ADVERTISEMENT

Cara Rekber Shopee, Info Biaya & Cara Menggunakannya [Lengkap]

Posted on 22 Mar 2022 By Ayu Triworo
ADVERTISEMENT

Untuk menjamin kelancaran transaksi, Shopee kini menyediakan jasa rekber (rekening bersama) sebagai solusi mudah dan aman untuk belanja online. Lantas, seperti apa sih cara rekber Shopee, bagaimana pula sistem dan cara kerjanya?

Nah, melalui artikel berikut kita akan kupas tuntas mengenai tata cara rekber Shopee serta apa saja keuntungan yang ditawarkan. Stay tuned terus ya!

Rekber Shopee Itu Apa?

Rekber atau Rekening Bersama atau Escrow Service adalah metode pembayaran transfer via rekening bank yang menjadi perantara antara pembeli dengan penjual. Fungsi rekber adalah sebagai pihak ketiga yang menjembatani transaksi antara keduanya.

ADVERTISEMENT

Lantas, apa yang dimaksud dengan rekber Shopee? Berbeda dengan ShopeePay, Rekber Shopee artinya sebuah metode pembayaran melalui rekening bersama yang dikelola secara langsung oleh pihak Shopee. Fitur ini membantu menghubungkan antara pembeli dengan penjual saat bertransaksi di aplikasi Shopee.  

Kehadiran rekber Shopee ini dimaksudkan untuk mencegah penipuan. Dengan rekber, pembeli dapat berbelanja di Shopee dengan tenang tanpa khawatir mengalami penipuan atau tindak kejahatan semacamnya.

Selain Shopee, beberapa marketplace lain juga menyediakan fasilitas rekber, diantaranya yaitu:

  • Rekber Tokopedia
  • Rekber Bukalapak
  • Rekber GoFood

Syarat & Ketentuan Rekber Shopee

Sebetulnya tidak ada syarat dan ketentuan khusus menggunakan rekber Shopee. Hanya saja, akan ada biaya admin yang dibebankan oleh pembeli jika memilih metode pembayaran rekber.

Biaya rekber Shopee adalah sebagai berikut:

  • Rp 10 ribu untuk transaksi Rp 100 ribu – Rp 500 ribu. 
  • Rp 20 ribu untuk transaksi antara Rp 501 ribu – Rp 1 juta.
  • kelipatan Rp 20 ribu untuk transaksi di atas Rp 1 juta, dan setersunya.

Jadi, jika kamu menggunakan jasa rekber Shopee, maka kamu harus membayar biaya pesanan, ongkir ditambah biaya admin sesuai ketentuan di atas. Misal, jika total pesanan adalah Rp 120.000, maka total biaya yang harus kamu transfer ke rekber adalah:

ADVERTISEMENT

Rp 120.000 + Rp 10.000 (biaya admin rekber)= Rp  130.000.

Gimana Cara Rekber Shopee?

Cara kerja rekber di Shopee sebetulnya tidak jauh berbeda dengan cara rekber Tokopedia dan rekber lainnya. Konsep yang berlaku hampir sama.

Yaitu pembeli tidak membayar langsung ke penjual, melainkan transfer terlebih dahulu ke rekening bersama. Setelah pesanan diterima oleh pembeli, baru pembayaran akan diteruskan ke penjual.  

Tanpa kita sadari, sebetulnya Shopee merupakan marketplace yang juga sekaligus berperan sebagai rekber. Hal ini dibuktikan setiap pembayaran akan ditampung oleh rekening Shopee terlebih dahulu.

Baru setelah transaksi selesai (pesanan diterima pembeli), Shopee akan mengirimkan sejumlah uang ke penjual.

Berikut urutan cara transaksi menggunakan rekber Shopee:

  • Baik seller dan pembeli sama-sama sepakat untuk menggunakan metode pembayaran rekening bersama.
  • Pembeli mentransfer sejumlah uang ke rekening bersama sesuai total biaya yang disepakati.
  • Rekening Bersama memberikan konfirmasi ke penjual bahwa dana sudah masuk agar penjual segera memproses pesanan untuk pembeli.
  • Penjual kemudian memproses pesanan dan mengirimkan pesanan ke alamat tujuan.
  • Pembeli mengkonfirmasi bahwa pesanan sudah diterima (tanpa komplain dan tanpa masalah).
  • Rekening Bersama meneruskan dana ke penjual.
  • Penjual melakukan konfirmasi bahwa dana sudah diterima.

Jika penjual tidak mengirimkan barang, maka rekber akan mengembalikan dana ke pembeli disertai bukti bahwa pesanan memang gagal atau tidak diterima pembeli. 

Keuntungan Rekber Shopee

Rekber merupakan alternatif terbaik untuk mengurangi resiko penipuan saat belanja online di ecommerce atau marketplace. Dengan rekber, baik penjual dan pembeli tidak akan merasa dirugikan apabila terjadi hal-hal di luar kendali.

ADVERTISEMENT

Selain itu, rekber juga memberikan banyak keuntungan bagi keduanya. Berikut beberapa keuntungan menggunakan rekber Shopee baik bagi penjual maupun pembeli.

Bagi Penjual

  • menimimalisir ketakuta / ketidakpercayaan pembeli untuk bertransaksi online.
  • meningkatkan keamanan transaksi.
  • penjual memperoleh kepastian dari pembeli.
  • menambah kredibilitas penjual di mata pembeli.
  • menambah kepercayaan pembeli untuk bertransaksi.
  • mengurangi tindakan penipuan baik dari pihak penjual maupun pembeli.
  • dapat menambah pemasukan dari biaya admin rekber bagi pemilik rekber.

Bagi Pembeli

  • meningkatkan keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi karena dana baru akan ditransfer ke penjual apabila pesanan sudah sampai ke pembeli.
  • menghindari penipuan yang dilakukan oleh penjual, misal barang tidak dikirim setelah melakukan pembayaran.
  • alternatif bagi pembeli yang tidak mempunyai kartu debit / kartu kredit pribadi.

Cara Menggunakan Rekber Shopee

Setelah memahami arti istilah dan cara kerja rekber, tentu kamu juga harus tahu bagaimana cara menggunakannya. Cara menggunakan rekber Shopee adalah sebagai berikut:

  • Penjual dan pembeli telah sepakat mengenai jumlah total pembayaran transaksi online.
  • Pembeli diminta untuk mengirimkan uang sesuai total pesanan + biaya admin sesuai kesepakatan ke rekening bersama.
  • Setelah penjual mendapat konfirmasi bahwa pembeli sudah transfer uang ke rekening bersama, penjual akan memproses & mengirimkan pesanan ke pembeli.
  • Apabila pesanan sudah diterima, pembeli wajib melakukan konfirmasi bahwa pesanan telah selesai agar dana diteruskan ke penjual.
  • Setelah itu, dana akan secara otomatis ditransfer ke penjual.
  • Penggunaan jasa rekber biasanya ada biaya admin yang harus dibayar sesuai nilai transaksi yang sudah disepakati.

Di samping cara meggunakan, ada beberapa pengguna yang juga menanyakan bagaimana cara bikin / daftar rekber Shopee. Sejauh ini kami belum menemukan informasi akurat mengenai hal tersebut.

Sebab, rekening bersama berada di bawah pengelolaan Shopee sendiri, bukan dari pihak luar atau pribadi. Jika kamu tertarik bergabung menjadi rekber, kamu bisa coba rekber JNE atau rekber melalui DANA.

Apakah Rekber Shopee Aman?

Bisa dibilang fasilitas rekber adalah fitur pembayaran online yang paling terjamin keamanannya. Karena sistem ini menjamin bahwa baik penjual maupun pembeli tidak mengalami kerugian. 

ADVERTISEMENT

Apabila penjual tidak mengirim pesanan atau jika pesanan tidak sesuai permintaan pembeli, maka uang bisa dikembalikan ke pembeli.

Untuk rekber Shopee sendiri juga dipastikan aman 100%. Sebab, berada di bawah pengelolaan Shopee sehingga terjamin keamanannya.

Selain dapat mengamankan transaksi online yang ada di Shopee, rekber juga membantu penjual/pembeli mengalami penipuan oleh pihak tidak bertanggung jawab. 

Apakah Uang Rekber Bisa Kembali?

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, apabila pembeli tidak puas dengan pesanan yang diterima, maka bisa mengajukan pengembalian dana.

Hal ini dikarenakan uang pembayaran dari pembeli hanya akan diteruskan ke penjual apabila pembeli sudah konfirmasi bahwa pesanan sudah diterima. Jika pesanan tidak sampai atau ada masalah, maka pembeli bisa meminta uangnya kembali.

Penutup

Dengan pemberlakuan rekber di Shopee memang sangat menguntungkan bagi penjual maupun pembeli. Rekber di Shopee dapat membantu meningkatkan kepercayaan pengguna untuk bertransaksi.

Nah, itulah sekilas info mengenai cara rekber Shopee, mulai dari istilah, cara kerja, keuntungan hingga cara menggunakannya. Gimana? Apa masih ada pertanyaan? Kalau iya, silakan sampaikan di kolom komentar ya.

Buat kalian yang butuh info cek resi & cek tarif jasa ekspedisi, kami punya informasinya lho di sini:

Sekian dari kami, terima kasih sudah mampir 🙂

Author
WRITTEN BY

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~
ADVERTISEMENT

Related Post

Situs Cek Resi Semua Ekspedisi Lengkap dan Valid

11 Mar 2019 BY Nisa Husnainna

Cek resi semua ekspedisi lengkap – Apa sih layanan Cek Resi JNE, J&T, POS, SiCepat & Wahana yang paling akurat, tanpa captcha dan paling cepat? Simak disini ya! Ketika berbelanja …

Apa Itu SERP: Pengertian, Manfaat dan Hubungannya dengan SEO

22 Feb 2021 BY Mufti Syawaludin

Semua orang pasti menginginkan halaman websitenya tampil di SERP dengan posisi terbaik setidaknya agar mendapatkan pengunjung lebih banyak lagi, bagi yang belum tau apa itu SERP silahkan simak artikel ini …

20+ Ide Jualan Minuman Bulan Puasa Kekinian & Tradisional Laris Manis

5 Apr 2022 BY Ayu Triworo

Bulan puasa jualan apa ya? Buat kamu yang mau bisnis kecil-kecilan di bulan puasa yang modalnya kecil tapi dijamin untung, yuk simak daftar ide jualan minuman bulan puasa yang kami rangkum …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *