko Online? Simak di Sini!

25 Apr 2019 BY Nisa Husnainna

Proses Refund di Toko Online – Apakah Anda pernah berbelanja di toko online namun barang yang datang tidak sesuai dengan pesanan Anda? Misalnya tidak sesuai ukuran, beda warna, atau bahkan …

Midtrans vs Doku, Mana Payment Gateway yang Terbaik?

3 Apr 2019 BY Nisa Husnainna

Setelah sebelumnya kita membahas tentang 5 Plus Minus Payment Gateway untuk Toko Online, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang dua payment gateway yang paling populer di Indonesia, yaitu …

Daftar Lengkap Kantor SiCepat di Bandung

29 Apr 2020 BY Nisa Husnainna

Table of Contents Daftar Lengkap Kantor dan Agen SiCepat di Bandung – Kami kembali menghadirkan daftar Kantor dan Agen SiCepat di Kota Bandung, Ciamis, dan Bandung Barat untuk Anda yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *