ADVERTISEMENT

Cara Menjadi Content Creator TikTok bagi Pemula, 100% Work!

Posted on 11 Mei 2022 By Ayu Triworo
ADVERTISEMENT

Siapa sih yang tidak tergiur dengan gaji content creator TikTok yang “katanya” bisa sampai jutaan bahkan ratusan juta? Dengan jadi konten kreator, kamu bahkan tidak perlu lagi jadi karyawan gaji UMR! Tertarik? Yuk ketahui cara menjadi content creator TikTok bagi pemula di artikel berikut.

Selain membahas skill apa saja yang wajib kamu kuasai, postingan kali ini juga akan mengulas cara jadi konten kreator TikTok sekaligus berbagai tips untuk menghasilkan uang. Jangan kemana-mana, simak info selengkapnya…

Skill yang Wajib Dikuasai Content Creator TikTok

Content Creator merupakan seseorang yang membuat konten hiburan / edukasi untuk dikonsumsi oleh audiens melalui platform digital. Ada banyak sekali platform pembuatan konten, mulai dari blog, Instagram, Facebook, Youtube, Pinterest, dll.

ADVERTISEMENT

Saat ini, salah satu platform penyedia konten yang sedang marak di Indonesia adalah aplikasi TikTok. Apakah TikTok membayar konten kreator? Tentu saja. Besaran gaji yang ditawarkan TikTok bagi konten kreator terbilang besar.

Bahkan, gaji TikTok pemula bisa mencapai kisaran Rp 3 sampai 5 juta. Hal tersebut membuat banyak orang tertarik untuk menjadi influencer TikTok.

Nah, sebelum membahas topik langkah awal menjadi content creator TikTok, ada baiknya kamu tahu dulu skill apa saja yang wajib dikuasai oleh seorang konten kreator TikTok. 

TikTok adalah platform yang berisi konten video-video pendek. Sehingga, content creator harus membuat konten dalam bentuk video. Untuk menjadi content creator TikTok yang sukses, setidaknya kamu menguasai beberapa kemampuan berikut ini:

ADVERTISEMENT
  • Survey & Riset, yaitu skill untuk mencari bahan inspirasi serta ide pembuatan konten yang relevan, menarik dan bisa viral.
  • Videografi, yaitu skill membuat video yang menarik dan sesuai komposisi, memahmi teknik pengambilan video, pencahayaan, dsb.
  • Publick Speaking, yaitu kemampuan untuk berbicara di hadapan kamera / orang banyak dengan lancar.
  • Editing video, kemampuan untuk mengedit video menggunakan tools atau aplikasi tertentu.
  • Marketing, skill untuk bekerja sama dengan klien serta kemampuan untuk membatuk klien mempromosikan sebuah merk.
  • Time Management, kemampuan untuk mengelola waktu dengan baik agar tetap produktif menciptakan konten secara berkala.
  • Skill mengenai Algoritma TikTok, pemahaman algoritma TikTok dapat membantu meningkatkan rating akun sekaligus menjangkau audiens lebih banyak.

Selain beberapa skill di atas, menjadi content creator TikTok terkadang membutuhkan kemampuan motorik dan improvisasi gerakan yang baik. Sebab, biasanya konten TikTok berisi gerakan-gerakan yang diiringi dengan lagu.

Cara Menjadi Content Creator TikTok

Cara menjadi content creator di TikTok sebetulnya susah-susah gampang. Jika dilihat sekilas, menjadi konten kreator TikTok mudah saja. Tinggal gerak / goyang mengikuti irama, posting, selesai. 

Namun dengan konsep demikian, belum tentu kamu bisa jadi seorang content creator yang sukses dan bisa meraup penghasilan. Karena ada syarat monetisasi TikTok yang harus dipenuhi, jangan bukan asal bikin konten saja. 

Nah, jika kalian ingin memulai profesi sebagai content creator TikTok dari nol, silakan ikuti beberapa langkah berikut.

1. Tentukan Topik

Umumnya, content creator identik dengan satu topik atau niche saja. Jadi, kamu bisa angkat 1 topik yang akan menjadi karakter atau ciri khas konten.

ADVERTISEMENT

Untuk menentukan topik yang akan dibahas, kamu bisa menyesuaikan dengan passion atau minat diri sendiri. Misalnya, kamu minat di dunia kuliner, maka bisa buat berbagai konten video tentang review makanan.

Kalau ingin cepat viral, kamu bisa lakukan riset terlebih dahulu dan ambil topik yang sedang viral. Tak ada salahnya jika ikut-ikutan di awal untuk mencari viewer, selanjutnya kamu bisa tentukan topik yang pas dan sesuai minat.

2. Buat Konten Sesuai Niche yang Dipilih

Setelah menentukan topik, jangan tunggu lama, segeralah buat konten video pendek yang relevan dengan niche pilihanmu. Idealnya, durasi konten video TikTok berkisar antara 11 detik sampai maksimal 3 menit.

Agar tidak bingung, sebagai awalan kamu bisa menjiplak format atau rangkaian video yang memiliki niche sama dengan viewer tinggi di TikTok. Tapi, usahakan jangan sama plek ya. Setidaknya harus ada improvisasi agar tidak terlalu terlihat serupa.

3. Gunakan Aplikasi Editing Video Berkualitas

Sebetulnya di aplikasi TikTok sudah ada banyak sekali fitur pembuatan dan editing video yang dapat membantu menghasilkan konten berkualitas. Mulai dari yang gratis hingga yang berbayar.

ADVERTISEMENT

Namun, tak ada salahnya kamu memanfaatkan aplikasi lain agar kontenmu semakin menarik dan berbeda dari yang lain. Tampilan konten yang baik bisa jadi salah satu daya tarik, selain isi konten yang menarik.

Beberapa aplikasi editting video yang bisa kamu jadikan referensi diantaranya VN, YouCut, dan Capcut. Beberapa aplikasi ini bisa membantu kamu menciptakan konten yang lebih kaya dan variatif.

Selain itu, kamu juga bisa gunakan aplikasi / tools pendukung lain selain untuk membuat video. Misal, tools untuk riset seperti Ubersuggest, Ahrefs, Semrush, Tubbuddy, Flicks, dan Google Keyword Planner. 

Kemudian aplikasi untuk mengatur jadwal, seperti Later, Pplanoly, Hootsuite, Buffer, dan lainnya. Atau Analytic Tools seperti Insights.

4. Pakai Backsound yang Tengah Viral

Salah satu aspek penting dalam konten TikTok adalah background audio atau musik. Musik yang viral biasanya menjadi faktor utama yang dapat meningkatkan viewers.

Untuk itu, kamu harus memperhatikan pilihan musik yang dipakai sebagai backsound konten. Usahakan gunakan musik atau lagu yang tengah viral. Caranya dengan memilih daftar lagu yang berada di urutan teratas.

Selain menggunakan audio asli, kamu juga bisa memvariasikan musik ke genre berbeda, misal remix, pop atau dangdut. Semakin bervariasi musik yang kamu masukkan maka akan semakin unik.

5. Masukkan Efek yang Sedang Hits

Efek juga penting dalam pembuatan konten video TikTok. Hal ini membuat banyak kreator berlomba menciptakan efek yang menarik agar cepat viral.

Nah, sama seperti menentukan backsound, kamu bisa gunakan efek yang sedang trend di masyarakat. Sesuatu yang viral pasti banyak dicari. Dengan membuat konten serupa, potensi untuk mendapat viewers pun semakin tinggi.

Selain menggunakan efek viral, kamu juga bisa mengasah kreativitas dengan menciptakan efek-efek yang unik melalui tools pendukung. Banyak kok konten kreator yang sukses karena rutin menciptakan efek yang berujung viral.

6. Tambahkan Hashtag yang Relevan

Sama seperti sistem platform konten lainnya, di TikTok juga ada istilah hashtag atau tagar. Hashtag berfungsi untuk mengelompokkan konten-konten serupa yang sesuai dengan keyword tertentu. Misal, #cooking akan menampilkan berbagai konten yang relevan dengan keyword tersebut.

Maka dari itu, gunakan hashtag yang relevan dan sesuai dengan konten videomu. Jangan lupa sematkan pula tagar yang sedang trending, misalnya #foryourpage. Ini penting agar konten tepat sasaran dan bisa masuk FYP atau bahkan laman rekomendasi.

Sebagai contoh, jika kamu membuat konten duet, bisa menyertakan hashtag seperti #foryourpage, #fyp, #duet, #duetmechallenge.

Sekedar info saja, konten-konten yang sukses FYP biasanya lebih gampang viral. Selain bisa menambah followers, konten FYP juga membantu meningkatkan viewers secara drastis. Dengan begitu, kamu pun bisa berpotensi memperoleh gaji dari viees, tawaran endorse, dan berbagai keuntungah lainnya.

7. Bagikan ke Sosial Media

Cara menjadi content creator TikTok selanjutnya adalah dengan berbagi konten ke akun sosial media lainnya. Misalnya, berbagi melalui Whatsapp, Instagram, Facebook, Youtube atau Telegram. Cara ini cukup ampuh untuk meningkatkan followers serta viewers.

Untuk awalan kamu bisa bagikan konten ke kerabat, teman, atau kenalan terlebih dahulu. Jangan lupa untuk minta mereka menekan tombol like dan follow akun TikTok.

Nah, jika postingan sudah mulai konsisten dan banyak, kamu bisa bagikan secara luas ke pengguna lainnya di akun sosial media.

8. Maksimalkan Kualitas & Kuantitas Konten

Salah satu tantangan membuat video TikTok adalah harus tetap maksimal mesipun durasi video cukup pendek. Durasi ideal konten video TikTok hanya berkisar 11 detik sampai 3 menit saja.

Dengan ritme tersebut, kamu harus bisa menyajikan konten yang unik, menghibur dan juga bermanfaat. Sehingga penonton punya alasan untuk menonton dan menyukai konten tersebut.

Maka dari itu, cobalah untuk memaksimalkan kualitas serta kuantitas konten. Caranya dengan menyajikan video yang ndaging atau berisi. Jika perlu, kamu bisa gunakan caption berupa tulisan untuk mendukung kualitas konten.

9. Bahas Isu / Ikuti Challenge yang Sedang Viral

Salah satu trik agar konten cepat naik adalah dengan ikut challenge atau membahas isu-isu yang sedang trend. Jadi tak ada salahnya sesekali kamu menyuguhkan konten challenge atau membahas informasi yang sedang ramai di masyarakat.

Untuk tetap stay updated, kamu harus rutin melakukan riset dan rajin pantau sosial media. Jangan pernah ketinggalan info yang terjadi setiap harinya. Karena setiap moment yang terjadi di sekelilingmu bisa jadi salah satu bahan konten yang menarik untuk diangkat.

10. Konsisten

Tips terakhir untuk menjadi konten kreator TikTok adalah konsisten. Yups, konsisten adalah kuncinya. Satu-satunya cara yang bisa kamu lakukan untuk konsisten adalah dengan rajin membuat dan memposting konten secara rutin dan berkala.

Jangan pernah menyerah jika di awal kontenmu belum sukses. Karena tidak ada proses yang instant. Keberhasilan butuh usaha dan kesabaran. Untuk itu, cobalah untuk membuat jadwal postingan rutin dan ikuti jadwal secara teratur.

Setelah mengetahui tutorial pemula di atas, kamu mungkin juga penasaran bagaimana sih cara creator TikTok dapat uang? Ada banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan sebagai content creator untuk menghasilkan uang di TikTok. 

Diantaranya adalah sebagai berikut:

Untuk informasi selengkapnya, kami akan ulas secara khusus di artikel selanjutnya. Jangan sampai ketinggalan yaa!

Penutup

Setelah mengetahui step by step cara menjadi content creator TikTok di atas, gimana nih? Makin semangat kan untuk memulai profesi ini? Kamu bisa coba-coba dulu sebulan dua bulan, jika semakin berkembang bisa dilanjutkan ke tahap yang lebih intens.

Setelah itu, kamu bisa mulai cari tahu cara monetize TikTok dan daftar TikTok Adsense apabila telah memenuhi persyaratan yang berlaku. Oke, selamat mencoba!

Sekian dulu ya pembahasan kali ini, semoga bermanfaat. Sampai jumpa di artikel kami lainnya. Terima kasih sudah mampir 🙂

Author
WRITTEN BY

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~
ADVERTISEMENT

Related Post

Daftar Harga Ongkir Jakarta Medan Seluruh Ekspedisi Lengkap

10 Nov 2019 BY Nisa Husnainna

Daftar Harga Ongkir Jakarta – Medan 2019 (All Ekspedisi) – Bagi Anda yang sedang mencari tarif ongkir dari Jakarta ke Medan, halaman ini sangat cocok untuk Anda. Berikut kami paparkan …

Cara Membuat Toko Online Dengan WordPress WooCommerce

6 Sep 2018 BY Fadhil Guntur Ashari

Berbicara mengenai cara membuat toko online WooCommerce WordPress untuk pemula, erat hubungannya dengan plugin yang akan digunakan dan juga theme yang digunakan. Dalam hal ini menggunakan CMS WordPress. Ya, tentu …

Daftar Alamat Kantor SiCepat Tasikmalaya & Nomor Telepon Terlengkap

10 Feb 2022 BY Ayu Triworo

Buat customer SiCepat di tidak perlu bingung lagi mencari alamat SiCepat Tasikmalaya pusat. Di artikel berikut kami akan sajikan daftar lengkap kantor SiCepat pusat dan cabang yang ada di Tasik …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *