ADVERTISEMENT

Cara Bisnis Online Baju Modal Kecil untuk Pemula Lengkap

Posted on 22 Mei 2022 By Mufid Hanif
ADVERTISEMENT

ingin memulai bisnis fashion tapi tidak punya display baju? tidak masalah, sekarang ada cara bisnis online baju tanpa perlu sewa butik.

Dengan menggunakan Instagram, TikTok, Facebook, atau media sosial media lainya kamu sudah bisa memulai memasarkan produk baju kamu. Masih belum yakin? Simak terus artikel ini dan temukan alasan kenapa bisnis fashion secara online itu menguntungkan dan juga bagaimana cara memulainya.

1.       mengapa bisnis online baju menguntungkan

di tengah kemajuan internet ini, bisnis online semakin menguntungkan saja. Ada banyak keuntungan untuk memulai bisnis busana ini secara online. Berikut beberapa manfaat berjualan baju online.

ADVERTISEMENT

 

  • Potensi bisnis yang besar

Semua orang pasti mengenakan baju dan tidak ada yang mau tampil jelek. Bahkan, beberpa orang ingin tampil keren dengan baju yang dia pakai. Maka, jangan heran orang bisa memiliki koleksi baju yang bertumpuk-tumpuk. Bahkan ada momen dimana orang berduyun-duyun mencari baju, seperti momen lebaran misalnya.

jadi, penjual baju akan selalu dibutuhkan orang, karena pakaian adalah kebutuhan utama dan orang ingin selalu tampil menarik.

  • Modal minim

Dibanding dengan bisnis lain seperti bisnis makanan, bisnis baju termasuk minim modal. Bahkan kamu bisa memulainya dengan modal dengkul, alias modal usaha saja. Dengan adanya sistem dropshipper, kamu tidak perlu Gudang. Ini tentunya memudahkanmu untuk memulai bisnis di bidang baju.

ADVERTISEMENT

Tunggu apalagi, kamu bisa memulai mencari mitra vendor atau supplier yang bisa dropship, sehingga urusan pengiriman sudah diatur oleh mitra.

  • Distribusi mudah

Mengirimkan produk baju juga cenderung lebih mudah. Berbeda dengan makanan atau produk elektronik, paking baju cenderung lebih sederhana. Meski begitu, kamu juga bisa membuat packing yang menarik dan kuat untuk menghadirkan kesan premium di produk bajumu.

  • Tidak ada kedaluwarsa

Salah satu keuntungan bisnis baju adalah baju cenderung mudah disimpan dan tahan untuk waktu yang lama. yang paling penting kebersihan dan kelembapan tempat menyimpan baju, sehingga baju tetap kering dan terhindar dari jamur. Tambahkan juga kamper untuk menghalau serangga. Dengan begitu, gudangmu bisa aman menyimpan stok pakaian.

  • Harga fleksibel

Harga baju bisa dinamis mengikuti tren. Contohnya, baju yang populer seperti baju naik turun yang viral di TikTok bisa dibanderol dengan harga yang berkali-kali lipat dari harga awalnya. Begitu juga baju yang populer karena dipakai artis, harganya bisa melambung karena permintaan yang tinggi.

Begitulah beberapa alasan mengapa bisnis fashion online itu menguntungkan. Bisnis fashion akan terus tumbuh dan berkembang. Segera mulai riset pasar untuk menentukan jenis baju dan model bisnis baju yang cocok.

ADVERTISEMENT

2.       bagaimana cara memulai bisnis fashion

setelah memiliki motivasi dan tekad yang bulat untuk memulai bisnis baju online. kamu bisa mengikuti Langkah-langkah berikut untuk memulainya.

1.       Tentukan model bisnis dan spesialisasi toko kamu

Sebelum memulai menjual baju, matangkanlah konsep dan jenis baju yang mau dijual. Mungkin kamu bisa fokus kepada produk baju branded, baju sport, baju muslim, baju K-pop, baju kasual, atau thrift shop. Jika belum memiliki bayangan yang jelas, lihat tren pasar, baju apa yang sekiranya sedang atau akan popular dalam waktu dekat ini.

Selain jenis baju, pertimbangkan juga model bisnis yang akan dijalankan. ada banyak sistem bisnis yang bisa kamu gunakan. Untuk modal nol, kamu bisa menggunakan sistem dropshipper yang minim modal.

Jika kamu memiliki tempat kosong atau space untuk Gudang, kamu juga bisa menyimpan stokmu sendiri. Ini memungkinkanmu untuk memiliki kontrol lebih dan lepas dari ketergantungan supplier dalam mengirimkan barang.

2.       Temukan vendor atau supplier baju yang sesuai

Setelah merencanakan model penjualan dan jenis baju, sekarang kamu bisa mencari di mana kamu bisa mendapatkan baju dengan harga yang sesuai. Selain harga yang cocok, pastikan juga kualitas bajunya sesuai, jadi pelanggan tidak akan kecewa.

ADVERTISEMENT

Ada beberapa cara supaya kamu bisa menemukan tempat kulakan yang cocok. Cobalah mengunjungi pasar induk, pasar grosir, atau mencari kenalan konveksi. Kamu bisa membeli baju dengan volume besar dan harga yang miring. Kamu bisa mengunjungi pasar distributor seperti Tanah Abang, kalau di Jakarta, Pasar Beringharjo kalau di Jogjakarta, atau tempat grosir baju lainya.

Jika kamu memiliki kenalan penjahit, kamu juga bisa bekerja sama untuk membuat baju. Dengan begitu, kamu bisa menjadi UMKM dan memberdayakan masyarakat. Selain itu kamu juga bebas request bahan dan desain sesukamu agar sesuai dengan permintaan pasar.

3.       Buat toko online

Setelah medapatkan deal dari supplier atau vendor, kamu bisa membuka toko online mu. Buka toko online di platform popular seperti shopee, Tokopedia, dan bukalapak.

Perhatikan logo, nama toko, dan foto header agar sesuai dengan tema toko. Jika kamu tidak bisa membuat logo sendiri, kamu bisa menggunakan jasa desainer. toko yang dirancang dengan apik bisa meningkatkan kepercayaan calon pembeli terhadap toko kamu. Sehingga mereka tidak ragu untuk beli.

4.       Lancarkan promosi

Setelah toko jadi, kamu juga bisa mempromosikanya supaya orang bisa lebih mudah menemukan tokomu. Selain menambah jangkauan calon konsumen, dengan adanya halaman Instagram, tokomu jadi lebih professional. Pertimbangkan juga media sosial lain seperti TikTok dan Twitter.

Buat konten dengan foto produkmu yang menarik. Jika ada budget lebih, kamu bisa menggunakan jasa model untuk photo session. Selain itu, gunakan caption yang memikat. Bisa juga ikuti tren challange di sosial media. Dengan begitu, semakin banyak orang yang bisa nyantol di tokomu.

Sementara untuk cara bisnis online baju di facebook, kamu bisa memulainya dari memuat halaman tokomu dan melakukan promosi di group facebook.

Selain media sosial, website juga bisa menjadi platform jualan yang ampuh. Apalagi dengan website, tokomu jadi terkesan lebih professional. Calon konsumen yang mencari produk baju di Google pun bisa lebih mudah menemukanmu lewat website.

Beberapa strategi marketing seperti menggunakan influencer atau KOL. Tentunya ini butuh budget yang lebih besar lagi.

3.       Kesimpulan

Itu dia cara memulai bisnis online baju dengan empat Langkah mudah. Kamu bisa mulai dari riset pasar, kemudian menentukan model bisnis dan jenis baju, membuka toko online, dan lakukan promosi. Modal kecil bukan halangan karena menggunakan toko online dan sosial media itu gratis.

Laman: 1 2

Author
WRITTEN BY

Mufid Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more
ADVERTISEMENT

Related Post

Berapa Penghasilan TikTokers? Ini Gaji Akun Pemula – Terbesar [Lengkap]

19 Mei 2022 BY Ayu Triworo

Sedang booming fenomena artis bermunculan dari sosial media TikTok, influencer hingga konten kreator. Memangnya, berapa penghasilan TikTokers? Apakah gaji TikTok cukup menjanjikan? Penasaran, bukan? Yuk simak informasi selengkapnya mengenai penghasilan …

Cara Cek Resi SAP Express & Cek Ongkir Terlengkap

11 Jan 2022 BY Ayu Triworo

Cara cek resi SAP Express bisa membantu kalian mengetahui keberadaan paket secara cepat dan akurat. Kalau belum tahu gimana caranya, yuk scroll artikel ini sampai selesai.  Customer setia SAP Express …

10 Plugin SEO WordPress Terbaik untuk Toko Online

6 Mar 2020 BY Nisa Husnainna

10 Plugin SEO WordPress Terbaik untuk Toko Online – Siapa yang tidak mau website-nya menduduki peringkat paling atas di mesin pencari? Tentu saja kamu mau website-mu muncul di halaman pertama …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *