Gaji Kurir Ninja Express Terbaru: Sistem, Jam & Lowongan Pendaftaran

Posted on 30 Jan 2022 By Ayu Triworo
ADVERTISEMENT

Tingginya transaksi e-commerce membuat pendapatan kurir ekspedisi semakin tinggi. Salah satu yang cukup menjanjikan adalah gaji kurir Ninja Express.

Meskipun bukan termasuk perusahaan lama, Ninja Express cukup loyal dalam memberikan honorer bagi karyawannya, termasuk kurir. Nominalnya terbilang besar setara dengan gaji kurir J&T.

Buat kamu yang penasaran berapa nominal pasti gaji kurir di Ninja Xpress, yuk simak info lengkap mengenai pendapatan kurir berikut tata cara pendaftarannya di sini.

Berapa Gaji Kurir Ninja Express?

Rata-rata total penghasilan kurir tetap Ninja Express adalah Rp 2.000.000 sampai Rp 3.000.000 per bulan. Besaran gaji tersebut sudah termasuk gaji pokok dan biaya tambahan lain-lain.

Namun, biasanya nominal gaji bisa sangat bervariasi di tiap kota, karena menyesuaikan upah minimum daerah masing-masing.

ADVERTISEMENT

Misalnya, upah kurir Ninja Xpress Bogor bisa mencapai Rp 4 jutaan untuk gaji pokoknya saja. Hal ini berbeda dengan UMR Medan yang hanya sekitar Rp 3 jutaan. Selain UMR, gaji kurir juga menyesuaikan kebijakan kantor pusat dan kantor daerah Ninja Express setempat.

Sementara untuk kurir paruh waktu tentu lebih sedikit dari gaji kurir tetap. Total gaji kurir Ninja Xpress freelance biasanya berada di antara Rp 1.500.000 – Rp 2.000.000.

Berbeda dengan kurir tetap, gaji kurir freelance hanya ditentukan oleh banyaknya paket yang dikirimkan saat masuk kerja.

Rincian Gaji

Sama seperti gaji kurir Anteraja dan layanan pengiriman lainnya, gaji kurir di Ninja Express tidak hanya berupa gaji pokok, melainkan terdiri dari beberapa tunjangan, yaitu:

  • gaji pokok (umumnya menyesuaikan dengan UMR/UMK wilayah masing-masing).
  • upah bonus kinerja berupa tunjangan pengiriman paket.
  • tunjangan bensin.
  • uang kehadiran.

Berikut perhitungan gaji kurir Ninja Express untuk pekerja tetap atau full time.

ADVERTISEMENT
  • Gaji pokok kurir Ninja express setara upah minimum daerah setempat.
  • Upah bonus kinerja pengiriman = Rp 5.000/paket.
  • Tunjangan bensin Rp 25.000.
  • Uang kehadiranRp 40.000.

Dari semua rincian di atas, perkiraan total gaji kurir tetap di Ninja Xpress adalah sekitar Rp 2.000.000 sampai Rp 3.500.000.

Rincian di atas hanya berlaku untuk kurir tetap yang memiliki jam kerja full time. Sedangkan untuk kurir freelance dengan jam kerja part time, rinciannya agak berbeda.

Kurir freelance tidak memperoleh gaji pokok, tunjangan bensin ataupun kehadiran. Melainkan hanya ditentukan dari banyaknya pengiriman paket saat bekerja.

Berikut rincian perhitungan gaji kurir freelance di Ninja Xpress.

  • bonus pengiriman paket yaitu Rp 2.000 – Rp 3.000 per paket.
  • besaran gaji diakumulasi berapa jumlah paket yang terkirim dalam sebulan dikali 30 hari.

Estimasi total gaji kurir freelance dalam sebulan diperkirakan bisa mencapai angka Rp 1.500.000 sampai Rp 2.000.000. Angka ini bisa lebih rendah maupun lebih tinggi tergantung kinerja serta bonus yang diperoleh.

Dengan nominal gaji tersebut, tidak heran banyak orang tertarik menjadi pekerja kurir lepas. Karena walaupun kerjanya santai, jam kerjanya fleksibel, tapi jumlah pendapatan cukup besar.

Sistem Penggajian

ADVERTISEMENT

Walaupun perhitungan dan jumlah total gaji berbeda, sistem gaji kurir Ninja Xpress untuk kurir tetap maupun freelance sebetulnya sama. Gaji dibayarkan setiap sebulan sekali, bukan per 1 atau 2 minggu.

Tanggal pembayaran gaji juga tidak berbeda, biasanya di awal bulan. Untuk kepastian tanggalnya bisa ditanyakan langsung kepada pihak manajemen kantor Ninja Xpress setempat.

Tugas Pokok

Dimana-mana tugas kurir sama, yaitu mengirimkan paket dari kantor cabang/agen ke alamat tujuan dan mengambil paket dari pengirim.

Secara rinci, berikut tugas harian Ninja Van (sebutan khusus kurir Ninja Xpress).

  • Mengirimkan paket sesuai alamat tujuan secara aman dan tanpa cacat atau kerusakan.
  • Mengambil / pick up paket dari pengirim (customer) untuk dikirimkan oleh tim ekspedisi.
  • Memastikan keamanan paket terjamin (dalam keadaan utuh dan tersegel) saat diterima customer.
  • Menyusun laporan pengiriman paket harian dan menyerahkannya kepada petugas.

Tugas yang tertera di atas sudah jadi tanggung jawab para kurir saat bekerja. Semua tugas tersebut belaku sepenuhnya bagi kurir tetap (full time) maupun kurir paruh waktu (part time).

ADVERTISEMENT
Halaman Selanjutnya
Jam Kerja...

Laman: 1 2

Author
WRITTEN BY

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~

Related Post

Daftar Harga Ongkir Jakarta Palembang Seluruh Ekspedisi Lengkap

9 Nov 2019 BY Nisa Husnainna

Daftar Harga Ongkir Jakarta – Palembang 2019 (All Ekspedisi) – Bagi Anda yang sedang mencari tarif ongkir JNE dari Jakarta ke Palembang, halaman ini adalah halaman yang tepat untuk Anda. …

Cara Mengganti Nama Toko di Tokopedia Mudah dan Cepat

8 Apr 2020 BY Nisa Husnainna

Cara Ganti Nama Tokopedia – Halo, pembaca setia blog Pluginongkoskirim! Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang Cara Mengganti Nama Toko di Tokopedia Mudah dan Cepat.Tokopedia adalah salah satu …

3 Jasa Ekspedisi yang Paling Murah untuk Penggemar Belanja Online

10 Jul 2019 BY Nisa Husnainna

3 Jasa Ekspedisi Paling Murah – Apakah Anda termasuk kategori penggemar belanja online namun masih sering galau memilih ekspedisi pengiriman?Terkadang memang masih ada saja kami jumpai pembeli yang bingung memilih …

2 Comments

  1. Assalamualaikum
    Maaf ganggu sebelum nya.
    Saya mewakili kakak saya.
    Kenapa kakak saya dipecat secara sepihak.
    Mohon bantuannya.
    Saya dari Bangkalan madura

    1. Wa’alaikum salam… Kami ikut prihatin atas kejadian yang menimpa kakaknya ya. Tapi, untuk masalah rekrutmen karyawan dan sebagainya itu di luar pengetahuan kami. Sebaiknya langsung dikonfirmasikan ke HRD kantor setempat atau pegawai lain yg berwenang ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *