ADVERTISEMENT

Wajib Tahu! Panduan Sukses Jualan Online Makin Laris 2021 [Lengkap]

Posted on 11 Mar 2021 By Mufti Syawaludin

Jualan online saat ini sudah menjadi solusi untuk mendapatkan penghasilan yang besar dan pengerjaannya pun cukup mudah serta modal yang dikeluarkan tidak terlalu menguras kantong.

Bagi Anda yang menginginkan sukses dalam bisnis online, kali ini kita akan berikan panduan jualan online serta beberapa tips yang berperan penting untuk kemajuan bisnis online Anda.

Sudah saatnya bagi Anda untuk memiliki usaha sendiri dengan cara berjualan secara online. Mau sampai kapan bekerja dengan orang lain yang  hanya mengandalkan gaji.

ADVERTISEMENT

Mari buka bisnis online, silahkan baca panduan jualan online ini sampai selesai ya…

Tenang cara ini masih bisa Anda lakukan walaupun sebagai pemula.

Panduan Sukses Jualan Online di tahun 2021:

Panduan jualan online kali ini berupa tempat jualan yang dianggap masih sangat berpotensi mencapai kesuksesan di tahun 2021 bahkan seterusnya.

Bagi Anda yang masih bingung ingin berjualan apa secara online, silahkan baca 20 ide peluang usaha menjanjikan.

Jualan Online di Marketplace

Langkah pertama  yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara jualan online di marketplace, berikut ini kami berikan contoh jualan di beberapa marketplace yang sangat populer saat ini.

ADVERTISEMENT

Baca juga: Apa itu Marketplace, e-Commerce, Online Shop? (Beda + Contoh)

Jualan di Tokopedia

Pasti Anda sudah tau kan dengan Tokopedia, dimana penggunanya sudah tembus 90 juta. Ini merupakan angka yang fantastis.

Tepat rasanya jika Anda mulai membuka toko dan berjualan di platform raksasa yang satu ini, caranya cukup mudah dan selain itu gratis.

Sudah memiliki pelanggan yang banyak dan beberapa fitur pendukung jualan secara modern, hal ini akan membuat jualan Anda di Tokopedia semakin laris.

Nah, beberapa hal yang harus di ketahui supaya jualan di Tokopedia makin sukses terutama bagi Anda yang baru saja ingin memulainya

Lanjut Baca: Panduan Sukses Jualan di Tokopedia untuk Pemula [Lengkap]

Jualan di Lazada

Sama seperti halnya jualan di Tokopedia, jualan di Lazada juga merupakan langkah yang tepat untuk memulai bisnis online.

ADVERTISEMENT

Siapkan produk atau jasa yang akan Anda jual, kemudian buat toko di Lazada. Dengan jumlah pengguna yang banyak akan sangat memungkinkan barang dagangan Anda laku terjual setiap harinya.

Ada baiknya gunakan beberapa strategi yang akan membuat produk jualan mudah ditemukan oleh calon pembeli di Lazada. Salah satunya buat tampilan semenarik mungkin dan gunakan berbagi fitur unggulan yang ada disediakan oleh Lazada untuk para penjual.

Hal ini akan menjadikan toko online Anda selalu mendapatkan pembeli, bahkan bukan tidak mungkin akan mendapatkan penlanggan setia loh.

Lanjut Baca: Panduan Sukses Jualan di Lazada untuk Pemula [Lengkap]

Jualan di Bukalapak

Selain jualan di Tokopedia dan Lazada, kami sarankan juga mulailah bisnis Anda dengan berjualan di Bukalapak.

Kenapa?

Yah, jelasnya semakin banyak membuka toko maka peluang produk terjual akan semakin banyak. Itu sih logikanya,

ADVERTISEMENT

Apalagi mengingat bahwa Bukalapak juga merupakan marketplace besar yang terbai dengan urutan ke-3 khususnya di Indonesia.

Bebagai macam tips jualan online di Bukalapak supaya barang dagangan cepat laku harus Anda gunakan. Yah, walaupun seperti yang kita tau bahwa Bikalapak selalu ramai pengunjung setiap bulannya.

Apalagi jiga ada hari-hari besar, pasti banyak sekali para calon pembeli berdatangan karena Bukalapak memberikan diskon maupun promo besar-besaran untuk para penggunanya.

Hal ini sama dengan marketplace lainnya juga yang selalu tidak mau kalah saing dalam memberikan pelayanan dan menarik perhatian para penggunanya.

Nah, jika Anda berminat silahkan mulai buka toko di Bukalapak.

Lanjut Baca: Panduan Sukses Jualan di Bukalapak untuk Pemula [Lengkap]

Jualan di Shopee

Walau terbilang baru, marketplace yang satu ini sangat pesat pertumbuhannya. Samapi-sampai sanggup menyetaria bahkan lebih unnggul dari para pendahulunya.

Berjuata-juta barang terjual dengan cepat di Shopee sehingga para seller kebanjiaran orderan setiap harinya dan tidak hanya itu berbagai macam promo menarik juga didapatkan oleh para pembeli di Shopee.

Seperti halnya diakhir tahun, pasti ada penawaran menarik yang diberikan Shopee untuk para pelannggannya. Sangking banyaknya pengguna Shopee samapai-sampai menduduki peringkat satu sebagai marketplace terpopuler di Indonesia loh.

Maka dari itu, tidak salah jika Anda memutuskan untuk membuka toko di Shopee lalu mulai berjualan online. Upload produk terbaik dan dapatkan orderan pertama dengan mudah.

Lanjut Baca: Panduan Sukses Jualan di Shopee untuk Pemula [Lengkap]

Jualan Online di Sosial Media

Anda termasuk pengguna sosial media yang aktif bukan?

Jika iya, mafaatkan sosial media sebagai lahan Anda untuk menjajakan barang dagangan. Daripada kepoin akun orang lain yang gak jelas. Mending buat bisnis online, iya kan..

Sudah banyak kok zaman sekarang orang yang sukses jualan online hanya di sosial media saja, Facebook dan Instagram misalnya.

Ini menjadi gambaran jika berjualan di sosmed itu sangat bisa laku keras. Itupun karena pengguna akun sosmed telah mendunia.

Nah, gimana sih caranya jualan di sosmed Facebook dan Instagram supaya laris?

Silahkan simak penjelasannya di bawah ini ya…

Jualan di Facebook

Terdapat banyak sekali cara yang digunakan untuk berjualan di Facebook, mulai dari berjualan di laman profil facebook pribadi, group jual beli hingga menggunakan yang namnya Facebook Ads.

Demi meningkatkan penjualan, banyak strategi yang digunakan dalam berjualan di Facebook, mulai buat Copywriting yang menjual, foto atau video yang menarik hingga menggunakan iklan Facebook.

Ternyata banyak juga kok yang berhasil bahkan terbilang sukses dengan hasil penjualan mencapai jutaan hingga ratusan juta dan ada juga loh yang mendapatkan penghasilan milyaran dalam satu hari. Coba liat, gila gak tuh mendapat penghasilan segitu hanya dengan Facebook saja.

Nah jika Anda berminat untuk memulai jualan di Facebook untuk saat ini hingga seterusnya masih sangat memungkinkan kok. Tenang saja, Anda tidak bakalan ketinggalan untuk menjadi orang yang sukses jualan online berikutnya.

Lanjut Baca: Cara Jualan di Facebook untuk Pemula agar Cepat Laku

Jualan di Instagram

Sama halnya dengan berjualan di Facebook, jualan di Instagram lagi-lagi masih sangat menjadi peluang bisnis online yang menjanjikan untuk saat ini hingga kemasa yang akan datang.

Sering kali kita temui banyak orang yang menjajakan barang dagangannya di akun Instagram pribadi mereka. Bahakan sebagian pelaku bisnis tidak segan-segan untuk mengeluarkan sedikit modal untuk promosi melaui influencer yang memiliki follower yang banyak.

Oh iya, untuk mendukung dan memajukan jualan online di Instagram. Pihak Instagram sampai-sampai meluncurkan fitur Instagram Shopping yang dapat digunakan untuk jualan di Intagram.

Tidak hanya itu, Instagram juga memiliki layanan pemasang iklan yang dikenal dengan Instagram Ads. Dimana telah terbukti banyak pelaku usaha bisnis online yang menggunakannya dan hasilnya pun memuaskan sesuai dengan yang diharapkan.

Nah, silahkan coba memanfaat akun Instagram Anda untuk memulai bisnis online.

Lanjut Baca: Cara Jualan di Instagram untuk Pemula agar Laris Manis

Beberapa Tips yang Harus Anda Coba Saat Mulai Jualan Online

Jika Anda ingin pintar jualan online, tidak kalah pentingnya selain belajar dari pengalaman dengan cara terjun langsung berjualan online juga belajar dari situs-situs tempat belajar pintar jualan.

Banyak sekali di internet yang memberikan cara bisnis online yang bisa Anda jalankan, pastinya hal ini akan menambah wawasan terkait jualan online sehingga menjadi pintar jualan.

Tak heran, kebanyakan orang yang sukses selalu terus belajar tanpa mengenal lelah dan bosan demi mencapai sebuah impinannya.

Lanjut Baca: Tips Pintar Jualan Online Dengan Singkat Cocok Bagi Pemula

Silahkan baca dan gunakan beberapa tips berikut untuk kesuksesan bisnis online Anda.

Jualan Online Perlu Persiapan yang Matang

Mempersiapkan perencanaan yang tepat akan berdampak baik pada awal bisnis online Anda. Anda harus memikirkan dengan baik segala aspek mulai dari ide bisnis sampai sejauh mana kemampuan Anda dalam menjalankan bisnis tersebut nantinya.

Anda dapat memulai bisnis dengan memanfaatkan keahlian yang Anda miliki, ataupun menjadi reseller apabila tidak memiliki keahlian khusus. Baca lebih lengkap tentang reseller dan dropship: Arti Reseller dan Dropship.

Jangan remehkan tips jualan online nomor satu ini, ya…

Menentukan Target Pasar

Tips jualan online kedua yaitu buatlah target pasar se-spesifik mungkin! Target pasar disesuaikan dengan produk yang Anda jual.

Misalnya Anda menjual hadiah wisuda, maka target pasar Anda adalah seluruh pelajar dan mahasiswa yang berada di kota tersebut. Penting untuk menentukan target pasar agar jualan Anda tepat sasaran.

Memetakan Kompetitor

Dalam setiap bisnis pasti ada saingan dan ancaman. Namun berita baiknya setiap bisnis memiliki potensi masing-masing. Maka setiap bisnis pasti mempunyai kekuatan dan kesempatan yang berbeda-beda.

Cara jualan online salah satunya yaitu tetap menganalisis saingan dan ancaman, baik yang berasal dari internal maupun eksternal. Bagaimana cara menganalisisnya? Anda dapat melakukan riset dan membuat tabel SWOT. Anda pernah mendengar tabel SWOT?

SWOT merupakan kepanjangan dari Strengths (Kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opportunities (Peluang), dan Threats (Ancaman). Anda dapat mempelajari tentang tabel SWOT secara mandiri di internet.

Di bawah ini kami paparkan sebuah contoh tabel SWOT Rujak Cingur Achmad Jais yang mudah dipahami:

tabel analisis swot pluginongkir
tabel analisis swot pluginongkir

Produk yang bagus saja tidak cukup untuk meraih pendapatan yang besar. Namun dengan memetakan kelebihan dan kekurangan bisnis Anda seperti tabel di atas, maka akan lebih mudah dalam menjaga keberlangsungan bisnis online Anda.

Social Media untuk Jualan Online

Tidak dapat dipungkiri peran social media saat ini terasa begitu besar dampaknya bagi pebisnis online. Apabila Anda baru memulai bisnis online dan masih dalam skala kecil, sebaiknya Anda menggunakan social media terlebih dahulu. Setelah bisnis Anda mulai berkembang atau sudah skala besar, baru Anda membuat website sendiri.

Manfaatkan social media secara maksimal untuk menggaet pembeli. Terdapat 3 poin penting yang harus ada di social media bisnis online Anda, yang dapat kita singkat dengan MPT (Manfaat, Perbedaan, Trust).

  1. Manfaat
    Anda harus dapat mendeskripsikan dengan lugas apa saja manfaat yang akan didapatkan oleh pembeli apabila mereka membeli produk Anda.
  2. Perbedaan
    Anda juga harus mendeskripsikan perbedaan mencolok yang membedakan produk Anda dengan produk sejenis lainnya.
  3. Trust (Kepercayaan)
    Dan yang terakhir yaitu poin ‘trust’ bertujuan untuk mengkomunikasikan bagaimana agar orang-orang percaya akan kelebihan-kelebihan produk Anda. Tampilkan testimoni guna meningkatkan Trust (kepercayaan) konsumen/pembeli.

Nah, Anda bisa memanfaatkan dua social media yaitu Facebook dan Instagram untuk berjualan. Dengan ikuti beberapa tipsnya yang akan disampaikan di bawah ini:

Tips Sukses Jualan di Facebook

Ingin jualan Anda di Facebook ramai pembeli, setidaknya Anda harus mempelajari kebutuhan dari audiens.

Nah, jualah produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan target audiens Anda, dengan demikian jualan yang sedang berjalan pasti mendapatkan pembeli.

Selain itu, ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk meningkatkan penjualan, diantaranya:

  • Memiliki banyak teman Facebook dengan cara add friend
  • Kemudian memancing calon pembeli untuk membeli produk atau jasa jualan.

Lanjut Baca: Tips Mudah Jualan Laris di Facebook

Tips Sukses Jualan di Instagram

Begitu pula dengan berjualan di Instagram, ada kiat-kiat sukses jualan online di Instagram yang harus Anda lakukan.

Jumlah follower ternyata juga mempengaruhi penjualan produk Anda di Instagram loh. Jadi, mau tidak mau harus berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan jumlah followers ya.

Sajika foto yang berkualitas dan yang menarik. Jelas ini sangat berpengaruh terhadap penjualan Anda di Instagram. Karena dari foto yang di upload akan menujukan tingkat profesionalan bisnis Anda.

Bangun kedekatan dengan followers. Hal ini harus Anda lakukan jika perlu selamanya. Karena kedekatan Anda dengan followers akan menunjukan pelayanan yang Anda berikan itu sangat baik.

Lanjut Baca: Tips Jualan di Instagram untuk Pemula

Mengirimkan Email Marketing

Tahukah Anda, promosi melalui email marketing terbukti 40 kali lebih efektif daripada promosi lewat social media Facebook dan Twitter dalam mendapatkan pelanggan baru. Untuk penjelasan dan tips-tips lebih detail tentang email marketing, silakan baca arti email marketing dan beberapa manfaanya.

Trik Jualan Online Terlaris: Promosi Menarik

Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk melakukan promosi jualan online di zaman sekarang. Beberapa di antaranya yaitu:

  • Mengadakan giveaway
  • Menawarkan cashback
  • Memberikan gratis ongkos kirim
  • Memberikan potongan ongkos kirim
  • Memberikan diskon di hari-hari besar, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 14+ Produk Terlaris Tahun 2021 Di Tokopedia dan Shopee Banyak Dicari

Penutup

Panduan sukses jualan online di tahun 2021 dan seterusnya bisa mengikuti cara yang telah disampaikan di atas yaitu berjualan di Marketplace, Sosial Media, dan mengirimkan Email Marketing.

Langkah itu masih sangat menjajikan untuk sukses berjualan online di tahun 2021. Setelah membaca artikel ini silahkan segera memulai bisnis Anda.

Buka toko di marketplace atau sosial media, upload produk, beri deskripsi dan gambar menarik, tentukan harga kemudian kelolah toko dengan baik dan benar.

Tidak lupa pula, silahkan baca beberapa tips sukses jualan online di atas sebagai tambahan wawasan.

Mungkin cukup sekian pembahasan kita kali ini, jika terdapat dari bagian penjelasan di atas yang belum jelas silahkan tanyakan langsung melalui kolom komentar di bawah ini ya.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba…

Sukses selalu ya…

Author
WRITTEN BY

Mufti Syawaludin

Terus berusaha semaksimal mungkin untuk menyuguhkan konten yang terbaik dan bermanfaat bagi pembaca.
ADVERTISEMENT

Related Post

Daftar Lengkap Kantor J&T di Surabaya Hingga Jam Buka

31 Jan 2020 BY Nisa Husnainna

Kantor J&T Surabaya – Surabaya, kota yang terkenal dengan ikon patung Sura dan Baya itu merupakan salah satu kota dengan tujuan pengiriman logistik terbanyak. Bagi yang belum tahu, Kota Surabaya adalah …

14+ Produk Terlaris Tahun 2021 Di Tokopedia dan Shopee Banyak Dicari

21 Jan 2021 BY Mufti Syawaludin

Dengan mengetahui produk terlaris di Tokopedia dan Shopee ini, kamu akan mendapatkan ide jualan online yang paling tepat untuk kedepannya. Sehingga usaha online kamu akan menjadi sukses karena barang dagangan …

Daftar Kantor dan Agen JNE di Makassar yang Perlu Kamu Tahu

4 Jul 2019 BY Nisa Husnainna

Kantor dan Agen JNE di Makassar – Kamu bingung mencari Kantor JNE di Makassar? Di bawah ini kami rangkumkan alamat kantor JNE di Makassar dengan lengkap 🙂 1. JNE Kantor Cabang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *