ADVERTISEMENT

Cara Riset Hashtag di Instagram Gratis agar Banyak View, 100% Work!

Posted on 23 Mei 2022 By Ayu Triworo
ADVERTISEMENT

Hashtag sangat mempengaruhi tingkat engagement akun IG. Menurut data statistik, penggunaan 1 hashtag dalam postingan berpeluang menjangkau audiens hingga 12,6%.  Lantas, bagaimana sih cara riset hashtag di Instagram?

Secara umum, prinsip riset hashtag Instagram sama dengan riset hashtag TikTok. Anda bisa cari hashtag secara manual menggunakan fitur yang ada di masing-masing aplikasi tersebut.

Selain itu, riset hashtag juga dapat Anda lakukan menggunakan tools dan aplikasi untuk memperoleh hasil terbaik. Kuncinya, riset hashtag perlu dilakukan secara mendalam dan maksimal agar konten tepat sasaran dan mampu meningkatkan engagement.

ADVERTISEMENT

Apakah Hastag Berpengaruh di Instagram?

Tentu saja. Sebuah data menyebutkan penggunaan 1 hashtag yang tepat mampu menaikkan engagement hingga 12,6%. Bayangkan jika seluruh hashtag yang Anda input berpotensi menjangkau audiens. Pasti konten Anda bisa menjangkau audiens lebih luas dna otomatis menambah followers IG!

Hashtag Instagram merupakan fitur untuk mengelompokkan konten sesuai topiknya. Sehingga audiens dapat menemukan postingan yang sesuai minat mereka secara mudah.

Tidak hanya sekedar mengelompokkan konten serta menjadikannya mudah ditemukan, hashtag ternyata sangat efektif untuk menjangkau audiens dan memperoleh lebih banyak pengikut.

Apa Fungsi Hashtag di Instagram?

Hashtag memiliki fungsi vital bagi sebuah akun Instagram. Salah satunya untuk meningkatkan engagement. 

ADVERTISEMENT

Instagram memiliki fitur follow tagar. Artinya, audiens dapat mem-follow sebuah tagar tertentu sesuai dengan konten yang mereka sukai. Misal, Anda memfollow tagar #masakannusantara. Maka menu explore akan penuh konten yang bertagar serupa.

Selain itu, tagar juga berfungsi sebagai keyword di mesin pencarian Instagram. Kata yang terdapat dalam sebuah tagar secara otomatis akan menjadi kata kunci.

Kata tersebut pasti akan muncul di hasi search engine IG ketika ada user lain yang mengetikkan kata kunci berkaitan atau serupa.

Apabila Anda tidak mencantumkan hashtag ke dalam postingan, maka Anda kehilangan peluang untuk ditemukan oleh audiens, baik melalui fitur tagar maupun hasil pencarian IG. Begitu juga jika hashtag yang Anda masukkan kurang tepat, maka jangkauannya bisa lebih kecil.

Sayang bukan? Maka dari itu, penggunaan hashtag harus maksimal agar konten bisa mudah ditemukan oleh pengguna IG. Dengan begitu, engagement akun meningkat dan follower baru pun berdatangan.

ADVERTISEMENT

Bagaimana Cara Riset Hashtag Instagram?

Ada 3 cara riset hashtag Instagram agar banyak view yang bisa Anda pilih yaitu riset dengan cara manual, menggunakan analytic tools dan aplikasi pihak ke-3. Masing-masing caranya akan kita bahas di bawah ini, stay tuned!

Riset Hashtag Secara Manual

Pertama, riset dengan cara manual. Cara ini memanfaatkan fitur yang ada di aplikasi IG, seperti keyword, search engine Instagram, top post, dan sebagainya. Riset manual merupakan cara riset hashtag Instagram gratis, tapi membutuhkan trik khusus serta usaha keras.

Kelebihannya, bisa dilakukan oleh hampir semua pengguna Instagram, meskipun tidak 100% berhasil meningkatkan engagement secara drastis. Jika Anda ingin mencobanya, terapkan beberapa trik berikut.

1. Brainstroming Keyword (Kata Kunci)

Untuk memulai riset, Anda bisa membuat list kata kunci yang memiliki keterkaitan dengan akun bisnis IG. Terutama berhubugan erat dengan konten yang akan diunggah.

Cara memulai brainstorming kata kunci dapat Anda lakukan dengan membuat point-point yang berkaitan dengan postingan:

ADVERTISEMENT
  • Jenis konten yang ingin diposting.
  • Produk yang ditawarkan.
  • Objek postingan.
  • Topik / momen yang mendasari konten.
  • Manfaat produk yang diposting di konten (jika konten jualan).
  • Lokasi bisnis.
  • Target audiens.

Beberapa aspek di atas dapat membantu konten Anda lebih mudah ditemukan oleh follower, khususnya yang memiliki minat yang sama dengan konten yang diunggah.

Setelah membuat catatan mengenai beberapa list di atas, lanjutkan dengan melakukan brainstorsming terhadap keyword yang kemungkinan diketikkan orang agar menemukan konten Anda.

2. Riset Melalui Search Engine (Mesin Pencarian IG)

Setelah membuat daftar list keyword kata kunci dari cara pertama di atas, lanjut dengan mengeceknya di mesin pencarian Instagram. Hal ini bertujuan untuk memastikan apakah tagar tersedia dan sudah pernah dipakai oleh pengguna atau belum.

Riset melalui mesin pencarian IG dapat Anda lakukan dengan cara berikut:

  • Ketikkan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda di kolom pencarian.
  • Pilih menu Tags.
  • Catat 10 – 20 tags yang menarik dan memiliki keterkaitan dengan konten.
  • Eskplor lebih banyak tags melalui hashtag turunan.
  • Pilih menu Accounts untuk memastikan tingkat penggunaan tagar di Instagram.

Pada tahap ini Anda juga bisa mencatat beberapa akun populer, misal akun influencer atau selebgram, yang juga memfollow tagar tersebut. Hal ini akan membantu mengoptimalisasi riset tagar.

3. Riset Hashtag Kompetitor

Trik riset manual selanjutnya bisa Anda coba melalui hashtag yang dipakai oleh kompetitor. Caranya cukup mudah. Anda bisa lihat dan catat hashtag apa saja yang dicantumkan di setiap postingan akun kompetitor yang menjalankan bisnis yang sama.

Hashtag yang tampil di setiap postingan bisa jadi referensi sekaligus gambaran tagar apa yang bisa Anda gunakan nantinya. Bukan itu saja, di akun Instagram kompetitor Anda juga bisa mempelajari berbagai jenis ide konten yang menarik.

4. Manfaatkan Fitur Top Post / Populer

Fitur Top Post atau sekarang Populer merupakan kumpulan konten yang mempunyai kualitas terbaik yang biasanya akan muncul saat pengguna mengetikkan tagar tertentu. Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk mencari tagar yang tepat.

Laman: 1 2

Author
WRITTEN BY

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~
ADVERTISEMENT

Related Post

Daftar Kantor JNE Wonosobo [Alamat, No Telepon, Maps & Jam Buka]

8 Feb 2022 BY Ayu Triworo

Sedang mencari alamat kantor JNE Wonosobo terdekat di daerahmu? Walaupun tidka sebanyak kota lainnya, di Wonosobo ada kantor pusat, agen, dan sub agen yang bisa dikunjungi untuk keperluan kirim atau …

Daftar Lengkap Kantor JNE di Bandung yang Harus Kamu Ketahui

23 Jul 2018 BY Fadhil Guntur Ashari

Jika Anda bertempat tinggal di Bandung dan sedang mencari jasa layanan ekspedisi yang profesional dan berpengalaman di bidangnya, Anda bisa mempercayakannya pada JNE. Oleh karena itu, di sini kami pun …

Arti Kode & Istilah Proses Pengiriman Barang Lion Parcel

31 Agu 2020 BY Ifan Prasya

Buat Anda yang kirim barang pakai Lion Parcel, penting untuk tau arti kode / istilah proses pengiriman yang muncul saat cek resi. Biar tau kondisi terakhir barang kita ada di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *