ADVERTISEMENT

Gaji Kurir Ninja Express Terbaru: Sistem, Jam & Lowongan Pendaftaran

Posted on 30 Jan 2022 By Ayu Triworo
ADVERTISEMENT

Tingginya transaksi e-commerce membuat pendapatan kurir ekspedisi semakin tinggi. Salah satu yang cukup menjanjikan adalah gaji kurir Ninja Express.

Meskipun bukan termasuk perusahaan lama, Ninja Express cukup loyal dalam memberikan honorer bagi karyawannya, termasuk kurir. Nominalnya terbilang besar setara dengan gaji kurir J&T.

Buat kamu yang penasaran berapa nominal pasti gaji kurir di Ninja Xpress, yuk simak info lengkap mengenai pendapatan kurir berikut tata cara pendaftarannya di sini.

ADVERTISEMENT

Berapa Gaji Kurir Ninja Express?

Rata-rata total penghasilan kurir tetap Ninja Express adalah Rp 2.000.000 sampai Rp 3.000.000 per bulan. Besaran gaji tersebut sudah termasuk gaji pokok dan biaya tambahan lain-lain.

Namun, biasanya nominal gaji bisa sangat bervariasi di tiap kota, karena menyesuaikan upah minimum daerah masing-masing.

Misalnya, upah kurir Ninja Xpress Bogor bisa mencapai Rp 4 jutaan untuk gaji pokoknya saja. Hal ini berbeda dengan UMR Medan yang hanya sekitar Rp 3 jutaan. Selain UMR, gaji kurir juga menyesuaikan kebijakan kantor pusat dan kantor daerah Ninja Express setempat.

Sementara untuk kurir paruh waktu tentu lebih sedikit dari gaji kurir tetap. Total gaji kurir Ninja Xpress freelance biasanya berada di antara Rp 1.500.000 – Rp 2.000.000.

ADVERTISEMENT

Berbeda dengan kurir tetap, gaji kurir freelance hanya ditentukan oleh banyaknya paket yang dikirimkan saat masuk kerja.

Rincian Gaji

Sama seperti gaji kurir Anteraja dan layanan pengiriman lainnya, gaji kurir di Ninja Express tidak hanya berupa gaji pokok, melainkan terdiri dari beberapa tunjangan, yaitu:

  • gaji pokok (umumnya menyesuaikan dengan UMR/UMK wilayah masing-masing).
  • upah bonus kinerja berupa tunjangan pengiriman paket.
  • tunjangan bensin.
  • uang kehadiran.

Berikut perhitungan gaji kurir Ninja Express untuk pekerja tetap atau full time. 

  • Gaji pokok kurir Ninja express setara upah minimum daerah setempat.
  • Upah bonus kinerja pengiriman = Rp 5.000/paket.
  • Tunjangan bensin Rp 25.000.
  • Uang kehadiranRp 40.000.

Dari semua rincian di atas, perkiraan total gaji kurir tetap di Ninja Xpress adalah sekitar Rp 2.000.000 sampai Rp 3.500.000.

Rincian di atas hanya berlaku untuk kurir tetap yang memiliki jam kerja full time. Sedangkan untuk kurir freelance dengan jam kerja part time, rinciannya agak berbeda.

Kurir freelance tidak memperoleh gaji pokok, tunjangan bensin ataupun kehadiran. Melainkan hanya ditentukan dari banyaknya pengiriman paket saat bekerja.

ADVERTISEMENT

Berikut rincian perhitungan gaji kurir freelance di Ninja Xpress.

  • bonus pengiriman paket yaitu Rp 2.000 – Rp 3.000 per paket.
  • besaran gaji diakumulasi berapa jumlah paket yang terkirim dalam sebulan dikali 30 hari.

Estimasi total gaji kurir freelance dalam sebulan diperkirakan bisa mencapai angka Rp 1.500.000 sampai Rp 2.000.000. Angka ini bisa lebih rendah maupun lebih tinggi tergantung kinerja serta bonus yang diperoleh.

Dengan nominal gaji tersebut, tidak heran banyak orang tertarik menjadi pekerja kurir lepas. Karena walaupun kerjanya santai, jam kerjanya fleksibel, tapi jumlah pendapatan cukup besar.

Sistem Penggajian

Walaupun perhitungan dan jumlah total gaji berbeda, sistem gaji kurir Ninja Xpress untuk kurir tetap maupun freelance sebetulnya sama. Gaji dibayarkan setiap sebulan sekali, bukan per 1 atau 2 minggu. 

Tanggal pembayaran gaji juga tidak berbeda, biasanya di awal bulan. Untuk kepastian tanggalnya bisa ditanyakan langsung kepada pihak manajemen kantor Ninja Xpress setempat.

Tugas Pokok

Dimana-mana tugas kurir sama, yaitu mengirimkan paket dari kantor cabang/agen ke alamat tujuan dan mengambil paket dari pengirim.

ADVERTISEMENT

Secara rinci, berikut tugas harian Ninja Van (sebutan khusus kurir Ninja Xpress).

  • Mengirimkan paket sesuai alamat tujuan secara aman dan tanpa cacat atau kerusakan.
  • Mengambil / pick up paket dari pengirim (customer) untuk dikirimkan oleh tim ekspedisi.
  • Memastikan keamanan paket terjamin (dalam keadaan utuh dan tersegel) saat diterima customer.
  • Menyusun laporan pengiriman paket harian dan menyerahkannya kepada petugas.

Tugas yang tertera di atas sudah jadi tanggung jawab para kurir saat bekerja. Semua tugas tersebut belaku sepenuhnya bagi kurir tetap (full time) maupun kurir paruh waktu (part time).

Jam Kerja

Untuk jam kerja kurir Ninja Xpress sama dengan jam kerja kurir di beberapa ekspedisi lain, seperti JNE dan ID Express. Jam kerja kurir adalah 6 hari/minggu, 1 hari libur. 

Jam kerja tersebut hanya berlaku untuk kurir tetap. Sementara kurir freelance tidak memiliki jam kerja khusus karena sistem kerjanya lebih fleksibel.

Meski demikian, baik kurir tetap maupun freelance harus mengikuti jam kerja layanan kurir yang telah ditetapkan oleh pihak kantor Ninja Xpress. Berikut jam operasional layanan kurir Ninja Xpress:

  • Pengiriman / pick up paket: Senin – Sabtu, pukul 09.00 – 22.00 (Minggu dan tanggal merah libur).
  • Customer Service: Senin – Minggu, pukul 08.00 – 21.00.

Sistem Kerja

Kurir full time bekerja 6 hari per minggu. Durasi kerjanya sekitar 6 – 8 jam kerja per hari dengan sistem kerja harian sebagai berikut:

  • Masuk kerja dan melakukan absensi kehadiran.
  • Menikuti briefing (jika ada).
  • Mengambil berkas laporan pengiriman di hari itu.
  • Menyusun dan mengumpulkan paket ke kendaraan secara urut dan rapi.
  • Mengirim paket sesuai alamat tujuan dengan aman.
  • Menjemput paket dari customer untuk dikirim.
  • Membuat laporan dan menyerahkan hasil laporan pengiriman untuk diinput ke database Ninja Xpress.

Untuk sistem kerja kurir Ninja Xpress menggunakan sistem shift. Satu shift biasanya sekitar 6-8 jam. Pengaturan sistem kerjanya sendiri disesuaikan dengan shift masing-masing kurir. Sehingga kamu harus siap kerja kapan saja menyesuaikan shift yang sudah ditentukan.

Penerapan sistem shifting ini hanya berlaku untuk pekerja full time yang wajib ambil minimal 1 shift per harinya. Sementara untuk kurir paruh, waktu sistem kerjanya lebih fleksibel.

Kurir freelance bebas untuk ambil shift berapa jam per hari. Mereka juga boleh tidak ambil shift di hari tertentu.

Cara Menjadi Kurir Ninja Express

Setelah menyimak berbagai informasi di atas, kamu tertarik menjadi salah satu bagian dari keluarga Ninja Vans. Nah, kamu bisa cari lowongan kurir Ninja Express yang bisa diakses di situs resmi atau sosial media jasa ekspedisi tersebut. 

Sebelum melamar, hal paling penting yang wajib kamu ketahui adalah persyaratan pendaftaran serta berkas yang harus disiapkan. Setelah semuanya siap, baru kamu bisa melakukan pendaftaran secara online maupun offline.

Persyaratan Pendaftaran

Buat kalian yang minat kerja jadi Ninja Vans, berikut rincian persyaratan dan daftar dokumen yang perlu dipersiapkan…

  • Laki-laki, maksimal umur 30 tahun.
  • Pendidikan terakhir SMA/SMK sederajat.
  • Mempunyai sepeda motor (surat-surat lengkap).
  • Memiliki SM C aktif.
  • Mempunyai smartphone, minimal android RAM 2 GB.
  • Mampu mengoperasikan smartphone, Maps dan berbagai aplikasi lain yang dibutuhkan.
  • Sepeda motor sesuai standar pabrik (belum dimodifikasi).
  • Menguasai rute jalan & daerah operasional dengan baik.
  • Disiplin, pekerja keras dan tepat waktu.
  • Siap bekerja dengan sistem shift.
  • Sehat jasmani dan rohani.

Di samping harus memenuhi persyaratan di atas, kamu juga harus menyiapkan beberapa dokumen pendaftaran seperti:

  • Surat lamaran kerja.
  • CV terbaru.
  • Fotokopi ijazah terakhir.
  • Fotokopi KTP.
  • Fotokopi SIM C.
  • Fotokopi STNK.

Cara Pendaftaran

Prosedur untuk melamar kerjaan sebagai kurir Ninja Xpress bisa dilakukan secara online maupun offline.

Cara pendaftaran online bisa dengan mengirimkan formulir pendaftaran yang biasanya tersedia di situs resmi Ninja Xpress. Atau cek di link http://ninjaxpress.co/id-id/drive-for-us.

Setelah mengakses link tersebut, pilih kendaraan untuk beroperasi lalu isikan biodatar diri lengkap. Selanjutnya, tinggal ikuti petunjuk yang tertera di halaman website.

Sementara untuk mendaftar secara offline bisa kamu lakukan dengan mendatangi kantor Ninja Xpress terdekat dan melakukan registrasi. Selain datang ke kantor, pelamar juga dapat mengirimkan berkas pendaftaran ke kantor pusat Ninja Xpress.

Sebelum melamar, pastikan terlebih dahulu bahwa pihak Ninja Xpress memang sedag membutuhkan teaga kurir di kantor mereka. Jika tidak ada lowngan kurir tetao, kamu bisa mencoba jadi kurir freelance atau bermitra jadi agen Poin Ninja.

Penutup

Gimana? Setelah mengetahui gaji kurir Ninja Express berikut tunjangan dan tugasnya, apakah kamu minat jadi salah satu kurir Ninja Van?

Jika iya, segera siapkan syarat dan berkas pendaftaran di atas dan pantau terus website dan sosial media Ninja Xpress biar tidak ketinggalan info.

Sekian dulu informasi dari kami, jika ada kesalahan dalam penulisan data dan sebagainya mohon sampaikan di kolom komentar. Kami akan segera perbaiki.

Akhir kata, semoga bermanfaat 🙂

Author
WRITTEN BY

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~
ADVERTISEMENT

Related Post

JNE Overload? Ini Penyebab dan Solusinya!

13 Jan 2020 BY Nisa Husnainna

Sebagai pengguna setia JNE, mungkin kamu pernah mengalami hal kurang menyenangkan seperti terlambatnya paket datang dikarenakan sedang overload. Istilah overload sering kita dengar ketika mengirimkan barang di saat peak season …

Cara Membuat Linktree untuk Bio Online Shop di Instagram

22 Sep 2020 BY Ifan Prasya

Kalau akun IG jualan Anda belum bisa swipe up, maka salah satu alternatif untuk tetap terhubung dengan audiens adalah… dengan cara membuat Linktree untuk bio Instagram Anda. Kami akan berikan …

Daftar Kantor dan Agen JNE Samarinda Hingga Jam Buka

6 Jul 2020 BY Ifan Prasya

Silakan baca artikel ini sampai akhir, kalau Anda sedang mencari informasi tentang alamat kantor pusat dan agen JNE di Samarinda dan sekitarnya. Selain data alamat, kami juga sediakan info jam …

2 Comments

  1. Assalamualaikum
    Maaf ganggu sebelum nya.
    Saya mewakili kakak saya.
    Kenapa kakak saya dipecat secara sepihak.
    Mohon bantuannya.
    Saya dari Bangkalan madura

    1. Wa’alaikum salam… Kami ikut prihatin atas kejadian yang menimpa kakaknya ya. Tapi, untuk masalah rekrutmen karyawan dan sebagainya itu di luar pengetahuan kami. Sebaiknya langsung dikonfirmasikan ke HRD kantor setempat atau pegawai lain yg berwenang ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *