Info Gaji Kurir ID Express: Tunjangan, Tugas, Jam & Cara Kerjanya

Posted on 28 Jan 2022 By Ayu Triworo
ADVERTISEMENT

Sebagai pemain baru di bidang bisnis pengiriman domestik, ID Express memberikan gaji yang cukup kompetitif. Gaji kurir ID Express bisa dibilang setara dengan gaji kurir SiCepat. Selain itu, sudah sesuai standard UMR dan UMK masing-masing daerah.

Selain gaji pokok, ID Express juga memberikan berbagai bonus tambahan dan tunjangan bulanan. Nah, buat kamu yang penasaran berapa total rata-rata gaji kurir di ekspedisi ID Express, yuk simak di bawah ini.

Berapa Gaji Kurir ID Express?

Gaji pokok kurir di ID Express sebetulnya tidak jauh berbeda dengan gaji kurir J&T dan ekspedisi lainnya karena sudah sesuai standard UMR/UMK daerah.

Memang tidak sebanyak gaji admin, tapi gaji kurir di atas terbilang sesuai. Rata-rata pendapatan kurir ID Express berkisar antara Rp 2.000.000 sampai Rp 3.000.000 per bulan.

Ingat, itu baru gaji pokok saja ya. Belum ditambah tunjangan, uang transport, bonus bulanan dan lain-lain. Jika diakumulasi dengan penambahan tunjangan, bonus dan sebagainya, jumlah gaji bisa mencapai Rp 4 jutaan lebih.

ADVERTISEMENT

Total gaji kurir per bulan juga berbeda-beda, tergantung upah minimum dan ketercapaian target yang diperoleh kurir per bulan. Untuk gaji pokok sendiri mengikuti UMR daerah.

Jadi, gaji pokok kurir ID Express Bandung, Jogja atau Surabaya pasti berbeda nominalnya dengan gaji kurir Jakarta. Jumlah gaji juga bisa berbeda jauh jika dibandingkan antara wilayah pusat kota dengan pelosok.

Rincian Gaji Kurir ID Express

Seperti yang sudah disinggung di atas, pendapatan kurir ID Express tidak hanya berupa gaji pokok bulanan saja. Ada beberapa kategori lain yang mencakup tunjangan, bonus, dll.

Rincian slip gaji kurir ID Express adalah sebagai berikut:

  • Gaji pokok, sesuai UMR atau UMK yang telah ditentukan wilayah masing-masing.
  • Uang perawatan kendaraan, diberikan sebulan 1x.
  • Uang transport / tunjangan bensin harian.
  • Insentif / Bonus target pengiriman, per 1 paket = Rp 1.000. Bonus diakumulasi sesuai jumlah paket yang berhasil terkirim dalam sebulan.

Seluruh rincian gaji yang mencakup gaji pokok, uang perawatan, uang bensin dan bonus pengiriman akan diakumulasi dan diberikan sekali sebulan.

ADVERTISEMENT

Selain penambahan gaji, ID Express juga menerapkan sistem denda. Pemotongan gaji berlaku apabila kurir memperoleh komplain mengenai pengiriman paket yang bermasalah. Besaran denda bisa berbeda-beda, sesuai tingkat kesalahan dan kebijakan dari kantor.

Sistem Penggajian

Sistem gaji kurir ID Express sama dengan perusahaan ekspedisi lainnya. Seluruh rincian gaji akan ditotal dan dibayarkan setiap awal bulan. Pembayaran gaji bisa berbeda antara satu kantor dengan kantor ID Express yang lain.

Ada kantor yang masih menerapkan sistem gajian manual yaitu dengan mengambil sip gaji di kantor. Ada juga kantor yang telah menggunakan sistem gajian online melalui bank transfer.

Untuk tanggal gajian ID Express kami belum menemukan informasi validnya. Jika melihat jasa ekspedisi lain, tanggal gajian kurir biasanya di awal bulan.

Tugas Pokok Kurir ID Express

Gaji pokok+bonus bulanan tinggi yang diberikan pihak ID Express kepada kurir nya sangat wajar. Hal ini dikarenakan beban kerja para kurir bisa dibilang berat.

Selain punya tugas utama mengantarkan paket, kurir memiliki jobdesk harian yang cukup banyak dan menguras tenaga. Berikut tugas pokok harian kurir di ID Express.

  • Mengambil formulir pengiriman paket yang berisi detail informasi paket seperti nama penerima, alamat, kontak, dll.
  • Menata dan menyusun barang ke atas kendaraan secara rapi dan berurutan untuk memudahkan proses pengiriman.
  • Mengantarkan paket sesuai alamat tujuan dengan bantuan aplikasi IDExpress Courier.
  • Mengambil paket dari pihak pengirim untuk dikirimkan ke alamat tujuan.
  • Menjaga keamanan paket hingga sampai ke tangan penerima.
  • Memastikan paket berhasil dikirim sesuai dengan selamat, aman, tanpa rusak, cacat dan tanpa kekurangan.
  • Menyusun laporan /ceklis pengiriman barang di hari tersebut ke petugas kantor.

Sistem Kerja

ADVERTISEMENT

Untuk sistem kerja yang diterapkan ID Express hampir sama dengan jasa ekspedisi lainnya. Sistem kerja kurir menggunakan sistem shiftingatau bergantian.

Dalam sehari, kurir wajib masuk 1 shift dengan minimal 7 jam kerja. Sementara dalam 1 minggu, jam kerja kurir adalah 6 hari kerja dan 1 hari libur.

Prosedur cara kerja harian kurir ID Express adalah sebagai berikut:

  • Masuk kerja dan melakukan presensi.
  • Mengikuti briefing bersama petugas lainnya.
  • Mengambil formulir pengiriman.
  • Menyusun paket yang akan diantar pada hari itu.
  • Mengirimkan paket / mengambil paket sesuai daftar pengiriman yang tertera di formulir.
  • Jika pengiriman barang selesai, wajib membuat laporan dan menyerahkan ke petugas kantor untuk diinput ke database ID Express.

Apabila dalam proses pengiriman harian di atas kurir mengalami kendala, misal barang tidak terkirim atau ada komplain dari customer, kurir akan kena denda. Denda akan diberlakukan sesuai kebijakan dan aturan yang berlaku di kantor ID Express masing-masing wilayah.

Jam Kerja

Jam kerja kurir ID Express menerapkan sistem shift. Satu shift 7 jam kerja dengan 6 hari kerja per minggu. Kurir wajib beroperasi selama 6 hari, wajib masuk sekalipun hari Minggu atau libur kalau memang shiftnya.

Detail jam kerja ID Express selengkapnya adalah sebagai berikut:

ADVERTISEMENT

Laman: 1 2

Author
WRITTEN BY

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~

Related Post

Tips Menambah Follower Instagram dengan Mudah

6 Des 2019 BY Nisa Husnainna

Tips Menambah Follower Instagram – Bagi Anda yang memiliki bisnis atau berjualan di Instagram pasti sangat membutuhkan followers. Tingginya tuntutan akan followers yang banyak membuat Kami tergerak untuk menyusun tips …

6 Cara Mengetahui Nama Kurir JNE & Nomor yang Antar Paket

23 Agu 2022 BY Moch. Nasikhun Amin

Saat ini pengiriman barang menggunakan jasa ekspedisi JNE memang sangat mudah, terutama karena jadwal pengiriman ekspedisi yang sudah jelas.Namun kemudahan tersebut bukan berarti tanpa kendala. Kadang paket tersebut kamu terima …

Arti Status Pengiriman Shopee Express Standard & Cara Cek Resinya

24 Jan 2022 BY Ayu Triworo

Kode dan istilah pengiriman Ninja Express, Shopee Express dan jasa ekspedisi lainnya memiliki arti berbeda-beda. Buat kamu yang masih bingung arti status pengiriman Shopee Express, kami akan bahas di sini. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *