ADVERTISEMENT

Cara Upload Produk di Shopee lewat HP dan PC Lengkap Untuk Pemula

Posted on 21 Mar 2022 By Ayu Triworo
ADVERTISEMENT

Meskipun mudah, beberapa seller baru mungkin masih agak bingung bagaimana cara upload produk di Shopee. Padahal, upload produk merupakan langkah awal yang sangat penting untuk berjualan online.

Dengan mengetahui cara upload produk jualan yang benar dan tepat, kamu bisa menjajakan jualanmu agar dapat menarik pembeli.

Untuk itu, melalui artikel ini kami akan bantu cara berjualan di Shopee untuk pemula, khususnya untuk mengupload produk di Shopee.

ADVERTISEMENT

Cara Upload Produk di Shopee

Shopee merupakan salah satu alternatif yang bisa kamu pilih untuk jualan online di era  seperti sekarang ini. Selain menjadi salah satu marketplace favorit, cara jualan di Shopee sangat mudah dan praktis. 

Pengoperasian Shopee terbilang sederhana, tidak ribet. Tampilannya pun sangat user-friendly dan mudah digunakan oleh pengguna baru sekalipun.

Hanya saja, karena masih baru, para seller pemula mungkin akan mengalami kesulitan saat memulai jualan. Salah satunya saat hendak memposting produk di toko online mereka.

Padahal, upload produk Shopee sangat mudah lho. Kamu bisa memanfaatkan perangkat apa saja untuk melakukannya, baik HP maupun PC. Ada 2 alternatif yang tersedia, yaitu upload (1) melalui seller centre dan (2) aplikasi Shopee. 

ADVERTISEMENT

Berikut langkah-langkah mengupload produk di Shopee terbaru:

1. Melalui Seller Centre / Lewat PC

Cara upload produk di Shopee secara massal yang pertama adalah melalui seller centre lewat PC atau perangkat komputer. Alternatif satu ini cocok buat pengguna yang lebih suka melakukan aktivitas jualan di PC.

Untuk mengupload produk Shopee lewat PC, kamu harus melakukannya di Shopee Web dengan cara berikut:

  • Akses halaman seller centre Shopee melalui web Shopee di seller.shopee.co.id.
  • Lakukan login akun Shopee memakai username dan password. 
  • Pada halaman utama, pilih dan klik Tambah Produk Baru yang muncul di tampilan sebelah kiri.
  • Pada halaman Tambah Produk Baru, isikan Nama Produk di bagian atas, lalu pilih Kategori Produk.
  • Kamu bisa langsung mengetikkan kategori atau memilih dari daftar kategori yang tersedia di halaman Shopee. Jika sudah terisi, klik Lanjut. 

Lanjutkan pengaturan produk dan tambah beberapa informasi yang berkaitan dengan produk. Misal, dengan memberikan deskripsi, merk, ukuran, harga, variasi, dll. Jangan lupa upload foto produk atau video yang relevan dan menarik.

  • Terakhir, pilih jasa ekspedisi untuk layanan pengiriman produkmu. Pilih setidaknya 3 jasa kirim agar pembeli bisa memilih layanan yang sesuai.
  • Apabila semua detail telah terisi, klik pilihan Simpan dan Tampilkan untuk menampilkan produk di toko Shopee.
  • Selesai.

2. Melalui Aplikasi Shopee / Lewat HP

Alternatif kedua untuk memposting produk Shopee yaitu melalui aplikasi Shopee lewat HP. Ini merupakan cara cepat dan praktis karena kamu bisa melakukannya langsung dr perangkat smartphone.

Namun, pastikan storage HP mencukupi karena sakan membutuhkan space yang cukup banyak. Bagaimana cara upload produk Shopee lewat HP? Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Shopee di smartphone.
  • Lakukan login menggunakan username dan password.
  • Di Beranda aplikasi, klik menu Saya > Toko Saya. 
  • Jika ini produk pertamamu, silakan pilih menu Saya > Mulai Jual. 
  • Pada halaman selanjutnya, klik pilihan Tambah Produk Baru.
  • Isikan informasi yang berkaitan dengan produk, seperti nama produk dan gambar / foto. Pastikan kamu sudah tahu cara upload produk Shopee yang baik agar semakin menarik minat pembeli.
  • Selanjutnya, lengkapi deskripsi produk sesuai persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan Shopee.
  • Pilih Kategori yang sesuai dan relevan dengan produk kamu. Bisa dengan mengetikan nama kategori atau pilih dari daftar kategori yang tersedia di Shopee.
  • Berikutnya, atur variasi produk. Variasi produk berkaitan dengan warna, ukuran, jenis, dll jika memang ada. Untuk mengubah variasi caranya dengan klik pilihan Ubah. Untuk menghapus dengan klik ikon X. Dan untuk menambah variasi klik pilihan Tambah. 
  • Jika semua kolom sudah terisi, selanjutnya atur harga dan stok produk. Jika sudah selesai, klik pilihan Simpan. 
  • Tambahkan keterangan lain jika ada, misalnya jika produkmu tersedia untuk pembelian Grosir, kondisi barang, dll. 
  • Tambahkan pilihan jasa pengiriman dan biaya ongkos kirim. Jangan lupa tentukan ukuran serta berat produk.
  • Terakhir, klik Simpan atau Tampilkan untuk menyimpan seluruh pengaturan yang sudah kamu buat.

Setelah klik Simpan, secara otomatis produk yang baru kamu upload akan tersimpan dan tampil di etalase tokomu. Biasanya dalam hitungan detik produk akan langsung tampil tanpa masalah.

ADVERTISEMENT

Tapi, beberapa seller ada yang bingung karena tidak bisa mengupload produk di Shopee. Hal ini bisa disebabkan oleh server atau koneksi yang bermasalah.

Tips Mengupload Produk di Shopee

Sebelum mempraktikkan langkah-langkah di atas, ada baiknya kamu juga tahu apa saja tips biar upload produk berhasil seperti berikut:

1. Upload Foto & Video yang Menarik

Dalam upload produk, media adalah yang paling penting. Kamu wajib tahu berapa ukuran foto produk Shopee yang paling ideal. Setelah itu, tampilkan foto produk semenarik dan selengkap mungkin.

Kamu bisa mengupload maksimal 9 foto untuk 1 produk. Maksimalkan kesempatan ini dengan menampilkan produk dari segala angle. Tips dan cara upload foto produk Shopee bisa kamu lihat di sini.

2. Isi Nama Produk

Nama produk bisa diisi dengan maksimal 100 kata. Pastikan nama produk jelas, sesuai dan sedetail mungkin agar pembeli tidak kebingungan.

ADVERTISEMENT

3. Isi Kategori Produk

Mengisi kategori ini juga penting  agar produkmu mudah ditemukan pembeli. Dengan menyertakan kategori, Shopee akan mengklasifikasikan produk jualanmu dengan produk sejenis yang sesuai.

4. Lengkapi Deskripsi Produk

Yakinkan calon pembeli dengan menampilkan deskripsi produk yang lengkap. Berikan penjelasan yang singkat, padat namun jelas dan sedetail mungkin.

Sertakan semua keterangan yang mencakup merk, jenis, baha, kelebihan, ukuran, dan seluruh informasi yang dibutuhkan pembeli terkait produk jualanmu.

5. Beri Keterangan Berat & Ukuran

Untuk mengisi berat dan ukuran, sebaiknya tambah berat minimal 100 gr untuk perkiraan berat kemasan produk. Hal ini penting agar kamu tidka malah rugi karena salah perhitungan.

Sementara untuk produk besar, tambahkan keterangan berat volume yang terdiri dari panjang, lebar dan tinggi.

6. Keterangan Grosir

Apabila produk jualanmu tersedia dalam jumlah banyak, kamu bisa mengaktifkan fitur grosir. Hal ini bisa lebih memudahkan pembeli yang ingin membeli secara grosir.

Jangan lupa tambah keterangan biaya yang bervariasi untuk setiap pembelian barang dalam jumlah yang berbeda.

7. Keterangan Pre Order

Kalau kamu menjual barang yang butuh waktu untuk membuatnya, maka sebaiknya aktifkan fitur pre-order di produk tersebut.

8. Tambahkan Ekspedisi

Terakhir, jangan lupa beri pilihan jasa ekspedisi bagi pembeli. Maksudnya, jangan cuma menyediakan 1 layanan pengiriman saja. Sebaiknya beri alternatif minimal 3 agar pembeli bisa pilih sesuai budget dan kebutuhan mereka.

Penutup

Dari tutorial cara upload produk di Shopee hingga tips nya di atas, mana nih yang masih membingungkan? Kamu bisa tanyakan kepada kami melalui kolom komentar di bawah ini ya.

Jika ada kendala saat upload produk Shopee, kamu bisa menghubungi call center Shopee atau menghubungi customer service di nomor 0800 1500 702. 

Sekian postingan kali ini, buat kamu yang butuh link untuk cek resi dan cek tarif jasa ekspedisi gratis, bisa akses di URL berikut: 

Semoga bermanfaat.

Author
WRITTEN BY

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~
ADVERTISEMENT

Related Post

✔ Cara Cek Ongkir Indopaket Indomaret [Mudah, Cepat & Akurat]

20 Sep 2021 BY Ayu Triworo

Indomaret kini membuka jasa kirim paket ke seluruh wilayah Indonesia lewat layanan Indopaket. Apakah biayanya mahal? Simak tutorial cara cek ongkir Indopaket berikut dan dapatkan jawaban biaya ongkos kirim paket …

Daftar Kantor dan Agen JNE Bekasi Hingga Jam Buka

10 Jul 2020 BY Ifan Prasya

Apabila Anda sedang mencari info alamat kantor pusat dan agen JNE di Bekasi dan sekitarnya, scroll laman ini dari awal sampai akhir ya. Akan ada informasi tambahan berupa jam buka …

Tips Dan Hal Penting Dalam Memilih Depot Air Minum Isi Ulang Berkualitas

25 Feb 2021 BY Fadhil Guntur Ashari

Saat ini lebih banyak orang membeli air minum lewat depot isi ulang air minum. Pasalnya  airnya lebih murah dan dianggap lebih praktis. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa ancaman mengenai banyaknya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *