ADVERTISEMENT

Contoh Slip Gaji Karyawan dalam Format Word, Excel, dan PDF Gak Pake Ribet

Posted on 20 Mei 2022 By Mufid Hanif
ADVERTISEMENT

Setiap karyawan pasti menunggu momen gajian, akhirnya jerih payah kerja bisa terbayarkan. Jika Anda butuh Contoh Slip Gaji Karyawan untuk suatu urusan, seperti mengurus surat keterangan penghasilan, pengajuan kredit, atau mengurus pajak, Anda datang di artikel yang tepat.

Jangan khawatir, artikel ini menyediakan beberapa contoh bukti penerimaan gaji karyawan yang bisa Anda edit menggunakan Word maupun Excel.

Namun, sebelum lebih lanjut mengunduh template slip gaji, mungkin Anda juga ingin tahu mengenai serba-serbi slip gaji. Simak terus artikel di bawah.

ADVERTISEMENT

1.       Mengenal slip gaji

Slip Gaji adalah dokumen yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk diberikan kepada karyawan. Waktu pemberiannya biasanya menyesuaikan dengan waktu pemberian gaji. Jadi, umumnya slip gaji diberikan Bersama dengan gaji dengan frekuensi satu bulan sekali.

Fungsi dari slip gaji ini adalah sebagai bukti bahwa perusahaan telah menjalankan kewajibannya untuk memberi upah sebagai pemberi pekerjaan. Selain itu, slip gaji juga bisa digunakan karyawan untuk memohon kartu kredit atau untuk melakukan negosiasi gaji di perusahaan baru.

Slip gaji ini penting bagi karyawan. Meski begitu, beberapa pekerjaan di setor informal sering kali tidak menyertakan slip gaji. Tidak masalah, dengan menggunakan contoh di bawah ini Anda pasti bisa meminta pemberi pekerjaan kalian untuk dibuatkan slip gaji.

Slip gaji hadir dalam berbagi format. Beberapa perusahaan juga menggunakan software payroll yang bisa mencetak slip gaji secara otomatis. Anda juga bisa lho, membuat slip gaji dengan menggunakan Microsoft Word atau Microsoft Excel.

ADVERTISEMENT

1.2 Siapa yang berhak mengeluarkan slip gaji?

Perlu diketahui, Anda tidak bisa membuat slip gaji sendiri tanpa sepengetahuan perusahaan. Yang berhak mengeluarkan slip gaji adalah perusahaan yang mempekerjakan Anda. Biasanya ini juga diatur oleh bagian HR.

Jika perusahaan atau pemberi pekerjaan Anda tidak memberikan slip gaji, Anda bisa saja meminta kepada HRD atau membuat slip gaji menggunakan template atau format di bawah, kemudian konsultasikan kepada HRD Anda.

1.3 Apakah perusahaan wajib memberikan slip gaji?

Mungkin, banyak perusahaan di luar sana yang tidak memberikan slip gaji kepada karyawan. Padahal, Jika mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 Pasal Pasal 17 Ayat 2 tentang Pengupahan, maka sebenarnya perusahaan wajib memberikan slip gaji kepada karyawanya.

Bunyi pasal tersebut adalah seperti berikut.

“Pengusaha wajib memberikan bukti pembayaran upah yang memuat rincian upah yang diterima oleh Pekerja / Buruh pada saat upah dibayarkan.”

ADVERTISEMENT

Jadi jika Anda membutuhkan slip gaji tetapi perusahaan tidak memberinya, Anda sebenarnya berhak untuk memintanya kepada HRD perusahaan.

1.1 Apa saja isi slip gaji?

Dalam membuat slip gaji, perlu dicermati beberapa komponen yang semestinya ada di dalam slip gaji. Anda juga bisa mencermati apakah komponen ini sudah masuk dalam template atau format slip gaji yang Anda buat.

– Nama, Logo, dan Alamat perusahaan

Umumnya, informasi mengenai perusahaan pemberi upah ini berada di paling atas. Ini bisa menjadi bukti bahwa perusahaan tersebut memang benar telah memberikan gaji kepada pekerjanya. Ini merupakan bukti identitas dan bentuk pertanggung-jawaban perusahaan terhadap karyawanya.

– Identitas penerima gaji

ADVERTISEMENT

Slip gaji juga seharusnya mencantumkan data dari penerima gaji, mulai dari status kepegawaian, jabatan, dan alamat.

– Periode Gaji

HR tentunya akan memasukkan periode gaji yang sesuai dengan waktu bekerja dan waktu pemberian gajinya. Umumnya, periode gaji menggunakan bulan.

– Rinjian Gaji, seperti Bonus, Tunjangan, dan Pengurangan.

Format ini diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 78 tahun 2015 Pasal 5. Disitu disebutkan bahwa slip gaji harus memiliki rincian yang berupa:

  • Upah tanpa tunjangan
  • Upah pokok dan tunjangnan tetap
  • Tunjangan tidak tetap

Jadi, slip gaji harus mencantumkan take home pay atau jumlah total yang diterima karyawan,

– Pernyataan Kerahasiaan Dokumen

Seperti yang kita tahu, gaji karyawan itu bersifat rahasia. Dokumen slip gaji memiliki sifat confiental dan tidak bisa ditunjukkan kepada sembarang orang. Oleh karena itu, beberapa slip gaji memberikan peringatan bahwa gaji yang tertulis di slip tersebut tidak boleh ditunjukkan ke sembarang orang.

 

2. Contoh Slip Gaji

Slip gaji bervariasi. Ada yang berbentuk hanya seperti kertas struk pembelian., ada juga yang berbentuk seperti.

Laman: 1 2 3

Author
WRITTEN BY

Mufid Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more
ADVERTISEMENT

Related Post

Daftar Kantor JNE Tomang [Alamat, No Telp & Jam Buka] Terlengkap

7 Feb 2022 BY Ayu Triworo

Anda seller Shopee atau pemiliki toko online yang sedang mencari layanan JNE di kawasan Jakarta Barat? Jangan jauh-jauh, ini daftar sejumlah kantor JNE Tomang yang tersebar di wilayah Grogol, Palmerah, …

Daftar Biaya Kirim Barang ke Jepang via Pos Indonesia, JNE & Kurir Lainnya

7 Jun 2022 BY Ayu Triworo

Biaya kirim barang ke Jepang sebelumnya memang cukup mahal karena jarak yang jauh ditambah pajak ekspor. Tapi seiring banyaknya jasa ekspedisi yang melayani pengiriman luar negeri, tarif nya pun semakin kompetitif. …

Apa Perbedaan Pengiriman Same Day dan Instant Courier?

18 Jan 2021 BY Mufti Syawaludin

Sudah pada tau belum dengan adanya layanan kilat yaitu Same Day dan Instant Courier. Kali ini kita akan bahas perbedaan Same Day Instant Courier. Semua perbedaannya akan kita bahas di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *