ADVERTISEMENT

Cara Mendapatkan Centang Biru Verifikasi di Instagram [Cepat & Aman]

Posted on 8 Sep 2021 By Ayu Triworo

Pengen berstatus terverifikasi Instagram agar bisnis online makin lancar? Cara mendapatkan centang biru verifikasi di Instagram bisa cukup membingungkan. Tapi jangan khawatir, di sini kami punya tips dan cara nya. 

Punya simbol centang biru di instagram adalah impian setiap orang, termasuk pebisnis online. Selain jumlah followers, centang biru penting dan berperan besar untuk perkembangan bisnis lewat Instagram. Kenapa demikian?

Copy centang biru instagram adalah bentuk otentikasi yang dapat menambah keunggulan tersendiri bagi sebuah akun. Efeknya bisa lebih mudah dapat follower baru dan mudah melakukan instagram marketing. 

ADVERTISEMENT

Lantas, gimana sih cara meraih status tersebut? Melalui artikel berikut kami akan ulas step by step memperoleh status terverifikasi yang simpel dan nggak pakai lama. 

Namun sebelumnya, mari simak sekilas mengenai apa itu centang biru dan syarat meraih simbol impian di Instagram satu ini. Stay tuned yaa!

Baca Juga: Cara Beriklan di Instagram Ads Untuk Jualan Online.

Apa Sih Fitur Centang Biru?

Coba lihat gambar berikut ini!

deddi corbuzier

source: @mastercorbuzier

Lihat ada simbol (✓) berwarna biru di sisi kanan nama akun? Yups, itulah simbol verified account aka centang biru atau verifikasi Instagram. Simbol tersebut menunjukkan bahwa akun itu otentik milik Deddy Corbuzier dan ini sudah terverifikasi secara resmi oleh Instagram.

Copy centang biru instagram merupakan tanda bahwa akun tersebut adalah akun asli. Akun asli biasanya dimiliki oleh publik figur, selebgram, atau product brand yang direpresentasikan. Berikut beberapa contoh lain. 

ADVERTISEMENT

susi pudjiastuti

source: Instagram @susipudjiastuti115

source: Instagram @meowed

Simbol ✓biru sangat penting karena menjadi pembeda antara akun asli dengan tiruan. Ini sangat berpengaruh bagi publik figur yang lebih rentan mengalami pemalsuan. 

Selain itu, memiliki akun terverifikasi juga banyak keuntungan. Salah satu keuntungan instagram centang biru adalah meningkatkan followers dan mempermudah promosi.  Bisnis di instagram bisa lebih mudah dan cepat berkembang jika kamu terverifikasi dengan menampilkan tanda centang biru di profil.

Siapa yang Bisa Mendapat Centang Biru?

Sebetulnya tidak semua orang atau brand bisa memperoleh gelar verified account. Hanya pengguna tertentu saja, terutama yang memiliki pengikut lebih dari >10.000.   

Bukan cuma akun dengan jumlah follower banyak, artis atau publik figur, ada beberapa jenis akun pengguna yang bisa terverifikasi oleh Instagram.

1. Selebriti

Artis terkenal tentu mempunyai fans dan juga haters yang sangat banyak, begitu juga follower Instagram. Dan mereka lebih rentan mengalami pemalsuan akun. Oleh karena itu, Instagram akan memverifikasi akun mereka secara otomatis. 

ADVERTISEMENT

2. Seniman

Bukan sekedar seniman, syarat untuk mendapatkan lencana biru Instagram adalah seniman populer dan terkenal. Hal ini dikarenakan agar melindungi copyright karya mereka yang ditampilkan di Instagram.

3. Atlet

Atlet yang mendapat ✓ biru yaitu atlet populer dan terkenal di masyarakat. Contohnya seperti Christiano Ronaldo, Greysia Polii, dan lain-lain.

4. Brand Ternama

Banyak akun palsu yang mengaku menjual produk branded seperti Channel, Hermes, atau Nike. Brand produk besar dan mendunia seperti mereka juga bisa mendapatkan lencana biru agar terhindar dari pemalsuan. 

5. Publik Figur / Tokoh Masyarakat

Publik figur yang dimaksud yaitu para tokoh masyarakat seperti politikus, pejabat pemerintah, pemuka agama dan para ahli. 

6. Selebgram

Selebgram masuk dalam daftar akun yang dapat mengautentikasi akun. Hal ini wajar karena mereka punya jumlah followers mencapai ribuan. Untuk menghindari penipuan, Instagram memberi hak kepada mereka untuk mendapat verified account. 

ADVERTISEMENT

7. Akun hits

Banyak sekali akun hits seperti @wowfakta, @lifehack, @9gag dan @dagelan. Mereka memiliki jumlah pengikut yang masif dan berpotensi dipalsukan pihak tak bertanggung jawab. Untuk itu, akun tersebut bisa mengajukan proses verifikasi untuk memasang lencana biru di profil mereka.  

8. Akun dengan like dan follower tinggi

Selain figur di atas, akun yang memiliki like dan follower banyak juga termasuk dalam daftar yang bisa minta verifikasi akun. Pihak Instagram akan mempertimbangkan akun yang mengalami peningkatan like dan follower signifikan. Followermu belum banyak? Tenang, kamu bisa pratikkan cara menambah follower Instagram dengan mudah.

9. Akun pribadi yang banyak dipalsukan

Pihak yang juga bisa meminta verified akun adalah akun pribadi yang di duplikat atau dipalsukan. Jika ada satu akun yang diduplikasi untuk kepentingan tertentu, Instagram akan memverifikasi akun aslinya. Tujuannya satu, agar para pengguna tidak tertipu oleh si akun palsu.

Baca Juga: Tips Jualan di Instagram untuk Pemula. 

Syarat Mendapatkan Centang Biru Instagram

Untuk verified account apa harus terkenal dan punya banyak follower? Berapa followers agar bisa dapat centang biru di instagram? 10.000 jumlah pengikut adalah syarat kamu bisa mendapat centang biru tanpa verifikasi.

Tapi, jangan pesimis dulu kalau pengikut sampai 10 ribu dan akun belum sebesar Rachel Vennya atau publik figur lain. Cara verified Instagram sebetulnya tidak sulit. Hanya saja, ada beberapa syarat yang harus terpenuhi.

Ada 4 syarat utama untuk mendapatkan centang biru di Instagram:   

  • Akun unik yang bukan berupa public interest, dimana hanya ada satu akun yang mewakili usaha atau bisnis. 
  • Bersifat asli / autentik, akun harus benar-benar asli yang tidak meniru figur atau brand tertentu.
  • Memiliki data yang lengkap mencakup bio, foto profil, dan postingan, serta bukan akun privat.
  • Akun mewakili figur atau brand yang sudah terkenal dan banyak dicari oleh publik.

Sebelum mengikuti cara mendapat verifikasi centang biru di Instagram, pastikan terlebih dahulu akun IG kamu sudah memenuhi 4 kriteria di atas ya. Karena dengan memenuhi syarat kamu bisa melakukan verifikasi secara gratis.

Sudah memenuhi beberapa kriteria di atas? Sekarang kamu bisa ikuti tips wajib dilakukan sebelum mengajukan verifikasi di bawah ini. 

1. Melengkapi Identitas 

Pastikan identitas akun kamu sudah terisi lengkap mulai dari data, biografi, hingga foto profil. Pajang foto profil yang menarik dengan identitas sejelas mungkin. Lalu, posting foto dengan tema yang sesuai identitas secara berkala. Jangan gunakan bio atau foto yang sudah dipakai untuk promosi lain, hal ini akan sangat fatal. 

2. Menggunakan Instagram for Business 

Jika akun masih pribadi, ubahlah ke profil bisnis  agar terkesan lebih profesional. Kemudian, hubungkan akun tersebut ke halaman Facebook Fanpage. Pastikan juga profil Instagram sesuai dengan tema dan identitas.

3. Mengikuti Kebijakan Instagram Community Guidelines

Pastikan kamu mengikuti seluruh peraturan yang diberikan oleh pihak Instagram. Instagram tidak akan memberi keringanan bagi akun yang pernah melanggar ketentuan mereka. Jika melanggar ketentuan mereka, status verified bisa saja dicabut atau dinonaktifkan.  

Baca Juga: Panduan dan Cara Mengaktifkan Instagram Shopping dengan Mudah. 

Cara Mendapatkan Centang Biru Verifikasi di Instagram

Setelah memenuhi syarat dan melakukan beberapa tips di atas, sekarang waktunya kamu mengajukan permohonan verifikasi. Cara mendapatkan centang biru verifikasi di Instagram cukup simpel. Bisa dilakukan di smartphone dan juga PC. 

Berikut langkah-langkahnya.

1. Kunjungi profil akun Instagram yang ingin diverifikasi.

2. Ketuk menu Pengaturan / Setting di bagian kanan atas profil.

Step 1: Cara Mendapatkan Centang Biru Verifikasi di Instagram

3. Klik menu Akun / Account.

Step 3

4. Pilih menu Minta Verifikasi / Request Verification.

Step 2: Cara Mendapatkan Centang Biru Verifikasi di Instagram

5. Kamu akan menuju ke halaman Daftar Untuk Verifikasi Instagram. Lalu, ikuti langkah yang tertera di halaman tersebut.

  • Langkah 1 (masukkan identitas resmi): isi nama pengguna, nama lengkap dan jenis dokumen (foto KTP/paspor untuk pengguna pribadi atau dokumen bisnis untuk perusahaan).

 

Step 4

  • Langkah 2 (konfirmasi ketenaran): masukkan kategori, pemirsa, julukan populer, dan tautan)Step 5

5. Cek kembali data yang sudah kamu input dan pastikan sudah diisi dengan benar dan jujur.

6. Setelah selesai, pilih dan klik ikon Send / Kirim.

7. Selesai dan tunggu sampai ada respon dari Instagram. 

Setelah mengirimkan form pengajuan verifikasi, pihak Instagram akan memproses dan mengevaluasi data yang kamu kirimkan. So, dibutuhkan kesabaran sampai ada respon dari mereka, biasanya 1 minggu.

Tapi, tidak semua proses bisa langsung diterima dalam 1x pengajuan. Karena ini termasuk manual dan legal, ada kemungkinan pengajuan ditolak oleh pihak Instagram. Tapi tidak perlu khawatir, kamu bisa mengajukan kembali setelah 30 hari. Beberapa akun bahkan sampai 3 – 5 kali baru memperoleh verifikasi dari pihak Instagram.

Artikel Terkait:

FAQ

Masih ada banyak hal yang ingin ditanyakan? Mungkin sesi FAQ kali ini bia mewakili pertanyaan kamu. 

Berapa lama proses mendapatkan verifikasi centang biru di Instagram?

Waktunya beragam. Tapi biasanya 1 minggu. Jika permintaan ditolak, kamu bisa mencoba lagi setelah 30 hari. 

Apakah Simbol Centang Biru Bisa Non-aktif?

Tentu saja. Status verified Instagram bisa dicabut, diambil atau dinonaktifkan oleh pihak Instagram karena beberapa hal:

  • Nama, bio atau foto profil sudah dipakai untuk promosi layanan lain. 
  • Mengiklankan, mentransfer atau menjual simbol centang biru ke pihak lain. 
  • Menggunakan jasa pihak ketiga (baik itu aplikasi maupun jasa semacamnya).

Apakah Bisa Centang Biru Tanpa Verifikasi?

Bisa. Cara yang paling aman adalah dengan memiliki minimal 10 ribu follower. Jika follower lebih dari 10 ribu, akunmu akan terverifikasi secara otomatis. 

Penutup

Demikian ulasan cara mendapatkan centang biru verifikasi di Instagram. Bagaimana? Tidak sulit kan? Kamu bisa mencobanya sekarang juga. Tapi ingat, kamu harus memenuhi syarat dan kriteria nya dulu ya.

Apakah cara di atas berlaku ke semua media sosial? Tentu tidak. Ada beberapa perbedaan cara mendapatkan centang biru di whatsapp, Tik-Tok dan Instagram. 

Lalu, adakah cara mendapatkan centang biru di instagram tanpa verifikasi? Cara yang paling sederhana dan tentunya aman yaitu dengan mempunyai sedikitnya 10.000 followers.

Memang hal ini tidak mudah sehingga banyak pengguna yang memilih jalan pintas melalui pihak ketiga. Tapi, jasa centang biru instagram maupun aplikasi centang biru sangat tidak kami rekomendasikan demi keamanan akun.

Sekian dulu ulasan dari tim Plugin Ongkos Kirim. Semoga dapat membantu.

Author
WRITTEN BY

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~

Related Post

Daftar Kantor dan Agen JNE Palembang Lengkap

10 Mar 2020 BY Nisa Husnainna

Daftar Kantor dan Agen JNE Palembang Lengkap – Perusahaan ekspedisi JNE sudah tersebar luas dan merata di seluruh wilayah Indonesia termasuk Palembang, Ibukota Sumatera Selatan. Perusahaan yang didirikan oleh Bapak …

Cara Upgrade ke ShopeePay Plus [Syarat, Ketentuan & Keuntungan]

8 Okt 2021 BY Ayu Triworo

Kamu ingin tarik atau transfer dana menggunakan ShopeePay? Atau mau menikmati berbagai tawaran promo shopeepay plus? Simak langkah verifkasi KTP pada akun ShopeePay dan ikuti cara upgrade ke ShopeePay Plus …

Daftar Lengkap Plugin SEO Terbaik 2021 [+Cara Instal]

18 Jun 2021 BY Aorinka Anendya

Salah satu plugin yang pasti ada di website yaitu plugin SEO Terbaik 2021. Mengapa? Untuk mendapatkan hasil pengunjung organik dari Google atau bing membutuhkan optimasi website dan konten yang maksimal. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *