ADVERTISEMENT

Cara Melihat Pesanan di TikTok Shop & Cek Resi Pengiriman

Posted on 21 Mei 2022 By Ayu Triworo
ADVERTISEMENT

Cara melihat pesanan di TikTok mungkin agak membingungkan bagi sebagian orang. Secara, TikTok merupakan platform sosial media, bukan marketplace layaknya Shopee atau Tokopedia. 

Setelah mengeluarkan TikTok Shop, TikTok menjadi salah satu tempat belanja online favorit banyak orang. Selain menawarkan produk yang bervariasi, fitur-fitur yang tersedia lengkap dan ramah pengguna.

Salah satu fitur yang ada di TikTok Shop adalah untuk melihat riwayat pesanan sekaligus melacak paket. Dengan fitur ini kamu bisa mengetahui proses transaksi secara langsung sekaligus memantau pengiriman paket hingga sampai tujuan.

ADVERTISEMENT

Bagaimana Cara Melihat Riwayat Pesanan Kita di TikTok?

Belanja di TikTok Shop sebetulnya tidak jauh berbeda dengan belanja melalui ecommerce. Di platform ini, kamu bisa membeli produk, membayar transaksi secara online, hingga mengecek riwayat pesanan.

Kamu pun dapat mengetahui berapa lama waktu pengiriman, estimasi barang sampai, pengajuan retur dan refund dan berbagai hal lain terkait pembelian barang secara online.

Untuk cara melihat pesanan di TikTok sebetulnya sangat mudah. Setiap pengguna bisa melakukannya dengan mengakses menu Pesanan melalui android maupun iphone.

Di menu tersebut, pengguna dapat melihat semua jenis pesanan dan ID pesanan TikTok yang ada di akun masing-masing. Baik pesanan yang belum dibayart, sedang diproses, dikirim atau selesai.

ADVERTISEMENT

Bagaimana dengan caranya? Yuk, simak tutorial selengkapnya di bawah ini.

Cara Melihat Pesanan di TikTok

Untuk melihat riwayat pesanan yang sudah kamu buat di TikTok Shop, langkahnya sebagai berikut:

  • Buka aplikasi TikTok, masuk ke akun belanja dengan username dan password.
  • Di halaman Beranda, klik menu Profile (ikon gambar orang) yang tampil di pojok kiri bawah.
  • Klik menu Pengaturan dan Privasi (ikon titik 3) yang muncul di bagian kanan atas.
  • Scroll ke bawah, pilih Pengaturan Akun.
  • Klik Menu Pesanan. Di menu ini, kamu bisa melihat seluruh detail riwayat pesanan, dari pesanan yang belum dibayar hingga sudah dikirim.
  • Selesai.

Kamu bisa klik Semua Pesanan untuk melihat seluruh pesanan yang sudah terdata di aplikasi. Atau mengklik pesanan di bagian tertentu saja untuk melihat status lebih detail.

Selain melihat detail pesanan, menu ini juga digunakan untuk melakukan pembatalan pesanan. Cara membatalkan pesanan di TikTok hanya berlaku untuk barang yang masih berstatus belum dibayar.

Sementara untuk barang yang sudah dibayar bisa dikembalikan dengan cara menghubungi pihak seller atas persetujuan pihak TikTok.

ADVERTISEMENT

Cara Melacak Pesanan Sudah Sampai Mana

Selain melihat riwayat pesanan, TikTok Shop juga menyediakan fitur untuk melacak pengiriman barang. Dengan begitu kamu bisa mengetahui posisi paket sedang ada dimana dan bisa mempersiapkan uang jika menggunakan sistem COD.

Cara melihat pesanan di TikTok Shop sudah sampai mana tersedia dalam dua pilian, yaitu melalui aplikasi dan nomor resi. Cara cek resi melalui aplikasi bisa dilakukan secara langsung dengan mengakses menu Pesanan seperti di atas.

Sedangkan cara kedua menggunakan cek resi TikTok J&T dan ekspedisi lainnya melalui situs resmi masing-masing. Cara selengkapnya adalah sebagai berikut. 

Melacak Pesanan dari Aplikasi

Untuk melakukan pelacakan pesanan dari aplikasi, langkahnya sebagai berikut:

  • Buka aplikasi TikTok.
  • Login dengan username dan password.
  • Klik menu Profil yang muncul di bagian kanan bawah.
  • Pilih Pengaturan dan Privasi yang ditandai ikon 3 garis di pojok kanan atas.
  • Pada halaman Pengaturan Akun, pilih menu Pesanan.
  • Klik menu Dikirim, pilih dan klik pada bagian pesanan yang ingin dilacak.
  • Pada halaman tersebut, kamu bisa melihat posisi paket sedang berada dimana, estimasi paket sampai serta detail lainnya terkait pengiriman.

Melacak Pesanan dengan Nomor Resi

Selain langsung dari aplikasi, kamu juga bisa melacak pesanan menggunakan nomor resi. Cara ini bisa jadi alternatif apabila sedang mengalami masalah ketika diakses.

ADVERTISEMENT

Caranya cukup mudah:

  • Salin nomor resi pengiriman yang tertera di bagian pesanan dari aplikasi TikTok.
  • Buka web browser di perangkat, kunjungi halaman situs web resmi pengiriman yang ingin kamu lacak.
  • Klik Lacak Paket, tempelkan nomor resi pesanan yang sudah kamu salin tadi.
  • Klik Lacak / Cari.
  • Selesai.

Dengan kedua cara di atas kamu bisa memantau pengiriman pesanan secara real time dan cepat setiap waktu. Jadi, tidak perlu khawatir lagi barang tidak sampai, yaa.

FAQ

Masih ada pertanyaan terkait pesanan di TikTok? Yuk, simak sesi berikut biar tidak ketinggalan informasi.

  • Dimana melihat pesanan TikTok?

Pesanan TikTok bisa kamu lihat di bagian Profil > Pengaturan Akun > Pesanan.

  • Berapa lama pengiriman TikTok Shop?

TikTok Shop menggunakan pengiriman standar atau reguler. Estimasi waktu pengiriman TikTok berkisar antara 3 sampai 5 hari.

  • Pengiriman TikTok lewat apa?

Jasa ekspedisi TikTok Shop bermacam-macam, sesuai pilihan yang disediakan oleh seller. Kebanyakan pengiriman menggunakan ekspedisi populer seperti JNE, JNT, TIKI, SiCepat dan Anteraja.

  • Apakah di TikTok Shop bisa COD?

Umumnya bisa. Beberapa seller memang menyediakan sistem pembayaran COD tapi ada juga yang tidak. Bisa tidaknya COD tergantung seller atau tokonya, apakah menyediakan pembayaran ini atau tidak.

Laman: 1 2

Author
WRITTEN BY

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~
ADVERTISEMENT

Related Post

Cara Menambah Follower Shopee Dengan Mudah [+Keuntungannya]

7 Mei 2021 BY Mufti Syawaludin

Banyaknya pengikut di marketplace berpengaruh besar terhadap meningkatnya penjualan, tanpa terkecuali Shopee. Untuk itu penting sekali bagi Anda mengetahui cara menambah follower Shopee. Pada artikel ini akan disampaikan beberapa langkah-langkahnya …

Mau Tahu 7 Penyebab Belanja Online Jadi Mahal? Ongkos Kirim Salah Satunya!

15 Jul 2018 BY Fadhil Guntur Ashari

Kemudahan untuk belanja online pasti sering membuat kita terlena sehingga kita tidak tahu Penyebab Belanja Online Jadi Mahal. Hanya dengan beberapa klik saja, Anda bisa memilih barang yang Anda inginkan …

11 Tips Belanja Online Agar Aman dan Terhindar Penipuan

11 Des 2020 BY Mufti Syawaludin

Beberapa tips belanja online aman yang dapat Anda gunakan saat belanja online, karena kasus penipuan online shop masih marak terjadi hingga saat ini. Kemudahan belanja online membuat peluang bisnis online …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *