Gaji Kurir Shopee Express: Tunjangan, Sistem & Tata Cara Pendaftaran

Posted on 31 Jan 2022 By Ayu Triworo
ADVERTISEMENT

Sebagai salah satu layanan pengiriman favorit Shopee, gaji kurir Shopee Express terhitung besar. Selain gaji utama yang sudah menyesuaikan upah minimum daerah, Shopee Express juga memberikan bonus kinerja dan tunjangan lain-lain.

Nah, penasaran kan berapa rata-rata totalan gaji sebagai kurir di Shopee Express dan bagaimana sistem gaji serta kerjanya? Apakah setara dengan gaji kurir J&T dan yang lainnya?

Buat kamu yang ada minat melamar jadi kurir, simak ulasan lengkap mengenai gaji jadi kurir Shopee + tata cara pendaftarannya.

Berapa Gaji Kurir Shopee Express?

Secara keseluruhan, gaji kurir Shopee perbulan bisa mencapai kisaran Rp 3.000.000 sampai Rp 6.000.000. Gaji tersebut sudah termasuk gaji pokok, tunjangan serta bonus pengiriman yang dihitung Rp 2.213 per paketnya.

Namun besaran gaji pada setiap counter di berbagai daerah bisa sangat bervariasi. Hal ini menyesuaikan gaji pokok kurir Shopee yang mengikuti UMR/UMK wilayah masing-masing.

ADVERTISEMENT

Jadi, jika berbicara mengenai pendapatan kurir Shopee Express di daerah Solo, Semarang atau Jogja, pasti berbeda dengan gaji kurir Shopee Jakarta yang UMR nya lebih tinggi.

Bukan itu saja, besar kecilnya gaji juga ditentukan dari banyaknya paket yang dikirimkan. Semakin banyak paket yang berhasil terkirim, semakin besar pula gaji yang diperoleh.

Pendapatan di atas berlaku untuk gaji kurir Shopee Express motor saja. Sementara untuk gaji mitra kurir Shopee Food, besaran dan rincian gajinya beda lagi.

Lantas, berapa gaji kurir Shopee Food? Pendapatan kurir Shopee Food lebih mirip dengan sistem gaji GoFood dan GrabFood. Gaji diperoleh dari banyaknya pesanan yang berhasil dilakukan ditambah bonus pengiriman dalam bentuk poin-poin.

Rincian Gaji Kurir Shopee Express

Sama seperti skema rincian gaji kurir ID Express dan jasa ekspedisi lainnya, pendapatan kurir di SPX juga terdiri dari beberapa kategori yaitu:

  • gaji pokok
  • uang perawatan kendaraan
  • tunjangan uang makan
  • uang bensin
  • bonus pengiriman per paket
ADVERTISEMENT

Besaran gaji pokok kurir biasanya disesuaikan dengan upah minimum daerah dan banyaknya paket terkirim yang akan diakumulasi dalam sebulan. Gaji kurir Shopee per paket adalah Rp 2.213 dari yang sebelumnya Rp 5.000.

Jadi, perhitungan gaji kurir Shopee yaitu: Rp 2.213 x jumlah paket terkirim. Misal, setiap hari kurir bisa mengirim sebanyak 100 paket. Maka perhitungannya adalah:

Rp 2.213 x 100 = Rp 221.300 (per hari) x 30 = Rp 6.639.000 (per bulan)

Noted: skema perhitungan ini bisa berbeda-beda menyesuaikan peraturan upah di daerah setempat.

Dengan rutin mengirim 100 paket sehari dalam sebulan, besar gaji utama bulanan kurir Shopee bisa mencapai Rp 6.639.000. Ini baru gaji pokok saja, belum termasuk biaya tunjangan lainnya.

Sementara untuk uang tunjangan perawatan sepeda motor, uang makan dan uang bensin jumlahnya bervariasi di tiap daerah. Untuk memastikan, silakan tanyakan kepada pihak kantor terdekat di kota kamu.

Sistem Penggajian

Berbeda dengan besaran nominal gaji yang bisa sangat variatif, sistem gaji Shopee Express di seluruh kantor di berbagai daerah biasanya sama.

Sistem gaji akan diakumulasi dari banyaknya jumlah pengiriman paket ditambah tunjangan, insentif, dll. Kemudian diakumulasi dalam sebulan dan dibayarkan setiap awal bulan. Untuk tanggal gajian kurir bisa langsung ditanyakan kepada pihak manajemen Shopee Express terkait.

ADVERTISEMENT

Sistem penggajian Shopee Express cukup sederhana dan mudah dipahami. Berbeda dengan sistem gaji mitra driver Shopee Food yang agak sedikit rumit.

Tugas Pokok

Dengan gaji yang sudah standar bahkan lebih dari UMR, apa saja sih sebetulnya pekerjaan kurir di Shopee Express?

Tugas pokok kurir sama saja di semua ekspedisi yaitu mengirim paket ke alamat tujuan dan mengambil paket dari penjual untuk dikirim oleh jasa ekspedisi. Berikut tugas dan tanggung jawab kurir selengkapnya:

  • Memeriksa dokumen yang memuat informasi laporan pengiriman.
  • Menyusun paket ke kendaraan secara rapi dan berurutan sesuai rute pengiriman.
  • Mengirimkan paket sesuai alamat tujuan dan tepat waktu.
  • Memastikan keamanan dan kerahasiaan paket hingga sampai ke tangan penerima.
  • Memastikan paket diterima secara aman, tanpa cacat dan tanpa kekurangan.
  • Menjemput paket dari seller Shopee untuk dikirimkan.
  • Membuat laporan pengiriman dan menyerahkan hasilnya ke petugas untuk diinput ke database Shopee.

Note: Khusus untuk penjemputan/pick up, paket yang sampai di kantor sebelum jam 1 siang wajib dikim di hari yang sama. Sementara untuk paket yang sampai di kantor lebih dari jam 1 siang, pengiriman dilakukan keesokan harinya.

Jam Kerja

Jam kerja kurir Shopee adalah 6 hari per minggu, 1 hari libur dengan sistem shift atau bergantian. Satu shift berkisar antara 7-8 jam.

ADVERTISEMENT

Laman: 1 2

Author
WRITTEN BY

Ayu Triworo

Be bold & strong through what you say and share ~

Related Post

Cara Menambahkan Fitur Konfirmasi Pembayaran Pada WooCommerce

10 Mei 2019 BY Nisa Husnainna

Cara Menambahkan Fitur Konfirmasi Pembayaran – Mungkin belum banyak pengguna WooCommerce yang mengetahui alasan “Mengapa saya perlu menambahkan fitur Konfirmasi Pembayaran?” atau “Apa kelebihan plugin Konfirmasi Pembayaran sehingga saya harus …

8 Tema WordPress Terbaik Gratis Untuk Perusahaan [+Beserta Instalasi]

8 Jul 2021 BY Aorinka Anendya

Apakah kamu seorang pengusaha atau pebisnis yang sedang mencari tema WordPress terbaik gratis untuk perusahaan? Nah, artikel ini akan cocok untuk kamu karena kita akan membahas tema WordPress untuk perusahaan.Meskipun …

Cara Jualan di Instagram untuk Pemula agar Laris Manis

29 Jun 2020 BY Ifan Prasya

Buat Anda yang ingin fokus jualan di Instagram, kami berikan panduan ringkas yang bisa diikuti langsung.Panduan ini memuat cara membuat akun bisnis, melengkapi profil, mengisi konten post, stories, IG TV, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *