Cara Mengirim Barang dari Hong Kong ke Indonesia

Tim Tonjoo Media 29 Jan 2024 3 Menit 0

Kalau mengirim barang antar kota di Indonesia mungkin kita sudah sering melakukannya, tapi bagaimana cara mengirim barang dari Hong Kong ke Indonesia? Informasi ini tentu sangat dibutuhkan bagi para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang sedang mencari nafkah merantau jauh dari tanah air, dan juga dibutuhkan oleh para Jastiper atau importir yang selalu mencari peluang bisnis baru dari Negeri Hong Kong.

Sebagai pusat perdagangan dan industri di Asia, Hong Kong menjadi tempat yang sangat diminati untuk berbelanja berbagai barang. Ada banyak jenis barang yang biasa dibeli para TKI dan para Jastiper, karena harga barang-barang di sana cenderung lebih murah, seperti baju, kosmetik, sepatu, atau barang dagangan elektronik.

Baju dari Hong Kong sering kali memiliki desain yang unik dan tren terbaru. Sementara kosmetik dari sana juga terkenal dengan kualitasnya yang baik. Selain itu, barang elektronik seperti gadget, aksesoris komputer, dan perangkat elektronik lainnya juga banyak diminati karena kecanggihan teknologinya. Lalu pertanyaannya sekarang, bagaimana cara mengirimkan barang-barang tersebut untuk masuk dengan aman ke Indonesia?

Cara mengirim barang dari hong kong ke indonesia 1

Salah satu cara yang paling umum digunakan untuk mengirim barang dari Hong Kong ke Indonesia adalah dengan memanfaatkan bagasi pesawat. Bagi para traveller yang pulang dari Hong Kong ke Indonesia, membawa barang tambahan dalam bagasi pesawat bisa menjadi pilihan yang efisien. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan apabila menggunakan metode ini:

1. Batas Berat dan Dimensi

Pastikan Anda memperhatikan batas berat dan dimensi maksimum yang diperbolehkan untuk bagasi pesawat agar tidak terjadi masalah saat check-in di bandara. Biasanya batas maksimal yang bisa dibawa hanya sekitar 10 Kilogram saja.

2. Biaya Tambahan

Perlu diingat bahwa pengiriman barang tambahan dalam bagasi pesawat bisa dikenakan biaya tambahan oleh maskapai penerbangan yang biayanya tidaklah murah. Pastikan untuk mengetahui biaya tambahan yang mungkin dikenakan dan mempersiapkannya dengan baik.

ADVERTISEMENT

3. Packing yang Aman

Pastikan barang-barang yang dikirim dalam bagasi pesawat dipacking dengan aman dan rapi agar tidak rusak selama perjalanan di pesawat.

ADVERTISEMENT

Mengirim Barang dengan Menggunakan Jasa Perusahaan Cargo

Cara mengirim barang dari hong kong ke indonesia 3

Selain menggunakan bagasi pesawat, cara lain yang biasanya digunakan untuk mengirim barang dari Hong Kong ke Indonesia adalah dengan memanfaatkan jasa perusahaan Cargo. Dengan menggunakan perusahaan Cargo, Anda tidak lagi dibatasi dengan jumlah minimal berat, Anda bisa mengirimkan paket jauh di atas 10 Kilogram.

Terdapat dua pilihan untuk mengirim barang menggunakan perusahaan Cargo; bisa melakukan pengiriman via udara ataupun via laut. Berdasarkan informasi dari perusahaan jasa Cargo Hongkong ke Indonesia, disebutkan bahwa untuk mengirim barang dari Hongkong ke Indonesia melalui pengiriman via laut (menggunakan Kapal) akan memakan waktu sekitar 3-4 minggu untuk sampai ke Indonesia. Sementara untuk pengiriman via udara (menggunakan pesawat) memerlukan waktu sekitar 5-10 hari. Menggunakan jalur udara memang lebih cepat, namun biaya sedikit lebih mahal. Menggunakan jalur laut lebih murah, namun waktu pengirimannya lebih lama. Pilihan ada di tangan Anda.

Kelebihan lainnya apabila Anda menggunakan jasa perusahaan cargo adalah Anda akan selalu ditemani oleh tim ahli import mereka, sehingga apabila ada masalah dalam pengurusan pajak dan cukai ketika barang hendak masuk ke Indonesia, maka tim ahli import mereka akan mendampingi dan membantu menyelesaikan agar barang milik Anda tetap utuh dan aman sampai ke rumah. Maka dari itu, pilihlah perusahaan cargo yang memberikan pelayanan pelanggan yang baik dan responsif, jelas rekam jejak dan pengalamannya, sehingga kalian bisa mendapatkan bantuan jika terjadi masalah atau pertanyaan terkait pengiriman barang.

ADVERTISEMENT

Cara Mana yang Lebih Cocok untuk Saya?

Mengirim barang dari Hong Kong ke Indonesia biyaasan dilakukan dengan dua cara, mulai dari memanfaatkan bagasi pesawat hingga menggunakan jasa kirim perusahaan cargo. Untuk para traveller atau para TKI yang ingin membawa oleh-oleh untuk keluarganya di kampung, maka memanfaatkan bagasi pesawat bisa menjadi pilihan yang efisien karena barang yang dibawa biasanya di bawah 10 Kiogram beratnya.

Sementara untuk pengiriman barang dalam jumlah besar untuk perdagangan yang biasanya dilakukan oleh para jastiper atau importir, menggunakan jasa perusahaan cargo bisa menjadi solusi yang jauh lebih baik karena bisa membawa barang dengan jumlah lebih banyak, sehingga punya peluang keuntungan yang lebih besar.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian para pembaca semua!


Jangan lupa untuk berkomentar dan beri kami masukan di laman Plugin Ongkos Kirim agar mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers. Yuk, baca artikel menarik lainnya dari Moch. Nasikhun Amin seputar Info Ekspedisi, dan lain-lain. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.


Artikel ini telah diperbarui pada tanggal 29/1/2024. Apabila Anda menemui informasi yang kurang akurat, mohon tinggalkan komentar di bawah.

Bagikan ke:
Tim Tonjoo Media
Ditulis oleh

Tim Tonjoo Media

Penikmat senja, langit, dan kopi. Moto hidupnya: 'teruslah menulis hal yang bermanfaat untuk orang lain dan buat mereka mengerti tentang WordPress'. Bekerja sebagai WordPress Developer merangkap Content Writer di Tonjoo saat working days, dan sunset hunter saat weekend.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *